Sales Tracking System Sebagai Agen Peningkat Profit Bisnis

Anda memiliki pekerja tim lapangan dan sulit untuk memantaunya? Tenang saja. Kini ada sales tracking system dalam CRM yang membantu Anda melihat produktivitas tim lapangan secara real time. Produktivitas yang baik mampu meningkatkan profit bisnis Anda

Tidak semua perusahaan hanya memiliki pekerja yang selalu di kantor. Banyak perusahaan yang mempekerjakan staf untuk terjun langsung ke pelanggan atau tim lapangan.

Dengan cara terjun langsung ke pelanggan, tim pelanggan dapat mengetahui secara visual bagaimana ketertarikan pelanggannya. Tim lapangan pun dapat mensurvei wilayah potensial perusahaan Anda.

Perusahaan yang tidak memiliki aplikasi sales tracking system berisiko memperlambat alur penjualan perusahaan. Tanpa aplikasi sales tracking system membuat laporan yang terpencar. Selain itu, evaluasi yang membutuhkan waktu panjang akibat laporan dari sales perlu proses yang lama dan tidak maksimal.

Sales tracking system dapat mengelola dan menyimpan seluruh informasi tentang prospek dan pelanggan secara menyeluruh dan mampu memantau kinerja tiap tim sales dengan mudah.

Apa itu sales tracking system?

Sales tracking system merupakan sebuah sistem yang mendata keseluruhan interaksi dengan calon pelanggan, mulai dari touchpoint awal seperti chat dan panggilan telepon, tahap calon pelanggan melewati sales funnel, sampai menjadi pelanggan.

Penggunaan sales tracking system ini memudahkan Anda untuk memahami efektivitas bisnis funnel hingga memperoleh gambaran visual mengenai proses calon pelanggan dengan bisnis Anda berdasarkan data sales yang terinput.

Bagaimana Anda Bisa Melihat Aktivitas Tim Lapangan Real Time dengan CRM?

Jika Anda masih bertanya-tanya bagaimana bisa melihat aktivitas tim lapangan Anda dengan CRM. Apalagi jika jarak tim lapangan dan perusahaan Anda sangat jauh.

Berikut hal-hal yang dapat Anda peroleh dari penggunaan CRM untuk perusahaan Anda terkait tim lapangan.

1. CRM permudah operasional tim lapangan

Tim lapangan Anda tidak perlu repot membawa berkas dokumen yang banyak dan tebal. Dengan CRM, efektivitas waktu tim lapangan Anda dalam bekerja pun meningkat. Mereka tidak perlu melaporkan dengan langsung datang ke kantor saat itu juga karena data sudah terupdate dalam CRM. 

Laporan yang masih menggunakan cara manual, membuat proses penyimpanan dokumen membutuhkan waktu lama dan berkas dokumen akan menumpuk. Hal itu karena sales membuat dokumen laporan di kertas tiap selesai prospek calon pelanggan. Jika dalam satu perusahaan memiliki banyak tim sales, tentu membuat sales dan tim marketing kesulitan untuk mencari data dengan cepat.

Baca juga: Intip Alasan Mengapa Tim Sales Membutuhkan CRM Mobile

2. CRM mampu memantau aktivitas tim lapangan

sales tracking system

Tim lapangan Anda tidak perlu memakan waktu ke kantor untuk absensi masuk dan pulang. Menghubungi tiap sales dan menanyakan sedang berada di wilayah mana pastinya memakan waktu yang lama, terlebih jika dalam perusahaan memiliki banyak sales yang terjun langsung ke lapangan. 

Dengan menggunakan sales tracking system, sales dapat langsung meng-update lokasi terkini yang langsung terinput ke sistem sehingga sales leader dapat mengetahui data dan lokasi real time tiap anggota timnya sehingga pekerjaan lebih efisien.

Anda tidak perlu khawatir ada tim lapangan yang tidak datang sesuai dengan lokasi karena CRM, seperti CRM Barantum, merupakan sistem yang anti GPS palsu. Dengan demikian, tidak ada staf yang dapat memanipulasi lokasi keberadaan mereka selama jam kerja.

Di sisi lain, staf Anda lebih mudah melihat tugas yang perlu dikerjakan.CRM tim lapangan

3. Laporan aktivitas di CRM akurat dan real time

untung penerapan CRM

Sales system tracking dapat menunjukkan performa bisnis Anda secara real time. Aplikasi sales tracking system mendata seluruh penurunan dan peningkatan penjualan. Jadi, sales manajer dapat mengevaluasi strategi penjualan berikutnya.

CRM dapat mengakses semua data visualisasi transaksi dan aktivitas tim dengan cepat dan mudah dalam satu halaman. Segala aktivitas tim lapangan dapat terinput dengan rapi. Terlebih tim lapangan tidak hanya datang ke suatu lokasi.

Dengan sales tracking system, sales dapat membuat laporan secara real time, mudah, dan cepat, hanya dengan mengisi deskripsi yang sudah tercantum di dalam fitur tersebut sehingga waktu yang diperlukan lebih efisien dan tim marketing bisa mudah langsung melihat data yang dilaporkan dengan cepat.

Hal itu mempermudah suatu saat tim lapangan lainnya datang ke lokasi yang sama dengan menawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

4. CRM mempermudah melihat pesebaran lokasi pelanggan

Seperti yang diketahui, dengan live GPS tracking, tiap pergerakan tim lapangan Anda bisa terlihat selama jam kerja. 

Selain itu, tiap data pelanggan yang masuk akan disesuaikan dengan lokasi pelanggan. Hal itu memungkinkan Anda untuk menganalisis pesebaran pelanggan Anda di seluruh Indonesia.

Melalui CRM, Anda dapat melihat pesebaran data pelanggan Anda hanya dengan satu halaman maps saja. Tentu hal itu sangat menguntungkan perusahaan Anda.

Anda dapat mengetahui lokasi mana saja yang potensial memiliki banyak pelanggan. 

Baca juga: Bantu Ringankan Beban Sales Manajer dengan Aplikasi Sales Tracking System

5. Informasi data lengkap dan penyesuaian kebutuhan pelanggan

CRM customer service

Adanya sales tracking system yang menginput data pelanggan secara real time, berpengaruh pada cepatnya pelayanan lanjutan untuk menghubungi pelanggan tersebut. Pasalnya, jika terlalu lama menghubungi pelanggan maka kemungkinan pelanggan membatalkan order lebih besar karena pelanggan merasa jenuh.

Dengan adanya sales tracking system, data pelanggan yang terinput dapat segera ditindaklanjuti sehingga akan memberikan kesan positif dan kenyamanan pelanggan. Di sisi lain, CRM mampu menyajikan informasi pelanggan dan dapat dianalisa kebutuhan mereka. Aktivitas dan riwayat penjualan terhadap pelanggan pun tercatan dengan rapi.

Tim lapangan menjadi lebih mudah mencari data pelanggan yang dibutuhkan di suatu lokasi. Jika suatu saat tertentu mereka membutuhkan informasi tentang pelanggan, maka tim lapangan dengan mudah mencarinya.

Tentunya penyesuaian kebutubuhan pelanggan ini mampu meningkatkan penjualan perusahaan. Tim lapangan dapat menawarakan jasa atau produk sesuai keinginanan pelanggan. Pelanggan yang merasa mendapatkan solusi dari kebutuhan mereka, lebih tinggi potensinya untuk membeli atau melakukan kerja sama dengan perusahaan Anda.

6. Mampu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda

Dari banyaknya CRM yang ada, pilihlah CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

CRM yang mudah diaplikasikan, seperti CRM Barantum, menjadi solusi tepat bagi permasalahan tim lapangan Anda. 

CRM tim lapangan

Anda dapat dengan mudah mendesain form CRM sesuai dengan kebutuhan. Cara aplikasi CRM mudah dan gampang dipahami menjadi nilai plus yang dapat Anda pertimbangankan untuk memakai CRM.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".