Penerapan dan Contoh Template WA API

Template WhatsApp (WA) API telah banyak digunakan oleh pebisnis sebagai cara praktis dalam mengirimkan informasi melalui pesan kepada pelanggan. Sehingga agen customer service tidak perlu mengetik ulang isi pesan yang dikirimkan satu per satu.

Memanfaatkan fitur template WA ini dapat membangun percakapan yang lebih efektif dan 89% mempercepat agen dalam merespons pesan pelanggan.

Per 1 Juni 2023, bisnis akan dikenakan biaya per percakapan 24 jam, dengan tarif yang berbeda-beda berdasarkan kategori percakapan. Sebelumnya percakapan bisnis hanya ada 2 kategori, yaitu business initiated dan customer initiated. Namun, kini terbagi lagi menjadi beberapa kategori.

Percakapan yang dimulai oleh bisnis dibagi menjadi tiga kategori baru, yaitu utility conversations, authentication conversations, dan marketing conversations. Sedangkan percakapan yang dimulai oleh pelanggan disebut sebagai service conversations. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui kategori template WA API terbaru agar Anda dapat memilih kategori yang tepat.

Apa perbedaan masing-masing kategori dan bagaimana contohnya? Yuk, simak bersama-sama dalam artikel ini.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu Template WA API?

Template WA API adalah pesan yang telah ditulis sebelumnya dan telah disetujui sebelumnya yang dikirim oleh bisnis kepada pelanggan melalui WhatsApp API. Misalnya, template WA API untuk melakukan konfirmasi, pembaruan pengiriman barang, dan balasan otomatis terkait dukungan di luar “batas waktu layanan”.

Penggunaan template WA API ini biasanya digunakan oleh pebisnis dalam membalas pesan otomatis, misalnya pada fitur Chatbot dan Autoresponder serta pada fitur WhatsApp Blast yang mampu mengirim pesan template WA API ke ribuan kontak secara massal.

template broadcast whatsapp

Dalam penulisan template WA API, untuk meningkatkan potensi template WA API di-approve, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Tidak berisi hal yang sesnsitif dan bersifat pribadi.
  • Format pesan harus sesuai.
  • Isi pesan mengandung soft selling.
  •  Pesan tidak berisi ancaman ataupun tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
  • Menggunakan satu bahasa.
  • Sebaiknya tidak memakai link bit.ly.

Ketentuan ini harus diperhatikan karena WhatsApp berkomitmen untuk mencegah spam dan membuat pengalaman pelanggan sebaik mungkin. Oleh sebab itu, layanan perpesanan WhatsApp dalam pengajuat template dibuat dengan ketentuan yang relatif ketat.

Apa Saja Kategori Template WA API Terbaru?

Mulai tanggal 1 Juni, WhatsApp akan memigrasikan template dari kategori yang ada ke kategori yang baru untuk menentukan tarif berdasarkan kategori percakapan. Untuk itu, disarankan untuk memeriksa kategori template sejak 1 April 2023 dan membaca panduan kategori template untuk memahami perbedaan antara masing-masing kategori.

Berikut kategori template WA terbaru yang diinisiasi oleh bisnis:

  1. Utility: Kategori template utility terkait dengan transaksi tertentu yang disepakati dan bertujuan untuk mengkonfirmasi, menangguhkan, atau mengubah transaksi atau langganan, serta memberikan pemberitahuan pasca-pembelian dan laporan tagihan berulang.
  2. Authentication: Kategori template authentication digunakan untuk mengautentikasi pengguna melalui kode sandi satu kali (OTP), seperti verifikasi akun dan pemulihan akun. Pada kategori ini, penggunaan URL, media, dan emoji tidak diizinkan. Selain itu, terdapat batasan panjang parameter, yaitu maksimal 15 karakter.
  3. Marketing: Ini merupakan kategori yang paling fleksibel. Pada kategori ini berisi promosi atau penawaran, pembaruan informasi, atau undangan bagi pelanggan untuk merespons atau mengambil tindakan. Misalnya menawarkan promo atau mengikuti program loyalitas.

Selain percakapan yang diinisiasi oleh bisnis, juga terdapat percakapan yang diinisiasi oleh pelanggan, yaitu kategori service conversation. Di mana tiap kategori memiliki harga yang berbeda-beda berdasarkan ketentuan Meta. Barantum pun akan melakukan penyesuaian terkait harga yang berlaku pada 1 Juni 2023 mendatang.

Apa Saja Fitur Template WhatsApp?

Fitur template WhatsApp yang dapat Anda gunakan dalam mengirim pesan ke pelanggan, yaitu:

  • Header

header image template whatsapp

Fitur template WhatsApp pertama yang dapat Anda gunakan, yaitu fitur header WhatsApp. Header pada template WhatsApp dapat berupa gambar, dokumen, maupun video. Masing-masing memiliki batas maksimal ukuran file, yaitu gambar maksimal 5 MB, dokumen maksimal 100 MB, dan video maksimal 16 MB.

  • Button Quick Reply

Fitur template WhatsApp selanjutnya, yaitu fitur Quick Replay. Fitu ini merupakan balas pesan otomatis sesuai dengan pilihan yang sudah diatur sebelumnya oleh bisnis. Dengan begitu staf Anda tidak perlu merespons pesan pelanggan satu per satu saat mengirim template WhatsApp ke banyak pelanggan.

  • Button CTA

Fitur template WhatsApp lainnya yang dapat Anda gunakan, yaitu button CTA. CTA atau Click to Action merupakan link yang ditautkan dalam template WhatsApp sehingga penerima dapat langsung menuju halaman website yang sudah diatur.

button cta dan quick reply whatsapp
Perbandingan Penggunaan Button Quick Reply dan CTA Pada Template WhatsApp

Bagaimana Contoh Kategori Template WhatsApp Terbaru?

Kini Anda telah mengetahui bahwa kategori template WhatsApp terbaru memiliki 2 jenis dengan kategori berbeda, yaitu:

  1. Template yang diinisasi oleh bisnis dengan 3 kategori, yaitu utility, marketing, dan authentication conversation.
  2. Template yang diinisiasi oleh pelanggan dengan kategori service conversation.

Perlu diketahui, 1 template yang di dalamnya memiliki 2 kategori dengan salah satunya kategori marketing, maka template tersebut masuk ke dalam kategori marketing.

Sebagai contoh, sebuah template WhatsApp mengandung kategori utility dan marketing. Maka kategori tersebut akan termasuk kategori marketing.

Adapun contoh template WhatsApp dengan kategori terbaru, sebagai berikut:

Contoh 1: Utility Conversation

kategori template blast terbaru utility

Keterangan:

  1. Bisnis mengirimkan pesan informasi kepada pelanggan bernama Jane berisi konfirmasi pemesanan perawatan gigi disertai detail biaya pada Kamis, 16 Maret 2023 pukul 15.02. Pesan ini termasuk ke dalam kategori utility.
  2. Jane membalas pesan bisnis. Bisnis tidak dikenakan biaya.
  3. Bisnis kembali membalas pesan Jane dalam kategori yang sama pada pukul 15.03. Sehingga bisnis tidak dikenai biaya tambahan.

Catatan: Selama bisnis tidak mengirimkan pesan dengan kategori berbeda, maka 1 sesi pesan ini akan berakhir selama 24 jam, yaitu pada Jumat, 17 Maret 2023 pukul 15.02.

Contoh 2: Marketing Conversation

kategori template blast marketing

Keterangan:

Sebuah bisnis mengirimkan pesan promosi yang masuk ke dalam kategori marketing ke seluruh pelanggannya. Sesi percakapan dimulai pada saat pesan diterima pelanggan pada pukul 15.02. Dalam 1 sesi pesan akan berakhir selama 24 jam, yaitu pada besok hari di jam yang sama, yaitu 15.02.

Selama percakapan berlangsung dalam kategori yang sama dan tidak melebihi batas 24 jam, maka bisnis tidak dikenakan biaya tambahan.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Contoh 3: Authentication Conversation

kategori template blast authentification

Keterangan:

Barantum mengirimkan pesan notifikasi berisi kode OTP pendaftaran seorang register bernama Syarah. Pada pesan ini termasuk ke dalam kategori authentication dan 1 sesi pesan berlangsung selama 24 jam. Barantum akan dikenakan biaya tambahan jika mengirimkan pesan dengan kategori lain dalam 1 sesi pesan selama 24 jam.

Contoh 4: Service Conversationservice conversationsKeterangan:

  1. Seorang pelanggan mengirimkan pesan ke bisnis pada pukul 15.02. Pesan yang dimulai dari pelanggan masuk ke dalam kategori service dan pada saat ini, bisnis belum dikenakan biaya.
  2. Bisnis membalas pesan pelanggan pada pukul 15.03. Saat bisnis membalas pesan pelangga maka bisnis dikenakan biaya dan dimulai satu sesi pesan selama 24 jam,  dengan catatan jika gratis 1000 percakapan Service Conversations per bulannya telah habis.
  3. Pelanggan membalas pesan bisnis Anda kembali pada pukul 15.04. Selama percakapan tidak melewati batas 24 jam maka bisnis tidak dikenakan biaya tambahan.

Contoh 5: Service + Marketing Conversation

kategori template blast terbaru service dan marketing

Keterangan:

  1. Pelanggan mengirim pesan kepada bisnis pada pukul 15.02. Pesan ini termasuk ke dalam kategori service di mana bisnis belum dikenakan biaya sampai admin bisnis membalas pesan pelanggan.
  2. Bisnis membalas pesan pelanggan pada pukul 15.03. Saat inilah bisnis dikenakan biaya untuk satu sesi pesan selama 24 jam. Namun, dengan catatan jika gratis 1000 percakapan Service Conversations per bulannya telah habis.
  3. Pelanggan membalas pesan bisnis kembali pada pukul 15.04. Saat ini bisnis tidak dikenakan biaya tambahan karena belum melewati batas 24 jam.
  4. Bisnis mengirim pesan kembali ke pelanggan yang sama dengan kategori berbeda, yaitu kategori marketing pada pukul 17.02 di hari yang sama. Meski belum lebih dari 24 jam, bisnis tetap dikenakan biaya tambahan, yaitu biaya pesan kategori marketing.

Hal tersebut dapat terjadi karena kategori yang dikirimkan berbeda dari kategori sebelumnya. Sehingga bisnis memulai sesi pesan dengan kategori yang baru.

Contoh 6: Utility + Marketing Conversation

kategori template blast terbaru utility dan marketing

Keterangan:

Template pesan yang dikirimkan kepada pelanggan bernama Daniel terkirim pada pukul 15.02 dengan kategori utility dan marketing.

Perlu diingat, bahwa setiap template yang memiliki 2 kategori dan salah satunya teridentifikasi sebagai kategori marketing maka template tersebut masuk ke dalam kategori marketing.

Jadi, biaya yang dikenakan hanya satu biaya, yaitu biaya template pesan kategori marketing. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pesan yang dikirimkan kepada Daniel, masuk ke dalam kategori marketing.

Contoh 7: 2 Template dengan 1 Kategori Yang Sama

kategori template blast terbaru 2023

Keterangan:

Jika dalam 1 sesi pesan selama 24 jam, bisnis mengirimkan 2 template berbeda dengan kategori yang sama. Maka bisnis hanya dikenakan 1 biaya percakapan saja.

1. Bisnis mengirimkan pesan dengan kategori utility pada pukul 09.00.
2. Pelanggan membalas pada pukul 09.02. Saat pelanggan membalas pesan, bisnis tidak dikenakan biaya tambahan.
3. Kemudian, bisnis kembali mengirimkan pesan di hari yang sama pada pukul 12.00. Karena bisnis mengirim pesan dengan kategori yang sama seperti sebelumnya, maka bisnis tidak dikenakan biaya tambahan selama sesi pesan tidak melebihi 24 jam.

Contoh Lainnya

Untuk mempermudah Anda dalam memahami contoh template WhatsApp berdasarkan kategori WhatsApp terbaru, berikut contoh teks lainnya dilansir dari laman resmi Meta.

1. Utility Conversation

utility conversation

2. Marketing Conversation

marketing conversation

3. Authentication Conversation

authentication conversation

Untuk mempermudah Anda dalam memahami contoh template WhatsApp berdasarkan kategori WhatsApp terbaru, berikut contoh teks lainnya dilansir dari laman resmi Meta.

Sebagai catatan: Contoh di atas bersifat ilustrasi. Sehingga template pesan yang mengandung konten serupa atau konten yang mencakup teks contoh di atas dapat dikategorikan secara berbeda berdasarkan isi konten yang tepat.

Dengan begitu, Anda perlu memperhatikan tiap isi template WhatsApp dibuat sesuai dengan kategori yang diinginkan. Dan, pastikan pengiriman template WhatsApp Blast tidak terlalu sering sehingga mengakibatkan pelanggan Anda terganggu.

Kebijakan Baru WhatsApp API

Selain membuat kategori pesan WhatsApp API baru, terdapat kebijakan tambahan lainnya untuk memaksimalkan penggunaan fitur WhatsApp Business API, yaitu lebih banyak percakapan gratis ketika pengguna mengirimkan pesan kepada bisnis dengan memperluas periode percakapan gratis dari 24 jam menjadi 72 jam jika pesan WhatsApp dimulai dari mengklik Facebook atau Instagram Ads. Selain itu, Anda bisa mendapatkan 1000 sesi percakapan gratis setiap bulannya. Namun, sesi percakapan gratis ini hanya berlaku untuk kategori service conversation.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".