Mengefektifkan Big Data Untuk Keperluan Marketing Bisnis

Aplikasi CRM Untuk Keperluan Marketing Bisnis

Mengefektifkan Big Data Untuk Keperluan Marketing Bisnis

 

berikut, beberapa manfaat yang dapat membantu anda dalam mengefekifkan peran big data dalam bisnis marketing:

Membantu Anda mengenali siapa saja klien potensial

Informasi yang dikumpulkan oleh berbagai jaringan media sosial dapat menjadi sumber data besar yang menginformasikan detail mengenai calon customer, seperti perilaku dan apa saja yang menjadi minat mereka. Hal ini akan sangat bernilai dan membantu marketer untuk menargetkan customer potensial hanya dengan data besar saja. Selain itu, marketer dan salesperson juga dapat memperoleh informasi mengenai lokasi, usia, level pendidikan dan status pernikahan, info demografis yang tidak ternilai harganya untuk bisa membentuk kampanye promosi yang efektif. Salah satu contoh platform yang menyediakan jasa ini adalah Facebook, lewat Facebook Insight.

Memungkinkan brand untuk ditemukan

Produk maupun jasa Anda harus terus dikembangkan, dan penggunaan data besar atau big data dapat membantu hal ini. Marketers dapat melihat pola konsumer di mana produk mereka masih membutuhkan perbaikan demi sesuai dengan kebutuhan customer.

 Menyediakan apa yang dibutuhkan customer secara lebih akurat

Big data memungkinkan Anda memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan customer yang membuatnya sulit ditolak. Pada online retail sekelas Amazon.com, 35% penjualannya berasal dari rekomendasi produk yang ditayangkan oleh search engine, yang berasal dari pemanfaatan big data yang maksimal.

Untuk membantu para marketer membuat ads yang benar-benar menghasilkan keuntungan

Big data dan analisisnya diperlukan untuk meningkatkan penargetan customer agar lebih efektif. Dengan informasi yang disediakan big data, Anda dapat menggunakan media sosial dan search engine secara lebih efektif dengan mendesain kampanye dan iklan yang menarik dan pasti membuat banyak orang memperhatikan, memperluas sales. Platform yang dapat digunakan antara lain adalah Google Adwords dan Facebook Ads.

Adanya pengukuran akurat terhadap hasil kampanye

Data-data yang tersedia ini dapat juga mengukur kesuksesan dan performa keseluruhan sebuah iklan atau kampanye yang Anda jalankan di berbagai media sosial. Dengan hasil yang akurat, otomatis uang yang dikeluarkan juga bisa lebih diatur secara bijaksana dan efisien demi mencapai performa tertinggi.

In this article

Join the Conversation

four × two =