Bagaimana Cara Mencapai Target Penjualan?

Perkembangan teknologi yang pesat, saingan bisnis yang semakin banyak, mengharuskan pebisnis menerapkan strategi yang tepat. Tiap pebisnis tentu ingin menghasilkan keuntungan yang besar. Lalu, bagaimana cara menghasilkan keuntungan perusahaan yang optimal? CRM (Customer Relationship Management) mampu membantu mencapai target penjualan Anda.

Sales di zaman sekarang memiliki banyak media online canggih untuk membantunya. Dari mengakses data prospeknya hingga distribusi otomatis, dan prediksi cerdas, pekerjaannya semakin mudah.

Semakin besar perusahaan, semakin banyak data informasi pelanggan. Laporan hasil data tersebut dapat berupa informasi pelanggan, informasi proyek perusahaan, progress kerja, dll. Banyaknya data dapat meningkatkan penjualan bisnis.

Tips Mencapai Target Penjualan

1. Tentukan Visi Perusahaan yang Jelas

visi perusahaan

Visi perusahaan merupakan dasar penentuan segmen pasar penjualan. Anda bisa menggunakan CRM untuk membantu Anda menganalisis penjualan bisnis. CRM tidak akan berjalan efektif tanpa adanya visi yang jelas.

Dari visi yang jelas, misi perusahaan mudah dijalankan. Staf Anda pun tidak bingung dalam mencapai visi perusahaan. Dalam CRM dapat memantau kinerja staf Anda dan pastikan pelayanan pelanggan Anda memuaskan.

2. Bisnis Perusahaan Lebih Terfokus

Setelah menentukan visi, Anda bisa memfokuskan bisnis perusahaan Anda. Bisnis yang memiliki fokus lebih mudah untuk berkembang. Di sisi lain, Anda bisa melakukan riset kebutuhan pelanggan bisnis Anda. Dengan melakukan riset ini, Anda bisa mengetahui apakah bisnis Anda sudah sesuai dengan target pasar.

Tahukah Anda, CMR membantu Anda menganalisis bisnis perusahaan. CRM menganalisis bisnis perusahaan Anda. Jadi, perusahaan lebih fokus mengenai kebutuhan tiap pelanggan.

CRM mengidentifikasi kebutuhan tiap pelanggan. Menjalani bisnis yang terfokus pada minat pelanggan bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda. Sales yang menawarkan sesuai kebutuhan pelanggan meningkatkan penjualan perusahaan. Pelanggan pun menemukan sosuli kebutuhannya dari perusahaan Anda.

CRM UMKM

3. Membuat rencana penjualan

Tingkat kesiapan Anda menentukan bagaimana Anda akan menghadapi pesaing Anda. Dengan menugaskan tanggung jawab merupakan bagian integral dari manajemen karyawan. Mengubah CRM untuk mengarahkan tanggung jawab ini ke berbagai staf penjualan dapat memberdayakan mereka. Ini mendorong budaya kepemilikan.

Dengan setiap pelanggan yang terhubung dengan sales memiliki keuntungan. Tidak ada komunikasi yang terputus antara sales, sesuatu yang sering membuat pelanggan frustrasi. 

Baca juga: Tingkatkan Profit Bisnis dengan Prediksi Penjualan

4. Sinkronkan CRM sesuai Strategi Bisnis Anda

Pengaplikasian CRM dengan strategi bisnis Anda harus saling melengkapi. Anda dapat memanfaatkan CRM sesuai dengan strategi bisnis yang telah ditentukan. Setelah menjalankan strategi awal, Anda bisa mengevaluasi kembali berdasarkan data dalam CRM. 

Selalu tinjau aktivitas penjualan dan penawaran bisnis Anda dalam CRM. Pastikan tujuan dan strategi yang ditentukan sudah sesuai.

5. Rencanakan Strategi Promosi Anda

CRM memiliki fitur integrasi ke berbagai platform media sosial. Seluruh data akan masuk ke dalam satu dokumen yang memudahkan staf Anda mencatat tiap aktivitas. Dari kemudahan fitur tersebut, kontak pelanggan yang tersimpan secara otomatis terdata pada CRM. Salah satu promosi yang bisa Anda lakukan, yaitu email blast. Staf Anda tidak perlu mengirim satu per satu ke email pelanggan. 

6. Pastikan Selalu Terhubung dengan Pelanggan

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Hubungan antara perusahaan dan pelanggan perlu terjaga. Jalin hubungan dengan pelanggan yang baik bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Bagaimana menjalin hubungan dengan pelanggan? Anda bisa melihat data pelanggan dan mengirimkan email saat mereka ulang tahun.

Meski tidak selalu berkomunikasi, pelanggan akan merasa perusahaan Anda memberikan perhatian pada tiap pelanggannya. Staf Anda juga dapat mengirimkan pesan apresiasi kesetiaan pada pelanggan atau memberikan katalog terbaru perusahaan Anda.

7. Lakukan Evaluasi Strategi Bisnis Perusahaan

Evaluasi perlu untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda lebih optimal. Temuan evaluasi tersebut nantinya dapat mengarah pada penyampaian strategi baru yang mungkin jauh lebih efektif dan efisien untuk bisnis.

Salah satu cara mudah melakukan evaluasi bisnis, yaitu menggunakan CRM. Dengan CRM, manajer perusahaan bisa mengambil keputusan yang cepat dengan melihat data real time. CRM menampilkan analisis dan pelaporan detail sebagai acuan pengambilan keputusan.

Manajer ataupun direksi dapat melihat laporan CRM secara real time. Mereka pun bisa mengambil langkah strategis sesuai dengan situasi. Evaluasi kinerja dapat langsung diketahui dengan CRM. Diskusi pun bisa lebih cepat dan mudah.

Baca juga: Cara Ampuh Tingkatkan Repeat Order Berkali-Kali

8. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

loyalitas pelanggan

Loyalitas pelanggan dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan. Makin banyak Anda memiliki pelanggan loyalitas, semakin besar pendapatan Anda. Salah satu caranya, yaitu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kepuasan pelanggan berpengaruh baik terhadap penjualan. Kepuasan membentuk loyalitas pelanggan pada bisnis yang Anda jalankan. Loyalitas pelanggan Anda meningkat dengan rincian data real time di CRM. Penawaran yang tepat sesuai target memaksimalkan penjualan bisnis Anda.

9. Menindaklanjuti Prospek dengan Cepat

Kecepatan dibutuhkan dalam penjualan. Langkah cepat berpengaruh pada tingkat penjualan yang akan didapatkan. CRM memberikan kemudahan melaporkan data calon prospek dengan cepat. Cepatnya data yang terinput, membuat pelanggan dapat dihubungi dengan cepat.

CRM dapat mengingatkan sales untuk menghubungi berbagai pelanggan dan memungkinkan mereka untuk melacak perjalanan mereka.

Aktivitas penjualan dengan CRM menjadi lebih banyak dan lebih mudah. Ini juga akan mempromosikan hubungan pelanggan-penjual yang konsisten yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda.

Tidak lanjut yang cepat berdampak pada pemaksimalan penjualan Anda. Tentunya terjadi peningkatan penjualan. Penjualan yang tinggi berpengaruh pada perkembangan perusahaan Anda untuk semakin maju.

Banyak perusahaan yang telah menggunakan sistem CRM ini untuk tingkatkan penjualan mereka. Pastikan Anda adalah salah satunya.

Pilih Software CRM yang Tepat

CRM UMKM

Kini Anda tahu strategi meningkatkan bisnis Anda dapat dihubungan dengan sistem CRM. Dalam memaksimalkan efektivitas CRM, Anda membutuhkan software CRM yang tepat. Fitur yang dapat dimondifikasi sesuai kebutuhan menjadi keuntungan bagi perusahaan. Jika Anda mencari software CRM, Barantum menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".