Informasi Lengkap Tentang Marketing Funnel

Marketing funnel adalah alat yang digunakan oleh bisnis untuk mengukur tingkat minat pelanggan terhadap produk atau layanan mereka. Selain itu, marketing funnel juga membantu bisnis mengidentifikasi masalah dalam proses pembelian dan mencari cara untuk mengatasi hambatan tersebut. Dan, menentukan efektivitas iklan dan strategi pemasaran lainnya.

Dengan menggunakan marketing funnel ini, bisnis dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan nilai pelanggan, serta menjadi alat yang bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya dengan membuat proses pelayanan pelanggan lebih efektif dan terstruktur. Untuk penjelasan tentang marketing funnel yang lebih lengkap, yuk baca artikel ini sampai selesai.

Apa Yang Dimaksud Dengan Marketing Funnel?

Marketing funnel adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat minat pelanggan dan tahapan pembelian produk atau layanan bisnis. Marketing funnel biasanya terdiri dari beberapa tahap, mulai dari menarik perhatian calon pelanggan, menyaring mereka, membuat penawaran, dan akhirnya mengkonversi mereka menjadi pelanggan yang aktif. Pada setiap tahap dalam marketing funnel, perusahaan harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk membantu pelanggan melewati setiap tahap dan mengubah mereka menjadi pelanggan yang setia.

Mengapa Bisnis Perlu Marketing Funnel?

Bisnis perlu marketing funnel karena alat ini membantu mereka mengukur tingkat minat pelanggan terhadap produk atau layanan mereka, mengetahui di mana pelanggan berada dalam proses pengambilan keputusan pembelian, dan menyesuaikan strategi pemasaran sesuai dengan tingkat minat pelanggan. Dengan menggunakan marketing funnel, bisnis dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan nilai pelanggan, serta menjadi alat yang bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya dengan membuat proses pelayanan pelanggan lebih efektif dan terorganisasi.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Apa Fungsi Marketing Funnel Untuk Bisnis?

Fungsi marketing funnel untuk bisnis adalah untuk membantu bisnis mengukur dan meningkatkan tingkat minat pelanggan terhadap produk atau layanan mereka. Dengan mengikuti saluran pemasaran, bisnis dapat mengetahui di mana pelanggan berada dalam proses pengambilan keputusan pembelian, dan kemudian menyesuaikan strategi pemasaran mereka sesuai dengannya. Ini juga membantu bisnis mengidentifikasi hambatan dalam proses pembelian pelanggan dan mencari cara untuk mengatasi hambatan tersebut. Selain itu, marketing funnel juga dapat membantu bisnis menentukan efektivitas iklan dan strategi pemasaran lainnya.

Apa Saja manfaat Marketing Funnel?

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari menggunakan marketing funnel, di antaranya:

  1. Mengukur tingkat minat pelanggan terhadap produk atau layanan bisnis.
  2. Mengetahui di mana pelanggan berada dalam proses pengambilan keputusan pembelian.
  3. Menyesuaikan strategi pemasaran sesuai dengan tingkat minat pelanggan.
  4. Mengidentifikasi hambatan dalam proses pembelian pelanggan dan mencari cara untuk mengatasi hambatan tersebut.
  5. Menentukan efektivitas iklan dan strategi pemasaran lainnya.
  6. Membantu bisnis meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan nilai pelanggan.
  7. Menjadi alat yang bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya dengan membuat proses pelayanan pelanggan lebih efektif dan terorganisasi.

Apa Tujuan Dari Marketing Funnel?

Marketing funnel juga bisa membantu bisnis meningkatkan efisiensi dalam strategi pemasaran mereka dan mengurangi biaya promosi yang tidak efektif. Adapun tujuan lainnya dari marketing funnel yaitu:

  1. Membangun kepercayaan dan mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan
  2. Menciptakan pengalaman pelanggan yang positif.
  3. Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan mengurangi tingkat pembatalan pemesanan
  4. Meningkatkan penjualan dan peningkatan pendapatan bisnis.
  5. Menciptakan awareness atau kesadaran tentang produk atau layanan yang ditawarkan bisnis.
  6. Membangun minat dan keinginan pelanggan untuk mencoba produk atau layanan tersebut.
  7. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan menawarkan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  8. Membuat pelanggan melakukan pembelian dan menjadi pelanggan setia bisnis.
  9. Mengurangi tingkat churn rate atau kehilangan pelanggan.
  10. Memperoleh feedback dari pelanggan untuk memperbaiki produk atau layanan yang ditawarkan.
  11. Meningkatkan tingkat konversi calon pelanggan menjadi pelanggan loyalitas.Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Saja Tahapan Marketing Funnel?

Tahap-tahap marketing funnel biasanya terdiri dari tahap-tahap berikut:

1. Kesadaran (Awareness)

Tahap ini adalah tahap dimana pelanggan mulai mengetahui produk atau layanan bisnis melalui iklan atau promosi yang dilakukan oleh bisnis.

2. Minat (Interest)

Tahap ini adalah tahap dimana pelanggan mulai tertarik dengan produk atau layanan bisnis dan mulai mencari informasi lebih lanjut mengenai produk atau layanan tersebut.

3. Pertimbangan (Consideration)

Tahap ini adalah tahap dimana pelanggan mulai membandingkan produk atau layanan bisnis dengan produk atau layanan lain yang tersedia di pasaran.

4. Keputusan (Decision)

Tahap ini adalah tahap dimana pelanggan memutuskan untuk membeli produk atau layanan bisnis.

5. Tindakan (Action)

Tahap ini adalah tahap dimana pelanggan melakukan pembelian produk atau layanan bisnis.

Apa Strategi Marketing Funnel?

strategi marketing funnel

Adapun beberapa strategi marketing funnel sebagai berikut:

1. Awareness

Strategi marketing funnel pertama adalah kesadaran (awarenes). Contohnya, bisnis mengadakan kampanye iklan di media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian calon pelanggan.

2. Interest

Strategi selanjutnya yaitu minat. Sebagai contoh bisnis membuat content marketing yang bermanfaat dan menarik bagi pelanggan, seperti artikel dan video tutorial tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Consideration

Strategi berikutnya adalah meningkatkan pertimbangan pelanggan untuk menggunakan produk/jasa bisnis. Bisnis mengoptimalkan website dan platform digital lainnya agar mudah diakses dan dipahami oleh pelanggan. Selain itu, Anda bisa menggunakan fitur chatbot untuk membantu memberikan informasi yang cepat pada pelanggan.

4. Decision

Strategi lainnya yang perlu Anda lakukan yaitu dengan memberikan solusi. Bisnis perlu menawarkan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, serta menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan melalui layanan pelanggan yang baik dan aktif di media sosial.

5. Action

Langkah selanjutnya, bisnis perlu mengoptimalkan proses pembelian dengan menyediakan opsi pembayaran yang mudah dan aman, serta memberikan layanan purna jual yang baik untuk membuat pelanggan melakukan pembelian dan menjadi pelanggan setia bisnis.

6. Program loyalitas

Strategi selanjutnya, dengan mengadakan program loyalitas. Melalui program ini, bisnis Anda dapat memberikan reward kepada pelanggan yang setia, seperti diskon, hadiah, atau keanggotaan VIP. Dengan demikian, pelanggan akan merasa dihargai dan berpotensi menjadi pelanggan loyalitas.

7. Menggunakan CRM

Terakhir, Anda bisa menggunakan CRM untuk mengoptimalkan strategi marketing funnel. Hal ini karena CRM mampu menjadi sistem yang memusatkan seluruh data bisnis Anda. Sehingga Anda mampu mengetahui dan menganalisis tiap kebutuhan pelanggan dalam riwayat aktivitas mereka. Adanya fitur omnichannel yang mampu mengintegrasi seluruh saluran komunikasi pun mempermudah agen Anda untuk melakukan follow up.

Dapatkan Sistem CRM Terbaik Sekarang!

Software Aplikasi CRM Terbaik
Aplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal bisnis juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di bisnis Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan bisnis dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments