Template WhatsApp API : 12 Contoh Template & Penerapannya

Apa itu Template WhatsApp API

Template WhatsApp API dipakai untuk mengirim pesan atau menggunakan fitur outbound messages pada WhatsApp API. Melalui satu dashboard yang sama pada tiap agen support, Perusahaan atau bisnis Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk membangun percakapan yang lebih interaktif dan efisien dengan konsumen. Ada 12 jenis Template Messages pada WhatsApp API yang dapat digunakan, mari kita ketahui bersama bagaimana saja bentuk template pesan pada WhatsApp API dan contoh penggunaan serta peraturan peraturan penggunaannya!


Pesan otomatis memainkan peranan penting dalam pengaturan bisnis WhatsApp Anda. Manfaat penggunaan Pesan template adalah agar Anda dapat :

  • Ikuti aturan WhatsApp untuk layanan pelanggan yang baik melalui pesan yang dipilih oleh pelanggan dan disetujui langsung oleh WhatsApp.
  • Kelola skala komunikasi pelanggan Anda melalui komunikasi pesan otomatis yang cepat dan nyaman.
  • Patuhi peraturan privasi data dengan hanya mengirim pesan yang telah disetujui oleh pelanggan.

Namun, sama bermanfaatnya dengan pesan template WhatsApp, masing-masing melalui proses persetujuan yang ketat oleh WhatsApp. Untuk membantu Anda dengan proses ini dan mendapatkan hasil maksimal dari pesan template Anda, kami akan membahas:

  1. Apa itu Template WhatsApp API dan Kenapa Saya Perlu Menggunakannya?
  2. Cara Mengatur Pesan Template WhatsApp API
  3. Aturan dan Praktik Terbaik untuk Pesan Template WhatsApp
  4. Contoh Praktis Pesan Template WhatsApp API
  5. Cara Memulai WhatsApp Business API dengan Barantum

1. Apa itu Pesan Template WhatsApp API dan Mengapa Saya Perlu Menggunakannya?

Pesan template WhatsApp adalah pesan yang telah ditulis sebelumnya dan telah disetujui sebelumnya yang dikirim oleh bisnis kepada pelanggan yang ikut serta melalui WhatsApp API. Contohnya mungkin termasuk konfirmasi, pembaruan pengiriman barang, dan balasan otomatis terkait dukungan di luar “batas waktu layanan” (lebih lanjut tentang ini di bawah).

template whatsapp api

Dalam infrastruktur WhatsApp Business API, kontrol telah diberikan secara tegas kepada konsumen akhir. Tidak seperti email dan telepon, “penjangkauan acak” dari bisnis ke pelanggan tidak mungkin dilakukan dengan WhatsApp.

Agar komunikasi berlangsung, pelanggan pertama-tama harus mengambil inisiatif dengan secara eksplisit menunjukkan bahwa mereka ingin menerima pesan dari bisnis. Mereka melakukan ini dengan 1) mengirim pesan bisnis terlebih dahulu, atau 2) memilih untuk menerima pemberitahuan dari bisnis.

Jika pelanggan mengirim pesan terlebih dahulu, bisnis memiliki “jendela layanan” 24 jam untuk membalas secara gratis. Ini dapat dilakukan secara manual oleh agen layanan (dengan “pesan sesi” non-template) atau otomatis oleh chatbot.

Jika bisnis tidak menjawab dalam waktu 24 jam, jendela layanan berakhir. Setelah titik ini, bisnis hanya dapat mengirim pesan template WhatsApp yang telah disetujui sebelumnya yang meminta izin kepada pelanggan untuk melanjutkan percakapan.

Jika pelanggan memilih untuk menerima pemberitahuan melalui WhatsApp, pembaruan ini hanya dapat datang dalam bentuk pesan template. Pemberitahuan dapat mencakup apa saja mulai dari konfirmasi pembayaran hingga pembaruan pengiriman.

Alasan di balik pesan template WhatsApp, seperti yang dinyatakan sebelumnya, berpusat pada pengalaman pelanggan. WhatsApp berkomitmen untuk mencegah “spam” dan membuat pengalaman pelanggan semenyenangkan mungkin. Sebagai hasilnya, layanan perpesanan WhatsApp telah menyiapkan parameter perpesanan yang relatif ketat.

Baca juga : CRM WhatsApp : Apa itu CRM WhatsApp, Apa Saja Fitur & Kelebihannya?

 

2. Cara mengatur Pesan Template WhatsApp

Pesan template WhatsApp adalah bagian dari API WhatsApp Business, jadi Anda harus mengajukan permohonan akses terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki akses, Anda bisa mendapatkannya melalui Barantum.com. Cukup mendaftar dan kami akan dengan senang hati membantu Anda!

Anda juga dapat meminta akses melalui Facebook disini.

template whatsapp

Setelah Anda disetujui untuk WhatsApp Business API, proses pembuatan dan pengiriman pesan template bergantung pada solusi bisnis yang Anda pilih untuk digunakan. Anda dapat mengaturnya di dalam Pengelola Bisnis Facebook. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang proses itu di sini.

 

3. Aturan dan praktik terbaik untuk pesan template WhatsApp

Karena fokus WhatsApp pada pengalaman pelanggan, ada beberapa aturan dan praktik terbaik yang harus diikuti yang akan meningkatkan peluang agar pesan template Anda disetujui.

 

Pesan template hanya bisa dikirim setelah melewati jendela 24 jam

Jika pelanggan memulai obrolan, Anda dapat melanjutkan percakapan di WhatsApp hingga 24 jam setelah pesan terakhir dikirimkan kepada Anda seperti yang Anda lakukan dalam percakapan WhatsApp biasa. Setelah jendela ini berlalu, Anda hanya dapat melanjutkan percakapan melalui template pesan yang disetujui yang akan dikenakan biaya.

Jangan Menggunakan Materi Promosi

Pesan template WhatsApp dirancang untuk bisnis dapat memberikan informasi bermanfaat kepada pelanggan. Bukan untuk melakukan penjualan. Setiap pengiriman yang berorientasi pada penjualan atau promosi akan ditolak. Ini dapat mencakup apa saja mulai dari kode kupon hingga survei pengumpulan data. Ingatlah hal ini saat membuat pesan template Anda, karena “promosi” adalah jalur yang mudah untuk dilewati.

Nama template pesan Anda hanya boleh menyertakan huruf kecil, angka, dan garis bawah

Itu benar – tidak ada karakter khusus aneh yang diizinkan. Ingatlah bahwa judul pesan Anda akan dibaca oleh seseorang di luar bisnis Anda, seseorang yang memiliki kekuatan untuk menolak pesan Anda. Penting di sini untuk menjadi sejelas mungkin tentang isi pesan template Anda.

Isi pesan Anda harus bebas kesalahan dan lebih pendek dari 1.024 karakter

Ejaan dan tata bahasa yang bersih seharusnya tidak mengejutkan. Bagaimanapun, WhatsApp ingin pelanggannya puas dengan interaksi bisnis mereka. Adapun 1024 karakter? Ini memastikan bisnis jelas dan to-the-point dalam komunikasi mereka.

Berbagai topik tidak diperbolehkan dalam pesan template Anda

Ada beberapa hal yang akan membuat pesan Anda ditolak, termasuk penyebutan bahan peledak, obat-obatan, layanan ilegal, dan bahasa yang kasar atau tidak pantas. Pada dasarnya, jika kedengarannya samar untuk dikirim ke pelanggan, itu mungkin tidak diperbolehkan. Gunakan akal sehat dan pastikan untuk memeriksa daftar lengkapnya di sini.

Ingat batas pesan WhatsApp

Jumlah pengguna yang dapat Anda hubungi dalam periode 24 jam dibagi menjadi tiga tingkatan: 1.000, 10.000, dan 100.000. Batasan ini tidak berlaku untuk pesan yang dikirim sebagai tanggapan atas pesan yang dimulai oleh pengguna dalam jangka waktu 24 jam. Frekuensi pesan template yang Anda kirim per pengguna juga merupakan sesuatu yang harus Anda ingat. Meskipun Facebook tidak jelas mengenai jumlah pesan yang dapat Anda kirim ke setiap pengguna (dan seberapa sering Anda mengirimnya), Anda harus berusaha menghindari kesan “spam” sebanyak mungkin.

Pesan Anda harus mengikuti pedoman pemformatan khusus WhatsApp

Membuat pesan template WhatsApp tidak sesederhana menulis pesan apa pun yang Anda inginkan. Sebaliknya, WhatsApp memiliki persyaratan pemformatan yang sangat spesifik yang harus diikuti oleh setiap pesan template. Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa konten dinamis yang berubah berdasarkan pelanggan (nama, tanggal reservasi, dll.) diwakili oleh kurung kurawal ganda: \{{…}}. Sekali lagi, pedoman dapat ditemukan di sini.

 

4. Contoh praktis pesan template WhatsApp

Tentu saja, tidak ada informasi tentang template pesan WhatsApp ini yang berguna bagi Anda, jika Anda tidak tahu cara menggunakannya. Itulah mengapa kami menunjukkan kepada Anda beberapa pesan template WhatsApp terbaik yang dapat Anda gunakan setelah Anda siap dan siap untuk digunakan. Pesan template ini penting untuk sebagian besar bisnis – terlepas dari industrinya.

template pesan whatsapp api

 

a) Menjangkau pelanggan lebih dari 24 jam setelah mereka terakhir kali menghubungi Anda

Nama Template : 24_hour_window

Isi Pesan Template WhatsApp :

Maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan Anda kemarin, tapi saya senang membantu Anda sekarang. Jika Anda ingin melanjutkan percakapan ini, harap balas dengan “ya”.

b) Memberikan informasi tanda terima kepada pelanggan setelah pembelian baru-baru ini

Nama Template : payment_update

Isi Pesan Template WhatsApp :

Kami telah menerima pembayaran Anda untuk pesanan terbaru \{{1}}. Kami akan mengirimkannya sesegera mungkin. Berikut adalah tanda terima pembayaran Anda.

c) Memberi tahu pelanggan bahwa produk mereka telah dikirim

Nama Template : shipping_update

Isi Pesan Template WhatsApp :

Pesanan Anda untuk \{{1}} telah dikirimkan dan saat ini sedang dalam perjalanan kepada Anda. Tanggal pengiriman yang diharapkan adalah \{{2}}. Dengan kode pelacakan ini Anda dapat mengikuti perkembangan kiriman Anda \{{3}}. Beri tahu kami jika Anda memiliki pertanyaan!

d) Memberikan informasi kepada pelanggan tentang janji temu yang akan datang

Nama Template : appoinment_update

Isi Pesan Template WhatsApp :

Anda telah berhasil menjadwalkan janji temu Anda di \{{1}}. Ini akan berlangsung pada \{{2}} di \{{3}}. Kirim pesan kepada kami jika Anda memiliki pertanyaan. Kami berharap dapat melihat Anda kemudian!

e) Memberikan informasi kepada pelanggan tentang reservasi yang akan datang

Nama : reservation_update

Isi Pesan Template :

Terima kasih atas reservasi Anda di \{{1}} di \{{2}}. Kami berharap dapat menyambut Anda! Anda dapat check-in pada hari pemesanan Anda kapan saja setelah pukul 14:00. Jangan ragu untuk mengirimkan pesan kepada kami di \{{3}} jika Anda memiliki pertanyaan.

f) Informasikan tentang perubahan penjadwalan atau penundaan perjalanan yang direncanakan

Nama : transport_update

Isi Pesan Template :

Penerbangan terjadwal Anda dari \{{1}} ke \{{2}} saat ini tertunda. Perkiraan waktu keberangkatan adalah \{{3}}. Kami akan memberi tahu Anda tentang pembaruan lebih lanjut.

g) Mengirim informasi tiket ke pelanggan

Nama : ticket_update

Isi Pesan Template :

Berikut adalah informasi tiket dan boarding pass Anda untuk penerbangan dari \{{1}} ke \{{2}}. Kirimkan pesan kepada kami jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut. Nikmati penerbangan Mu!

h) Memberi tahu pelanggan bahwa mereka telah berhasil membuat akun

Nama : account_update

Isi Pesan :

\{{1}} yang terhormat, Anda baru saja mendaftar dengan kami sebagai pelanggan. Hanya memberi tahu Anda bahwa pendaftaran akun Anda berhasil. Terima kasih telah bergabung!

i) Beri tahu pelanggan tentang situasi keuangan mereka (jika Anda adalah lembaga keuangan)

Nama  personal_finance_update

Isi Pesan :

Kami telah menerima permintaan saldo Anda. Saldo Anda saat ini untuk akun \{{1}} adalah \{{2}}. Silakan kirim pesan kepada kami jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut.

j) Berikan pelanggan Anda informasi tentang masalah yang sedang dialami perusahaan

Nama : issue_ resolution

Isi pesan template :

Saat ini kami mengalami masalah dengan \{{1}}. Kami akan memberi tahu Anda segera setelah diselesaikan. Sementara itu, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan di \{{2}} jika ada pertanyaan.

k) Memberikan peringatan informasi umum kepada pelanggan

Nama : alert_update

Isi Pesan :

Hai \{{1}}, selamat datang di \{{2}}! Kami senang Anda terdaftar bersama kami. Jika Anda memiliki pertanyaan umum, jangan ragu untuk mengirimkan pesan kepada kami. Berharap untuk mendengar dari Anda segera!

l) Meminta pelanggan yang bertanya selama liburan untuk mengirim pesan lagi dalam jam kerja

Apa untuk menamainya: auto_reply

Isi Pesan :

Terima kasih atas pesan Anda \{{1}}. Sayangnya kami tidak dapat menanggapi permintaan Anda selama jam liburan. Harap hubungi kembali selama jam kerja normal kami (Senin-Jumat, 08:00 – 19:00, EST) dan kami akan dengan senang hati membantu Anda.

 

Cara memulai WhatsApp Business API dengan Barantum

Pesan template WhatsApp pada awalnya mungkin tampak sebagai gangguan administratif, tetapi sebenarnya itu adalah cara yang bagus bagi WhatsApp untuk melindungi pengalaman pelanggan – memastikan bahwa itu tetap menjadi saluran komunikasi favorit semua orang.

Jika Anda ingin menawarkan saluran ini kepada pelanggan Anda, maka Barantum adalah solusinya. Selain penyiapan pesan template yang mudah, kami menawarkan akses cepat dan mudah ke API WhatsApp Business. Yang juga membedakan kami adalah Anda mendapatkan lebih dari sekadar WhatsApp. Anda dapat mengintegrasikan banyak saluran komunikasi lainnya dalam satu dashboard Barantum dan mendapatkan fitur layanan pelanggan yang canggih dan otomatis.

Anda bisa berkonsultasi mengenai kebutuhan bisnis Anda dengan tim kami disini Anda juga bisa melakukan pencarian di pada Google mengenai CRM WhatsApp Business API. CRM Barantum merupakan Mitra resmi WhatsApp untuk WhatsApp Business API di Indonesia.

In this article

Join the Conversation

3 × 3 =