Harga dan Ketentuan Biaya WhatsApp Business API Terbaru

Berbeda dengan WhatsApp personal ataupun WhatsApp Business biasa, penggunaan WhatsApp Business API membutuhkan biaya mulai dari biaya berlangganan sistem dari BSP WhatsApp yang Anda pilih sampai dengan biaya pemakaian per percakapan. Namun, jangan khawatir! Biaya yang Anda keluarkan tentu sebanding dengan beragam fitur canggih yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan performa bisnis Anda.

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Ada Berapa Jenis Biaya Dalam WhatsApp Busines API?

Dalam penggunaan WhatsApp Business API, Anda perlu mengeluarkan beberapa biaya. Besaran biaya yang diperlukan tergantung dari vendor yang Anda pilih dan seberapa banyak Anda menggunakan WhatsApp API dalam komunikasi bisnis. Namun, biaya yang Anda keluarkan akan sebanding dengan fasilitas yang bisa Anda dapatkan. Adapun jenis biaya yang diperlukan, sebagai berikut:

1. Biaya Berlangganan Sistem dari BSP WhatsApp

Pertama, untuk bisa menggunakan WhatsApp API, Anda perlu bekerja sama dengan BSP WhatsApp, seperti Barantum. Oleh sebab itu, diperlukan biaya berlangganan sistem dari BSP WhatsApp yang Anda pilih. Perihal biaya berlangganan, Anda bisa memilih berlangganan per bulan atau per tahun. Sebagai contoh, jika menggunakan Barantum sebagai BSP WhatsApp pilihan Anda, Anda bisa memilih paket biaya berlangganan per bulan dengan harga Rp897.000,- per bulan.

Besaran biaya berlangganan yang diperlukan pun bervariasi tergantung pada BSP WhatsApp yang Anda pilih dan paket layanan yang diperlukan. Namun, sebaiknya Anda jangan terkecoh dengan biaya murah karena belum menjamin kualitas layanan support dan sistemnya. Sehingga penting bagi Anda untuk melihat review pelanggan dan bagaimana layanan support vendor dalam menangani kendala dan memberikan solusi.

2. Biaya Penggunaan per Percakapan

Kedua, biaya lain yang perlu Anda persiapkan, yaitu biaya penggunaan per percakapan yang dilakukan. Terkait biaya ini dihitung berdasarkan kategori pesan dan jumlah yang dikirim dan diterima oleh bisnis Anda. Untuk biaya percakapan ini ditentukan dan ditetapkan oleh pihak Meta sebagai pemilik WhatsApp.

Adapun biaya kategori template pesan terbaru berdasarkan ketentuan Meta, yaitu:

Harga wa api terbaru

  • Utility Conversation: Dikenakan biaya Rp300.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Authentication Conversation: Dikenakan biaya Rp440.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Marketing Conversation: Dikenakan biaya Rp600.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Service Conversation: Dikenakan biaya Rp275.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

Tarif biaya pesan ini dapat berbeda-beda tergantung pada negara dan jumlah penggunaan pesan perusahaan. Sehingga dengan memahami kategori dan ketentuan biaya penggunaan per percakapan ini, Anda dapat mengelola dan mengontrol biaya yang terkait dengan penggunaan WhatsApp Business API di perusahaan Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Ketentuan Biaya Percakapan WhatsApp Business API Terbaru

Sebelumnya biaya ditentukan berdasarkan inisiasi atau siapa yang memulai percakapan pertama dalam satu sesi 24 jam, yaitu business initiated sebesar Rp465,- dan customer initiated sebesar Rp271,-.

Sedangkan mulai per 1 April 2023 lalu, WhatsApp mengumumkan pemberlakuan kategori baru yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengkategorikan jenis pesan yang dikirim. Kategori-kategori baru ini yaitu authentication conversation, marketing conversation, dan utility conversation. Sedangkan pesan yang dimulai oleh pelanggan kini dinamakan menjadi service conversation.

Penjelasan dan contoh template tiap kategori baru bisa Anda baca pada artikel berikut -> 7 Contoh Template WhatsApp API, Jenis dan Kategorinya (2023)

Dalam penggunaannya, Anda akan dikenakan biaya per bulan dan Meta akan mengirimkan invoice ke email Anda di minggu pertama di setiap bulannya. Ketentuan biaya penggunaan WhatsApp Business API ini ditentukan oleh pihak Meta dan bervariasi tergantung kategori template WhatsApp Business API.

Penting diketahui, biaya WhatsApp Business API berdasarkan kategori terbaru akan dimulai per 1 Juni 2023. Di mana 1 template yang di dalamnya memiliki 2 kategori dengan salah satunya kategori marketing, maka template tersebut masuk ke dalam kategori marketing.

Sebagai contoh, sebuah template WhatsApp mengandung kategori utility dan marketing. Maka kategori tersebut akan termasuk kategori marketing.

Adapun penjelasan harga WhatsApp Business API dan contoh per tiap kategori sebagai berikut:

1. Utility Conversation

harga template kategori baru whatsapp api

Kategori template utility terkait dengan transaksi tertentu yang disepakati dan bertujuan untuk mengkonfirmasi, menangguhkan, atau mengubah transaksi atau langganan, serta memberikan pemberitahuan pasca-pembelian dan laporan tagihan berulang.

Pada kategori Utility Conversation akan dikenakan biaya Rp300,00,- per satu pesan dalam 24 sesi pesan dengan nomor Indonesia.

2. Authentication Conversation

kategori template blast authentification

Kategori template authentication digunakan untuk mengautentikasi pengguna melalui kode sandi satu kali (OTP), seperti verifikasi akun dan pemulihan akun. Pada kategori ini, penggunaan URL, media, dan emoji tidak diizinkan. Selain itu, terdapat batasan panjang parameter, yaitu maksimal 15 karakter.

Pada kategori Authentication Conversation akan dikenakan biaya Rp440.00,- per satu pesan dalam 24 sesi pesan dengan nomor Indonesia.

3. Marketing Conversation

kategori template blast marketing

Ini merupakan kategori yang paling fleksibel. Pada kategori ini berisi promosi atau penawaran, pembaruan informasi, atau undangan bagi pelanggan untuk merespons atau mengambil tindakan. Misalnya menawarkan promo atau mengikuti program loyalitas.

Pada kategori Marketing Conversation akan dikenakan biaya Rp600.00,- per satu pesan dalam 24 sesi pesan dengan nomor Indonesia.

4. Service Conversation

harga template kategori baru whatsapp api

Kategori template di mana pesan diinisiasi atau dimulai dari pelanggan ke bisnis yang bias berisi pertanyaan seputar produk atau kendala yang dihadapi.

Pada kategori Service Conversation akan dikenakan biaya Rp275.00,- per satu pesan dalam 24 sesi pesan dengan nomor Indonesia.

Itulah ketentuan biaya percakapan WhatsApp Business API terbaru. Untuk contoh penggunaan template dan biaya yang dikenakan WhatsApp Blast berdasarkan kategori terbaru bisa Anda lihat pada artikel berikut -> 7 Contoh Template WhatsApp API, Jenis dan Kategorinya (2023).

Apa Ada Kebijakan Tambahan Dari Meta Terkait WhatsApp Business API?

Ada. Selain membuat kategori dan biaya baru, terdapat kebijakan tambahan lainnya untuk memaksimalkan penggunaan fitur WhastApp Business API, yaitu:

  1. Lebih banyak percakapan gratis ketika pengguna mengirimkan pesan kepada bisnis dengan memperluas periode percakapan gratis dari 24 jam menjadi 72 jam jika pesan WhatsApp dimulai dari mengklik Facebook atau Instagram Ads.
  2. Anda bisa mendapatkan 1000 sesi percakapan gratis setiap bulannya. Namun, sesi percakapan gratis ini hanya berlaku untuk kategori service conversation.

Timeline Penting Terkait WhatsApp Business API

Sebagai catatan, berikut timeline penting terkait WhatsApp Business API dalam hal perubahan kategori dan harga WhatsApp.

  • 27 Maret 2023: WhatsApp Business API mengumumkan adanya template kategorisasi pesan terbaru. Tahun ini, WhatsApp akan menerapkan tarif untuk empat kategori template tersebut.
  • 1 April 2023:  Proses migrasi dari template lama ke template baru WhatsApp Business API dimulai. Proses migrasi ini akan dilakukan secara bertahap untuk memastikan kelancaran perubahan tersebut.
  • 1 Juni 2023: Selanjutnya, pada tanggal ini mulai diterapkan tarif baru untuk kategori template pesan. Sejak 1 Januari 2023, sudah diumumkan bahwa ada empat kategori pesan yang akan dikenai tarif oleh WhatsApp. Dengan demikian, pengguna akan mulai menghadapi perubahan ini pada tanggal tersebut.

Apa Manfaat Menggunakan WhatsApp Business API?

Berikut ini manfaat dari menggunakan fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Pertama, dengan menggunakan WhatsApp Business API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan dengan adanya Centang Hijau (Verified Badge) pada akun bisnis Anda. Dengan adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda untuk membuka pesan. Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda.

2. Menyediakan Layanan 24/7 Nonstop

Manfaat selanjutnya, bisnis dapat menyediakan layanan yang siap sedia untuk menjawab pertanyaan pelanggan kapan pun, bahkan di luar jam kerja dengan dukungan fitur Chatbot. Chatbot WA ini dapat diprogram untuk memberikan respons otomatis secara cepat dan akurat, memberikan informasi dasar, dan bahkan mengarahkan pelanggan ke halaman web atau produk yang relevan.

3. Mudah Diintegrasikan Dengan Sistem Lain

Manfaat lainnya, dengan mengintegrasikan WhatsApp API ke dalam sistem seperti CRM, memungkinkan bisnis untuk mengelola komunikasi dan data pelanggan secara terpusat dan efisien. Misalnya, informasi riwayat percakapan, kebutuhan pelanggan, dan mudah melakukan analisis data, hingga meningkatkan koordinasi antar departemen.

4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Berikutnya, WhatsApp API memungkinkan bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka dengan memberikan respons yang cepat, akurat, personal, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sehingga bisnis dapat meningkatkan hubungan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Menghemat Biaya

Manfaat terakhir, Anda dapat menghemat banyak biaya karena dengan menggunakan WhatsApp API bisnis dapat mengurangi kebutuhan agen layanan pelanggan dalam jumlah besar. Anda cukup membutuhkan 1-2 staf saja untuk menangani semua pekerjaan sebagai agen customer service.

Dapatkan WhatsApp Business API Sekarang Juga!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia
Anda bisa dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan berbagai fitur WhatsApp Business API yang bisa Anda dapatkan dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Dapatkan sekarang!

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

 

4 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".