SEJAUHMANA PELAKU BISNIS MENYIKAPI ERA SOCIETY 5.0 PADA SAAT TERJADINYA TRANSFORMASI DIGITAL DARI ERA INDUSTRI 4.0

SEJAUHMANA PELAKU BISNIS MENYIKAPI ERA SOCIETY 5.0 PADA SAAT TERJADINYA TRANSFORMASI DIGITAL DARI ERA INDUSTRI 4.0

 

Saat ini Indonesia sudah masuk dalam Era Industri 4.0. Meskipun  belum secara optimal implementasi teknologi di terapkan dalam sebuah aktivitas bisnis. Tetapi setidaknya sudah ada transformasi  teknologi yang telah di jalankan oleh para pelaku bisnis. Lantas yang jadi pertanyaan adalah, setelah  Era Industri 4.0, kita akan masuk dalam era Society 5.0.  Dimana dalam kondisi tersebut ada beberapa hal yang mesti para pelaku bisnis sesuaikan agar pada saatnya tiba mereka telah siap dengan kondisi tersebut.

 

Sejatinya ada dua hal yang mesti dilakukan oleh para pelaku bisnis ketika Era Society 5.0 mulai di terapkan dalam dunia bisnis : (1) Pelaku bisnis di tuntut agar bisa lebih cepat dalam menghasilkan sebuah solusi praktis sehingga dapat secara cepat menyelesaikan masalah yang terjadi (2) Pelaku bisnis harus terus menggali informasi serta mampu menciptakan sebuah inovasi baru. Dimana tujuan dari inovasi tersebut tidak lain dan tidak  bukan adalah  untuk bisa meningkatkan performance  bisnis yang sedang dijalankan.

Melihat  kondisi yang terjadi saat ini, dimana kita sebagai pelaku bisnis belum sepenuhnya mengimplementasikan kondisi seperti yang seharusnya di lakukan dalam Era Industri 4.0. Lantas apa saja yang seharusnya di persiapkan oleh pelaku bisnis, agar peralihan  teknologi dari Era  Industri 4.0  menuju Society 5.0 bisa di jalankan dengan baik !!! ( Pendaftaran bisa melalui link  berikut :bit.ly/reg11juni )

 

ERA SOCIETY & PERAN TEKNOLOGI DALAM MENDUKUNG DUNIA BISNIS

 

Baca juga artikel berikut : STRATEGI MENGINTEGRASIKAN WHATSAPP BUSINESS API UNTUK PELAKU BISNIS

Sekadar  menjelaskan konsep Society 5.0 dan bagaimana sebuah implementasi teknologi bisa menjadi salah satu solusi yang bisa di jalankan oleh pelaku bisnis. Secara umum kita bisa menjelaskan  bahwa Society 5.0 sebuah transformasi teknologi yang mesti di jalani oleh semua pelaku bisnis. Tidak ada kata di tunda atau belum siap, karena perspektif bisnis dari Society 5.0 itu sendiri adalah :Sebuah konsep Society yang berpusat pada diri manusia ( pelaku bisnis itu sendiri). Dimana aktivitas yang di jalankan pada akhirnya berbasis pada konteks implementasi teknologi yang ada.  Karena pada  kenyataannya Society 5.0 adalah peralihan masa dari Era Industri 4.0.

Apa yang menarik dari kondisi yang terjadi pada  Society 5.0. Disini kita bisa melihat minimal  ada 3 hal  penting yang terkandung dalam kondisi tersebut : Sejauh mana kecerdasan buatan ( Artificial Intelligence ) akan mampu melakukan transformasi teknologi yang di dukung dengan supporting dari internet. Dimana  transformasi tersebut berasal dari media yang bernama Big Data yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan para pelaku bisnis guna menciptakan sebanyak mungkin peluang-peluang bisnis yang bisa di jangkau oleh pelaku bisnis tersebut.

PROSES KERJA SOCIETY 5.0 DALAM MENUNJANG AKTIVITAS BISNIS

Society 5.0 akan menghubungkan manusia ( pelaku bisnis ), benda atau media serta sistem ( platform) yang kesemuanya akan terhubung di dunia maya dan dengan bantuan teknologi AI ( artificial intillegence ) di harapkan hasilnya akan lebih besar dari kondisi yang sebelumnya terjadi. Yaitu kondisi pada saat sebelum teknologi AI di  gunakan. Sehingga cara ini bisa menjadi nilai-nilai baru atau alternatif solusi  yang bisa di berikan kepada pelaku bisnis.

Society 5.0 bukan sekadar persoalan modal dalam sebuah bisnis. Tetapi Society 5.0 adalah menghubungkan data yang akan bisa di gerakan dengan dukungan internet dan AI agar bisa menjadi solusi bagi pelaku bisnis baik dari mereka yang berada di  kalangan pebisnis kecil, menengah hingga besar.

Perspektif bisnis inilah yang akan kita coba bahas dalam sebuah   webinar  yang akan di bahas pada tanggal : Jumat, 11 Juni 2021  pada pukul 14.00 sd 16.00 wib. Dimana  kali ini kami dari Barantum akan menghadirkan 2 pembicara yang kompeten dalam bidangnya yang akan membahas tema yang menyangkut soal Society 5.0 . Mereka adalah Bp Fanky Christian, Ketua APTIKNAS DKI Jakarta dan Bp Septo Indarto ( HR Innovatif dan Consultant Indutry Society 5.0 .

Dengan mengusung tema “ Strategi Transformasi Bisnis dari Era  Industri 4.0  menuju Society 5.0. Maka kami berharap, pelaku bisnis semakin sadar bahwa implementasi bisnis tidak bisa lagi hanya sekadar dipahami. Tetapi saat ini sudah harus menjadi salah satu  implementasi bisnis yang harus di sesuaikan dengan karakter bisnis yang bersangkutan.  Semoga webinar  ini bisa membuka wawasan dan penambahan pengetahuan dari para pelaku bisnis yang ada di Indonesia.

In this article

Join the Conversation

6 + ten =