Kerja Dari Rumah Antisipasi Penyebaran Coronavirus (Covid-19)

remote working cegah coronavirus

Kerja dari Rumah Untuk Antisipasi Efek Penyebaran Coronavirus (Covid-19)

 

Dengan adanya wabah coronavirus (Covid-19) saat ini di seluruh dunia, dan baru baru ini juga Presiden RI, Joko Widodo menyatakan bahwa terdapat dua warnga negara Indonesia (WNI) yang tertular coronavirus di Indonesia tepatnya di daerah Depok, jawa barat yang berbatasan dengan Jakarta. Hal ini menampik pernyataan yang beredar selama ini bahwa orang Indonesia kebal terhadap coronavirus sekaligus membuat Indonesia masuk kedalam daftar negara yang terjangkit coronavirus (covid-19).

Coronavirus sejauh ini sudah menelan lebih dari 3.000 orang yang meninggal dan lebih dari 89.000 orang yang tertular di berbagai macam negara di seluruh dunia, dengan China sebagai negara terbanyak yang meninggal dan yang tertular. Akibat dari hal ini  ekonomi pun merosot karena banyaknya sektor Industri yang terganggu, di China sendiri harus meliburkan karyawannya diseluruh kota Wuhan lebih dari 2 minggu. Hal ini memang di prioritaskan untuk mencegah penyebaran semakin banyak sehingga warga di himbau untuk tetap dirumah dan menghindari  krumunan orang banyak.

Dengan dampak penyebaran wabah coronavirus yang sangat cepat menyebar dengan jumlah kematian yang cukup banyak serta di tambah belum adanya vaksin untuk virus tersebut, maka coronavirus atau covid-19 menjadi momok yang cukup meresahkan masyarakat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Apalagi dengan adanya kasus WNI positif Covid-19 di daerah Depok. Terlihat dari banyaknya orang yang memborong bahan makanan dan bahan pokok lainnya. Hal ini mengindikasikan banyaknya masyarakat yang merasa khawatir untuk keluar rumah dan pergi ke tempat dimana banyak orang berkumpul atau terjadi interaksi dengan banyak orang di suatu tempat seperti mall, pasar, acara event, dan bahkan kantor,

Disinilah bisnis harus mempertimbangkan cara memanfaatkan karyawan mereka secara efektif dalam situasi di mana kontak fisik antara individu dibatasi hingga tingkat yang sangat tinggi. Pengumpulan sejumlah besar staf di kantor harus dihindari sebanyak mungkin, baik dalam hal risiko infeksi, maupun karena banyak staf harus bergantung pada transportasi umum yang sangat terbatas untuk mencapai kantor. Di lingkungan publik di mana risiko infeksi paling tinggi. Bisnis Anda perlu dikurangi agar staf tidak bepergian,atau berkerumun di area publik.

Demikian pula, metode operasi bisnis tradisional lainnya seperti pemanfaatan surat kilat untuk pengiriman dokumen penting memungkinkan sekali akan terjadi pembatasan atau penurunan aktifitas dalam situasi saat ini. Mengirim staf ke pabrik pemasok untuk melaksanakan pekerjaan penjaminan mutu juga menjadi tidak praktis berdasarkan pembatasan yang diberlakukan. Singkatnya, sebagian besar opsi untuk operasi standar bisnis yang menggunakan metodologi tradisional sementara waktu kemungkinan akan menghadapi penurunan aktifitas hingga ditutup apa bila wabah menyebar dengan cepat seperti di kota Wuhan, China.

Baca juga : Tentang Coronavirus (nCOV) Dampak dalam Bisnis serta Antisipasi penyebarannya

 

Kerja dari rumah untuk menjaga kelangsungan Bisnis saat krisis wabah coronavirus

 

antisipasi penyebaran coronavirus bagi bisnis anda

Opsi yang tetap terbuka bergantung pada operasional “jarak jauh” atau yang biasa kita sebut “remote”. Metodologi ini hanya membutuhkan transmisi data melalui kabel / WiFi. Tentu saja ada bahaya dan masalah lain yang terkait dengan ketergantungan yang berlebihan pada komunikasi digital, khususnya bagi organisasi yang belum menerapkan Rencana Kesinambungan Bisnis yang kuat. Dalam artikel ini, kami akan menguraikan beberapa opsi yang secara khusus berkaitan dengan antisipasi dan mencegah kepanikan wabah coronavirus dalam kaitannya dengan ketahanan bisnis Perusahaan agar tetap dapat mempertahankan fungsionalitasnya dalam situasi seperti ini. Pertimbangan kami fokus pada situasi jangka pendek (dua hingga tiga minggu mendatang ketika karyawan mungkin dibatasi dalam apartemen/rumah mereka sementara masa inkubasi untuk virus ini berlalu) dan situasi jangka menengah.

Perlu diketahui, Perusahaan perlu memperkuat infrastruktur digital korporat yang telah mereka siapkan dan menambahnya dengan infrastruktur non-korporasi lain, sambil tetap menyadari keterbatasan dan kelemahan saluran publik ini.

Baca juga : Work From Home Pakai Aplikasi CRM Karya Anak Bangsa

Untuk perusahaan yang dipersiapkan dengan baik, kerja “remote” tidak perlu terlalu banyak hambatan dalam jangka pendek. Pelanggan kami sebagai contoh, mereka adalah perusahaan multinasional yang memiliki kantor cabang di China. Karyawan mereka memiliki laptop dan bekerja dari rumah. Perusahaan menggunakan Barantum CRM & Barantum Call Center dengan cukup komprehensif, dan karyawan kami dapat mempertahankan kontak yang konstan satu sama lain melalui platform ini. Semua dokumen yang dibutuhkan karyawan kami untuk pelaksanaan pekerjaan mereka tersedia bagi mereka di Modul Dokumen dalam CRM dan dapat dibagikan sesuai kebutuhan. Perangkat Lunak CRM dan Pusat Panggilan kami dapat diakses dari jarak jauh. Data yang ditransmisikan antara komputer perusahaan digunakan di rumah dan server kami dienkripsi sebelum pengiriman. Jika ada perlambatan dalam pengiriman data, mungkin karena karyawan harus memanfaatkan koneksi internet apartemen mereka, dan ini bukanlah hal yang serius, karena kami juga mempunyai fitur Offline dalam aplikasi CRM untuk smartphone.

Tetapi untuk perusahaan yang kurang siap, beberapa masalah yang dapat diprediksi adalah sebagai berikut. Jika perusahaan Anda tidak menggunakan alat kominikasi nirkabel dan online yang kuat, seperti Skype for Business, komunikasi antar perusahaan mungkin harus bergantung pada telepon tradisional, email perusahaan, atau bahkan saluran publik yang kurang aman, seperti WeChat; misalnya. Jika server email perusahaan Anda di-host di kantor pusat perusahaan Anda di luar negeri, Anda mungkin menemukan bahwa karyawan yang bekerja dari rumah kesulitan untuk mengirim atau menerima email dengan lampiran besar. Ini juga masalah umum ketika mengirimkan data masuk dan keluar melaui server kantor karena adaya batasan akes internet pada ISP lokal sehingga kebanyakan mengatasi masalah ini dengan menggunakan VPN yang tidak sepenuhnya aman.

Untuk staf yang menghadapi klien atau yang menghadapi vendor, dampak pada operasi karena ketidakmampuan karyawan untuk secara fisik bertemu dengan pelanggan atau vendor mereka perlu dikurangi. Jika perusahaan Anda memiliki alat korporat yang kuat, seperti Barantum Call Center saat itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengundang klien / pemasok Anda untuk berkomunikasi dengan Anda melalui saluran tersebut sebagai “pengguna eksternal”. Jika Anda tidak memiliki saluran tersebut Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakannya dan agar Anda dapat mengatur agar staf utama Anda ditambahkan ke jaringan mereka.

 

Langkah Antisipasi Efek penyebaran Coronavirus dalam Bisnis

 

Kita dapat mengasumsikan bahwa akan ada beberapa masalah jangka pendek akut untuk perusahaan yang beroperasi di China pada saat ini. Berikut adalah beberapa panduan sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengurangi dan antisipasi dampak kepanikan akibat penyebaran wabah Covid-19:

  • Pastikan staf TI Anda (baik di luar negeri maupun di China) tersedia untuk menangani konektivitas dan masalah terkait lainnya yang muncul. Dengan karyawan yang bekerja dari jarak jauh, karena pastinya akan muncul lebih banyak trouble.
  • Jika Anda memiliki alat komunikasi perusahaan yang dapat digunakan secara efektif untuk cabang luar kota, pastikan staf Anda yang berbasis di kantor tersebut memiliki panduan yang cukup untuk menggunakannya.
  • Pastikan karyawan tahu bahwa biaya yang dikeluarkan dari komunikasi perusahaan, yang bergantung pada telepon seluler tradisional akan diganti oleh perusahaan selama periode ini.
  • Jika karyawan Anda terpaksa mengandalkan saluran non-perusahaan, seperti WeChat untuk berkomunikasi dan berbagi file dll., Pastikan Anda mengirimkan beberapa panduan kepada mereka tentang jenis informasi apa yang mungkin tidak boleh dibagikan melalui saluran tersebut. Ini adalah area di mana sumber daya hukum internal Anda di HQ mungkin diminta untuk memberikan masukan. Misalnya; Anda mungkin memiliki kontrak dengan klien atau vendor tertentu yang membatasi pembagian informasi tertentu melalui saluran non-perusahaan. Efisiensi adalah salah satu pertimbangan utama bagi organisasi Anda dalam beberapa minggu mendatang, tetapi perlindungan data juga harus dipastikan. Tanpa panduan semacam itu, Anda mungkin menemukan bahwa karyawan Anda akan berbagi semua jenis dokumen dan informasi melalui akun messengger atau Telegram pribadi mereka.
  • Atur jadwal komunikasi yang jelas dan teratur untuk para staff leader dari kantor kantor Anda. Ini sangat penting apabila kita memberlakukan “remote working”.  Barantum Call Center memiliki ruang konferensi bagi mereka yang hanya ingin fungsionalitas suara melalui ponsel mereka atau telepon mereka. Fungsi ini direkomendasikan untuk karyawan yang mungkin menghadapi masalah bandwidth terbatas dari alamat tempat tinggal mereka sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan video conference.

Langkah-langkah di atas setidaknya dapat memungkinkan karyawan Anda yang berada dalam wilayah isolasi, untuk terus bekerja dengan tingkat efisiensi dan keamanan yang wajar sampai situasi stabil. Ketika itu terjadi, perusahaan Anda harus mempertimbangkan bagaimana menghadapi dampak jangka menengah. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa diburu-buru. Rencana Kesinambungan Bisnis harus dirancang dengan hati-hati sebelum diterapkan, dengan mempertimbangkan sifat bisnis Anda, persyaratan globalnya, serta pertimbangan spesifik peraturan pemerintah setempat dimana kantor Anda berlokasi. Setelah dirancang, setup dan setting tidak akan membutuhkan waktu lama sampai Anda bisa memakai software CRM Barantum dan Call Center Barantum, dengan sistem berbasis cloud, akses yang stabil dan data yang aman, sekaligus Anda juga tidak perlu khawatir akan kehabisan storage data atau kehilangan data Anda. Biaya yang Anda keluarkan akan jauh lebih hemat ketimbang Anda menggunakan infrastruktur tradisional yang cukup memakan waktu instalasi, mahal, dan harus menyediakan tenanga TI khusus untuk instalasi dan perawatannya.

cloud crm untuk remote working.

Baca juga : How to Operate Your Business Remotely during the Coronavirus Outbreak

Aplikasi CRM berbasis Cloud Solusi Remote Working mengantisipasi penyebaran Covid-19

 

Solusi harus diberlakukan sesegera mungkin. Situasi saat ini harus menjadi peringatan bagi organisasi Anda bahwa digitalisasi khususnya sistem CRM itu menjadi semakin penting. Tak heran bila saat ini software CRM hampir menjadi keharusan dalam sebuah Perusahaan dengan level korporasi. CRM Barantum, tidak hanya penting dalam situasi “krisis”, seperti wabah Coronavirus saat ini; Sistem CRM yang berbasis cloud yang dapat mengatur kebutuhan karyawan dan pelanggan Anda yang terintegrasi dengan alat komunikasi digital semakin dianggap sebagai pengganti lingkungan kantor tradisional. Bagi organisasi-organisasi yang “terdepan dalam permainan” dalam hal ini, krisis saat ini seharusnya memberikan mereka semacam keunggulan kompetitif untuk periode waktu tertentu.

Bagi mereka yang menemukan diri mereka berada “di belakang permainan”, mungkin sekarang saatnya untuk melakukan investasi yang diperlukan. Barantum dapat memberikan Anda solusi ini dengan Perangkat Lunak CRM dan Perangkat Lunak Call Center berbasis cloud. Barantum memiliki lebih dari 3000 pengguna di seluruh dunia dengan lebih dari 300 perusahaan di berbagai industri, dan terus bertumbuh menjadi Software CRM dan Call Center karya Anak Bangsa Terbaik dan bersaing di kancah Internasional. Kunjungi Barantum.com atau email di support@barantum.com.

Baca juga : Apa itu CRM? Pengertian dan Pentingnya CRM serta Penggunaannya

In this article

Join the Conversation

5 × 4 =