Bagaimana CRM Bekerja Untuk Departemen Finance

crm untuk finance

Mengapa tim finance dan perusahaan keuangan membutuhkan CRM?

Semakin berkembangnya bisnis dan kebutuhan perusahaan, maka software pendukung pun harus bisa memenuhinya agar kinerja tetap berjalan optimal. Software yang membantu membina hubungan pelanggan dengan perusahaan seperti CRM, semakin berkembang fitur serta penggunaannya. CRM tak hanya untuk tim Sales, Marketing, dan Customer Service. Software ini bekerja untuk tim Finance juga, pun untuk perusahaan-perusahaan keuangan, seperti perusahaan asuransi misalnya. Tim Finance maupun perusahaan keuangan membutuhkan CRM untuk perencanaan keuangan yang baik untuk pelanggan.

Setiap perusahaan keuangan memiliki tantangan yang harus dihadapi, yaitu memenuhi harapan pelanggan. Anda tidak hanya harus memberikan layanan terbaik, tetapi juga nasihat keuangan yang bagus. Ini berarti bahwa Anda perlu memiliki pemahaman mendalam tentang setiap pelanggan dan memberi mereka solusi yang paling sesuai untuk mereka. Dengan meningkatnya permintaan pelanggan, maka semakin meningkatnya persaingan dalam industri. Oleh karena itu, bisnis keuangan saat ini perlu mengadopsi pendekatan yang modern dan berfokus pada pelanggan.  Itulah sebabnya CRM untuk keuangan memainkan peran penting dalam penskalaan perusahaan.

Bagaimana CRM mewujudkan kebutuhan tim finance serta perusahaan keuangan?

Mempersonalisasi layanan

CRM melacak data dari seluruh pelanggan yang memungkinkan Anda menyesuaikan solusi terbaik untuk setiap pelanggan sambil membangun kepercayaan terhadap mereka. Memahami kebutuhan tiap pelanggan Anda adalah merupakan suatu wawasan yang harus Anda miliki. CRM tentu akan mewujudkan kebutuhan ini.

Ciptakan peluang upsell dan cross-sell

Upselling adalah mendorong konsumen untuk membeli produk yang lebih besar, lebih kuat, atau lebih banyak daripada produk awal yang konsumen pilih. Sedangkan cross-selling adalah mendorong konsumen untuk membeli produk berbeda yang masih berhubungan dengan produk awal yang konsumen pilih. Pelanggan Anda selalu mencari lebih banyak. Ketika Anda menjual layanan kepada pelanggan Anda, mereka juga berharap untuk mendapatkan sesuatu yang lebih nantinya. Peluang ini dapat digunakan untuk mempertahankan mereka untuk jangka waktu yang lebih lama sambil membuat basis pelanggan baru.

Proses yang sederhana

Dengan setiap karyawan memiliki update real-time dari setiap pelanggan, proses menjadi lebih cepat dan dapat diandalkan. Hal ini memungkinkan setiap anggota tim untuk menyelesaikan proses dengan cepat, menghemat waktu yang berharga dan memberikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Kolaborasi tim yang lebih baik

Ketika semua informasi tersedia di satu platform, seluruh tim akan lebih mudah mendapatkan informasi tertentu dengan cepat dan berkolaborasi dengan anggota tim lainnya dengan mudah.

Integrasi dengan aplikasi dan sistem lain

Mempunyai beberapa aplikasi sekaligus untuk mendapatkan informasi tentang pelanggan bisa sangat merepotkan. CRM bertindak sebagai solusi untuk mengelola prospek, informasi, dan semua proses penjualan lainnya. Tim finance dan perusahaan keuangan tentu menggunakan beberapa aplikasi yang masing-masingnya memiliki fungsi serta kebutuhan tersendiri. Anda dapat mengintegrasikan aplikasi-aplikasi tersebut ke CRM, sehingga Anda tidak perlu lagi membuka mereka satu per satu. Pastikan Anda memilih CRM yang tepat untuk fungsi ini.

Keamanan terhadap data

Sudah bukan jamannya lagi menyimpan data pelanggan pada spreadsheet dan buku catatan. Itu bukanlah cara terbaik untuk melacak informasi pelanggan. CRM adalah solusi cerdas yang memungkinkan Anda menyimpan semua informasi pelanggan dengan aman dan terjamin di platform yang andal.

Jadikan data tersedia di semua perangkat

Tidak masalah apakah Anda memiliki satu software keuangan atau lebih. Anda dapat mengelola data di semua platform dengan mengintegrasikannya hanya dalam satu CRM. Tetapi mengapa penting untuk memiliki data yang tersedia di seluruh perangkat? Menurut sebuah penelitian, hanya 22% perusahaan yang tidak menggunakan CRM seluler yang memenuhi kuota penjualan mereka dibandingkan dengan 65% perusahaan yang menggunakan CRM seluler.

Lacak kinerja tim finance

Bukankah lebih baik jika Anda memiliki platform untuk melacak bagaimana tim Anda bekerja? CRM memungkinkan Anda memonitor segala proses dan kerja yang ditangani tim Anda agar lebih produktif dan meningkatkan pendapatan.

Saat ini, sudah banyak tersedia berbagai merk CRM dengan berbagai fitur yang canggih dan lengkap. Namun, Anda harus jeli dalam memilih CRM yang tepat untuk proses keuangan perusahaan. Inilah ciri-ciri CRM yang tepat untuk proses keuangan Anda.

Otomatisasi data

CRM yang tepat membebaskan Anda dari kesibukan entri data secara manual menghemat waktu Anda lebih banyak. Sehingga, Anda dapat mengembangkan pelanggan dan menjual lebih cepat. Menurut survei, 82% perusahaan menggunakan sistem CRM untuk otomatisasi penjualan. Pilih CRM yang menyediakan otomatisasi untuk semua pekerjaan manual Anda dan meningkatkan produktivitas tim Anda.

Pertahankan tingkat keterlibatan yang tinggi dengan klien secara teratur

Manajemen hubungan adalah dasar dari bisnis yang sukses. Jadi, pilih CRM yang memungkinkan Anda terlibat dengan pelanggan Anda secara lebih efektif dan membantu Anda dengan personalisasi tindak lanjut dan interaksi lainnya.

Kembangkan prospek Anda dan dapatkan lebih banyak penawaran

Memelihara pelanggan Anda saat mereka masih berada di tingkat prospek (calon pembeli) adalah tugas berat untuk bisnis keuangan apa pun. Anda perlu memberikan sesuatu kepada prospek Anda yang tidak dapat dilakukan perusahaan lain selain perusahaan Anda. Memilih CRM yang baik untuk diri tim Anda sendiri dapat menjadi langkah pertama menuju pemeliharaan prospek  yang lebih baik dan membawanya ke tingkat berikutnya.

Hasilkan lebih banyak prospek dan skalakan bisnis Anda

Saat Anda sibuk menyimpan data di spreadsheet, orang lain mengincar prospek Anda dan siap merebutnya. Dapatkan bantuan CRM yang memungkinkan Anda menghasilkan prospek dan melacaknya sementara software menangani pekerjaan yang tidak perlu.

Penggunaan dan penyesuaian yang mudah

Memilih CRM yang mudah adalah aspek terpenting dari CRM. CRM Anda mungkin mudah digunakan, tetapi bagaimana jika Anda tidak dapat menyesuaikan pekerjaan Anda dengan baik? Pilih CRM yang memberi Anda opsi penyesuaian sehingga Anda dapat menjadikannya milik Anda dan memaksimalkannya.

Penyimpanan data yang aman

CRM yang baik adalah CRM yang aman digunakan dan mengamankan semua data penting Anda. Pilih salah satu yang disertifikasi dengan langkah-langkah keamanan terbaik sehingga Anda dapat melakukan penjualan tanpa harus khawatir tentang keamanan data Anda.

 

In this article

Join the Conversation

three × 1 =