Informasi Lengkap Mengenai Pitch Deck

Dalam dunia bisnis yang penuh dengan presentasi dan pertemuan, pitch deck menjadi senjata rahasia bagi perusahaan, terutama bagi para pengusaha dan start-up yang mencari investasi atau mitra strategis. Namun, bagi yang belum terbiasa, pertanyaan mendasar mungkin muncul, “Apa sebenarnya pitch deck itu?”

Pitch deck adalah sebuah presentasi singkat yang dirancang untuk menjelaskan ide bisnis, proyek, atau produk kepada para investor atau mitra potensial. Namun, pembuatan pitch deck bukanlah tugas yang sepele.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat pitch desk dan tipsnya. Sehingga Anda dapat mengiplementasikannya dalam bisnis Anda. Untuk informasi detailnya, yuk simak artikelnya sekarang!

Barantum CRM - Aplikasi CRM Sales Terbaik

Apa Itu Pitch Deck?

Pitch deck adalah presentasi visual yang dirancang untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang bisnis, produk, atau proyek kepada audiens potensial, terutama investor atau mitra potensial. Biasanya terdiri dari beberapa slide yang dirancang secara hati-hati. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kunci dengan cara yang jelas, singkat, dan menarik.

Slide-slide tersebut mencakup elemen-elemen seperti visi bisnis, model bisnis, strategi pemasaran, proyeksi keuangan, dan tim manajemen, menciptakan narasi yang persuasif untuk membujuk dan meyakinkan para pemangku kepentingan tentang potensi kesuksesan proyek atau bisnis tersebut.

Apa Saja Elemen Yang Harus Ada Dalam Pitch Deck?

Berikut adalah elemen pitch deck, yaitu:

1. Pengenalan Perusahaan (Company Introduction)

Pertama, yaitu pengenalan perusahaan. Ini mencakup gambaran umum tentang bisnis, visi, dan misi perusahaan. Sales harus menjelaskan dengan jelas apa yang membuat perusahaan unik dan mengapa ide atau produk yang mereka tawarkan memiliki potensi besar.

2. Permasalahan yang Dipecahkan (Problem Statement)

Kedua, harus mencakup permasalahan atau tantangan spesifik yang ingin dipecahkan oleh produk atau layanan perusahaan. Sehingga membantu menciptakan pemahaman tentang relevansi dan urgensi solusi yang ditawarkan.

3. Solusi yang Ditawarkan (Solution)

Berikutnya, sales perlu menjelaskan dengan rinci produk atau layanan yang mereka tawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang diidentifikasi sebelumnya. Ini mencakup fitur, manfaat, dan bagaimana produk atau layanan tersebut berbeda dari yang sudah ada di pasar.

4. Model Bisnis (Business Model)

Selanjutnya, elemen ini menjelaskan cara perusahaan menghasilkan uang. Model bisnis mencakup informasi tentang cara produk atau layanan dihargai, struktur harga, dan strategi pendapatan.

5. Target Pasar (Target Market)

Pitch deck harus menyajikan informasi tentang siapa target pasar utama perusahaan. Ini mencakup profil demografis, preferensi, dan kebutuhan pelanggan potensial.

6. Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Elemen ini menjelaskan bagaimana perusahaan bermaksud memasarkan produk atau layanannya. Ini mencakup saluran pemasaran, strategi promosi, dan cara mencapai audiens target.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Sales Terbaik

7. Proyeksi Keuangan (Financial Projections)

Presenter perlu menyertakan proyeksi keuangan yang realistis, termasuk perkiraan pendapatan, biaya, dan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Sehingga membantu manajemen memahami potensi return on investment.

8. Tim Manajemen (Management Team)

Selanjutnya, harus memperkenalkan tim manajemen yang akan menjalankan perusahaan. Ini mencakup latar belakang, pengalaman, dan keahlian masing-masing anggota tim.

9. Milestone dan Prestasi (Milestones and Achievements)

Elemen ini mencantumkan pencapaian dan tonggak bersejarah perusahaan, seperti pengembangan produk, kemitraan strategis, atau pertumbuhan pelanggan. Ini menunjukkan momentum dan progres yang telah dicapai.

10. Tanya Jawab dan Ajakan Berikutnya (Q&A and Next Steps)

Terakhir, harus mengundang pertanyaan dari para pemangku kepentingan dan memberikan ajakan berikutnya. Sehingga memberikan kesempatan untuk interaksi lebih lanjut.

Apa Saja Tips Membuat Pitch Deck Yang Baik?

Adapun tips membuat pitch deck yang baik, sebagai berikut:

1. Ketahui Audiens Anda

Sebelum membuat pitch deck, penting untuk memahami siapa audiens Anda. Apakah mereka investor, mitra potensial, atau pelanggan? Dengan memahami kebutuhan dan harapan audiens, Anda dapat menyusunnya lebih relevan dan persuasif.

2. Sederhana dan Padat

Buatlah penyampaian sederhana dan padat. Hindari terlalu banyak detail teknis yang bisa membuat audiens kehilangan fokus. Fokuslah pada poin-poin kunci dan sampaikan informasi dengan cara yang jelas dan singkat. Terlmapir contohnya:

3. Ceritakan Kisah yang Menarik

Gunakan elemen naratif untuk menyusun kisah yang menarik di sepanjang pitch deck Anda. Ceritakan perjalanan perusahaan, tantangan yang dihadapi, dan bagaimana produk atau layanan Anda merupakan solusi yang tepat.

4. Visual yang Menarik

Sertakan elemen visual yang menarik seperti grafik, gambar, dan diagram untuk memperjelas poin-poin penting. Visual membantu membuat presentasi lebih menarik dan memudahkan audiens dalam memahami informasi.

5. Gunakan Bahasa yang Sederhana

Hindari penggunaan bahasa teknis yang sulit dipahami oleh orang non-teknis. Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas sehingga pesan Anda dapat dicerna dengan mudah oleh semua audiens.

6. Personalisasi Pesan

Personalisasikan pesan Anda sesuai dengan audiens yang akan menerima pitch deck. Tunjukkan bahwa Anda telah memahami kebutuhan mereka dan bahwa produk atau layanan Anda adalah solusi yang relevan.

7. Desain yang Menarik

Terakhir, buat desain sebaik mungkin. Desain yang menarik dapat menciptakan kesan profesional dan meningkatkan daya tarik secara keseluruhan.

Bagaimana Contoh Pitch Deck?

Berikut ada contoh slide pitch deck:

Sebagai penutup, kami ingi menyampaikan penggunaan CRM tidak hanya membantu perusahaan dalam melacak interaksi dengan pelanggan, namun juga meningkatkan efisiensi strategi pemasaran dan menjaga kualitas hubungan bisnis. Dalam konteks ini, integrasi dengan CRM memberikan landasan yang kokoh untuk menyajikan data pelanggan yang akurat, memungkinkan personalisasi pesan, dan menciptakan strategi pemasaran yang lebih terarah.

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Untuk mendukung integrasi yang mulus antara pitch deck dan CRM, Barantum CRM hadir sebagai solusi terbaik. Barantum CRM tidak hanya menawarkan fungsionalitas tingkat tinggi dalam manajemen hubungan pelanggan. Namun, juga memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan upaya pemasaran dan menjaga kualitas layanan pelanggan.

Selain itu, perusahaan Anda dapat mencapai tingkat keterlibatan pelanggan yang tinggi, meningkatkan retensi, dan memperluas pangsa pasar.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Sales Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".