Apa Manfaat Direct Marketing?

Tanpa adanya marketing, masyarakat tidak akan tahu produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berinteraksi langsung dengan pelanggan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik oleh marketer. Salah satu teknik yang tepat dalam bisnis, yaitu direct marketing.

Direct marketing dipilih oleh marketer sebagai teknik yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Dengan direct marketing, Anda dapat menargetkan pelanggan yang sesuai dengan produk atau jasa secara akurat. Setiap konsumen akan merasa nyaman dengan adanya teknik direct marketing ini karena mereka mampu mengenali secara keseluruhan produk yang ditawarkan.

Dengan demikian, tingkat pembelian dari pelanggan lebih tinggi untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Di sisi lain, direct marketing mudah dilakukan tanpa memerlukan media iklan yang memerlukan pengeluaran biaya yang banyak. Selain itu, direct marketing tidak melibatkan pihak ketiga seperti media iklan. Sehingga Anda bisa langsung menerima respons dari pelanggan.

Pengertian Direct Marketing

Direct marketing adalah teknik pemasaran dengan berkomunikasi langsung kepada pelanggan, baik pelanggan baru maupun potensial, tanpa melalui perantara pihak ketiga, seperti media ataupun iklan. Direct marketing mengandalkan komunikasi langsung dari pemasar ke pelanggan.

Jika dilakukan secara tepat maka direct marketing akan mampu menghasilkan nilai penjualan yang tinggi dengan nilai biaya yang cenderung rendah. Strategi direct marketing ini bisa dilakukan secara tatap muka atau lewat media komunikasi seperti telepon, email, SMS, ataupun memanfaatkan sosial media.

Manfaat Direct Marketing dalam Bisnis

Manfaat direct marketing secara garis besar tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan. Pelanggan pun mendapatkan keuntungan dari teknik direct marketing.

Manfaat bagi pebsinis

Direct marketing mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi sehingga pebisnis mampu memilih dan menentukan cara, waktu, dan sarana yang paling tepat dalam menjangkau target pelanggannya. Selain itu, direct marketing memberikan kesempatan pada Anda untuk memilih pilihan yang berbeda dan melakukan uji tes pasar. Dengan uji tes pasar, Anda dapat melihat strategi mana yang paling efektif.

Manfaat bagi pelanggan

Selain pebisnis, pelanggan pun merasakan manfaat direct marketing. Pelanggan akan merasa nyaman dengan teknik direct marketing karena mereka mampu mengenali kelebihan serta kekurangan produk atau jasa yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, jika Anda melakukan penawaran secara langsung, pelanggan Anda juga akan merasa lebih nyaman karena mereka bisa membeli produk yang mereka inginkan langsung di rumahnya, tanpa harus mencari-carinya di luar. Di sisi lain, pelanggan Anda juga mendapatkan kebebasan dan kenyamanan dalam memilih varian produk di dalam katalog produk.

Dengan direct marketing, pelanggan Anda memiliki kesempatan mengetahui informasi seputar produk dari katalog, email, SMS, telepon, sehingga mereka akan lebih mempertimbangkan produk tersebut.

CTA Barantum

Manfaat direct marketing pun dirangkum dalam beberapa poin berikut ini.

1. Menghemat biaya

menghemat biaya

Penerapan direct marketing tidak mewajibkan penjual memiliki toko untuk memasarkan produknya. Cukup dengan mengunggah foto dan informasi detail tentang produk, penjual bisa melakukan transaksi dengan para pelanggan. Dengan menerapkan direct marketing, salah satu manfaat terbesar adalah Anda dapat menghemat anggaran untuk pemasaran.

Oleh sebab itu, Anda menjadi lebih fokus untuk mendapatkan segmentasi pasar yang tepat dengan tujuan menawarkan atau mengajak pelanggan secara langsung, tanpa perantara pihak ketiga. Dengan teknik direct marketing yang tepat, bisnis Anda akan memperoleh keuntungan yang optimal. Artinya, Anda tidak perlu menggunakan jasa media iklan yang menghabiskan banyak biaya.

2. Menjangkau pelanggan lebih banyak

pelanggan lebih banyak

Direct marketing berpotensi menjangkau pelanggan yang lebih banyak. Terkadang, pelanggan tidak menemukan produk atau layananmu secara online. Dengan penerapan direct marketing dalam bisnis, Anda berkesempatan untuk menjelaskan langsung secara detail mengenai produk atau jasa perusahaan.

Kejelasan informasi yang didapatkan oleh pelanggan berkemungkinan pelanggan akan memberi tahu tentang produk Anda ke orang lain lebih optimal. Dengan begitu, produk Anda lebih banyak dikenal masyarakat dan meningkatkan pelanggan yang tertaarik dengan produk yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Membangun Customer Relationship yang Baik

3. Mendapat respons langsung dari pelanggan

Pemasaran langsung ke pelanggan berpotensi menaikkan pendapatan bisnis. Pelanggan bisa langsung memanfaatkan diskon atau membeli rilisan terbatas produk yang Anda tawarkan. Selain dari segi pendapatan, respons pelanggan dapat menjadi ukuran keberhasilan strategi marketing Anda.

Mendapatkan respons langsung dari pelanggan, Anda dapat menganalisis kebutuhan tiap pelanggan Anda secara lebih detail. Dengan demikian, Anda bisa melakukan penawaran sesuai kebutuhan pelanggan Anda.

4. Meningkatkan loyalitas pelanggan

loyalitas pelanggan

Direct marketing memungkinkan Anda berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Anda secara personal dapat menanyakan kebutuhan pelanggan dan melakukan penyesuaian. Semakin Anda mengenal pelanggan Anda, pelanggan akan semakin loyal.

Dengan demikian, pelanggan merasa sangat dihargai sebagai konsumen. Hal tersebut dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap brand-mu. Bahkan, ada kemungkinan mereka juga melakukan repeat order atau transaksi ulang setelah sebelumnya pernah membeli produk atau layananmu.

5. Target pelanggan jelas

Anda dapat mengirimkan pesan yang spesifik ke pelanggan atau calon pelanggan. Semakin Anda mengenal target promosi Anda, penawaran Anda bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau selera mereka.

6. Informatif

informatif

Dengan penerapan direct marketing, Anda dapat memberi detail informasi produk Anda. Informasi tersebut mulai dari harga, cara memperoleh diskon, atau keuntungan yang didapatkan dari penawaran Anda.

Anda bisa memberikan seluruh informasi terkait produk Anda saat melakukan direct marketing. Misalnya, Anda mengirimkan blast kepada pelanggan berisi informasi produk atau promo terbaru. Teks yang langsung sampai pelanggan memungkinkan pelanggan mendapatkan informasi terbaru dibandingkan promosi di media iklan. Hal itu karena bisa jadi pelanggan Anda tidak melihat iklan yang Anda pasang.

Saat ini, Anda bisa mudah melakukan blast ke pelanggan Anda hanya dalam satu kali klik saja dengan sistem CRM. Sistem CRM, seperti Barantum, membantu tim Anda untuk mempercepat dan mempermudah proses blast ke pelanggan Anda.

7. Tingkat kesuksesan jelas

Promosi yang dilakukan secara langsung langsung dapat diukur hasilnya. Misalnya, Anda mengirim promosi menggunakan kode diskon, Anda dapat langsung mengukur tingkat keberhasilan strategi ini.

Dengan demikian, Anda bisa mengevaluasi strategi yang diterapkan. Analisis pun mudah dilakukan. Hal itu membuat perusahaan Anda lebih cepat berkembang.

Optimalkan Direct Marketing Anda

Hanya sekaradar menerapkan direct marketing tidaklah cukup. Anda memerlukan sistem yang mampu menunjang teknik direct markerting Anda agar mendapatkan hasil yang optimal.

CTA Barantum

Selain itu, Anda bisa menggunakan omnichannel sebagai solusi memaksimalkan teknik direct marketing. Gunakan omnichannel terbaik dari Barantum sebagai solusinya.

Baca juga: Apa Manfaat Omnichannel Marketing untuk Bisnis Anda?

Anda pun bisa bertanya seputar CRM omnichannel pada staf profesional Barantum di website barantum.com.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments