Strategi Omnichannel Marketing Dalam Bisnis

Omnichannel marketing telah menjadi istilah yang semakin populer dalam dunia pemasaran modern. Tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan “Omnichannel” dan mengapa ini begitu penting dalam strategi pemasaran saat ini? Dalam era di mana konsumen semakin terhubung dengan berbagai platform digital dan fisik, Omnichannel Marketing telah menjadi kunci bagi perusahaan untuk mempertahankan relevansi dan kompetitivitas mereka.

Dengan memahami konsep omnichannel marketing dan menerapkannya dengan baik, perusahaan dapat menciptakan pengalaman belanja yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Selain itu, omnichannel marketing merujuk pada pendekatan pemasaran yang menyatukan semua saluran penjualan dan interaksi pelanggan menjadi satu kesatuan yang terintegrasi. Bayangkan, ratusan ribu perusahaan menggunakan strategi yang sama di media sosial. Bagaimana cara Anda untuk melakukan promosi bisnis? Dan, bagaimana Anda yakin bahwa promosi bisnis yang dilakukan tepat sasaran?

Di sinilah fungsi strategi omnichannel marketing untuk mempermudah Anda melakukan promosi hingga menaikkan penjualan di media sosial. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Mari simak ulasannya dalam artikel ini.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu Omnichannel Marketing?

Omnichannel marketing adalah strategi yang menekankan pada kebutuhan pelanggan dengan menggabungkan semua platform penjualan, sehingga menciptakan pengalaman merek yang seragam dan menyeluruh di semua platform, mulai dari toko konvensional hingga aplikasi dan situs web.

Artinya, pelanggan dapat dengan mudah beralih antara berbagai platform tanpa kehilangan konsistensi dalam pengalaman berbelanja mereka. Dengan omnichannel marketing, tidak lagi ada batasan antara dunia online dan offline. Sehingga menciptakan kesempatan yang lebih besar bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan di mana pun mereka berada.

Salah satu contoh yang mudah dipahami tentang omnichannel marketing adalah ketika seseorang melihat produk di toko fisik, kemudian melanjutkan pencarian atau pembelian melalui situs web atau aplikasi seluler. Kemudian, mereka mungkin menerima rekomendasi produk atau penawaran spesial melalui email atau media sosial.

Semua pengalaman ini terintegrasi secara mulus dan saling melengkapi satu sama lain, menciptakan perjalanan belanja yang lancar dan memuaskan bagi pelanggan.

Apa Perbedaan Strategi Omnichannel dan Multichannel?

Meski multichannel dan omnichannel sama-sama menggunakan berbagai saluran untuk keperluan bisnis. Namun, keduanya memiliki perbedaan.

Pada multichannel, saluran penjualan umumnya tidak saling terkait satu sama lain atau tidak terintegrasi. Sementara omnichannel adalah setiap saluran penjualan yang ada akan terhubung satu sama lain melalui kemampuan integrasi, sehingga tidak ada lagi saluran yang akan terabaikan.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Di sinilah peranan strategi omnichannel yang mengikuti perkembangan zaman era digital. Omnichannel Marketing mementingkan keselarasan dari berbagai saluran komunikasi. Tujuannya untuk memaksimalkan pengalaman pelanggan melakukan pembelian.

Manfaat Omnichannel Marketing pada Bisnis

Omnichannel marketing mampu memudahkan bisnis Anda untuk memberikan pengalaman konsisten di setiap platform yang digunakan perusahaan. Selain itu, berikut manfaat omnichannel marketing lainnya bagi bisnis:

1. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Omnichannel Marketing memungkinkan bisnis untuk menyediakan pengalaman belanja yang lebih baik dan terintegrasi bagi pelanggan. Dengan memungkinkan pelanggan untuk beralih dengan mulus antara berbagai saluran penjualan, seperti toko fisik, situs web, dan aplikasi seluler, bisnis dapat menciptakan perjalanan belanja yang lancar dan menyenangkan bagi pelanggan.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Dengan Omnichannel Marketing, bisnis dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan menyediakan konten yang relevan dan personal melalui berbagai saluran komunikasi. Dengan cara ini, bisnis dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.

3. Mengoptimalkan Kinerja Penjualan

Omnichannel Marketing memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan kinerja penjualan mereka dengan memanfaatkan data konsumen yang terpusat. Dengan melacak perilaku dan preferensi pelanggan di semua saluran penjualan, bisnis dapat membuat strategi pemasaran yang lebih efektif dan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.

4. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Dengan mengintegrasikan semua saluran penjualan ke dalam satu platform, Omnichannel Marketing dapat membantu bisnis meningkatkan efisiensi operasional mereka. Ini memungkinkan bisnis untuk mengelola inventaris, pemenuhan pesanan, dan layanan pelanggan dengan lebih efisien, yang pada akhirnya dapat menghemat waktu dan biaya.

5. Meningkatkan Retensi Pelanggan dan Loyalitas

Terakhir, mampu meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas merek. Dengan menyediakan pengalaman belanja yang mulus dan konsisten di semua saluran, perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Pelanggan yang puas dan terlibat cenderung lebih setia terhadap merek dan lebih mungkin untuk kembali berbelanja di masa depan.

Bagaimana Cara Kerja Omnichannel?

Cara kerja omnichannel, yaitu menggabungkan seluruh saluran yang dimiliki oleh perusahaan ke dalam satu platform terpusat sehingga memastikan respons yang konsisten terhadap semua pertanyaan tanpa ada yang terabaikan. Dengan begitu, staf Anda dapat menjawab pertanyaan seluruh pelanggan dari berbagai channel dengan efektif.

Misalnya, seseorang dapat mulai mencari produk di situs web, melanjutkan pembelian mereka di aplikasi seluler, dan kemudian memilih untuk mengambil produk tersebut di toko fisik atau meminta pengiriman ke rumah. Semua interaksi ini terhubung secara mulus, sehingga menciptakan pengalaman belanja yang konsisten dan menyenangkan bagi pelanggan.

Yang membuat Omnichannel begitu efektif adalah kemampuannya untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan relevan kepada pelanggan. Dengan melacak interaksi pelanggan di berbagai platform, perusahaan dapat memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan secara lebih mendalam. Ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan pesan dan tawaran mereka sesuai dengan kebutuhan individu, meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Bagaimana Tips Menerapkan Omnichannel Marketing Yang Baik?

Berikut adalah tips menerapkan omnichannel marketing, yaitu:

1. Integrasikan Semua Saluran Penjualan

Langkah pertama yang penting dalam menerapkan Omnichannel Marketing yang baik adalah dengan mengintegrasikan semua saluran penjualan Anda. Ini termasuk toko fisik, situs web, aplikasi seluler, dan media sosial. Pastikan semua platform saling terhubung dan memberikan pengalaman yang seragam bagi pelanggan di mana pun mereka berinteraksi dengan merek Anda.

2. Gunakan Data Pelanggan Secara Efektif

Manfaatkan data pelanggan untuk memahami perilaku belanja mereka dan preferensi mereka. Dengan menganalisis data yang Anda kumpulkan dari berbagai platform, Anda dapat membuat profil pelanggan yang lebih baik dan menyajikan konten yang lebih relevan dan personal kepada mereka. Hal ini akan meningkatkan keterlibatan pelanggan dan membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka.

3. Memberikan Pengalaman Belanja yang Konsisten

Pastikan pengalaman belanja pelanggan Anda konsisten di semua saluran penjualan. Ini berarti bahwa tampilan produk, harga, dan kebijakan layanan harus seragam di semua platform. Dengan menyediakan pengalaman yang konsisten, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap merek Anda.

4. Komunikasi Yang Terintegrasi dan Kontinu

Jaga komunikasi yang terintegrasi dan kontinu dengan pelanggan Anda di semua platform. Gunakan email, pesan teks, media sosial, dan platform lainnya untuk tetap terhubung dengan pelanggan dan memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat. Dengan komunikasi yang terus-menerus, Anda dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan dan memperkuat loyalitas mereka terhadap merek Anda.

5. Terus-menerus Evaluasi dan Sesuaikan Strategi

Terakhir, penting untuk terus-menerus mengevaluasi dan menyesuaikan strategi Omnichannel Marketing Anda sesuai dengan umpan balik pelanggan dan perubahan dalam industri. Lakukan analisis reguler terhadap data pelanggan dan tren pasar untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan baru. Dengan tetap fleksibel dan responsif, Anda dapat memastikan bahwa strategi pemasaran Anda tetap efektif dan relevan dalam menghadapi perubahan yang terus-menerus.

Dapatkan Sistem Omnichannel Terbaik Untuk Bisnis, Barantum

Omnichannel Contact Center Barantum - Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dengan memahami pengertian dan manfaat dari omnichannel marketing, perusahaan dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar yang semakin kompetitif ini. Namun, untuk memaksimalkan potensi omnichannel marketing, perusahaan perlu menggabungkan strategi tersebut dengan teknologi yang sesuai, seperti Barantum CRM.

Barantum CRM dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam mendukung omnichannel marketing dengan mempercepat penanganan keluhan pelanggan. Dengan menggunakan sistem CRM yang terintegrasi, perusahaan dapat dengan mudah melacak keluhan pelanggan dari berbagai platform dan mengkoordinasikan respons dengan cepat dan efisien.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".