Sistem Pengelolaan Database Pelanggan Terbaik

Sebagai perusahaan yang telah berdiri 31 tahun, tepatnya pada 1992 lalu, PT ETOS INDONUSA dengan merek ETOS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengendalian hama. Pada awalnya, ETOS hanya menyediakan layanan pengendalian tikus. Namun, keberhasilan ETOS dalam pengendalian tikus membuat perusahaan lebih melebarkan layanannya dengan membuat layanan pengendalian serangga, rayap, fumigasi, disinfektan, dan hama musiman. Di mana ETOS melayani semua segmen, mulai dari rumah tinggal, hotel, pabrik, gedung perkantoran, rumah sakit, sekolah, dan lainnya.

Semakin berkembangnya dan dikenalnya ETOS di masyarakat luas, serta berdirinya cabang di seluruh Indonesia, membuat perusahaan ini membutuhkan sistem yang mampu mengelola database customer. Di mana database customer tersebut mampu dicatat ke dalam sistem terpusat. Sehingga tidak sulit untuk mencari data informasi pelanggan di tiap cabangnya.

Dari kebutuhan tersebut, ETOS akhirnya memilih menggunakan sistem Barantum karena dirasa mampu untuk menjadi solusi kendala mereka. Radhy Alfitra, Head of Business Development PT ETOS INDONUSA, yang telah berkerja di ETOS selama 12 tahun, mengatakan bahwa sebelumnya ETOS belum menggunakan sistem untuk mengelola database customer mereka. 

“Sebelum menggunakan sistem Barantum, kami belum menggunakan sistem pengelolaan database khusus untuk customer. Jadi, kami memiliki kebutuhan untuk mengelola database customer kami, baik untuk new customer ataupun customer retention. Sehingga kami memerlukan Barantum sebagai partner dalam hal mengelola database customer PT ETOS INDONUSA,” ucap Radhy.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Kelola Database Customer Dalam Satu Sistem Terpusat

Lebih lanjut, Radhy mengungkapkan, kendala yang dihadapi selama ETOS berkembang, yaitu bertambah banyaknya pelanggan sehingga memerlukan pengelolaan database customer dan pengelolaan handling complaint. “Pengelolaan customer experience atau satisfaction itulah yang kemudian kami merasa perlu untuk ber-partner dengan Barantum sebagai mitra dalam hal pengelolaan database customer,” ujarnya.

Sejak penggunaan sistem Barantum selama dua tahun, Radhy berpendapat bahwa bekerja sama dengan Barantum sangat koperatif. Sehingga ETOS terbantu dengan adanya Barantum sebagai partner mereka. Selain itu, sistemnya yang user friendly membuat sistem Barantum mudah digunakan oleh segala usia.

“Aplikasi Barantum sangat user-friendly, usia rata-rata yang menggunakan aplikasi Barantum itu 20 tahun sampai dengan 35 tahun dan pendidikan itu dari level sarjana,” ungkap Radhy Alfitra.

Sistem Barantum, Tingkatkan Produktivitas dan Layanan ETOS

Selama menggunakan sistem Barantum, tim ETOS merasa terbantu dalam menjalankan operasional bisnisnya. Sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi tim.

“Tim kami saat ini sudah sangat terbantu selama bekerja sama dengan Barantum. Sehingga produktivitas dari kami meningkat. Kemudian, efektivitas dan efisiensi dari tim kami pun juga terjaga dengan baik. Karena pekerjaan yang tadinya konvensional sudah kami transformasikan ke digital dan kemudian dikolaborasikan dengan Barantum,” ucap Radhy.

Pada penggunaan fitur, yang saat ini ETOS gunakan, yaitu fitur greeting message. Di mana bisa mengirimkan pesan secara otomatis pada pelanggan mereka. Selain itu, ETOS juga menggunakan fitur Broadcast WhatsApp untuk mengirimkan informasi atau promosi ke seluruh pelanggan ETOS. Beberapa fitur tersebutlah yang membantu tim ETOS dalam menjalankan aktivitas pekerjaannya.

Ditambah, kini di Barantum saat ingin melakukan Broadcast WhatsApp, bisa dijadwalkan jam pengirimannya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Sehingga mengurangi risiko lupa untuk melakukan Broadcast ke pelanggan.

“Kami puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Barantum. Ketika terjadi kendala tim dari Barantum cepat untuk menangani permasalahan atau kendala dari kami,” ujar Radhy.

Bagi Anda yang mengalami kendala dalam mengelola data pelanggan. kami sarankan untuk mencoba menggunakan sistem Barantum untuk menjadi solusi kendala Anda. Selain itu, sistem ini mampu mengikuti perkembangan bisnis Anda. Salah satunya dengan kemudahannya untuk mengkustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Dapatkan Sekarang!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".