7 Tips Efektifkan Landing Page

Ketika prngunjung mengunjungi situs website penjualan produk Anda, apa yang Anda harapkan? Tentu Anda mengharapkan mereka tertarik dengan produk Anda, lalu mengisi formulir di sana. Namun, sebelum Anda memikirkan hal tersebut, coba posisikan diri Anda sebagai pengunjung. Bagaimakah kesan Anda terhadap website? Apakah website Anda sudah menarik di mata pengunjung?

First impression dalam mengunjungi website turut mempengaruhi minat pengunjung untuk mengetahui produk atau layanan Anda lebih lanjut. Terutama dalam hal design website. Landing page adalah cara yang bagus untuk membuat pengunjung berinteraksi dengan situs Anda dengan terlibat dengan ajakan bertindak, melakukan pembelian, menghubungi Anda, atau membagikan konten Anda. Halaman ini menjadi cara yang baik sekali untuk mengubah pengunjung website Anda menjadi pelanggan. Menggabungkan tombol penawaran yang menarik dengan desain landing page yang efektif dapat mengubah apa yang dulunya hanya lalu lintas website menjadi aliran prospek yang stabil untuk tim penjualan Anda.

Hal yang membuat landing page berjalan efektif adalah ketika halaman tersebut memberikan informasi penting yang dibutuhkan oleh pengunjung. Apa sajakah elemen-elemennya?

Struktur dan design

Tidak semua pengunjung akan sampai ke bagian bawah setiap halaman website. Oleh karena itu, letakanlah fitur-fitur penting, seperti formulir pemasukan prospek dan ajakan bertindak, di bagian atas untuk halaman sehingga terlihat.

Judul yang menarik

Teks terbesar di landing page harus menjadi sesuatu yang membuat pengunjung ingin mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda. Mengatakan “Kami adalah agen pemasaran terbesar di Indonesia” tidak semenarik “Kami membantu bisnis mendapatkan laba 100 rupiah juta tahun ini.” Setiap tulisan tambahan di landing page, Anda harus mempertahankan momentum minat yang diprakarsai oleh judul.

Ajakan bertindak (CTA)

Apa yang Anda ingin pengunjung lakukan ketika mereka datang ke situs Anda? Desain dan tulisan Anda harus mengajak mereka untuk mengambil tindakan. Berikan tombol CTA seperti ‘Hubungi Kami Sekarang’  atau ‘Dapatkan free trial sekarang’ di landing page Anda.

Testimonial dan studi kasus

Pengunjung pertama kali ke situs Anda mungkin belum pernah berinteraksi denga bisnis Anda sebelumnya. Mereka akan lebih terdorong untuk mengambil tindakan dengan melihat apa yang telah Anda capai untuk pelanggan yang sama seperti mereka dan bukan hanya deskripsi umum tentang apa yang Anda lakukan. Dengan melihat testimonial, pengunjung merasa bahwa produk atau layanan Anda merupakan solusi tepat atas kebutuhan atau permasalahan mereka.

Kredibilitas perusahaan

Situs web yang dirancang dengan baik tidak cukup untuk membuktikan kepada pengunjung bahwa Anda adalah organisasi atau perusahaan yang kredibel, terutama di masa sekarang. Bukti sosial membangun kredibilitas, sementara elemen seperti kepercayaan dan kebijakan privasi menciptakan kepercayaan dengan pengunjung Anda.

Media

Judul dapat menjadi motivator yang kuat, tetapi foto atau video juga dapat mengomunikasikan pesan yang Anda inginkan. Pilih media yang mempromosikan apa yang Anda lakukan atau apa yang Anda ingin pengunjung rasakan ketika mereka tiba di halaman website Anda.

Kecepatan muat halaman

Pastikan untuk mengoptimalkan gambar atau video apa pun di landing page  untuk menghindari memperlambat kecepatan halaman Anda. Jika halaman Anda terlalu lama untuk dimuat, pengunjung dapat meninggalkan website Anda bahkan sebelum melihat seluruh halaman.

Setelah mengetahui mengefektifkan landing page Anda, kini Anda harus mengetahui pula praktek terbaik dalam menjalankannya agar berkoversi tinggi dan mudah dinavigasi.

Buatlah pesan yang mudah dipahami

Pengunjung situs Anda akan sering membuat keputusan apakah mereka akan mengisi formulir atau tidak sebelum halaman selesai dimuat. Pastikan landing page mudah diisi. Dengan kata lain, pastikan mereka dapat memahami penawaran dan apa yang Anda minta.

Tetap sederhana

Setiap pengunjung landing page Anda mengklik sesuatu untuk sampai ke sana, seperti tombol CTA untuk uji coba gratis, webinar, atau penawaran lainnya. Jadi, secara teoritis, Anda sudah tahu sesuatu yang penting tentang orang-orang ini. Jika mereka mengklik untuk mengunduh whitepaper pada sebuah widget, misalnya, maka Anda akan tahu bahwa mereka tertarik pada widget tersebut. Berbekal informasi itu, Anda harus dapat merencanakan tata letak halaman Anda dengan tepat. Gunakan pengetahuan itu untuk keuntungan Anda dan buat segala sesuatu tentang halaman ini tetap sederhana.

Tetap ringkas

Tunjukkan dengan tepat hal terpenting yang ingin Anda komunikasikan dengan landing page Anda. Hindari memasukkan sejarah perusahaan yang panjang atau penjelasan yang rumit yang bisa masuk ke halaman yang berbeda. Seorang pengunjung harus dapat melihat sekilas landing page Anda dan menerima pesan yang Anda inginkan.

Grafik dan dukungan itu penting

Ingat, Anda akan meminta orang untuk mengirimkan informasi yang mungkin mereka anggap sensitif. Sebelum melakukannya, membangun kredibilitas akan menjadi kuncinya. Pastikan Anda memiliki semua materi pembangun kepercayaan — seperti testimonial, bukti sosial, dan kebijakan privasi — ditempatkan dengan jelas di halaman.

Itulah ketujuh elemen serta tips untuk mantapkan performa landing page wesbite Anda. Rapikan landing page Anda sekarang untuk dapatkan lebih banyak prospek!

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".