Menentukan Strategi Koneksi Sebelum Membangun Startup Sendiri

crm indonesia startup

Menentukan Strategi Koneksi Sebelum Membangun Startup Sendiri

 

Sebelum startup Anda beroperasi, perhatikan koneksi yang Anda miliki saat ini, karena koneksi atau network yang Anda miliki adalah jembatan yang menentukan apakah startup Anda bisa sampai di visi dan misi yang mendasarinya sejak awal. Jadi, ini saatnya untuk memfilter koneksi bisnis anda.

  1. Website developer

Barantum CRM & IPPBX Indoensia

 

Pertama, Anda pasti membutuhkan seseorang yang mengerti caranya membangun ‘landasan’ untuk didatangi oleh trafik atau orang-orang yang Anda targetkan untuk menggunakan bisnis Anda. Karena itu, coba cek lagi, apakah ada kenalan atau organisasi yang bisa Anda andalkan untuk membangun situs startup Anda sebagai identitas awal Anda?

 

  1. UI/UX designer

Barantum CRM & IPPBX Indoensia

Web developer tentu tidak mungkin bekerja sendirian. Harus ada desain yang di-rancang demi menjadi  branding dan tampilan keseluruhan bisnis Anda secara online. Lebih baik lagi jika Anda sanggup menemukan desainer yang tidak hanya mengembangkan tampilan web Anda, tapi bisa membantu dalam membuat identitas visual dalam bentuk logo.

 

  1. Marketing specialist

Untuk melakukan pemasaran, mungkin anda bisa melakukan pemasaran sendiri, tapi bekerja sama dengan orang yang berpengalaman di bidang pemasaran baik secara online dan offline tentu akan lebih baik. Anda mungkin tidak bisa langsung menunjuk orang yang Anda kenal, dan harus beralih ke perusahaan yang fokus di bidang pemasaran digital seperti ini.

Marketing specialist

  1. Agen media sosial

 

Barantum CRM & IPPBX Indoensia

Jika Anda memiliki akses ke orang-orang yang tahu bagaimana caranya menggunakan media sosial untuk mem-branding, menciptakan interaksi dengan customer Anda, serta berjualan secara langsung maupun tidak langsung, Anda siap meluncurkan startup Anda. Pemasaran bisa terjadi dengan kampanye offline, aktivasi online, serta lebih mudah dan tertarget lagi lewat media sosial.

 

  1. Nama-nama ternama market Anda

Mengumpulkan data yang berisikan nama-nama orang yang paling memiliki pengaruh di niche atau bidang bisnis startup Anda menjadi modal lebih untuk meroketkan startup Anda di antara kompetitor lainnya. Nama-nama berpengaruh ini bisa saja adalah seorang selebritis dengan fans yang mungkin akan memakai dan mengakses startup Anda jika melihat idolanya sebagai brand ambassador, atau bisa juga blogger dan influencer media sosial dengan followers yang banyak.

 

  1. Sesama entrepreneurs

 

Barantum CRM & IPPBX Indoensia

Minimnya memiliki enam sampai tujuh nama entrepreneurs  yang sukses atau tengah berjuang untuk membangun startup-nya. Selain sebagai teman seperjuangan, mereka bisa berperan sebagai mentor dan penasehat Anda mengenai apa yang sebaiknya dilakukan dan dihindari agar startup Anda bisa sukses dan menguntungkan.

 

In this article

Join the Conversation

eighteen + 8 =