Permudah Kinerja Sales Anda Dengan Sales Automation

Sales automation merupakan sistem yang mampu mengotomatisasi tiap proses penjualan sales. Dengan begitu, kinerja sales Anda menjadi lebih mudah dan cepat. Anda bisa mengoptimalkan sales automation dengan kombinasi sistem CRM.

Pada artikel ini, kami telah merangkum informasi terkait sales automation untuk Anda. Untuk mengetahui informasi secara lengkap, kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai. Yuk, baca artikelnya sekarang!

Apa Itu Sales Automation?

Sales automation adalah proses otomatisasi tugas-tugas yang terkait dengan proses penjualan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses tersebut. Proses otomatisasi ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat waktu dan sumber daya yang digunakan untuk menjalankan tugas-tugas rutin dalam proses penjualan. Alat-alat email marketing, seperti automation email, memungkinkan perusahaan untuk mengirimkan kampanye penjualan yang cepat dan efektif. Dengan begitu, memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan hasil penjualan, meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya.

Mengapa Sales Automation Penting Bagi Bisnis?

Sales automation penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penjualan. Sales automation dapat membantu bisnis dalam mengelola kontak pelanggan, mengatur janji temu, mengirimkan penawaran, dan mengukur hasil penjualan. Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Apa Manfaat Sales Automation Bagi Bisnis?

Berikut manfaat sales automation bagi bisnis:

1. Data Terpusat

Sales automation menyediakan sistem yang dapat mengumpulkan data pelanggan dan transaksi penjualan secara real-time. Data yang akurat dan up-to-date akan memudahkan perusahaan untuk mengevaluasi performa penjualan, menentukan trend, dan mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan penjualan.

2. Skalabilitas

Sistem otomatis dapat mengelola jumlah transaksi yang besar tanpa harus memperluas tim penjualan. Hal tersebut akan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan skala operasi tanpa harus menambah beban biaya.

3. Analisis

Sales automation menyediakan alat analisis yang cepat dan mudah digunakan. Hal tersbeut memudahkan bisnis untuk mengetahui kondisi pasar dan preferensi pelanggan dengan cepat sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dan meningkatkan efektivitas penjualan.

4. Konsistensi

Proses penjualan yang diotomatisasi akan menjamin konsistensi dalam layanan kepada pelanggan. Hal tersebut akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat mereka merasa nyaman dengan perusahaan.

5. Integrasi

Sales automation dapat digabungkan dengan sistem lain dalam perusahaan, seperti CRM, email marketing, dan sistem pembayaran, untuk memberikan solusi yang lebih efektif dan efisien. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mengelola dan menganalisis data pelanggan dan transaksi penjualan dari satu platform.

Bagaimana Cara Sales Automation Mampu Meningkatkan Efisiensi Bisnis?

Berikut beberapa cara sales automation membantu meningkatkan efisiensi bisnis:

  1. Membuat data penjualan lebih mudah diakses: Sales automation dapat digunakan untuk mengumpulkan data penjualan dari berbagai sumber dan menyimpannya dalam format yang mudah diakses. Dengan begitu, memudahkan salesperson untuk melacak perkembangan penjualan dan membuat keputusan berdasarkan data yang valid.
  2. Memudahkan komunikasi tim penjualan: Beberapa sales automation menyediakan platform untuk komunikasi antar tim penjualan, memudahkan koordinasi dan kolaborasi antar anggota tim.
  3. Membuat proses follow up lebih efektif: Selain dapat membantu salesperson untuk mengirimkan follow-up dengan cepat dan tepat waktu.

Apa Saja Fitur Sales Automation Yang Diperlukan Bisnis?

Adapun fitur sales automation yang diperlukan bisnis, yaitu:

1. Analisis Laporan

Beberapa fitur yang mungkin termasuk dalam analisis laporan sales automation adalah:

  • Laporan penjualan: Memantau jumlah penjualan dari setiap produk atau layanan, serta jumlah penjualan total.
  • Analisis kinerja penjualan: Melacak kinerja penjualan individu atau tim.
  • Analisis sumber penjualan: Memantau dari mana penjualan berasal, seperti dari kampanye iklan atau referensi dari pelanggan lain.
  • Laporan pengeluaran: Melacak pengeluaran yang terkait dengan penjualan, seperti biaya iklan atau biaya perjalanan penjualan.

2. Manajemen KPI

Selanjutnya, manajemen KPI. Beberapa fitur manajemen KPI yang termasuk dalam sistem sales automation adalah:

  • Pengukuran KPI: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengukur KPI secara real-time dan dalam jangka waktu tertentu, seperti harian, mingguan, atau bulanan.
  • Laporan KPI: Fitur ini menyediakan laporan yang menggambarkan kinerja KPI dalam jangka waktu tertentu, seperti harian, mingguan, atau bulanan.
  • Analisis KPI: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menganalisis KPI dari berbagai perspektif, seperti per perwakilan, produk, atau wilayah.

3. Manajemen Leads

Berikutnya, manajemen leads. Beberapa fitur manajemen leads yang termasuk dalam sistem sales automation adalah:

  • Pemasukan leads otomatis: Sistem dapat mengumpulkan informasi dari formulir web atau sumber lain seperti aplikasi CRM, e-commerce, dan lainnya.
  • Pembuatan catatan: Sistem dapat secara otomatis menyimpan catatan dari interaksi dengan leads, seperti telepon, e-mail, atau pertemuan, dan menghubungkannya dengan profil leads yang sesuai.
  • Workflow otomatis : Sistem dapat mengatur dan mengeksekusi tahapan automatis dari proses penjualan mulai dari dari pengumpulan lead sampai dengan penutupan penjualan.

4. Kustomisasi

Fitur lainnya, kustomisasi. Salah satu fitur yang penting dalam sistem sales automation adalah kustomisasi. Dengan kustomisasi, perusahaan dapat menyesuaikan sistem sesuai dengan kebutuhan unik dari bisnis mereka. Beberapa contoh fitur kustomisasi dalam sistem sales automation adalah:

  • Kustomisasi formulir: Sistem dapat dikonfigurasi untuk mengumpulkan informasi yang spesifik untuk bisnis.
  • Kustomisasi email: Sistem dapat dikonfigurasi untuk mengirimkan email yang disesuaikan dengan target pasar.

5. Integrasi Aplikasi

Terakhir, integrasi aplikasi. Sales automation yang mampu terintegrasi aplikasi lain akan memudahkan agen dalam melakukan penawaran penjualan. Dengan begitu, pendapatan bisnis yang bisa Anda terima akan meningkat. Anda bisa dengan mudah mengintegrasi aplikasi lainnya dengan CRM, seperti CRM Barantum. Dengan penggunaan CRM ini, Anda mampu mengintegrasikan banyak aplikasi lainnya. Misalnya, telepon, email, pesan, dan berbagai media komunikasi populer, contohnya WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Telegram.

Dapatkan Sistem CRM Terbaik Sekarang!

Software Aplikasi CRM TerbaikAplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments