Apa saja WhatsApp marketing tools?

Sebagai software komunikasi terpopuler saat ini, WhatsApp tidak hanya untuk komunikasi biasa, namun juga sangat berguna untuk komunikasi bisnis. Apalagi dengan adanya WhatsApp Business API  (selanjutnya kami sebut WABA) yang lahir pada tahun 2018, para pebisnis pun semakin ramai untuk menggunakannya. Berbeda dengan WhatsApp Business biasa dan versi reguler, WhatsApp API memiliki keunggulan serta manfaat yang jauh lebih canggih.

WhatsApp API adalah sebuah penghubung antar aplikasi dalam bentuk program yang menghadirkan tampilan atau interface selayaknya tampilan WhatsApp termasuk juga fitur – fiturnya.  WhatsApp API memungkinkan bisnis menerima dan menjawab pesan WhatsApp tanpa batas dari pelanggan mereka. Berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business, WhatsApp API bukanlah aplikasi yang berdiri sendiri. Anda membutuhkan mitra resmi WhatsApp seperti Barantum untuk memasangnya. fitur crm whatsapp business api

Kini banyak bermunculan WhatsApp marketing tools untuk memperkaya kinerja WhatsApp Business API. Dengan adanya marketing tools ini, pengguna WABA semakin mudah untuk menjalankan aktivitas pemasaran serta penjualan. Misalnya dalam mengirim pesan broadcast, mengotomatiskan pesan balasan, dan lainnya.

Apa sajakah marketing tools dari WABA?

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengintegrasikan WhatsApp API

1. Chatbot

Chatbot pada WhatsApp marketing memungkinkan penggunanya untuk mengoptimalkan bisnis online Anda. Hal ini karena chatbot WA memiliki banyak manfaat dan fungsi yang sama seperti WhatsApp marketing tools lainnya.

2. WhatsApp blast/WhatsApp bulk sender

Dengan marketing tools ini, Anda dapat mengirimkan pesan promosi sekaligus ke banyak kontak dengan menggunakan fitur bulk sender. Pesan ini dapat terkirim ke kontak yang tidak menyimpan nomor WhatsApp Anda sekalipun. WhatsApp blast ini berbeda dengan tools broadcast WhatsApp biasa. Sebab, fitur ini tidak membatasi Anda untuk mengirimkan pesan broadcast ke banyak kontak sekaligus.

3. WhatsApp chat panel

Melalui chat panel, Anda dapat memantau semua kontak serta pesan yang keluar maupun masuk ke akun Anda. Marketing tools ini membantu Anda untuk mengidentifikasi setiap pesan yang masuk kemudian mengklasifikasikannya.

4. Auto reply

Anda dapat mengirimkan tanggapan atau jawaban secara otomatis kepada pelanggan Anda kapanpun mereka mengirimkan pesan atau menghubungi Anda. Anda tak perlu stand by 24 jam dalam melayani pelanggan karena setiap pesan akan dijawab otomatis oleh tools ini. Dengan teknologi artificial intelligence Whatsapp mampu dikembangkan sehingga memiliki fitur auto sender.

5. Filter nomor

Anda dapat memverifikasi nomor-nomor kontak yang Anda dapatkan (hasil generate) dengan cara memisahkan nomor yang menggunakan WhatsApp atau tidak. Tools ini dapat mempermudah Anda dalam memfilter mana yang merupakan prospek dan mana yang tidak.

6. Penyimpanan kontak secara otomatis

Anda dapat melakukan export dan import list kontak untuk setiap kontak WhatsApp yang Anda miliki dengan menggunakan format xls, txt, atau cvs.

Baca juga: WhatsApp Business VS Whatsapp Business API: Apa Perbedaannya?

7. Personalisasi pesan

Ini merupakan tools WA marketing yang pebisnis sukai. Anda dapat mengirimkan pesan secara personal dengan menyebutkan nama prospek atau pelanggan Anda secara otomatis. Pelanggan tentu akan merasa dihargai karena Anda menyebutkan nama mereka secara pribadi. Tak hanya itu saja, mengirimkan pesan secara personal belakangan ini terus dikembangkan hingga memiliki kemampuan predictive analysis seperti menganalisis perilaku pembelian produk, hobi, dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis untuk bisa lebih dekat dengan target pasar.

8. Pengiriman terjadwal

Marketing tools ini dapat membantu Anda mengatur kapan waktu yang tepat untuk mengirim pesan pada pelanggan dengan format pesan yang merupakan hasil generate pesan dalam platform. Jika sudah terjadwal, tools ini dapat mengirim pesan secara otomatis kepada database pelanggan yang kita miliki.

9. Pantau sistem pengiriman

Anda dapat memantau status pesan-pesan yang Anda kirimkan, yaitu berhasil terkirim atau tidak melalui dashboard report WA marketing.

10. Statistk pesan (messaging statistics)

Marketing tools ini berfungsi untuk mengontrol dan meninjau laporan statistik terkait pesan yang keluar dan masuk dari aplikasi whatsapp seseorang. Laporan statistik ini akan menghasilkan:

  • Laporan soal jumlah pesan terkirim
  • Laporan pesan diterima
  • Laporan jumlah pesan dibaca
  • Laporan jumlah pesan masuk

Laporan ini akan memudahkan Anda untuk  menganalisa secara mendasar terkait  total jumlah pelanggan dan calon pelanggan yang memiliki atensi terhadap produk-produk yang coba Anda tawarkan kepada mereka.  Sehingga Anda akan lebih mudah dalam merencanakan strategi marketing komunikasi yang lebih tepat kedepannya.

Barantum

11. Messaging tools

Tools ini terbagi ke dalam 3 kategori yaitu Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies.

Away Message menampung  pesan masuk pada saat jam kantor sudah tutup. Sehingga tidak ada pesan yang tidak tersampaikan ke perusahaan. Konsep fitur ini seperti customer service, sehingga bermanfaat  untuk melayani pelanggan pada saat kantor sudah tutup. Pelanggan akan tahu bahwa pesan yang dikirimkannya sudah masuk dan akan menunggu balasan ketika sudah aktif kembali.

Quick Replies berfungsi untuk membalas pesan yang masuk dengan model pesan berupa pesan biasa atau berupa pertanyaan. Dengan adanya fitur ini, maka pebisnis bisa mengoptimalkannya dengan membuat berbagai macam jawaban template. Sehingga hal itu akan memudahkan bisnis dalam menjawab pesan yang masuk dengan kategori pesan yang sama sehingga bisa lebih cepat dan tepat.

Greeting Message memberikan jawaban atau pesan dengan model ucapan menyapa atau memberikan sambutan bagi pelanggan atau calon pelanggan. Mereka tentu akan merasa senang dengan adanya balasan dari perusahaan secara langsung.  Yang menarik adalah, fitur ini  tidak saja digunakan untuk calon pelanggan baru, tetapi bagi pelanggan lama yang tidak aktif, misalnya sudah tidak aktif selama 14 hari. Fitur  ini menjadi andalan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Tips menggunakan WhatsApp Marketing tools

WhatsApp marketing tools memang akan memudahkan Anda dalam memasarkan dan menjual produk ataulayanan Anda. Namun, Anda tetap membutuhkan tips dalam menggunakannya agar mendapatkan hasil yang sempurna.

#1 Ciptakanlah branding yang menarik

Menciptakan pesona merek atau branding produk Anda sangatlah penting untuk membangun ketertarikan audiens. Branding yang baik adalah bagaimana produk Anda dapat menjawab kebutuhan audiens. Hal ini akan membantu bisnis dalam membangun kepercayaan dan akan menghasilkan keuntungan lebih. Buatlah branding yang menarik untuk produk Anda agar  tools WhatsApp yang Anda miliki bekerja maksimal.

#2 Mengirimkan pesan blast secara berkala

Kirimkan pesan blast yang berisi promosi, hadiah, gratis, dan lain-lain kepada pelanggan. Kirimkan pesan WA marketing ini secara rutin melalui tools broadcast WhatsApp blast, namun jangan setiap hari. Misalnya Anda melakukannya dua kali dalam seminggu. Hindari promosi yang terlalu berlebihan dan sangat intens karena dapat mengganggu kenyamanan pelanggan. Pelanggan bisa menganggap pesan Anda merupakan spam dan kemudian memblokir akun Anda.

#3 Maksimalkan target pasar dan kelompokan kontak

Maksimalkan penggunaan WA marketing untuk menarik target pasar yang telah Anda tentukan sebelumnya. Anda bisa memulainya dengan menambahkan kontak pelanggan tetap. Kemudian, kelompokkan mereka ke dalam beberapa kategori seperti usia, loyalitas,pelanggan yang masih ragu, dan sebagainnya. Kelolalah mereka berdasarkan kebutuhan mereka dan lakukan evaluasi, mana pelanggan yang aktif berbelanja dan mana yang perlu Anda hubungi kembali untuk follow-up.

#4 Mengumpulkan kontak customer

Tanpa memiliki kontak customer, Anda akan sulit untuk melakukan promosi apapun. Setelah kontak didapat, Anda dapat melakukan berbagai promosi dan penawaran yang menarik.

Baca juga: WhatsApp Business API Barantum: Terpercaya, Cerdas, dan Mudah

Bagaimana cara mendapatkan WhatsApp marketing tools?

WhatsApp marketing tools hanya bisa Anda dapatkan melalui WhatsApp Business API, yang di mana pemasangannya membutuhkan mitra resmi WhatsApp. Sebagai mitra resmi WhatsApp, Barantum akan membantu Anda memasangnya tanpa waktu yang lama. Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari WABA, salah satunya adalah centang hijau pada akun WhatsApp. Centang hijau ini akan membangun kredibilitas Anda di mata audiens. Sehingga mereka akan mempercayai bisnis Anda dan berani melakukan komunikasi serta bertransaksi dengan Anda.

HOW TO CREATE MQL & SQL FOR INCREASE OMZET
sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Anda bisa mendapatkan WhatsApp Business API dengan Barantum di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang