Begini Tahapan dan Cara Membuat Sales Funnel

Apakah Anda bingung cara membuat sales funnel? Jika Ya, dalam artikel ini Anda bisa menemukan cara membuat sales funnel yang tepat beserta strateginya.

Pada dasarnya pembuatan sales funnel dalam bisnis bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mengelola pelanggan dan meningkatkan efektivitas proses penjualan. Sehingga bisnis mampu mempertahankan pelanggan dan meningkatkan target penjualan. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai sales funnel, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Apa Itu Sales Funnel?

Sales funnel adalah sebuah konsep yang digunakan untuk menggambarkan proses pembelian produk atau jasa yang dilakukan pelanggan. Sales funnel ini terdiri dari beberapa tahap, mulai dari awareness (kesadaran) di bagian atas, kemudian memasuki tahap interest (minat), consideration (pertimbangan), dan akhirnya tahap action (aksi) di bagian bawah, yang melibatkan tindakan pembelian.

Setiap tahap mewakili interaksi yang berbeda antara pelanggan dan bisnis, dengan tujuan mengarahkan calon pelanggan menuju konversi. Sales funnel membantu bisnis memahami perjalanan pelanggan, mengidentifikasi titik-titik potensial yang membutuhkan perhatian lebih, dan mengoptimalkan strategi pemasaran untuk meningkatkan konversi pada setiap tahap.

Kenapa Sales Funnel Itu Penting?

Sales Funnel memiliki nilai penting karena mampu meningkatkan volume penjualan setelah Anda mengadaptasi jenis konten dan strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Di samping itu, ini mampu memvisualisasikan cara setiap proses penjualan dimulai dengan sejumlah besar calon pelanggan, dan kemudian berujung pada jumlah pelanggan yang lebih kecil yang benar-benar melakukan pembelian.

Dengan memiliki sales funnel yang baik, bisnis dapat memfokuskan sumber daya untuk membantu pelanggan melewati setiap tahap dalam proses pembelian. Sehingga dapat membantu perusahaan meningkatkan tingkat penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu, sales funnel juga dapat membantu perusahaan mengidentifikasi kendala yang mungkin dihadapi pelanggan selama proses pembelian, sehingga dapat dikembangkan solusi untuk mengatasinya.

Apa Saja Manfaat Dari Sales Funnel?

Manfaat dari sales funnel adalah kemampuannya untuk memberikan pengetahuan serta panduan kepada pasar sasaran atau calon pembeli potensial, mendorong mereka untuk mengambil tindakan tertentu.

Adapun berbagai manfaat sales funnel lainnya, yaitu:

  1. Membantu menyaring calon pelanggan yang tidak sesuai dengan target bisnis, sehingga perusahaan dapat lebih mudah mengidentifikasi pelanggan potensial yang akan menjadi target penjualan.
  2. Membantu membuat strategi penjualan yang tepat, sehingga dapat meningkatkan konversi pelanggan dan meningkatkan pendapatan bisnis.
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola pelanggan, sehingga perusahaan dapat lebih efektif dalam mengelola pelanggan dan meningkatkan keuntungan bisnis.
  4. Membantu memahami kebutuhan pelanggan dan mengubah mereka menjadi pelanggan setia, sehingga perusahaan dapat mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
  5. Membantu perusahaan dalam membuat strategi pemasaran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan bisnis.

Apa Saja Tahapan Dari Sales Funnel?

Adapun proses sales funnel terdiri dari awareness (kesadaran), interest (ketertarikan), decision (keputusan), dan action (tindakan). Berikut penjelasan masing-masing tahapan:

1. Awareness

Proses sales funnel yang pertama, yaitu awareness. Pada tahap awal ini bisnis harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik perhatian calon pelanggan dan mengarahkan mereka ke website atau ecommerce bisnis. Selain itu, bisnis Anda harus membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi calon pelanggan, serta menggunakan media sosial dan iklan sebagai media promosinya.

2. Interest

Proses selanjutnya, yaitu interest. Pada tahap ini, perusahaan harus membuat konten yang lebih spesifik dan bermanfaat untuk target pasar (pelanggan). Juga memantau respons mereka dan membuat strategi pemasaran yang tepat untuk membantu mereka melewati tahap selanjutnya dalam sales funnel. Selain itu, perusahaan juga harus terus memantau kebutuhan dan preferensi calon pelanggan untuk membuat penawaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3. Decision

Berikutnya proses descision di mana pelanggan sudah memutuskan untuk menggunakan produk atau jasa bisnis. Pada tahap ini, Anda perlu memastikan bahwa cara pembelian mudah dilakukan dan tidak ribet. Selain itu, Anda juga bisa memberikan potongan harga untuk pembelanjaan pertama di bisnis Anda ataupun diskon bagi pelanggan yang telah mencapai jumlah pembelian tertentu.

4. Action

Proses selanjutnya, yaitu action. Pada proses ini pelanggan telah melakukan dan mengajukan pembelian kepada bisnis Anda. Tahap ini merupakan tahap yang paling penting sehingga bisnis Anda perlu memperhatikan bahwa pelanggan benar-benar mudah melakukan transaksi. Untuk meningkatkan proses action ini, Anda bisa menyediakan beragam metode pembayaran, menggunakan tulisan yang menarik pelanggan, ataupun menyediakan formulir agar Anda bisa mendata lebih lengkap kebutuhan tiap pelanggan.

5. Retention

Proses terakhir, yaitu retention. Sebagai pebisnis, Anda tentu tidak ingin pelanggan hanya membeli produk/jasa hanya sekali. Dan, Anda akan mencari cara untuk mempertahankan pelanggan. Terdapat berbagai cara untuk mempertahankan pelanggan sehingga mereka mejadi pelanggan loyalitas. Seperti, memberikan reward bagi pelanggan loyalitas, update penawaran dan promo terbaru, dan meminta feedback mereka secara rutin.

Bagaimana Cara Membuat Sales Funnel Yang Baik?

Berikut adalah cara membuat sales funnel yang baik, di antaranya:

1. Tentukan target pelanggan dan buat profil pelanggan ideal. Ini akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat dan menyaring calon pelanggan yang tidak sesuai dengan target bisnis.

2. Buat strategi pemasaran untuk menarik perhatian calon pelanggan dan mengarahkan mereka ke website atau ecommerce bisnis. Buat konten yang menarik dan bermanfaat bagi calon pelanggan, dan promosikan produk atau layanan perusahaan melalui media sosial dan iklan.

3. Buat strategi untuk menyaring pelanggan yang tidak sesuai dengan target bisnis dan mengidentifikasi pelanggan potensial yang akan menjadi target penjualan. Buat konten yang menarik dan bermanfaat bagi pelanggan potensial dan bangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan potensial.

4. Buat strategi untuk membuat penawaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan potensial. Gunakan teknik persuasi dalam membuat konten untuk membuat pelanggan potensial tertarik dengan penawaran yang dibuat.

Untuk membuat sales funnel yang tepat, Anda memerlukan strategi yang tepat dalam membuat sales funnel. Penggunaan strategi yang tepat akan meningkatkan keberhasilan sales funnel pada bisnis Anda.

Solusi Optimalkan Sales Funnel Bisnis Anda Dengan CRM

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Sales funnel dengan CRM (Customer Relationship Management) adalah proses penjualan yang menggunakan sistem CRM untuk membantu perusahaan dalam mengelola pelanggan dan meningkatkan efektivitas proses penjualan.

Dengan menggunakan CRM, perusahaan dapat mengatur data pelanggan secara terpusat, memantau respons pelanggan, dan membuat strategi penjualan yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, CRM juga dapat membantu perusahaan dalam mengelola proses follow-up dan upselling, sehingga dapat meningkatkan nilai pelanggan dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem CRM ini bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal bisnis juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di bisnis Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan bisnis dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".