Mobile CRM dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Saat ini, dengan banyaknya perusahaan yang mulai paham dan menyadari betapa pentingnya untuk memperhatikan pelanggan mereka dengan cara menjalankan manajemen hubungan pelanggan atau CRM. Membuat penggunaan sistem CRM menjadi sangat populer karena dinilai sangat efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan mereka.

Tapi, ternyata masih ada saja perusahaan yang kesulitan untuk melakukan hubungan manajemen pelanggan mereka karena keterbatasan sistem CRM yang mereka pakai. Kendalanya terletak pada terbatasnya cara untuk mengakses sistem CRM tersebut, yaitu pengguna hanya bisa mengaksesnya melalui komputer ataupun laptop.

Hal ini sebenarnya sangat bisa dihindari dengan cara memilih vendor atau penyedia sistem CRM yang tepat. Yaitu memilih vendor atau penyedia sistem CRM yang sudah menyediakan aplikasi mobile untuk sistem CRM mereka (CRM Mobile).

mobile crm untuk bisnis

Mobile CRM menjadi solusi praktis untuk meningkatkan kinerja tim sales dan marketing dengan menghadirkan fitur-fitur yang mempermudah pendataan tugas, laporan, riwayat aktivitas, proses kualifikasi prospek, hingga pembagian tugas atau delegasi pada tiap staff yang bisa diakses melalui smartphone mereka.

Dengan adanya CRM mobile, sales yang awalnya mengalami kendala dalam proses pendataan laporan dan dikejar-kejar deadline untuk mengirimkan data laporan yang perlu dikerjakan secara manual serta perlu mengirimkannya kini hanya dengan mengakses aplikasi CRM mobile semua pekerjaan laporan sales menjadi lebih singkat dan simpel.

Apa itu Mobile CRM?

Mobile CRM adalah sistem CRM atau sistem manajemen hubungan pelanggan yang dapat diakses dan dioperasikan melalui perangkat mobile. Sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan semua kegiatan atau aktivitas manajamen hubungan pelanggan tanpa harus menggunakan komputer.

Mobile CRM / Aplikasi CRM Mobile

Seperti yang Anda ketahui, bahwa penggunaan sistem CRM memang sangat efektif untuk meningkatkan hubungan pelanggan dan produktifitas perusahaan. Tapi, dengan menggunakan sistem CRM yang dapat diakses melalui mobile membuat keefektivitasan perusahaan meningkat lebih jauh.

Penggunaan CRM mobile juga sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada karyawan dengan menyediakan aplikasi yang dapat mempermudah tim penjualan sehingga dapat dengan mudah melakukan penginputan data darimana saja tanpa harus merekapnya terlebih dahulu menggunakan buku yang kemudian baru di input ke dalam CRM saat tiba di kantor menggunakan komputer.

Apa Keunggulan dari CRM Mobile?

Keunggulan dari CRM mobile adalah bisa diakses dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan perangkat mobile, dibanding CRM berbasis desktop atau Cloud CRM yang hanya bisa diakses melalui komputer baik dengan cara di instal ataupun melalui web browser.

Berikut ini beberapa keunggulan dari CRM Mobile, yaitu:

1. Dapat Diakses Melalui Smartphone

Adanya CRM mobile dapat memberikan kemudahan mobilitas staf Anda. Aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone ini memberikan kemudahan staf untuk bisa mengaksesnya kapan pun dan di mana pun. Jadi, staf Anda tidak perlu membawa banyak dokumen atau membutuhkan waktu lama dalam membuat laporan. Karena dengan CRM mobile, staff Anda dapat meng-update data informasi dengan cepat dan praktis ke dalam smartphone.

2. Tampilan Lebih Simpel dan Ringan

CRM mobile memiliki tampilan yang simpel dan ringan. Sehingga saat digunakan tidak memberatkan perangkat smarthphone Anda. Tampilan yang simpel pun memudahkan Anda untuk mengerti cara penggunaan CRM mobile. Sehingga CRM mobile ini dapat mudah digunakan untuk staf Anda dari segala usia karena sifatnya yang user friendly.

3. Semua Fitur CRM Tetap Ada

Anda tidak perlu khawatir akan keterbatasan fitur pada CRM mobile. Karena Anda tetap dapat menikmati dan menggunakan seluruh fitur CRM pada aplikasi CRM mobile. Dengan begitu, baik saat Anda mengaksesnya di laptop/komputer maupun di smartphone, tidak ada fitur yang berbeda.

4. Bisa Diakses Dari Mana Saja

Keunggulan lainnya dari CRM mobile ini, yaitu dapat diakes dari mana saja dan kapan saja. Hal ini karena Anda bisa mengunduhnya di PlaySore atau App Store pada smartphone Anda. Sehingga mudah dibawa kapan pun dan kemana pun Anda pergi. Dengan keuntungan ini, akan mempermudah kinerja sales lapangan dalam melaksanakan tugasnya di luar kantor.

5. GPS Tracking Yang Lebih Akurat

Dalam memonitor keberadaan staf lapangan Anda akan jauh lebih mudah jika sistem yang digunakan terdapat GPS tracking. Pada CRM mobile, Anda dapat memonitor lokasi sales pelanggan lebih akurat dengan GPS tracking tersebut. Terlebih smartphone menjadi salah satu perangkat yang tentu dibawa kemana pun sales pergi. Sehingga Anda pun dapat mengetahui keberadaan sales Anda secara real time dan valid.

Aplikasi mobile CRM bukan lagi sebuah pilihan, tapi sudah merupakan sebuah kewajiban. Tingginya mobilitas tim sales apalagi tim sales lapangan atau canvassing membuat mereka tidak selalu berada di kantor setiap saat. Keberadaan mobile CRM memberikan solusi kepada mereka. Aplikasi ini membantu tim sales untuk mengakses informasi pelanggan di lapangan hanya dengan bermodalkan perangkat mobile atau smartphone.

Bagaimana CRM Mobile Mampu Mengoptimalkan Bisnis?

Mobile CRM membantu menyimpan data pelanggan yang disimpan ke sistem terpusat di CRM melalui ponsel ataupun tablet sehingga tim sales tidak perlu kembali lagi ke kantor untuk input data laporan.

Mobile CRM yang praktis dibawa kemana pun dan diakses kapan pun menjadi kemudahan tersendiri bagi tim sales lapangan atau sales canvassing. Sehingga waktu yang digunakan menjadi lebih efektif. Terlebih, jika lokasi sales lapangan jauh dari kantor sehingga memakan waktu jika harus ke kantor kembali untuk dapat input data laporan.

Laporan yang di input oleh tim sales lapangan otomatis dapat di lihat oleh sales leader secara real time. Sehingga evaluasi dan review data dapat diproses dengan cepat. Dalam mobile CRM pun tersedia fitur untuk mengubah (edit) dan memperbarui (update), menjadwalkan rapat, pertemuan, dan deskripsi tiap poin yang d iinput.

crm mobile barantum

Apa Manfaat Menggunakan Mobile CRM Untuk Bisnis?

Kini Anda memahami bahwa dengan menggunakan mobile CRM dapat membuat pekerjaan staf Anda menjadi lebih praktis. Karena dapat digunakan kapanpun dan dimana pun mereka (staff) berada. Sehingga tidak perlu membawa banyak dokumen yang memperlama proses kerja mereka. Seluruh keperluan dokumen, misalnya pengisian informasi pelanggan ataupun pembuatan laporan harian dapat dengan mudah dan cepat dilakukan di mobile CRM.

Adapun beberapa manfaat lainnya dari mobile CRM yang bisa Anda dapatkan yaitu:

1. Akses Real Time

Seperti yang diketahui, staf Anda yang bekerla di lapangan, misalnya sales lapangan, umumnya tidak hanya datang ke satu lokasi. Melainkan ke banyak lokasi untuk mengejar target penjualan mereka. Banyaknya mobilitas yang dilakukan menimbulkan kewalahan dari tim sales untuk menginput laporan secara manual. Sehingga waktu yang diperlukan untuk melaporkan hasil pekerjaan pun lama. Dalam segi bisnis, hal ini menjad tidak efektif.

Namun, dengan penggunaan mobile CRM, staf Anda dapat langsung menginput laporan mereka ke dalam sistem. Baik meeting, task, ataupun tugas lainnya. Sehingga Anda dapat memonitor secara real time.

2. Mempercepat Penginputan Data

Kemudahan mengakses aplikasi mobile CRM berbanding lurus dengan percepatan menginput laporan data tim staf sales. Hal ini berpengaruh akan berpengaruh pada peningkatan pelayanan pelanggan. Data yang cepat terinput akan membuat tim marketing menghubungi pelanggan dengan cepat setelah selesai prospek.

Mobile CRM menampilkan fitur lebih detail mengenai kebutuhan pelanggan sehingga jika suatu saat tim sales ingin menawarkan jasa atau produk perusahaan kembali bisa dengan mudah mengetahui apa yang dibutuhkan masing-masing pelanggan.

Di dalam mobile CRM, baik tim staf sales maupun sales leader dapat melihat progress atau kinerja penjualan dan aktivitas yang akan, sedang, dan telah selesai dilakukan. Oleh sebab itu, perusahaan akan mengetahui tingkat kemajuan yang telah dilakukan masing-masing sales perusahaannya.

3. Kegiatan Yang Lebih Terjadwal

Sales yang mencatat kegiatan manual atau dengan kertas memungkinkan adanya kegiatan yang terlewatkan. Hal tersebut tentu mempengaruhi reputasi perusahaan, khususnya jika jadwal yang terlewatkan adalah pertemuan dengan pelanggan penting. Dengan mobile CRM, semua kegiatan yang ingin dilakukan dapat tercatat dengan baik dan rinci per tanggal.

Laporan data kegiatan dalam mobile CRM dapat tim sales lihat di fitur Activity. Tim sales pun dapat dengan mudah menambahkan, mengedit, dan memperbarui data yang sudah ada. Kedatangan sales di lokasi pun bisa diketahui secara pasti oleh sales leader yang didukung fitur lokasi tim staf sales dengan meng-klik tombol check-in jika sudah berada di lokasi.

Jika tim sales sudah selesai melakukan prospek atau kegiatan yang sudah terjadwalkan di suatu lokasi tersebut, mereka dapat meng-klik check-out pada CRM mobile sehingga sales leader mengetahui update terbaru kegiatan tiap anggotanya tim sales.

4. Informasi Data Pelanggan Terpusat

Laporan data pelanggan yang terorganisir dengan baik menjadi hal yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hal itu agar memudahkan dalam menghubungi pelanggan dan proses penawaran jasa/produk perusahaan. Pada mobile CRM, laporan data pelanggan dapat tercantum dengan lengkap dan akurat termasuk tertera kebutuhan produk pelanggan.

Data yang terpencar di banyak platform ataupun file akan menyulitkan tim sales untuk mendapatkan data pelanggan dengan cepat dan lengkap. Apalagi terdapat berbagai data pelanggan yang sama namun berada di dokumen yang berbeda. Mobile CRM menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan kinerja tim staf sales dalam mencari dan menginput laporan data pelanggan.

5. Percepat Siklus Penjualan

Proses penjualan menjadi nilai penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Mudah dan cepatnya melakukan penginputan data melalui mobile CRM membuat bisnis dapat dengan cepat terhubung dengan pelanggan.

Semakin banyak data pelanggan yang terinput dan semakin banyak transaksi yang dilakukan, semakin banyak pula penjualan perusahaan. Dari fitur mobile CRM, Anda bisa menempatkan pesanan secara instan sehingga mempersingkat siklus penjualan.

6. Meningkatkan Kolaborasi Tim

Tim sales yang kebanyakan bekerja di luar kantor membuat masing-masing anggota sulit untuk berdiskusi dan berkolaborasi. Namun, keterbatasan sinergi kolaborasi tim tersebut bisa diatasi dengan mobile CRM.

Mobile CRM dapat memperlihatkan aktivitas yang dilakukan oleh masing-masing sales. Meskipun tidak dapat saling berkomunikasi, tiap tim sales dapat melihat sejauh mana proses kegiatan yang dilakukan masing-masing sales yang telah terpelihara. Hasilnya, tiap tim sales dapat bekerja sama untuk saling mendapatkan hasil yang lebih baik.

7. Meningkatkan Produktivitas

Kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh mobile CRM berpengaruh pada tingginya produktivitas yang dikerjakan perusahaan. Melalui aplikasi ini, tim sales dapat merekam semua data, catatan, meeting, peninjauan data, dan melanjutkan proses penawaran yang perlu dilakukan sales.

Download Aplikasi Mobile CRM Terbaik Sekarang!

Download Aplikasi CRM Mobile Terbaik Sekarang
Dapatkan Aplikasi Mobile CRM Barantum di PlayStore atau App Store

Aplikasi CRM Mobile Barantum adalah aplikasi CRM mobile terbaik yang dapat Anda gunakan dan akses dari mana saja dan kapan pun menggunakan perangkat mobile Anda. Aplikasi ini dapat Anda download dan instal secara gratis melalui halaman berikut →  Download Sekarang.

Teknologi CRM All-in-One Solution yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan di Indonesia dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas perusahaan, serta meningkatkan kepuasan pelanggan mereka secara signifikan. Download sekarang dan dapatkan kemudahan selanjutnya!

Barantum, Aplikasi CRM Mobile Terbaik Untuk Bisnis Anda

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!



0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang