Peta perjalanan menuju revolusi Industri 4.0

 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, cloud computing merupakan infrastruktur utama dalam pengembangan revolusi industri 4.0. di Indonesia.

CRM indonesia

“Teknologi cloud computing akan menyokong layanan lain seperti big data analysis, internet of things, artificial intelligence, machine learning, dan blockchain,” ujar Airlangga Hartarto saat menjadi pembicara di acara Making Indonesia 4.0 Conference di Gedung Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Rabu (24/10/2018) 

 

Karena itu, lanjut Airlangga Hartarto, teknologi komputasi awan menjadi salah satu infrastruktur digital yang penting dalam mendukung implementasi industri 4.0.

Airlangga menambahkan, upaya mengadopsi teknologi digital memberikan peluang untuk merevitalisasi sektor manufaktur Indonesia dan menjadi salah satu cara mempercepat pencapaian visi Indonesia menjadi 10 ekonomi terbesar dunia pada tahun 2030 sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0.

 

Baca: Barantum CRM Solusi Terbaik Bagi Bisnis Anda

 

Industri nasional termasuk IKM dapat mengenal teknologi komputasi awan ini dan mengambil manfaatnya untuk mendorong mereka melakukan transformasi digital.

Saat ini sejumlah perusahaan rintisan (startup) di dalam negeri, yang menawarkan produk Internet as a Services (IaaS) seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia dan Barantum telah menggunakan cloud computing guna meningkatkan efisiensi di bidang informasi teknologi.

 

Baca: Barantum CRM Untuk Bisinis Indonesia

 

“Penggunaan cloud computing dalam kehidupan sehari-hari seperti google drive, dropbox, dan office 365 akan perlahan menggantikan teknologi lama yang menyimpan dokumen pada hard drive,” ujar Airlangga Hartarto.

Dalam kesempatan yang berbeda, CEO Barantum, Handri Kosada, menyatakan Barantum.com berkomitmen untuk mendukung industri nasional dalam menghadapi tren revolusi industri 4.0.

 

“Mengingat peran penting dari layanan cloud computing sebagai underlying  foundation untuk menopang implementasi teknologi di industri 4.0 seperti Artificial Intelligence, Virtual Reality, Internet of Things dan lain sebagainya, serta apa yang telah dimiliki oleh Barantum.com saat ini,  akan berkomitmen untuk mendukung implementasi industri 4.0,” ungkap Handri Kosada.

 

Beliau juga menyatakan, selama ini Barantum telah secara aktif berperan dan terus melakukan perbaikan dalam mengimplementasi industri 4.0, khususnya dalam mengembangkan Industri Kecil Menengah melalui aplikasi CRM yang terintegrasi dengan call center yang berbasis cloud, sehingga memberikan keuntungan atau profit yang cukup besar dan mempercepat Return Of Investment (ROI) bagi perusahaan sehingga semakin berkembang dan membentuk inovasi ekosistem yang masuk ke dalam list prioritas Indonesia.

 

Kesiapan Barantum.com dengan cloud infrastructure ditunjukkan dengan layanan terbaik dan mengadopsi teknologi ICT mutakhir, untuk mendukung percepatan kesiapan peta jalan Making Indonesia 4.0. Hal tersebut diyakini dapat mendorong innovation agility yang merata bagi para pengusaha industri / usaha kecil menengah sampai ke seluruh pelosok Indonesia.

 

Terkait dengan IKM, Barantum.com melalui software sistem CRM yang telah berlangsung sejak 2016, telah menggunakan layanan cloud computing bagi para startup ataupun perusahaan yang sudah berpengalaman yang menjadi pengguna Software Barantum CRM.

 

Barantum.com memiliki relasi yang besar dari berbagai industri yang pastinya juga membutuhkan aplikasi atau produk solusi yang bisa dihasilkan oleh para startup. Jadi kami memulai kolaborasi untuk menghadapi industri 4.0 sudah sejak awal.

 

Misalnya, mobile application, yang memiliki nilai bisnis dan dapat diterapkan untuk mendukung berbagai sektor industri seperti banking, financial, oil & gas, plantation, manufacture, e-health, logistic, transportation, dan smart city. Targetnya produk-produk dari Barantum.com akan dipasarkan ke seluruh pelosok Indonesia.

 

Barantum.com menggunakan cloud infrastruktur dengan teknologi yang mutakhir,  handal dan terpercaya sehingga produk Barantum.com menjadi Sistem Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia.

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".