Begini Cara Mudah Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp!

Apakah Anda pernah melihat tanda centang hijau di akun WA Business? Tahukah Anda, bawah centang hijau WA ini mampu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda.

Karena jika Anda dengan memiliki tanda centang hijau WA ini di akun bisnis Anda. Bisnis Anda akan tampil lebih profesional dan dapat dipercaya. Sehingga memudahkan pelanggan untuk yakin bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang resmi sehingga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dimata pelanggan.

Karena centang hijau di WhatsApp ini memiliki banyak sekali manfaat. Tidak heran, banyak sekali pebisnis yang menginginkan untuk memiliki centang hijau (verified badge) di akun WhatsApp Business mereka. Apa Anda juga salah satunya?

Jika jawabannya adalah iya, Anda sudah berada di halaman yang tepat! Karena artikel ini akan membahas bagaimana cara mendapatkan centang hijau (verified badge) di WhatsApp yang pasti dijamin berhasil. Ayo simak selengkapnya!

Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp :

  1. Daftarkan Akun WhatsApp Anda ke WhatsApp Business Solution, Barantum
  2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda
  3. Daftarkan Nomor dan Display Name Yang Ingin Digunakan
  4. Barantum Akan Mendaftarkan Akun Anda Menjadi Official WhatsApp Business Verified
  5. Dapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di Akun WhatsApp Business Anda

Barantum - BSP dan WhatsApp Partner Terbaik di IndonesiaApa itu Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp?

Centang hijau WhatsApp atau verified badge merupakan lencana yang diberikan oleh WhatsApp yang menunjukan bahwa akun WA bisnis tersebut telah terverifikasi dan terbukti sebagai bisnis yang resmi.

Tanda centang hijau WA atau verified badge ini akan terletak di samping nama bisnis Anda dan meskipun penerima tidak menyimpan nomor bisnis tersebut, tanda centang hijau dan nama bisnis Anda akan tetap ditampilkan. Dengan hal ini tentu dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Untuk mendapatkan centang hijau WA, sebelumnya Anda harus menggunakan WhatsApp Business API terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, Anda hanya harus bermitra dengan Mitra Resmi WhatsApp (Official WhatsApp Partner) di Indonesia. Kemudian, mereka akan membantu Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda pada pihak WhatsApp dan mendapatkan centang hijau WA untuk akun WhatsApp Business Anda.

Contoh Akun WhatsApp Centang Hijau

Apa Saja Manfaat Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp?

Centang hijau WA atau WhatsApp Verified Badge memiliki manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan bagi pemiliknya. Manfaat yang bisa Anda dapatkan tidak hanya meningkatkan kepercayaan pelanggan saja. Namun, juga mampu membangun kredebilitas akun bisnis Anda di mata pelanggan.

Berikut ini beberapa manfaat centang hijau WA yang bisa Anda dapatkan:

  1. Pertama, membangun tingkat kredibilitas bisnis dengan biaya yang murah dan tampil lebih profesional dengan akun WhatsApp yang terverfikasi (centang hijau WA).
  2. Kedua, menghilangkan sifat ragu pada pelanggan. Hal ini karena akun bisnis sudah terverifikasi centang hijau menjadi salah satu tanda penting untuk perusahaan resmi dan terpercaya.
  3. Selanjutnya, meningkatkan brand awareness atau branding secara gratis. Karena ketika Anda mengirimkan pesan walaupun penerima tidak menyimpan kontak Anda, mereka akan tetap dapat melihat nama bisnis Anda di layar percakapan.
  4. Terakhir, meningkatkan konversi penjualan. Dengan hilangnya keraguan dan meningkatnya kepercayaan pelanggan akan meningkatkan transaksi dengan pelanggan dan penjualan.

Apa Saja Syarat Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memiliki dan mendapatkan centang hijau di akun WhatsApp Business Anda. Berikut syarat-syarat untuk memiliki dan mendapatkan centang hijau di WhatsApp yang perlu Anda ketahui:

kententuan dan syarat centang hijau wa barantum

Syarat Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp :

  1. Berlangganan layanan dari BSP WhatsApp
  2. Bisnis yang dimiliki sudah berbentuk CV / PT atau Yayasan
  3. Memiliki ID Facebook Business Manager
  4. Memiliki website resmi untuk bisnis / perusahaan
  5. Bisnis sudah cukup populer dan dikenal oleh publik

1. Berlangganan layanan dari BSP WhatsApp terlebih dahulu

Pertama, hal yang harus Anda pahami untuk mendapatkan Ada beberapa Centang Hijau WhatsApp ini adalah Anda harus berlangganan layanan dari BSP WhatsApp terlebih dahulu.

Di Barantum, sebagai salah satu BSP resmi WhatsApp yang tepercaya di Indonesia. Untuk biaya minimum berlangganannya pada paket Omnichannel Standard ada di angka Rp897.000,-.

Dengan harga tersebut, selain bisa mendapatkan Centang Hijau WhatsApp Anda juga sudah bisa mendapatkan fitur WhatsApp API lainnya seperti fitur WA Blast, Chatbot dan juga Omnichannel Chat.

Untuk detail lengkapnya Anda bisa mengunjungi halaman Harga Barantum dan pilih tab Omnichannel.

2. Bisnis yang dimiliki sudah berbentuk CV / PT atau Yayasan

Persyaratan minimum untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah bisnis yang Anda miliki sudah berbentuk CV / PT atau yayasan. Hal ini karena pihak WhatsApp sangat selektif dan hanya memberikan centang hijau pada bisnis yang terbukti legalitasnya dan terdaftar sebagai perusahaan resmi. Adapun bisnis yang dilarang dan tidak bisa mendapatkan centang hijau sesuai ketentuan WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Drugs
  • Tobacco Items
  • Gambling Businesses
  • Alcohol Brands
  • Weapons and Ammunition Businesses
  • Live Animals
  • Adult Product/Services
  • Medical & Healthcare Products
  • Dating Services
  • Cryptocurrencies

3. Memiliki ID Facebook Business Manager

Sebelum pihak WhatsApp melakukan proses verifikasi pada bisnis Anda. Anda harus memiliki akun atau ID di Facebook Business Manager terlebih dahulu. Pada Facebook Business Manager Anda bisa masuk menggunakan akun Facebook pribadi Anda. Sehingga Anda tidak perlu membuatnya ulang. Selanjutnya, Anda bisa mengisikan informasi yang diminta.

4. Memiliki website resmi untuk bisnis / perusahaan

Untuk syarat mendapatkan centang hijau WhatsApp yang ketiga adalah memiliki website resmi perusahaan. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis Anda cukup profesional untuk memiliki website resmi sendiri untuk perusahaan yang Anda miliki.

5. Bisnis sudah cukup populer dan dikenal oleh publik

Untuk syarat terakhir adalah bisnis yang Anda daftarkan untuk mendapatkan centang hijau adalah bahwa bisnis Anda sudah cukup dikenal oleh publik. Sehingga membuktikan bahwa bisnis Anda memang sudah cukup dikenal oleh publik dan layak untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp.

Untuk syarat ini, Anda bisa mencoba untuk membangun komunitas dengan cara membuat akun sosial media untuk bisnis Anda terlebih dahulu seperti Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin dan coba masukkan juga ke media-media berita terkenal seperti Detik, Kompasiana dan sebagainya. Serta jangan lupa juga untuk meningkatkan traffic pengunjung website Anda dan menaikan SEO dari brand atau merek Anda.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa persyaratan tersebut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan centang hijau. WhatsApp secara resmi memiliki hak absolut dalam memberikan centang hijau WhatsApp untuk akun WhatsApp Business.

Dan, penting diketahui bahwa nomor yang digunakan untuk WhatsApp Business API tidak bisa dikembalikan menjadi nomor WhatsApp biasa/personal.

Barantum - BSP dan WhatsApp Partner Terbaik di Indonesia

Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp?

Alur Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp

Berikut ini cara 5 langkah mudah untuk mendapatkan centang hijau (verified badge) di WhatsApp:

1. Daftarkan Akun WhatsApp Anda ke BSP WhatsApp, Barantum

Cara Centang Hijau WA 1 - Daftar ke WhatsApp Business Solution, Barantum

Langkah pertama untuk cara mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah dengan cara mendaftarkan bisnis Anda ke WhatsApp Business Solution Provider. BSP adalah pihak resmi yang ditunjuk langsung oleh WhatsApp untuk membantu proses pendaftaran WhatsApp Business API.

Lakukan pendaftaran ke BSP terpercaya di Indonesia seperti Barantum. Sehingga Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API dan mendapatkan centang hijau atau verified badge di akun WhatsApp Business Anda.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Cara Centang Hijau WA 2 - Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah kedua untuk cara mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah dengan memverifikasi akun Facebook Business Manager Anda. Anda cukup login menggunakan akun Facebook pribadi yang Anda miliki dan mengisi semua informasi yang diminta.

3. Daftarkan Nomor dan Display Name Yang Ingin Digunakan

jasa verified centang hijau

Langkah ketiga untuk cara mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah menentukan nomor yang akan digunakan, dan nama bisnis yang akan ditampilkan pada akun WhatsApp centang hijau.

Nomor dan display name yang didaftarkan, apabila sudah disetujui dan mendapatkan centang hijau dari WhatsApp tidak bisa diubah. Sehingga pastikan nomor dan display name yang digunakan sudah sesuai.

4. Barantum Akan Mendaftarkan Akun Anda Menjadi Official WhatsApp Business Verified

Cara Centang Hijau WA 4 - Proses Verifikasi Centang Hijau WA

Setelah Anda menentukan nomor dan display name yang akan digunakan, Barantum akan membantu Anda untuk mendaftarkan nomor dan nama bisnis Anda tersebut pada pihak WhatsApp.

Selain itu, Barantum juga akan menyiapkan sistem dan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Chatbot, WA Blast, Alokasi Chat per Agent dan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan bisnis Anda.

5. Tunggu Hingga Tanda Centang Hijau (Verified Badge) Muncul di Akun WhatsApp Business Anda

Cara Centang Hijau WA 5 - Centang Hijau WA Berhasil Didapatkan

Terakhir, setelah semua langkah cara mendapatkan centang hijau WhatsApp dilakukan dan berjalan dengan lancar. Selanjutnya pihak WhatsApp akan melakukan proses verifikasi dan Anda harus menunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh WhatsApp.

Jika pendaftaran centang hijau bisnis Anda memenuhi semua syarat dan ketentuan WhatsApp, selanjutnya pihak WhatsApp akan memberikan centang hijau atau verified badge di akun WhatsApp Business Anda.

Sebagai catatan, selain harus membayar biaya langganan layanan Barantum sebagai BSP WhatsApp pilihan Anda nantinya. Sehingga biaya tersebut dihitung per kategorinya, baik saat mengirim pesan ke pelanggan ataupun saat membalas pesan dari pelanggan.

Berikut harga di masing-masing kategori pesan/template WhatsApp:

1. Kirim pesan ke pelanggan

Terdapat 3 kategori dalam mengirim pesan ke pelanggan, yaitu Utility Conversation, Authentication Conversation, dan Marketing Conversation.

  • Utility ConversationDikenakan biaya Rp300.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • – Authentication ConversationDikenakan biaya Rp440.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Marketing ConversationDikenakan biaya Rp600.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

2. Terima dan balas pesan dari pelanggan

Dalam menerima pesan pelanggan, hanya terdapat satu kategori yaitu Service Conversation.

  • Service ConversationDikenakan biaya Rp275.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

Pada kategori ini, Anda hanya akan dikenakan biaya saat agen membalas pesan pelanggan. Tarif biaya pesan ini dapat berbeda-beda tergantung pada negara dan jumlah penggunaan pesan perusahaan.

Untuk menghemat biaya balas pesan pelanggan di nomor yang ternyata spam, Anda bisa memblokir nomor tersebut dengan fitur Blacklist Number.

Di tiap bulannya Anda akan mendapatkan 1000 percakapan GRATIS untuk kategori Service Conversation.

Untuk informasi detailnya, simak pada artikel berikut -> Kebijakan Biaya & Harga WhatsApp Business API Terbaru Tahun 2023.

Apa Dengan Menggunakan WhatsApp API Akan Otomatis Mendapatkan Centang Hijau?

Perlu diketahui bahwa mendapatkan centang hijau WA itu cukup sulit dan butuh proses. Dengan mendaftar dan menggunakan WhatsApp Business API, nomor bisnis yang Anda daftarkan tidak akan langsung mendapatkan centang hijau. Anda perlu sedikit bersabar terlebih dahulu.

Setelah pross pendaftaran WhatsApp Business API selesai, dan bisnis sudah menggunakan fitur-fiturnya seperti WA blast dan sebagainya. Barulah bisnis Anda bisa mengajukan centang hijau WA atau verified badge. Hal ini karena ada beberapa persyaratan tambahan untuk memenuhi kritria centang hijau WA. Yaitu seperti rajin melakukan WA blast kepada pelanggan. Dengan begitu Anda akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan centang hijau WA.

Pada fitur WA Blast, terdapat level limit (batas pengiriman jumlah pesan) ke pelanggan dalam periode 24 jam. Informasi lengkap mengenai tier dan limit WA Blast bisa Anda lihat pada artikel berikut -> Panduan Tier dan Limit Pada WhatsApp Business API.

Dan perlu ditekankan kembali bahwa centang hijau WA ini hanya diperuntukkan untuk akun bisnis, dan bukan akun pribadi, personal atau perorangan. Di samping itu, bisnis juga harus memiliki website resmi dan sudah berbentuk CV, PT atau Yayasan dan memiliki dokumen resmi perusahaan, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas perusahaan: surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP), nomor induk berusaha (NIB), nomor pokok wajib pajak (NPWP)
  • Tagihan perusahaan: tagihan air, listrik, rekening koran
  • Website

Untuk memperbesar kemungkinan centang hijau WA Anda di stujui, bisnis Anda harus ukup dikenal masyarakat dan autentik.

Berapa Lama Proses Verifikasi Centang Hijau oleh WhatsApp?

Setelah semua langkah cara mendapatkan centang hijau WhatsApp dilakukan dan berjalan dengan lancar. Selanjutnya pihak WhatsApp akan melakukan proses verifikasi terhadap pengajuan WhatsApp Centang Hijau Anda.

Umumnya, untuk proses verifikasi pengajuan WhatsApp centang hijau yang dilakukan WhatsApp akan memakan waktu 1 hingga 2 hari kerja. Tapi tidak menutup kemungkinan proses verifikasi dan pemberian WhatsApp centang hijau berjalan lebih lama, yaitu hingga 1 minggu atau lebih.

Bagaimana Jika Pengajuan WhatsApp Centang Hijau Ditolak oleh WhatsApp?

Jika pengajuan WhatsApp centang hijau WA ditolak, WhatsApp memiliki opsi untuk mengajukan banding untuk setiap pengajuan centang hijau. Anda dapat melakukan pengajuan ulang sesuai jeda yang diatur oleh WhatsApp, yaitu 30 hari setelah pengajuan ditolak.

Walaupun pengajuan WhatsApp centang hijau WA ditolak, Anda tetap bisa menggunakan semua fitur WhatsApp Business API lainnya. Anda masih tetap bisa menikmati dan menggunakan fitur-fitur WhatsApp Business API seperti WhatsApp Blast, Chatbot, Auto Responder, Auto Replay dan fitur lainnya.

Dapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp Business Anda Sekarang!

Barantum Telah Dipercaya dan Membantu Banyak Perusahaan Mendapatkan Centang Hijau WA Mereka

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham bagaimana cara mendapatkan centang hijau WhatsApp sekarang? Perlu diingat bahwa WhatsApp sangat selektif dalam memberikan centang hijau atau verified badge. Dan hanya bisnis yang memenuhi syarat dan sesuai kriteria yang bisa mendapatkan centang hijau dari WhatsApp.

Jika Anda memiliki kesulitan untuk mendapatkan centang hijau di akun WhatsApp Business Anda, Anda dapat bekerja sama dengan Barantum sebagai Mitra Resmi WhatsApp terpercaya di Indonesia untuk mendapatkan akun WhatsApp Verified. Tim profesional kami akan membantu Anda untuk mendapatkan WhatsApp centang hijau!

Dapatkan Sekarang!


Barantum - BSP dan WhatsApp Partner Terbaik di Indonesia

4 15 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ahmad
Ahmad
Juli 31, 2022 3:00 pm

Oh berarti harus daftar ke Barantum dulu ya buat dapat verified di WhatsApp. Oke!

Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".