Mudah! Begini Cara WA Blast ke Ribuan Nomor Sekaligus

WA Blast atau WhatsApp Blast merupakan fitur WhatsApp yang paling diminati oleh kalangan pebisnis. Mulai dari bisnis UMKM, sampai dengan bisnis skala besar seperti level Internasional atau Multinasional, bahkan instansi pemerintahan sekalipun.

Karena menggunakan aplikasi WA Blast yang merupakan salah satu stategi dari WhatsApp Marketing ini memang sangat efektif untuk menjangkau banyak pelanggan secara bersamaan. Mulai dari penyampaian informasi, pesan promosi dan banyak lagi.

Untuk itu, Anda sudah berada di halaman yang tepat. Karena pada artikel ini akan membahas bagaimana cara mendapatkan fitur WhatsApp Blast ini sampai dengan cara melakukannya. Selamat membaca!

Cara Mengirimkan WA Blast ke Ribuan Nomor Sekaligus

  1. Login ke Dashboard WA Blast Resmi by Barantum
  2. Import Daftar Kontak Tujuan/Penerima (List Receiver)
  3. Membuat Template Pesan Blast Yang Akan Dikirim
  4. Periksa Kembali Template Pesan Blast Anda
  5. Pesan WA Blast Anda Siap Dikirim ke Ribuan Nomor

Kirim Broadcast Tanpa Perlu Simpan Kontak Dengan Barantum

Apa itu WA Blast?

WA Blast atau WhatsApp Blast merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengirim pesan broadcast secara massal secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor pengguna terlebih dahulu. Sehingga fitur ini sangat efektif dan efisien bagi bisnis untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus secara bersamaan.

Dengan fitur WA Blast Anda bisa mengirim pesan dengan kontak yang tak terbatas dan tanpa harus menyimpan nomor penerima di kontak Anda terlebih dahulu.

Banyak sekali istilah atau sebutan untuk fitur WhatsApp yang satu ini, mulai dari WA Blast, WA Blaster, WA Blasting, WA Bulk Sender dan sebagainya. Pada intinya sama-sama mengacu pada fitur kirim pesan secara massal di WhatsApp.

Apa Saja Manfaat WA Blast?

Mengirim pesan melalui WhatsApp Blast kepada banyak kontak dalam waktu yang cepat merupakan keuntungan utama bagi bisnis. Metode ini memungkinkan bisnis untuk efektif dan efisien mencapai audiens yang lebih luas. Pesan-pesan tersebut dapat berisi promosi, penawaran khusus, atau informasi penting yang ditujukan kepada pelanggan potensial maupun yang sudah ada. Sehingga meningkatkan kesadaran merek, potensi penjualan yang lebih tinggi, serta memperkuat ikatan dengan pelanggan.

Selain itu, WhatsApp Blast juga memungkinkan interaksi langsung dan personal antara bisnis dan pelanggan. Pesan yang dikirim melalui WhatsApp Blast bisa disesuaikan dengan nama penerima, sehingga pesan terasa lebih pribadi dan menarik perhatian. Hal ini membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperkuat ikatan antara bisnis dan pelanggan.

Bagaimana Cara Mendapatkan WA Blast?

Terdapat dua cara untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast ini, yaitu secara resmi dan tidak resmi:

  1. Resmi : Dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh Mitra Resmi WhatsApp API yang biasanya sudah termasuk fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau WA, Chatbot WA atau Bot WhatsApp, Alokasi Pesan per Agent dan masih banyak lagi.
  2. Tidak Resmi : Dengan menggunakan tools atau software yang diinstal di komputer/desktop Anda. Fitur hanya khusus untuk WhatsApp Blast saja dan memiliki risiko tinggi untuk akun terblokir dan adanya kebocoran data.

Perbedaan WhatsApp Blast Resmi dan Tidak Resmi

Perlu dipahami bahwa keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun, untuk menjaga keamanan data bisnis Anda, sebaiknya menggunakan WhatsApp Blast dari Mitra Resmi WhatsApp Tepercaya, Barantum. Perbedaan antara WhatsApp Blast resmi dan tidak resmi bisa Anda simak lebih lengkap pada artikel ini -> Ketahui Perbedaan WhatsApp Blast Resmi dan Tidak Resmi.

Apakah Fitur WhatsApp Blast itu Berbayar?

Ya, WhatsApp Blast merupakan fitur premium dimana Anda harus berlangganan WhatsApp Business API terlebih dahulu untuk mendapatkannya yaitu dengan cara bekerja sama dengan BSP WhatsApp dan menggunakan sistem yang telah disediakan oleh mereka.

Biaya langganan tersebut pun sangat bervariatif mulai dari harga Rp200rb hingga Rp300rb per bulan tergantung pada BSP WhatsApp yang Anda pilih. Tapi, pastikan Anda memilih BSP WhatsApp yang terpercaya dan berkualitas, dan jangan mudah tergiur dengan harga murah tapi dengan kualitas layanan yang buruk.

Dalam penggunaannya, Anda akan dikenakan biaya per bulan dan Facebook akan mengirimkan invoice ke email Anda di minggu pertama di setiap bulannya. Biaya yang dikenakan juga berbeda-beda tergantung kategori pesan WA Blast yang digunakan.

Kategori pesan WA Blast per 1 April 2023 lalu mengalami perubahan, yang tadinya hanya 2 kategori sekarang dipecah menjadi 4 kategori, yaitu utility, marketing, authentication, dan service conversation. Biaya dan harga pesan WhatsApp Blast bisa Anda ketahui DI SINI.

Bagaimana Cara Mengirimkan WA Blast Tanpa Takut Terblokir?

Berikut ini 5 tips mengirimkan pesan WhatsApp Blast agar terhindar dari blokir yang bisa Anda lakukan:

1. Menggunakan WA Blast Resmi by Barantum

Pastikan WA Blast yang Anda pakai merupakan fitur WA Blast resmi yang Anda dapatkan dari BSP WhatsApp tepercaya, yaitu Barantum.

Dengan menggunakan WA Blast resmi mengurangi risiko data perusahaan diretas atau bocor karena akun Anda akan didaftarkan langsung kepada WhatsApp. Sehingga terjamin keamanan data bisnis Anda dibandingkan dengan menggunakan tools tidak resmi.

2. Jangan Berlebihan Dalam Mengirimkan Blast

Sebaiknya Anda mengatur kapan jadwal mengirimkan pesan blast dan pastikan jadwal blast Anda tidak berlebihan. Seseorang yang dikirimkan WA Blast secara berlebihan, terlebih menerimanya setiap hari akan membuat pelanggan kesal. Sehingga akun WA Anda bisa dianggap spam dan di-report oleh pelanggan.

3. Blast Sesuai Syarat dan Ketentuan WhatsApp

WhatsApp memiliki syarat dan ketentuan tersendiri dalam pengiriman pesan blast. Seperti pesan tidak berisi ancaman, pelecehan, ataupun mengintimidasi. Penggunaan WhatsApp ini pun dapat digunakan untuk OTP, notifikasi, konfirmasi pesanan, dan pengiriman faktur.

WhatsApp Sering Terblokir Karena Menggunakan WA Blast Tidak Resmi

4. Template Blast Sesuai Dengan Ketentuan WhatsApp

Dalam penulisan template WhatsApp Blast Anda perlu memperhatikan beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan oleh WhatsApp. Berikut beberapa ketentuan penulisan WhatsApp Blast:

a. Penulisan pesan tidak hard selling

Sebelum Anda dapat mengirim WA Blast, isi template pesan Anda perlu di-approve terlebih dahulu. Sebaiknya, Anda gunakan bahasa yang tidak terlalu hard selling di mana isi pesan terlalu to the point. Buatlah isi pesan WA Blast Anda dengan bahasa yang soft selling di mana menggunakan bahasa yang halus dan persuasif (membujuk secara halus). Penjualan secara halus (soft selling) ini akan membuat template WA Blast di-approve lebih tinggi. Penjelasan mengenai perbedaan bahasa hard selling dan soft selling bisa Anda baca di sini.

b. Ukuran file tidak melebihi batas ketentuan

Ukuran Maksimal Lampiran Untuk WhatsApp Blast

WhatsApp memiliki batas maksimal dalam melampirkan file, baik file untuk gambar, video, maupun dokumen. Berikut ketentuan batas maksimal ukuran file untuk pengajuan template WhatsApp blast:

  • Image maksimal 5 MB
  • Dokumen maksimal 100 MB
  • Video maksimal 16 MB

c. Jumlah karakter tidak melebihi batas yang ditentukan

Ada tiga bagian penulisan pesan dalam template WhatsApp Blast. Pertama, header text maksimal 60 karakter. Kedua, body text maksimal 1024 karakter. Terakhir, footer text maksimal 60 karakter.

5. Gunakan hanya untuk kepentingan bisnis dan perusahaan

Sebagai pebisnis dang staf yang baik, tentu Anda akan bijak dalam menggunakan WA Blast. Hindari pemakaian WA Blast untuk kepentingan pribadi Anda. Namun, gunakanlah untuk kepentingan perusahaan, seperti untuk layanan pelanggan ataupun pengenalan produk perusahaan.

Bagaimana Cara Mengirim WA Blast ke Ribuan Kontak Sekaligus?

Berikut ini 5 langkah untuk cara menggunakan WA Blast:

1. Login ke Dashboard WA Blast Resmi by Barantum

Tutorial Cara WA Blast - Step 1Langkah pertama adalah Anda harus login terlebih dahulu ke Dashoard BarantumChat atau kunjungi https://CRMv5.barantum.com/barantumchat.

2. Import Daftar Kontak Tujuan/Penerima (List Receiver)

Tutorial Cara WA Blast - Step 2Langkah selanjutnya adalah dengan meng-import daftar penerima (list receiver) yang akan menjadi target blast Anda. Anda bisa mengelompokkannya sendiri dengan memberikan nama daftar untuk setiap daftar penerima yang Anda buat. Misal Pelanggan Produk A, Pelanggan Produk B dan sebagainya.

3. Membuat Template Pesan Blast Yang Akan Dikirim

Tutorial Cara WA Blast - Step 3Setelah daftar penerima berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat template pesan blast yang akan Anda kirim. Anda juga bisa memanggil nama kontak secara otomatis pada template pesan. Ada juga fitur Call to Action (CTA) berupa Button dan Quick Reply.

Pada CTA Button, Anda bisa memberikan tautan pada produk terkait, halaman pembayaran, website, halaman toko, link marketplace dan sebagainya. Untuk Quick Reply, Anda bisa memberikan beberapa pilihan opsi ‘pilihan cepat’ untuk respons dari pesan Anda nantinya, misal ‘Ya, saya tertarik!‘, atau ‘Apa ada promo lainnya?‘ dan sebagainya.

Perlu diingat kembali, kini Meta telah memperbarui kategori template WhatsApp sehingga Anda perlu memilih kategori yang tepat agar template yang Anda ajukan disetujui.

4. Periksa Kembali Template Pesan Blast Anda

Tutorial Cara WA Blast - Step 4

Template pesan blast yang Anda buat akan diperiksa terlebih dahulu oleh pihak Facebook untuk memastikan Anda tidak melanggar syarat dan ketentuan mereka. Dan pastikan kembali template yang Anda buat tidak ada tipo atau kesalahan penulisan lainnya.

5. Pesan WA Blast Anda Siap Dikirim ke Ribuan Nomor

Tutorial Cara WA Blast - Step 5

Setelah template pesan disetujui oleh pihak Facebook dan status menjadi APPROVED. Selamat! Template pesan Anda sudah siap untuk dikirim ke ribuan pelanggan Anda. Selanjutnya adalah Anda hanya perlu meng-klik tombol Send Now, maka Seluruh pesan akan terkirim ke penerima secara bersamaan secara real time.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Blast Resmi?

Berikut ini 3 langkah untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast untuk bisnis Anda:

1. Daftarkan Nomor Anda ke Mitra Resmi WhatsApp, Barantum

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

WhatsApp Blast merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API. Untuk mendapatkannya, Anda perlu untuk mendaftarkan nomor bisnis Anda ke Mitra Resmi WhatsApp Barantum. Selanjutnya, tim Barantum akan menyiapkan fitur WhatsApp Blast yang Anda butuhkan.

Pastikan Anda mendaftar di Mitra Resmi WhatsApp tepercaya seperti Barantum. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan Anda, dan juga agar mendapatkan layanan support terbaik yang fast respons ketika mengalami kendala nantinya.

2. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager Anda

Cara Mendapatkan WA Blast 2 - Verifikasi Akun Facebook Business Manager
Selanjutnya, BSP WhatsApp akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda. Proses ini sangat penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Sementara itu, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Fitur WhatsApp Blast Siap Untuk Anda Gunakan

Cara Mendapatkan WA Blast 3 - Fitur WA Blast Siap Digunakan

Setelah proses verifikasi berhasil. Anda sudah bisa mulai menggunakan Whatsapp Blast dengan cara masuk ke dashboard/layanan yang telah disediakan Mitra Resmi WhatsApp yang Anda pilih, Barantum.

Selanjutnya Anda bisa menambahkan atau meng-import nomor tujuan atau list receiver dan template pesan yang akan di blast, lalu klik Send Now. Pesan blast pun berhasil terkirim!

Dapatkan Fitur WhatsApp Blast Resmi Sekarang!

Sebagai mitra resmi WhatsApp di Indonesia, Barantum dapat membantu bisnis Anda untuk mendapatkan fitur WA Blast dengan menggunakan WhatsApp Business API. Dengan begitu, Anda dapat mengirimkan pesan blast tanpa khawatir nomor bisnis Anda akan diblokir.

Selain aman dan tepercaya, tim kami siap membantu dan memberikan layanan support terbaik untuk Anda. Dengan mendaftar di Barantum, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau WA, Chatbot WA atau Bot WhatsApp, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Dapatkan Sekarang!


Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

4.2 6 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
    Hubungi sekarang
    1
    💬 Butuh bantuan?
    Scan the code
    Halo, selamat datang di Barantum. 👋
    Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

    Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".