Inilah Cara Membuat dan Contoh Monitoring KPI Sales dengan CRM

Kinerja sales merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan sebuah perusahaan. Untuk dapat meningkatkan kinerja sales, diperlukan pengukuran yang tepat melalui berbagai key performance indicators (KPI) yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Salah satu cara untuk melakukan pengukuran ini adalah dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM) yang dilengkapi dengan fitur monitoring KPI sales. Dengan menggunakan fitur ini, perusahaan dapat dengan mudah melacak target penjualan, tingkat konversi, dan tingkat retensi pelanggan.

Dalam artikel ini akan membahas tentang cara membuat monitoring KPI sales dengan CRM dan memberikan contoh implementasinya. Yuk, baca artikelnya sampai selesai!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu Monitoring KPI Sales?

Monitoring KPI Sales dengan CRM adalah proses pengukuran kinerja penjualan suatu perusahaan dengan menggabungkan KPI Sales dengan data pelanggan yang disimpan di dalam CRM. Dengan menggabungkan kedua sistem ini, perusahaan dapat lebih efektif dalam mengelola kinerja penjualannya dan meningkatkan hubungan dengan pelanggannya. Dengan menganalisis data yang tersedia dari kedua sistem ini, perusahaan dapat membuat keputusan yang informatif dan tepat waktu untuk meningkatkan kinerja penjualannya.

Bagaimana Cara Untuk Menentukan KPI Sales?

Cara untuk menentukan KPI yang sesuai, perusahaan harus menentukan tujuan yang ingin dicapai dan mengidentifikasi ukuran yang sesuai untuk mengukur kinerja sales dalam mencapai tujuan tersebut. Misalnya, jika tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan jumlah transaksi penjualan, maka KPI yang sesuai adalah jumlah transaksi yang dilakukan oleh sales team. Namun jika tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan jumlah pelanggan baru, maka KPI yang sesuai adalah jumlah pelanggan baru yang didapat oleh sales team.

Apa Manfaat Monitoring KPI Sales dengan CRM?

Monitoring KPI Sales dengan CRM dapat memberikan beberapa manfaat yaitu:

1. Memudahkan akses data

CRM dapat digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data penjualan secara real-time. Hal ini memudahkan akses data oleh tim penjualan dan manajemen, sehingga mereka dapat mengetahui kinerja penjualan secara cepat dan akurat.

2. Membantu pembuatan keputusan

Dengan data yang tersedia di CRM, manajemen dapat membuat keputusan yang lebih informatif dan tepat waktu. Mereka dapat mengetahui kinerja penjualan secara real-time, sehingga dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja penjualannya.

3. Meningkatkan efisiensi tim penjualan

CRM dapat digunakan untuk mengatur dan mengelola tugas-tugas tim penjualan, seperti mengirimkan email dan mencatat aktivitas panggilan. Hal ini akan meningkatkan efisiensi tim penjualan, karena mereka dapat lebih fokus pada tugas yang lebih penting seperti pemasaran dan penjualan.

4. Membantu dalam target penjualan

Dengan mengatur target penjualan dan melacak kinerja penjualan secara real-time melalui CRM, perusahaan dapat lebih mudah untuk mengukur kemajuan dan mengevaluasi strategi penjualan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi kinerja sales dan mengubah strategi penjualan yang tidak efektif.

5. Analisis kinerja individu

CRM memungkinkan perusahaan untuk melacak kinerja individu dan mengevaluasi kontribusi setiap sales terhadap kinerja tim penjualan secara keseluruhan. Hal ini akan membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja sales yang kurang efektif dan memberikan reward pada sales yang memiliki kinerja yang baik.

Bagaimana Cara Membuat KPI Sales dengan CRM?

Berikut cara membuat KPI sales dengan CRM:

1. Masuk ke akun CRM Anda, lalu klik ikon Setting yang ada pada kanan atas.

monitoring kpi dengan CRM

2. Klik User.

monitoring kpi dengan CRM 3. Pilih user yang ingin Anda buat target KPI-nya. Jika user tersebut merupakan user baru, Anda bisa menambahkannya dengan cara klik +User.

monitoring kpi dengan CRM

4. Kemudian, klik menu Targets > lalu, isi KPI sesuai yang ditetapkan.

monitoring kpi dengan CRM

6. Klik Update untuk menyimpan pembaruan KPI. Selesai.

Bagaimana Cara Monitoring KPI dengan CRM?

Cara monitoring KPI dengan CRM sangat mudah. CRM, seperti Barantum, secara otomatis akan meng-update kinerja KPI tiap agen/user Anda. Tentunya, hal ini membutuhkan konsistensi agen Anda untuk mengisi data pekerjaan yang dilakukan ke dalam CRM. Sehingga CRM dapat langsung mendata dan membuat laporannya secara real-time. Untuk memonitoring KPI dengan CRM, Anda hanya perlu melihat laporan data di dashboard CRM Anda. Pada laporan CRM, Anda akan melihat seluruh aktivitas dan persentase pencapaian KPI tiap agen. Sehingga Anda bisa memantau apakah agen menjalani pekerjaannya dengan baik atau perlu ada perbaikan kembali.

Dapatkan Sistem CRM Terbaik Sekarang!

Software Aplikasi CRM TerbaikAplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".