Kelola Customer Bisnis Anda Lebih Baik Dengan Aplikasi CRM

kelola customer

Kelola Customer Bisnis Anda Lebih Baik Dengan Aplikasi CRM

Satu hal menarik jika kita bicara soal bisnis properti, biasanya orang tahu istilah Club House. Biasanya berada di kompleks perumahan elit atau menengah atas. Bukan soal kompleks perumahannya yang akan saya bahas. Tetapi bagaimana   manajemen yang ada di Clubhouse bisa menjamu membernya dengan cukup baik. Ibarat kata member sebuah club house adalah seperti raja. Sehingga ketika mereka hadir benar-benar di layani dengan cukup baik. Karena mereka tahu hidup matinya club house itu salah satunya ada juga di kepuasan member.


Itulah ibarat  kata jika kita mencoba menyamakan bagaimana sebuah CRM ( Customer Relationship Management) bekerja. Keberadaan CRM bagi perusahaan, ibarat Manajemen Club House mengelola membernya. CRM bisa menjadi media service yang bagus bagi semua  klien dan mitra bisnis yang  menjadi mitra kerja dari perusahaan yang bersangkutan. Sehingga perusahaan tidak akan takut akan klien atau mitra bisnisnya  mengalami service atau perlakuan  yang kurang maksimal, karena CRM bisa menghandel  aktivitas service yang di berikan kepada pelanggan/customernya.

CRM KUNCI UTAMA UNTUK MENINGKATKAN STATUS CUSTOMER MENJADI LEBIH LOYAL

Di Era  Industri 4.0, bisa di katakan teknologi  menjadi salah satu strategi yang paling menarik untuk di terapkan dalam sebuah bisnis. Dimana dengan kecanggihan dan keunggulan teknologi yang ada maka teknologi menjadi salah satu kunci  dalam menyukseskan peningkatan kinerja perusahaan.

Baca juga artikel berikut : WHATSAPP CRM, STRATEGI CERDAS PENGELOLA BISNIS UNTUK MENINGKATKAN OMZET PERUSAHAAN

Terkait dengan optimalisasi pengelolaan club house, maka salah satu aplikasi teknologi yang sangat membantu adalah seperti aplikasi bisnis CRM. Biasa di sebut sebagai Customer Relationship Management ( CRM ). Aplikasi ini secara fungsi memang mampu menjadikan status customer menjadi loyal customer.  Kondisi itu bisa di ciptakan karena CRM memiliki keunggulan seperti :

  1. CRM dapat dengan mudah menyimpan semua data terkait customer / member clubhouse.
  2. CRM tidak saja menyimpan sekedar data customer, tetapi karakter, perilaku dan semua hal yang berhubungan dengan customer mampu di simpan dengan  Hal ini penting agar pengelola bisa memberikan “ perlakukan khusus untuk member di clubhouse yang bersangkutan”.

Contoh sederhananya adalah : misalnya ada seorang member clubhouse pada hari itu sedang berulang tahun. Kemudian pada saat ybs ( yang bersangkutan ) check In di clubhouse tersebut, maka resepsionis atau customer service team memberikan bingkisan begitu ybs  masuk dalam clubhouse. Sekalipun kecil, namun perlakukan khusus tersebut akan sangat berharga bagi member yang bersangkutan. Sehingga hal itu akan meningkatkan penghargaan dari ybs kepada club house tersebut. Dampak  panjangnya adalah ketika  petugas clubhouse minta sesuatu kepada ybs seperti perpanjangan member atau meminta  referensi untuk kenalannya, maka sudah pasti ybs akan dengan senang hati melayaninya.

Inilah satu contoh disamping  beberapa contoh lain  yang bisa di lakukan oleh pengelola clubhouse dengan menggunakan aplikasi CRM. Seperti misalnya : memberikan bingkisan khusus karena di ketahui pada  tanggal tersebut member merayakan HUT Pernikahannya. Atau karena member tersebut seorang pelaku bisnis, maka setiap senin pagi pengelola mengirimkan newsletter atau surat kabar yang di butuhkannya. Kesemua hal itu hanya bisa di lakukan ketika pengelola mampu mengelola semua sumber data yang dimiliki member dengan menggunakan aplikasi CRM.

Pada akhirnya tujuan utama dengan penggunaan CRM adalah untuk meningkatkan responsible customer, kinerja penjualan, serta peingkatan brand image yang dimiliki dari perusahaan yang bersangkutan. Itulah pentingnya CRM  untuk bisnis di bidang clubhouse dan sejenisnya.

 

CRM  BARANTUM, SALAH SATU CRM YANG TAHU BAGAIMANA MEMPERLAKUKAN  CUSTOMER

 

Adalah   CRM  Barantum yang dengan keunggulan fitur-fiturnya saat ini aplikasinya telah di gunakan oleh sekitar 30-an jenis industri yang ada di  Indonesia.  Dengan pengguna aktif yang sudah berjumlah 2.000-an user, maka saat  ini CRM Barantum bisa menjadi solusi terbaik pengelola club house atau sejenisnya agar bisa memaksimalkan penanganan para member atau customernya.

Setidaknya ada 3 fitur utama yang ada pada CRM Barantum agar semua hal yang telah di  jelaskan di atas  bisa di jalankan dengan baik . (1) Fitur  Manajemen Pelanggan.  Fitur ini berfungsi secara maksimal untuk : Memprioritaskan komunikasi, memelihara hubungan dan mengoptimalkan hasil penjualan/ transaksi dengan customer/ member  terkait dengan upaya untuk penyusunan semua data pelanggan di satu tempat yang terorganisir. Manajemen kontak pelanggan dalam Aplikasi CRM Barantum akan membantu Anda memberikan perhatian penuh kepada pelanggan Anda. Jangan lewatkan satu pun hubungan yang ada dengan Pelanggan Anda.

(2) Fitur Manajemen Kesepakatan : konsep pemahaman yang detail terkait kesepakatan – kesepakatan diawal yang telah di komunikasikan antara sales clubhouse dengan customer / member  clubhouse.  Kesemua hal itu mesti di data dengan benar sehingga customer/ member akan merasa nyaman berada dalam clubhouse tersebut. Itulah yang membuat fitur manajemen kesepakatan itu bukan sekedar instrumen kesepakatan semata tetapi lebih kepada satu form yang akan memberikan gambaran  apa yang boleh dan tidak boleh dalam penanganan customer / member yang bersangkutan.

(3)  Dan  fitur terakhir  yang akan mampu memberikan kontribusi positif bagi penanganan clubhouse adalah  Manajemen Laporan. Fitur utama ini dapat mengoptimalkan cara kerja dari pengelola club house yang ada agar bisa lebih produktif. Karena dalam fitur ini terdapat beberapa form atau report yang memperlihatkan bagaimana membuat sebuah keputusan berdasarkan data. Mampu mengidentifikasi berbagai hambatan pada saluran penjualan dan singkirkan. Anda bisa mempercepat pelatihan karyawan dan melakukan pengukuran kinerja. Analisa penjualan yang dapat ditindak lanjuti. Semuanya dapat Anda lakukan dengan melihat laporan dalam Aplikasi CRM Barantum yang sangat mudah digunakan.

Itulah menariknya CRM dalam pengelolaan sebuah clubhouse.  Strategi terbaik dalam konsep pengelolaan yang benar terhadap obyek seperti clubhouse pada akhirnya bisa meningkatkan performa terbaik dari clubhouse yang bersangkutan. Sebuah konsep berfikir, bekerja dan mengatur strategi terbaik bagi peningkatan kinerja perusahaan dengan aplikasi CRM Barantum.

 

 

In this article

Join the Conversation

nineteen − four =