Pelajari Apa itu Customer Relationship Management Secara Lengkap

Dalam bisnis, hubungan pelanggan merupakan hal sangat penting dan harus dijaga. Karena itu hampir kegiatan bisnis yang terjadi dalam perusahaan pasti berujung untuk pelanggan. Mulai dari bagaimana cara agar pelanggan tertarik dan membeli produk Anda, cara agar pelanggan tetap betah dan terus menggunakan produk Anda, sampai bagaimana pelanggan merekomendasikan produk Anda pada orang lain.

Hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang wajib untuk dipelihara agar hubungan antara pelanggan dan perusahaan dapat terus berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan untuk kedua belah pihak.

Untuk itu, Anda harus membaca artikel ini sampai habis karena dalam artikel ini Anda akan belajar tentang CRM. Mulai dari pengertiannya, tujuan, komponen, manfaat dan banyak lagi yang bisa Anda ketahui agar dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan Anda.
Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Apa itu CRM?

CRM (Customer Relationship Management) adalah pendekatan bisnis yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan hubungan pelanggan mereka dengan cara mengelola interaksi dengan pelanggannya, termasuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang pelanggan dan interaksi mereka dengan perusahaan.

Tujuan utama dari CRM adalah untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggannya dan meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Untuk menjalankan CRM dalam sebuah perusahaan, Anda membutuhkan sebuah sistem untuk mendukung lancarnya kegiatan kegiatan manajemen hubungan pelanggan ini yang disebut dengan sistem CRM.

Apa itu Sistem CRM?

Sistem CRM adalah sekumpulan teknologi, proses, dan strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan hubungan pelanggan mereka menjadi menjadi pelanggan loyalitas dan mendapatkan pelanggan baru dengan lebih cepat.

Sistem CRM dapat mencakup software CRM yang digunakan untuk mengelola dan mengakses informasi tentang pelanggan, serta proses bisnis yang mengatur cara perusahaan berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggannya.

Sistem CRM adalah sebuah sistem yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengontrol atau mengendalikan aktivitas-aktivitas pra-penjualan dan pasca-penjualan yang terjadi dalam perusahaan.

CRM juga dapat mencakup strategi pemasaran dan penjualan yang dirancang untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Secara keseluruhan, sistem CRM bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan meningkatkan hubungan dengan pelanggannya, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Dengan menggunakan sistem CRM pada perusahaan, akan membantu dan mempermudah staff manajemen perusahaan dalam memantau aktivitas penjualan mulai dari leads masuk sampai dengan terjadinya deals.

Apa Tujuan Dari CRM?

Tujuan utama dari CRM adalah untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan meningkatkan hubungan dengan pelanggannya, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

CRM menggunakan teknologi, proses, dan strategi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis informasi tentang pelanggan dan interaksi mereka dengan perusahaan.

Dengan menggunakan CRM, perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan pendapatan, mengurangi kehilangan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Tujuan dari adanya CRM adalah untuk memperoleh hubungan baik dengan pelanggan, yaitu dengan cara mengetahui sebanyak mungkin informasi tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan agar perusahaan dapat memperbaiki sistem operasional dan meningkatkan pelayanan mereka.

Dengan begitu perusahaan dapat merencanakan strategi marketing yang lebih baik di masa depan berdasarkan data dan informasi yang mereka kumpulkan dengan sistem CRM.

Karena kunci sukses dari sebuah bisnis adalah tentang seberapa jauh kita memahami pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka.

Untuk itulah tujuan dari CRM digunakan agar mempermudah perusahaan dalam memahami pelanggan, memberikan pelayanan terbaik kepada mereka dan meningkatkan pendapatan perusahaan.
Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Apa Saja Komponen Utama Dari CRM?

Adapun CRM memiliki 3 komponen utama yang penting di dalamnya, yaitu:

1. Manajemen (Management)

Komponen dari CRM yang pertama adalah manajemen. Dalam hal ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan interaksi dengan pelanggan, seperti agent Call Center, tim Sales, tim Marketing dan lain sebagainya.

Dan juga tentang bagaimana strategi mereka dalam menjalankan management hubungan pelanggan yang baik dan tepat.

2. Hubungan (Relationship)

Komponen dari CRM yang berikutnya adalah hubungan. Yaitu adalah tentang bagaimana untuk memberikan pelayanan terbaik untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggan dan bagaimana untuk memberikan solusi terbaik untuk setiap permasalahan dan kebutuhan pelanggan.

3. Pelanggan (Customer)

Komponen dari CRM yang terakhir adalah pelanggan. Pelanggan adalah pusat dari alasan mengapa CRM ada dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Pelanggan disini meliputi calon pelanggan maupun pelanggan yang sudah ada. Tentang bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru dan tetap mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Apa Fungsi CRM Bagi Perusahaan?

Secara umum, fungsi CRM bagi perusahaan adalah untuk membantu dan mempermudah manajemen perusahaan dalam memantau aktivitas penjualan dan mendapatkan informasi secara menyeluruh tentang perilaku pelanggan.

Hal ini agar perusahaan dapat memperbaiki sistem operasional dan pelayanan mereka untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaan.

Apa Saja Tugas CRM Dalam Perusahaan?

Tugas utama dari CRM adalah untuk membantu bisnis atau perusahaan agar mendapatkan informasi secara menyeluruh tentang perilaku pelanggan.

Dari informasi tersebut, dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kegiatan operasional bisnis Anda. Dengan begitu, bisnis akan semakin maju dan berkembang.

Tugas CRM dalam perusahaan bervariasi tergantung pada ukuran perusahaan dan struktur organisasinya, tetapi umumnya meliputi:

1. Menyimpan dan Mengelola Data Pelanggan

CRM menyimpan informasi tentang pelanggan, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan sejarah belanja.

2. Mengelola Komunikasi Pelanggan

CRM membantu perusahaan mengelola dan mengatur komunikasi dengan pelanggan melalui berbagai saluran, seperti email, telepon, dan media sosial.

3. Menganalisis Data Pelanggan

CRM membantu perusahaan menganalisis data pelanggan untuk mencari tahu lebih banyak tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta untuk menentukan tren belanja.

4. Mengelola Program Loyalitas

CRM dapat digunakan untuk mengelola program loyalitas pelanggan, seperti memberikan hadiah atau diskon kepada pelanggan setia.

5. Menyediakan Layanan Pelanggan Yang Lebih Baik

CRM membantu perusahaan menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik dengan memberikan akses ke informasi yang diperlukan oleh staf layanan pelanggan untuk membantu pelanggan dengan pertanyaan atau masalah yang mungkin mereka miliki.

Apa Saja Manfaat CRM Bagi Perusahaan?

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dari penggunaan CRM, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

CRM membantu perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik dan menciptakan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

CRM membantu perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan dengan meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga komunikasi dan interaksi yang baik dengan pelanggan.

3. Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

CRM membantu perusahaan dalam meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan jumlah pembelian yang dilakukan oleh pelanggan, meningkatkan harga produk atau jasa yang dijual, serta meningkatkan jumlah pelanggan yang membeli produk atau jasa dari perusahaan.

4. Mengurangi Kehilangan Pelanggan

CRM membantu perusahaan dalam mengurangi jumlah pelanggan yang meninggalkan perusahaan dengan mengidentifikasi dan menangani masalah yang mungkin menyebabkan pelanggan merasa tidak puas.

5. Meningkatkan Efisiensi Bisnis

CRM membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi bisnis dengan membantu perusahaan dalam mengelola dan mengatur interaksi dengan pelanggan secara efektif.

6. Meningkatkan Pemahaman Tentang Pelanggan

CRM membantu perusahaan dalam meningkatkan pemahaman tentang pelanggan dan preferensi mereka dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang pelanggan dan interaksi mereka dengan perusahaan.

7. Memudahkan Penjualan

CRM membantu perusahaan dalam memudahkan proses penjualan dengan menyediakan informasi tentang pelanggan dan interaksi mereka dengan perusahaan, serta dengan membantu perusahaan dalam mengelola dan mengatur interaksi dengan pelanggan.
Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Apa Saja Contoh CRM Dalam Perusahaan?

Berikut adalah contoh-contoh CRM dalam bisnis yang dapat dilakukan oleh perusahaan:

  1. Menyediakan sistem chat online untuk memudahkan pelanggan berkomunikasi dengan customer service seperti menggunakan sistem Omnichannel Chat yang dapat menghubungkan semua saluran komunikasi ke dalam satu sistem.
  2. Menyediakan sistem loyalty program untuk memberikan reward kepada pelanggan setia.
  3. Menyediakan sistem tracking pengiriman produk untuk memudahkan pelanggan mengetahui status pengiriman produk mereka.
  4. Menyediakan sistem survei kepuasan pelanggan untuk mengetahui apa yang harus ditingkatkan dalam bisnis tersebut seperti dengan cara memberikan form survey kepuasan pelanggan atau lainnya.
  5. Menyediakan sistem pemantauan aktivitas pelanggan di website dan social media untuk mengetahui preferensi dan kebiasaan mereka.
  6. Menyediakan sistem pengelolaan data pelanggan, termasuk informasi kontak, transaksi, dan interaksi dengan perusahaan seperti menggunakan customer database management software.
  7. Menyediakan sistem pemantauan dan penanganan keluhan pelanggan.
  8. Menyediakan sistem pengelolaan lead untuk mengidentifikasi dan mengkonversi peluang bisnis baru seperti menggunakan leads management system.
  9. Menyediakan sistem pemantauan dan analisis data pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan.
  10. Menyediakan sistem perencanaan dan pelaksanaan strategi pemasaran tertarget untuk meningkatkan brand awareness dan loyalty pelanggan.

Apa Saja Proses Dalam CRM?

Proses-proses dalam CRM adalah sebagai berikut:

1. Pemasaran

Proses pemasaran dalam CRM bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Proses ini dapat mencakup penggunaan iklan, promosi, dan event-event khusus.

2. Penjualan

Proses penjualan dalam CRM bertujuan untuk meningkatkan jumlah pembelian yang dilakukan oleh pelanggan dan meningkatkan harga produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan. Proses ini dapat mencakup pengelolaan leads, menjalankan presentasi produk, dan menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

3. Pelayanan Pelanggan

Proses pelayanan pelanggan dalam CRM bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Proses ini dapat mencakup pengelolaan tiket layanan pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan, dan menangani keluhan pelanggan.

4. Retensi Pelanggan

Proses retensi pelanggan dalam CRM bertujuan untuk mengurangi kehilangan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Proses ini dapat mencakup pemantauan tingkat kepuasan pelanggan, mengidentifikasi pelanggan yang berpotensi keluar, dan menawarkan solusi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

5. Analisis Data

Proses analisis data dalam CRM bertujuan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis informasi tentang pelanggan dan interaksi mereka dengan perusahaan. Proses ini dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi tren dan pola dalam perilaku pelanggan, serta dalam membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

Apa Saja Tahapan Dari CRM?

Tahapan-tahapan dari CRM adalah sebagai berikut:

1. Penentuan Tujuan

Tahap pertama dari CRM adalah penentuan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, seperti meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan pendapatan, mengurangi kehilangan pelanggan, atau meningkatkan efisiensi bisnis.

2. Pengumpulan Informasi Pelanggan

Tahap kedua adalah pengumpulan informasi tentang pelanggan dan interaksi mereka dengan perusahaan, seperti informasi tentang pembelian, preferensi, dan komunikasi.

Informasi ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti sistem penjualan, formulir kuesioner, dan survey pelanggan. Anda dapat menyimpannya sebagai database pelanggan pada sistem CRM.

3. Analisis Informasi Pelanggan

Tahap ketiga adalah analisis informasi tentang pelanggan dan interaksi mereka dengan perusahaan. Analisis ini dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi tren dan pola dalam perilaku pelanggan, sehingga dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

4. Penerapan Strategi CRM

Tahapan keempat dari crm yaitu adalah penerapan strategi CRM yang sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Strategi ini dapat mencakup penggunaan promosi dan diskon, serta pengembangan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

5. Pengukuran dan Evaluasi

Tahap kelima adalah pengukuran dan evaluasi hasil dari implementasi CRM. Perusahaan dapat mengukur keberhasilan CRM dengan mengumpulkan dan menganalisis data tentang kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, pendapatan, dan kehilangan pelanggan.

Hasil dari evaluasi ini nantinya akan digunakan untuk mengukur keberhasilan implementasi CRM dan untuk meningkatkan strategi CRM di masa yang akan datang.

Dapatkan CRM Terbaik Untuk Bisnis Anda Sekarang!

Barantum Software dan Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia
Agar strategi CRM perusahaan Anda agar dapat berjalan lancar, tentunya Anda membutuhkan software CRM yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jadi pastikan Anda mendapatkan software CRM terbaik untuk perusahaan Anda.

Barantum CRM akan membantu bisnis Anda berkembang dengan memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda mulai dari CRM Sales untuk manajemen penjualan perusahaan, CRM Call Center untuk layanan Contact Center, Customer Support atau Customer Service, serta untuk telesales atau telemarketing dan banyak lagi.

Barantum menyediakan All in One CRM Solution untuk segala jenis bisnis, mulai dari bisnis kecil, UMKM, bisnis menengah hingga enterprise.

Jadi, tunggu apalagi? Isi formulir dibawah untuk bisa menikmati masa percobaan GRATIS selama 7 HARI. Ayo, daftar sekarang!

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!



Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

5 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments