Bagi para pebisnis yang terbiasa menggunakan CRM ( customer relationship management), mungkin istilah Lead sudah tidak asing lagi. Namun apakah juga begitu familiar dengan istilah MQL ( Marketing  Qualified Leads) and SQL ( Sales Qualified Leads ). Kedua point inilah yang sebenarnya yang menjadi kunci hingga lead yang ada mampu secara optimal meningkatkan omzet bagi perusahaan.

 Bicara soal CRM, memang saat ini dalam Era Industri 4.0, dimana era teknologi digital menjadi salah satu kondisi yang mesti di hadapi oleh semua pelaku bisnis. Bisa dikatakan masalah strategi marketing menjadi salah satu point penting untuk menunjang keberhasilan team sales dan marketing dalam meningkatkan omzet perusahaan.

Aplikasi CRM Omnichannel Integrasi WhatsApp Business API
Aplikasi CRM Omnichannel Integrasi WhatsApp Business API

Wajar jika pada akhirnya perusahaan mencoba menerapkan beragam strategi guna  tercapainya satu tujuan yaitu peningkatan omzet perusahaan secara berkelanjutan.  Itulah kenapa, demi tercapainya tujuan tersebut banyak hal yang coba diterapkan oleh perusahaan salah satunya dengan mengaplikasikan sistem CRM.

Kenapa CRM, ada beberapa hal yang membuat aplikasi ini saat ini menjadi sebuah alternatif solusi terbaik dalam ranah marketing . (1) CRM sebagai sebuah tools marketing, namun di dalamnya telah mengintegrasikan beberapa fungsi yang membuat beberapa divisi dalam sebuah perusahaan bisa terkoneksi dengan baik seperti : divisi marketing, divisi finance dan divisi administrasi. (2) CRM menjadi tepat karena sistem ini mampu mengoptimalkan keberadaan database customer . Sehingga perusahaan mampu melipatgandakan omzet perusahaan dari beberapa sumber.

Begitu pentingnya aplikasi CRM jika di terapkan dengan benar, membuat skala bisnis perusahaan dari mulai kecil, menengah hingga besar telah menggunakan aplikasi CRM untuk menunjang kinerja perusahaan yang bersangkutan.

Namun sayang, menariknya CRM sebagai sebuah strategi bisnis terkadang kurang di maksimalkan oleh user ( mereka yang menggunakan CRM). Sehingga CRM hanya di jadikan sebagai sarana untuk memenuhi prosedur pekerjaan.   Padahal jika user itu bisa lebih kreatif , maka mereka akan bisa mendapatkan lebih banyak Lead yang akan mereka prospek untuk mendapatkan closing dari produk yang mereka pasarkan.

Dari beberapa pendapat tentang Lead,  kita bisa melihat bahwa Lead dalam sebuah aplikasi CRM memang bisa dikatakan sebagai ujung tombak dari kesuksesan sebuah aplikasi  tersebut. Dimana pendapat Marketo : Lead adalah seorang prospek terkualifikasi atau memenuhi syarat yang bisa menggambarkan perilaku customer.  Sedangkan menurut Craig Rosenberg : Lead  itu sendiri memiliki 2 elemen yang terkait secara langsung didalamnya yaitu Demografi dan Psikologis. Sehingga dari beberapa penjelasan diatas  itulah, yang pada akhirnya menjadikan CRM sebuah strategi jitu  bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan omzet penjualan.

 

Barantum, aplikasi CRM yang mampu mengoptimalkan fungsi dari MQL & SQL.

Baca juga artikel berikut : WHATSAPP CRM, STRATEGI CERDAS PENGELOLA BISNIS UNTUK MENINGKATKAN OMZET PERUSAHAAN

Bicara soal CRM  maka kita bicara soal Barantum, sebuah perusahaan yang concern dalam memberikan pilihan aplikasi CRM secara custom.  Kenapa mesti custom, mungkin pertanyaan itu sering menjadi pertanyaan calon klien ( customer). Jawabannya adalah karena bisnis itu adalah custom, artinya tidak ada satu jenis bisnispun yang sama karakteristiknya. Sekalipun dalam satu jenis industri namun tetap saja konsep flow yang di jalankan oleh perusahaan yang bersangkutan akan berbeda. Itulah yang mendasari kenapa pada akhirnya CRM yang saat ini banyak di minati adalah yang konsepnya custom.

Adalah Marketing Qualified Lead (MQL) : suatu lead yang dinilai lebih cenderung menjadi pelanggan dibandingkan dengan lead lain berdasarkan pada intelijen lead, sering kali diinformasikan oleh analytics loop tertutup. Sementara Sales Qualified Leads (SQLs) : Calon pelanggan yang telah diteliti dan diperiksa – pertama oleh departemen pemasaran organisasi dan kemudian oleh tim penjualannya – dan dianggap siap untuk tahap selanjutnya dalam proses penjualan. )

Intinya jika seorang sales mampu mengkatagorikan lead yang masuk dalam 2 katagori lead diatas, maka followup yang akan di jalankannya menjadi mudah.  Nah guna mendukung tercapainya optimalisasi dari Lead yang di peroleh sales itulah, maka saat ini Barantum telah mengembangkan beberapa  Fitur untuk mendukung keberadaan sebuah Lead.

Terdapat 9 jenis fitur yang akan mendukung keberadaan Lead agar bisa menjadi sebuah potensi customer secara cepat. Dimana ke-9 fitur itu sendiri jelas memiliki fungsinya masing-masing :

  • (1). Convert Leads : yaitu jika calon customer yang bersangkutan setuju dengan item yang kita tawarkan maka sales harus convert data yang ada di leads kedalam kontak, tim sales juga bisa langsung buat deals/kesepakatan pada saat convert yang berhubungan dengan leads tersebut.
  • (2). Check in : yaitu untuk melakukan meeting dengan calon pelanggan secara langsung untuk menjelaskan item yang dijual atau pun demo produk secara langsung kepada calon customer. – Fitur ini dicipatakan untuk langsung check in di tempat jika tim sales sudah sampai pada lokasi calon customer. – Fitur ini sangat cocok digunakan oleh tim sales dan manager guna untuk memantau tim sales mereka.
  • Duplicate : yaitu untuk menduplikasi data leads agar tim sales yang bekerja tidak perlu melakukan input lebih dari satu kali untuk data yang sama.- Fitur ini diciptakan agar data yang sama tidak perlu diinput ulang. – Fitur ini sangat cocok digunakan oleh semua department.
  • Merge : menggabungkan 2 atau 3 leads menjadi 1, yang data-nya bisa dipilih antara 3 tersebut untuk dipilih yang mana mau dijadikan leads utamanya. – Fitur ini diciptakan untuk mempermudah penggabungan data calon customer yang memiliki kemiripan data yang sama. –Fitur ini sangat cocok digunakan oleh semua department
  • Edit : untuk merubah data yang sudah diinput sebelumnya karena adanya kesalahan input atau pun data dari calon customer tersebut berubah.- Fitur ini diciptakan untuk merubah data
  • Quick create activities : pada fitur ini, tim sales dapat membuat activitas yang akan bersangkutan dengan calon customer tersebut, contoh seperti membuat activitas calls yang nantinya akan menjadi jadwal calls dari tim sales kecalon customer tersebut. – Fitur ini diciptakan untuk mempermudah pekerjaan user jika ingin melakukan input activities secara langsung yang berkaitan dengan leads tersebut.
  • Search data : untukmempermudah user untukmencari data pelanggan
  • Export : mendownloadsemua listing yang adakedalambentuk excel
  • Import : import data yang sudahdiinputkedalam excel berdasarkan format yang sudahdisediakankedalam Barantum CRM

 

 

 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".