Ketahui Kategori Template Blast WA Terbaru April 2023

WhatsApp Blast adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan massal kepada pelanggan atau kontak melalui aplikasi WhatsApp. Fitur ini sangat bermanfaat bagi perusahaan atau bisnis dalam mengelola komunikasi dengan pelanggan. Mulai 1 April 2023, WhatsApp mengumumkan penambahan kategori baru dalam template blast yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengkategorikan jenis pesan yang dikirimkan. Kategori-kategori baru ini mencakup authentication, marketing, dan utility.

Terkait hal tersebut, Meta akan secara otomatis memperbarui kategori dari template pesan yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam 3 kategori terbaru sebelum 15 Mei 2023.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai kategori template blast WhatsApp ini, kami telah merangkumnya untuk Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail masing-masing kategori dalam template blast WhatsApp dan contoh penggunaan yang tepat.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Mari simak lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana kategori-kategori baru ini dapat membantu Anda dalam mengirimkan pesan WhatsApp yang lebih efektif dan bermanfaat bagi pelanggan.

Apa Itu Template Blast WhatsApp?

Template blast WhatsApp adalah metode untuk mengirim pesan secara massal ke kontak WhatsApp melalui penggunaan template pesan yang telah disetujui oleh WhatsApp. Template pesan ini memiliki struktur yang telah ditentukan oleh WhatsApp. Sehingga pengguna hanya perlu mengisi informasi yang diperlukan untuk mengirim pesan seperti judul, gambar, dan teks. Selain itu, Anda juga dapat menentukan parameter dinamis yang akan digantikan dengan informasi pribadi kontak seperti nama atau nomor pesanan.

Oleh sebab itu, template blast WhatsApp ini sangat berguna untuk keperluan pemasaran, promosi, dan komunikasi bisnis secara massal dengan pelanggan. Selain itu, WhatsApp juga membatasi penggunaan template ini agar sesuai dengan kebijakan privasi dan persetujuan pengguna.

Apa Saja Kategori Template Blast WhatsApp Sebelumnya?

Kategori template blast WhatsApp lama terdiri dari dua jenis kategori, yaitu Business Initiated dan Customer Initiated.

  1. Business Initiated: Pertama, template yang dikirim oleh bisnis ke pelanggan. Template ini dapat berisi informasi bisnis seperti penawaran produk, promosi, atau pengumuman bisnis.
  2. Customer Initiated: Kedua, template yang dikirim oleh pelanggan ke bisnis. Template ini berisi pertanyaan atau permintaan dari pelanggan terkait produk atau layanan bisnis. Contohnya, pesan yang dikirim oleh pelanggan untuk meminta informasi tentang produk atau mengajukan keluhan.

Namun, saat ini kategori template blast WhatsApp telah diperbarui dengan kategori yang baru, yaitu authentication, marketing, dan utility. Kategori yang baru ini memiliki struktur yang lebih jelas dan jauh lebih sesuai dengan kebijakan privasi WhatsApp.

Sehingga Anda harus memastikan bahwa template yang digunakan sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan oleh WhatsApp untuk menghindari sanksi atau pembatasan penggunaan fitur template blast. Selain itu, kategori yang tepat akan membuat kemungkinan template blast disetujui lebih tinggi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja perbedaan dari ketiga kategori yang baru ini.

Apa Kategori Template Blast WhatsApp Terbaru?

kategori template blast wa terbaru

Seperti yang telah Anda ketahui, template blast WhatsApp terbaru terdiri dari tiga kategori, yaitu authentication, marketing, dan utility.

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai ketiga kategori tersebut:

1. Authentication

kategori template blast authentification

Kategori authentication digunakan untuk mengirim pesan yang berhubungan dengan keamanan akun dan autentikasi pengguna. Template dalam kategori ini digunakan untuk memberikan kode verifikasi, tautan untuk mengubah kata sandi, atau konfirmasi identitas pengguna.

Contoh penggunaan template pesan dalam kategori ini adalah ketika pengguna baru mendaftar akun pada aplikasi suatu perusahaan. Kemudian, perusahaan tersebut akan mengirimkan kode verifikasi melalui pesan WhatsApp untuk memastikan bahwa pengguna yang terdaftar adalah benar-benar pemilik nomor telepon yang digunakan. Selain itu, template pesan dalam kategori Authentication juga dapat digunakan untuk memberikan tautan untuk mengubah kata sandi atau konfirmasi identitas pengguna ketika pengguna ingin mengakses akunnya.

Dalam penggunaannya, template pesan dalam kategori authentication harus mematuhi ketentuan kebijakan privasi WhatsApp dan menghindari penggunaan yang tidak sah seperti penipuan atau spamming. WhatsApp juga memiliki mekanisme peninjauan dan evaluasi template pesan untuk memastikan bahwa template pesan yang digunakan oleh pengguna sesuai dengan kategori authentication dan tidak melanggar kebijakan privasi WhatsApp.

2. Marketing

kategori template blast marketing

Kategori marketing dalam fitur WhatsApp Blast digunakan untuk mengirim pesan promosi dan pemasaran yang berkaitan dengan produk atau layanan perusahaan. Template dalam kategori ini biasanya digunakan untuk memberikan informasi tentang produk baru, diskon, atau penawaran khusus untuk pelanggan.

Contoh penggunaan template pesan dalam kategori marketing adalah ketika perusahaan ingin memperkenalkan produk baru atau memberikan informasi tentang diskon atau penawaran khusus kepada pelanggannya. Kemudian, perusahaan dapat mengirimkan pesan WhatsApp yang menarik perhatian pelanggan dan memicu minat mereka untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan.

Dalam penggunaannya, perusahaan harus memperhatikan frekuensi pengiriman pesan dan menghindari pengiriman pesan yang terlalu sering atau tidak relevan bagi pelanggan. Sehingga pesan tidak dianggap spam oleh penerima.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3. Utility

kategori template blast utility

Kategori utility dalam fitur WhatsApp Blast digunakan untuk mengirim pesan-pesan yang bersifat informatif atau utilitas. Misalnya, memberikan informasi tentang layanan pelanggan, update informasi produk, atau konfirmasi pesanan.

Contoh penggunaan template pesan dalam kategori utility adalah ketika sebuah hotel mengirimkan pesan WhatsApp kepada tamunya yang telah memesan kamar. Sehingga perusahaan memberikan informasi terkait dengan reservasi, nomor kamar, informasi layanan dan fasilitas yang tersedia. Selain itu, juga memberi informasi terkait check-in dan check-out. Oleh sebab itu, perusahaan dapat menggunakan template pesan WhatsApp dalam kategori utility untuk memberikan informasi yang penting bagi pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

Perlu diketahui bahwa dalam penggunaannya, setiap template pesan WhatsApp Blast harus dipilih sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan oleh WhatsApp. Sehingga ini akan memudahkan WhatsApp untuk mengevaluasi template pesan dan memastikan bahwa penggunaan template tersebut tidak melanggar kebijakan privasi atau ketentuan yang berlaku.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".