Peran Customer Relationship Dalam Bisnis

Menjaga hubungan baik dengan customer merupakan suatu kewajiban dalam sebuah bisnis. Karena customer atau pelanggan merupakan aset penting bagi bisnis. Bisnis akan berkembang berkat adanya pelanggan. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda sebagai pelaku bisnis atau pemilik bisnis untuk mengetahui tentang customer relationship.

Customer relationship atau customer relations adalah salah satu strategi perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang bertujuan mempertahankan pelanggan yang ada agar melakukan pembelian berulang. Hubungan yang baik akan menjadikan pelanggan menjadi pelanggan setia dan tidak berpaling pada kompetitor lain.

Seperti yang telah diketahui, keberadaan pelanggan sangatlah penting. Oleh sebab itu, bagi setiap pebisnis diharapkan dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggannya. Caranya, dengan berkomunikasi yang baik sehingga dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian kembali.

Anda juga harus mengetahui bahwa bisnis tidak hanya berfokus pada inovasi produk saja. Meskipun inovasi produk juga merupakan bagian yang harus diperhatikan. Hanya saja, membangun dan menjaga customer relationship atau hubungan pelanggan juga tak kalah pentingnya.

Memang terlihat sulit, tapi membangun hubungan pelanggan yang baik merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya hubungan pelanggan yang baik, bisnis Anda dapat membuat perusahaan menjadi lebih baik dalam hal peningkatan kualitas produk, peluncuran produk terbaru, serta dalam hal pelayanan kepada pelanggan.

Hal tersebut akan memberikan pengalaman pelanggan yang positif sehingga pelanggan Anda menjadi puas dan semakin setia menggunakan produk atau jasa Anda.
Barantum Software dan Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Apa itu Customer Relationship?

Customer relationship atau customer relations adalah salah satu strategi perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang bertujuan mempertahankanpelanggan yang ada agar melakukan pembelian berulang. Hubungan yang baik akan menjadikan pelanggan menjadi pelanggan setia dan tidak berpaling pada kompetitor lain.

Terkait hal tersebut, salah satu cara mempermudah komunikasi dengan pelanggan, yaitu dengan pengelolaan data pelanggan yang optimal. Semakin bertambah jumlah pelanggan maka berarti semakin baik perkembangan bisnis Anda. Hal tersebut menunjukan bahwa pengelolaan konsumen dalam bisnis sudah efisien.

Data pelanggan yang tersimpan dengan baik akan mempermudah bisnis untuk menyediakan informasi yang lengkap untuk pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan, memanfaatkan saluran komunikasi bisnis yang tersedia untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara mudah.

Dari saluran komunikasi tersebut, bisnis dapat mendengar keluhan konsumen, saran, ataupun feedback pelanggan. Sehingga bisnis dapat meningkatkan pelayanan dan sekaligus produk yang terbaik kepada pelanggan.

Penyediaan saluran komunikasi ini merupakan cara agar terhubung dengan pelanggan lebih mudah serta membangun kedekatan dengan pelanggan lebih erat dan personal. Informasi yang didapat dari pelanggan inilah yang akan menjadi cikal bakal bisnis untuk berkembang lebih besar lagi.

Mengapa Customer Relationship Penting Bagis Bisnis?

Customer relationship penting bagi bisnis karena menjadi salah satu garda terdepan dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Secara keseluruhan, membangun dan mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan sangat penting bagi keberhasilan dan pertumbuhan bisnis. Dengan menyediakan layanan pelanggan dan komunikasi yang baik, bisnis dapat membangun loyalitas, kepercayaan, dan kepuasan, yang akan mengarah pada kesuksesan jangka panjang.

Apa Manfaat Customer Relationship Yang Baik?

Ada beberapa manfaat customer relationship yang baik. Manfaat utamanya, seperti:

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat pertama, yaitu meningkatkan loyalitas. Dengan menyediakan layanan pelanggan dan komunikasi yang responsif, bisnis Anda dapat membangun loyalitas dan kepercayaan di antara pelanggannya. Hal ini dapat membuat pembelian berulang sehingga bisnis dapat mempertahankan pelanggan yang ada dan meningkatkan basis pelanggannya.

2. Peningkatan kepuasan pelanggan

Selanjutnya, dengan memenuhi dan melebihi ekspektasi pelanggan, bisnis dapat meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan. Ini dapat mengarah pada umpan balik dan ulasan positif, yang dapat membantu bisnis untuk menarik pelanggan baru dan membangun reputasi positif.

3. Masukan dan umpan balik yang bernilai

Manfaat lainnya, dengan terlibat dengan pelanggan dan mendengarkan kebutuhan pelanggan, bisnis dapat memperoleh masukan dan umpan balik yang bernilai. Sehingga dapat membantu untuk meningkatkan produk dan layanan bisnis Anda.

Secara keseluruhan, memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis, termasuk peningkatan loyalitas pelanggan, peningkatan kepuasan pelanggan, dan masukan dan umpan balik yang berkualitas untuk memajukan bisnis Anda.

Bagaimana Cara Membangun Customer Relationship Yang Baik?

Terlepas dari seberapa baik hubungan Anda dengan pelanggan, selalu ada ruang untuk peningkatan dan perbaikan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda aplikasikan untuk membangun customer relationship yang baik:

1. Berikan Pelayanan (Service) Terbaik

Cara membangun customer relationship yang pertama dan paling penting adalah dengan cara memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Berikan pelanggan service yang memuaskan dengan cara membalas pesan mereka secepat mungkin, memberikan solusi terbaik untuk setiap masalah dan pertanyaan mereka, memberikan respon dan pengalaman terbaik untuk mereka adalah cara paling utama yang musti dilakukan untuk membangun customer relationship yang baik.

2. Tingkatkan Komunikasi Dengan Pelanggan

Hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun customer relationship yang baik selanjutnya adalah dengan meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. Saat berkomunikasi dengan pelanggan, sangatlah penting untuk menjangkau mereka melalui saluran komunikasi yang mereka sukai. Jadi, Anda memerlukan sebuah sistem yang mempermudah bisnis untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan dari berbagai saluran komunikasi bisnis yang Anda miliki.

Sistem yang tepat untuk menjadi solusi tersebut, yaitu dengan menggunakan sistem CRM Omnichannel. CRM Omnichannel bekerja dengan cara menghubungkan semua saluran komunikasi menjadi satu dan mengintegrasikannya dengan sistem CRM, sehingga memungkinkan pelanggan untuk terhubung dan menemukan bisnis dengan mudah dari saluran manapun yang mereka sukai.

Barantum Software dan Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

3. Minta Umpan Balik Secara Teratur

Perlu diketahui, pelanggan lebih suka melakukan pembelian dengan merek dan bisnis yang mau memperhatikan dan mendengarkan kritik atau masukan mereka serta meresponsnya.

Maka, cara yang lebih baik untuk mengembangkan customer relationship yang baik adalah dengan meminta umpan balik atau feedback pelanggan secara terus-menerus. Anda juga bisa  menggunakannya untuk meningkatkan produk atau layanan yang sudah ada untuk menghasilkan produk yang lebih baik.

4. Berikan Hadiah Kepada Pelanggan Setia

Kita telah mengetahui bahwa pelanggan yang sudah ada lebih cenderung untuk membelanjakan lebih banyak, tetapi yang juga harus Anda ketahui tentang pelanggan tetap adalah mereka membelanjakan uang 67% lebih banyak daripada pelanggan baru.

Jadi jika Anda memberikan investasi yang cukup besar ke dalam program loyalitas pelanggan dengan memberikan penghargaan kepada pelanggan reguler, pendapatan Anda masih akan meningkat secara signifikan.

Contoh, Anda dapat memberikan kepada pelanggan tetap Anda, sebuah tawaran terbatas, voucher discount, atau mengadakan acara program loyalitas seperti gathering atau makan malam bersama. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih dihargai sebagai pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian lebih banyak.

5. Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Hubungan pelanggan, sama dengan hubungan lainnya yang perlu dirawat layaknya tumbuhan yang terus di berikan pupuk dan disirami agar mekar dan tumbuh sempurna.

Jadi sesuai dengan hal di atas, maka Anda perlu tetap terhubung dengan pelanggan Anda, seperti mengirimkannya kartu ucapan selamat ulang tahun, hampers hari raya, atau email pemberitahuan mengenai update produk, diskon atau penawaran spesial lainnya untuk menunjukan seberapa besar Anda menghargai kesetiaan dan kepercayaan mereka.

Jika bisnis atau produk Anda tidak ada dalam pikiran pelanggan Anda, mereka akan cenderung pergi ke tempat lain.

Dengan memberikan formulir survei kepuasan pelanggan juga salah satu langkah membangun komunikasi dengan pelanggan. Pelanggan menjadi lebih banyak tahu akan kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Di sisi lain, perusahaan pun bisa mendapatkan feedback dari konsumen untuk perkembangan perusahaan.

Sistem Terbaik Untuk Optimalkan Customer Relationsip Bisnis Anda

Barantum Software dan Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

CRM (Customer Relationship Management) adalah kegiatan manajemen (pengelolaan) hubungan antar pelanggan dan perusahaan yang bertujuan untuk memelihara dan membangun hubungan baik dengan pelanggan agar kegiatan bisnis yang terjadi dengan pelanggan dapat terus berjalan berkelanjutan.

Dalam mendukung customer relationship bisnis Anda lebih optimal, bisnis perlu didukung oleh sistem yang mampu mengolah dan menyimpan data secara terpust. Sehingga seluruh data bisnis Anda bisa terlihat dari satu tempat, termasuk riwayat aktivitas pelanggan Anda.

Seperti yang diketahui, kegiatan manajemen hubungan pelanggan ini bukan lah perkara mudah. Untuk itu diibutuhkan sebuah sistem untuk mendukung dan mempermudah kegiatan manajemen hubungan pelanggan ini yang disebut dengan sistem CRM. Penggunaan sistem CRM ini mampu 90% menaikkan produktivitas bisnis Anda.

Apa Itu Sistem CRM?

Sistem CRM adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengontrol atau mengendalikan aktivitas-aktivitas pra-penjualan dan pasca-penjualan yang terjadi dalam perusahaan.

Dengan menggunakan sistem CRM pada perusahaan, akan membantu dan mempermudah manajemen dalam memantau aktivitas penjualan mulai dari leads masuk sampai dengan terjadinya deals.

Secara umum, fungsi CRM bagi perusahaan adalah untuk membantu dan mempermudah manajemen perusahaan dalam memantau aktivitas penjualan dan mendapatkan informasi secara menyeluruh tentang perilaku pelanggan.

Sedangkan tujuan dari adanya CRM adalah untuk memperoleh hubungan baik dengan pelanggan, yaitu dengan cara mengetahui sebanyak mungkin informasi tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan agar perusahaan dapat memperbaiki sistem operasional dan meningkatkan pelayanan mereka.

Hal ini agar perusahaan dapat memperbaiki sistem operasional dan pelayanan mereka untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaan, serta merencanakan strategi marketing yang lebih baik di masa depan berdasarkan data dan informasi yang mereka kumpulkan dengan sistem CRM.

Dapatkan Sistem Customer Relationship Management Terbaik Sekarang

Barantum Software dan Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Pelanggan yang puas dengan service dan produk bisnis Anda merupakan salah satu ukuran keberhasilan sebuah bisnis. Dengan menaruh perhatian khusus kepada layanan pelanggan, akan membuat mereka merasa nyaman dan dipastikan tidak beralih ke kompetitor. Untuk itulah, Bisnis sangatlah penting untuk membangun komunikasi melalui customer relationship.

Sistem tersebut sudah melingkupi semua kebutuhan untuk kebutuhan bisnis, mulai dari bisnis berskala kecil hingga bisnis berskala besar dan telah didukung teknologi omnichannel yang membuat Anda dapat menjangkau pelanggan Anda melalui berbagai channel atau saluran komunikasi.

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!



Barantum Software dan Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments