Begini Cara Mendapatkan Chatbot WhatsApp Terbaru

Chatbot atau robot percakapan merupakan suatu program yang didesain khusus untuk membalas percakapan secara otomatis berdasarkan kata kunci tertentu yang sudah diatur sebelumnya. Robot percakapan ini bisa kita temui pada platform percakapan yang memiliki akses API (Application Programming Interface), contohnya seperti Telegram dan WhatsApp. Dalam cara membuat chatbot WA sangatlah praktis dan bisa Anda lakukan setelah bekerja sama dengan BSP resmi WhatsApp, Barantum.

Sebagai platform percakapan nomor 1 (satu) saat ini, WhatsApp juga menyediakan akses API di mana API tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat fitur-fitur baru dari aplikasi tersebut, contohnya seperti fitur WA Blast dan Chatbot WhatsApp ini.

Untuk itu, Anda sudah berada di artikel yang tepat. Apa itu Chatbot WhatsApp? Bagaimana cara kerjanya? Sampai bagaimana cara untuk mendapatkan chatbot itu sendiri akan dibahas di artikel ini. Ayo simak selengkapnya! 👍🏼

Begini Cara Mudah Membuat Chatbot WhatsApp:

  1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum
  2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager
  3. Aktifkan Nomor dan Isi Profil Akun WhatsApp
  4. Login ke Chat Panel Barantum.com, BarantumChat
  5. Menentukan Alur Percakapan Chatbot WhatsApp
  6. Gunakan dan Uji Coba Chatbot WhatsApp Anda!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa itu Chatbot WhatsApp?

Chatbot WA atau Chatbot WhatsApp adalah robot percakapan yang didesain untuk menjawab atau membalas pesan secara otomatis berdasarkan kata kunci tertentu yang telah diatur sebelumnya pada platform WhatsApp. Selain itu, Chatbot ini mengusung teknologi berbasis kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence) yang difungsikan untuk memberikan tanggapan otomatis terhadap pesan dari pelanggan. Sehingga mampu memberikan layanan pelanggan yang cepat dan efektif.

Dengan menggunakan Chatbot WA, Anda dapat memberikan pelayanan pelanggan yang cepat dan menghemat banyak waktu. Chatbot WhatsApp ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau bisnis yang memiliki lalu lintas percakapan yang tinggi mulai dari ratusan sampai dengan puluhan ribu chat masuk per harinya.

Chatbot WA ini cocok digunakan oleh semua tipe bisnis, asalkan memang lalu lintas percakapan yang terjadi melalui WhatsApp Anda bisa menggunakan chatbot WA ini sebagai solusinya.

Jika WA Blast berfungsi untuk mengirimkan pesan ke banyak pelanggan sekaligus, Chatbot WA berfungsi untuk membalas pesan banyak pelanggan sekaligus secara otomatis. Sungguh kombinasi fitur yang mantap! 👍🏼

Chatbot WhatsApp ini juga merupakan salah satu WhatsApp Marketing Tools paling populer dan diminati pebisnis. Karena selain bisa membalas pesan banyak pelanggan secara otomatis secara bersamaan, dengan menggunakan chatbot WA ini bisnis juga dapat menghemat biaya dibandingkan harus membayar beberapa staf karyawan untuk pekerjaan membalas pesan di WhatsApp.

Cara kerja chatbot WA ini sangat sederhana. Sistem ini bekerja berdasarkan kata kunci yang sudah tercatat di dalam sistem. Jadi, setiap kali menerima pertanyaan dari pelanggan, secara otomatis bot akan menyesuaikan jawaban yang sesuai dengan kata kunci dari pertanyaan tersebut.

Chatbot tidak hanya sekadar menjawab pertanyaan statis saja. Namun, jawaban yang diberikan juga bisa bersifat dinamis sesuai dengan kebutuhan informasi pelanggan. Contohnya untuk beberapa tipe jawaban pelanggan untuk “penolakan”, berupa tidak, enggak mau, enggak jadi dan sebagainya dengan respons atau jawaban yang dapat disesuaikan nantinya.

Bagaimana Cara Membuat Chatbot WhatsApp?

Adapun cara membuat chatbot di WhatsApp, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di IndonesiaLangkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda ke BSP WhatsApp Resmi, Barantum. Barantum inilah yang akan membantu Anda untuk mendapatkan fitur chatbot secara resmi untuk bisnis Anda.

2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Verifikasi Facebook Business Manager

Chatbot WA ini merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API, dan karena WhatsApp adalah miliki Facebook (Meta) maka untuk mengakses dan menggunakan WhatsApp API ini Anda diharuskan untuk memverifikasi Akun Facebook Business Manager Anda.

Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan tepercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Bisnis/Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP Bisnis

3. Aktifkan Nomor dan Isi Profil Akun WhatsApp

Langkah selanjutnya, siapkan satu nomor yang ingin dijadikan sebagai nomor akun WhatsApp bisnis Anda. Harap tidak menggunakan nomor pribadi karena nomor yang sudah didaftarkan menjadi nomor WhatsApp Business API, tidak dapat dikembalikan menjadi nomor personal/pribadi lagi.

Setelah itu, isi lengkap data profil WhatsApp Business Anda, mulai dari penggunaan foto profil, alamat kantor, jam operasional, hingga deskripsi lainnya yang dibutuhkan.

4. Login ke Chat Panel Barantum.com, BarantumChat

Cara Membuat Chatbot WA - Login ke Barantum Chat

Setelah proses verifikasi bisnis Anda berhasil dan disetujui, selanjutnya Anda akan diberikan informasi akun atau akses login untuk masuk ke chat panel Barantum,com, yaitu BarantumChat.

Untuk mengaksesnya Anda bisa membuka tautan berikut BarantumChat

5. Buat Alur Percakapan Chatbot WhatsApp

Dapatkan Chatbot WhatsApp Dengan WhatsApp Business API dari Barantum

Anda bisa membuat alur percakapan chatbot sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnis Anda. Alur percakapan dalam chatbot tidak terbatas. Sehingga Anda bisa membuat banyak alur chatbot sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam pembuatan alur chatbot atau Barantum menyebutkan sebagai chatscript, Anda bisa memasukkan informasi yang sering kali ditanyakan oleh pelanggan. Dengan begitu pertanyaan pelanggan dapat langsung terjawab secara otomatis.

Penjelasan lebih lengkap mengenai cara membuat chatbot/chatscript bisa Anda baca pada artikel berikut -> Cara Membuat Chatbot WhatsApp Menggunakan Barantum.

6. Gunakan dan Lakukan Uji Coba Chatbot WhatsApp Anda!

Dapatkan Chatbot WhatsApp Dengan WhatsApp Business API dari BarantumSetelah Anda membuat alur percakapan chatbot, langkah selanjutnya adalah menguji coba chatbot WA yang telah Anda buat. Selain itu, pastikan chatbot berjalan dengan lancar dan berfungsi dengan semestinya, pastikan semuanya beres dan tidak ada kesalahan pengetikan, pastikan juga respons yang diberikan untuk semua kata kunci yang di-setting sudah benar dan berjalan.

Apa Manfaat Chatbot WhatsApp Untuk Bisnis?

Berikut manfaat yang dapat dapatkan jika bisnis Anda menggunakan fitur Chatbot WA:

1. Layanan Pelanggan 24/7

Pertama, konsumen membutuhkan pelayanan secepat mungkin untuk melayani kebutuhan mereka. Namun kita tahu pasti ada batasan jam kerja apabila bisnis menggunakan layanan konsumen menggunakan tenaga manusia. Dengan menggunakan chatbot yang responsif, konsumen akan mendapatkan pelayanan setiap saat tanpa ada batasan waktu.

2. Cara Kerja Yang Sederhana

Kedua, chatbot WA ini memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Hanya memasukkan kata kunci ke dalam sistem, pelanggan Anda bisa mendapatkan jawaban dengan cepat sesuai kata kunci tersebut. Selain itu juga dapat mempermudah pekerjaan staf customer service dalam melayani pelanggan.

Anda dapat mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan dan mongonversinya menjadi kata kunci dan respons apa untuk kata kunci tersebut. Lalu, jika ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan oleh chatbot WA ini, Anda bisa menyiapkan respons agar pelanggan dapat menunggu beberapa saat sehingga staf Anda dapat mengambil alih percakapan dan menjawabnya secara personal.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3. Bisnis Lebih Produktif dan Efektif

Selanjutnya, proses yang sederhana membuat pekerjaan staf customer service Anda lebih efektif dan lebih produktif. Staf Anda dapat lebih fokus pada permasalahan pelanggan yang bersifat lebih teknis yang tidak dapat diselesaikan oleh chatbot. Pelanggan yang memiliki pertanyaan tidak seluruhnya langsung terhubung dengan customer service. Melainkan terhubung dengan chatbot terlebih dahulu, jika ditemukan pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan oleh chatbot barulah staf Anda dapat mengambil alih percakapan tersebut.

4. Menghemat Waktu dan Biaya

Berikutnya, dengan menggunakan Chatbot WhatsApp, bisnis juga dapat menghemat banyak waktu dan biaya. Bisnis dapat menghemat banyak waktu yang terbuang untuk membalas pesan pelanggan secara satu per satu, dan menghemat biaya untuk menyewa lebih banyak staf untuk menangani pesan atau chat yang masuk. Chatbot dapat otomatis merespons setiap pertanyaan pelanggan sesuai kata kunci dan dengan respons yang cepat.

5. Mengurangi Adanya Kesalahan (Human Error)

Tidak ada karyawan yang sempurna dan tidak pernah melakukan kesalahan. Kesalahan bisa saja terjadi saat staf customer service sedang menangani pelanggan, seperti salah membalas chat, terjadinya typo atau lupa untuk membalas pesan pelanggan. Namun, hal tersebut bisa diminimalisasi dengan adanya chatbot ini. Karena chatbot ini bersifat konsisten dan memberikan jawaban sesuai pertanyaan yang diajukan atau kata kunci yang diberikan.

6. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dengan menggunakan chatbot WA tentu akan meningkatkan customer experience (pengalaman pelanggan) bisnis Anda. Kemampuan bisnis untuk menangani dan menjawab banyak pelanggan dan memberikan pelayanan secara cepat tentu akan semakin banyak pula pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan bisnis Anda.

Apabila bisnis dapat melayani pelanggan setiap saat dengan bantuan fitur chatbot, maka pelanggan akan semakin merasa puas karena mendapatkan pelayanan yang mereka inginkan. Di samping itu, layanan pelanggan yang selalu tersedia selama 24 jam. Pelanggan dapat bertanya kapan saja dan langsung mendapatkan jawaban. Hal ini juga dapat lebih meningkatkan keuntungan bisnis.

Bagaimana Cara Kerja Chatbot WhatsApp?

Cara kerja chatbot WhatsApp dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Misalnya Anda dapat mengatur bot untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pelanggan melalui pesan teks ataupun suara. Ada 4 macam metode sistem operasional yang dimiliki oleh chatbot, dilansir dari tempo.co, yaitu:

1. Pattern Matcher (Penyesuaian pola)

Pada metode ini, bot menggunakan strategi penyesuaian pola (Pattern Matching) saat mengelompokkan teks. Chatbot yang berbasis aturan atau skrip dan terstruktur sebagian besar termasuk dalam kategori pattern matcher. Chatbot tersebut menggunakan basis pengetahuan yang berisi dokumen dan setiap dokumen terdiri dari pola dan template tertentu.

Maka, setiap kali chatbot memperoleh pertanyaan, dia akan memberikan respons apa pun yang sekiranya tepat dengan pola terkait. Namun, jika ada bentuk permintaan yang di luar dari bentuk pola, maka dia tidak akan mampu memberikan jawaban yang sesuai.

2. Suitable Algorithms (Kecocokan Algoritma)

Chatbot berbasis algoritma tidak hanya mencocokkan pola dengan respons, mereka memilih algoritma pencocokan pola dan membandingkan kalimat masukan dengan respons dalam korpus data. Algoritma memainkan peran utama di sini karena mereka membantu chatbot dalam menganalisis kumpulan data besar. Ini mengurangi pekerjaan pencocokan pola.

3. Decision Tree-Based (Berbasis Pohon Keputusan)

Decision tree-based merupakan salah satu sistem bot yang sering dijumpai pada bot yang memberikan opsi pertanyaan di awal percakapan. Di mana Anda hanya dapat memilih pertanyaan yang telah disediakan oleh sistem.

Cara kerja chatbot satu ini bisa dibilang kurang ramah pengguna. Karena pengguna harus mengikuti urutan jawaban yang sudah terprogram oleh mesin bot. Metode ini bisa rumit atau simpel tergantung bagaimana perancangan konsepnya.

Namun, banyak pula pemilik bisnis yang menggunakan metode ini karena tingkat kerumitannya yang rendah, lebih cepat, dan tetap berguna dalam melayani pertanyaan para pengguna. Saat pemakaiannya, pengguna akan dihadapkan dengan beberapa widget berupa tombol yang berisikan teks jawaban.

4. Contextual (Kontekstual)

Untuk bisa menciptakan percakapan secara beraturan, chatbot kontekstual mengandalkan sistem kecerdasan buatan dengan Machine Learning (ML). Metode ini memang yang terbaik dibanding metode sebelumnya.

Dikutip dari senseforth.ai, teknologi yang sering digunakan untuk menciptakan metode kerja kontekstual pada chatbot, yaitu Natural Language Processing (NLP). NLP merupakan teknologi yang memudahkan AI untuk bisa memahami bahasa alami sesuai maksud pengguna.

Dapatkan dan Buat Chatbot WhatsApp Anda Sekarang!

Dapatkan Chatbot WhatsApp Dengan WhatsApp Business API dari BarantumAnda dapat mendapatkan chatbot WA dan membuat alur percakapan chatbot Anda sendiri dengan menggunakan Barantum. Barantum merupakan WhatsApp Business Partner terbaik yang bisa membantu dan mempermudah Anda untuk mendapatkan fitur chatbot WA dari WhatsApp Business API.

Dengan mendaftar di Barantum juga Anda tidak hanya mendapatkan fitur Chatbot WhatsApp, tetapi juga mendapatkan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti fitur Centang Hijau WA, WA Blast, WhatsApp Multi User, WhatsApp Multi Device dan banyak lagi fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan. Tunggu apalagi? Ayo daftar sekarang!

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".