Tutorial Cara Verifikasi FBM

Cara verifikasi Facebook Business Manager (FBM) tidaklah sulit. Verifikasi FBM merupakan proses yang penting bagi bisnis yang ingin menggunakan fitur-fitur terkait bisnis yang tersedia di Facebook. Dengan verifikasi FBM, Anda dapat mengonfirmasi bahwa akun tersebut merupakan akun resmi dari bisnis yang terdaftar.

Namun, bagi sebagian orang, proses verifikasi FBM mungkin terasa sulit atau rumit. Jika Anda termasuk orang-orang tersebut, tenang saja. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang bagaimana cara verifikasi akun FBM dengan mudah. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam proses verifikasi FBM.

Jadi, jika Anda ingin memverifikasi akun FBM untuk bisnis Anda tapi belum tahu bagaimana caranya, jangan ragu untuk membaca artikel ini hingga selesai. Yuk, simak artikelnya!

Apa Itu Verifikasi FBM?

Verifikasi Facebook Business Manager (FBM) adalah proses yang bertujuan untuk mengonfirmasi bahwa akun tersebut merupakan akun resmi dari bisnis yang terdaftar.  Dalam verifikasi akun FBM berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda dan membantu Anda dalam mengelola bisnis Anda di Facebook dengan lebih efisien.

verifikasi ini berbeda dengan verifikasi untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp, konfirmasi identitas pribadi, maupun lencana verifkasi Instagram.

Proses verifikasi ini untuk membantu memastikan bahwa:

  • Bisnis resmi berbadan hukum: Anda harus mendaftarkan bisnis secara legal di otoritas resmi setempat dan memiliki nomor telepon dan alamat surat perushaan yang resmi.
  • Membuktikan Anda sebagai perwakilan bisnis: Anda harus mendapatkan kode verifikasi yang akan dikirimkan ke nomor telepon atau alamat email bisnis.

Mengapa Verifikasi FBM Penting Bagi Bisnis?

Verifikasi akun Facebook Business Manager sangat penting bagi bisnis yang ingin menggunakan fitur-fitur terkait bisnis yang tersedia di Facebook, seperti membuat iklan, mengelola halaman Facebook Pages, dan lainnya. Dengan verifikasi akun Facebook Business Manager, Anda dapat mengonfirmasi bahwa akun tersebut merupakan akun resmi dari bisnis yang terdaftar. Selain itu, verifikasi akun Facebook Business Manager juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Bagaimana Cara Verifikasi Akun FBM?

Untuk memverifikasi akun Facebook Business Manager, pertama-tama Anda perlu membuat memiliki halaman Facebook dan akun Facebook Business Manager terlebih dahulu. Berikut cara verifikasi Facebook Business Manager (FBM):

1. Membuat Halaman Facebook

Berikut langkah-langkah membuat halaman Facebook:

  • Kunjungi laman resmi Facebook di https://facebook.com/.
  • Klik menu Halaman pada menu bar samping kiri beranda Facebook.

cara verifikasi facebook business manager

  • Klik Buat Halaman Baru.

cara verifikasi facebook business manager

  • Isi deskripsi halaman Anda, mulai dari Nama, Kategori, dan Bio.

cara membuat halaman facebook

  • Isi detail langkah pertama. Misalnya, kontak, nomor telepon, email.

membuat halaman facebook

  • Masukan foto profil dan sampul halaman Facebook.

cara membuat halaman facebook

  • Anda dapat memilih apakah halaman Facebook yang dibuat ingin terhubung dengan WhatsApp atau tidak.

cara membuat halaman facebook

  • Anda dapat memilih ingin mengundang teman menyukai halaman Facebook Anda atau tidak.

cara membuat halaman facebook

  • Pilih notifikasi yang Anda inginkan untuk mengetahui update halaman Facebook Anda.

cara membuat halaman facebook

  • Klik Selesai untuk menyelesaikan pembuatan halaman Facebook.

2. Membuat Akun Facebook Business Manager

Berikut langkah-langkah membuat akun Facebook Business Manager Facebook:

  • Kunjungi laman resmi Facebook Business Manager di https://business.facebook.com/.
  • Klik menu Bantuan > Pilih Beralih ke Pengelola Bisnis

cara verifikasi facebook business manager

  • Isi survey dan masukan kepada Facebook

cara verifikasi facebook business manager

  • Setelah itu, jika Anda belum memiliki akun Facebook Business Manager, Anda akan dialihkan untuk membuat akun terlebih dahulu.

cara verifikasi facebook business manager

  • Klik Buat Akun > lalu Isi Nama dan Email Bisnis Anda > klik Kirim

cara verifikasi facebook business manager

  • Selanjutnya, Anda Facebook akan mengkonfrimasi Email Anda

cara verifikasi facebook business manager

  • Setelah konfirmasi di Email, akun Facebook Business Manager berhasil dibuat.

3. Memverifikasi Akun Facebook Business Manager

Dalam memverifikasi akun Facebook Business Manager, Anda perlu bekerja sama dengan BSP (Business Solution Provider) WhatsApp untuk membantu mendaftarkan akun Anda dalam pengajuan verifikasi.

Berikut cara memverifikasi akun Facebook Business Manager:

  • Setelah akun Facebook Business Manager berhasil dibuat, klik tombol Pengaturan di kiri bawah > lalu klik menu Info Bisnis dan isi detail bisnis Anda.

cara verifikasi facebook business manager

  • Selanjutnya, kirimkan ID Pengelola Bisnis kepada BSP WhatsApp pilihan Anda untuk diajukan dalam memverifikasi akun Facebook Business Manager.

cara verifikasi facebook business manager

  • Jika sudah diajukan oleh BSP WhatsApp pilihan Anda, maka akan muncul notifikasi di menu Permintaan. Klik Setujui untuk melanjutkan proses verifikasi.

cara verifikasi facebook business manager

  • Klik menu Pusat Keamanan > lalu klik tombol Mulai Verifikasi.

cara verifikasi facebook business manager

  • Klik Mulai untuk mengisi detail bisnis Anda.

cara verifikasi facebook business manager

  • Pilihlah negara tempat bisnis Anda beroperasi > lalu klik Selanjutnya.

cara verifikasi facebook business manager

  • Isi detail organisasi dan pastikan data yang Anda isi sudah tepat dan sesuai dengan nama dan alamat pada dokumen resmi. Jika sudah sesuai, klik Selanjutnya.

  • Pilih metode kontak yang Anda inginkan untuk mengirimkan verifikasi kode OTP. Terdapat beberapa pilihan metode, yaitu melalui email, panggilan telepon, SMS, ataupun website.

cara verifikasi facebook business manager

  • Unggah dokumen resmi perusahaan Anda.

cara verifikasi facebook business manager

Dokumen Resmi Yang Diperlukan

Anda perlu mengunggah dokumen resmi untuk membuktikan perusahaan Anda adalah perusahaan yang legal. Pastikan dokumen yang Anda unggah sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh Facebook, seperti harus berupa file PDF atau JPG dan harus terlihat jelas.

Berikut dokumen yang dibutuhkan:

  • Dokumen untuk memverifikasi nama bisnis legal

dokumen verifikasi nama legal bisnis

Unggah salah satu dokumen ini untuk memverifikasi nama organisasi Anda. Seperti:

Sertifikat pendirian: Dokumen resmi terkait pendirian perusahaan atau korporasi.

Lisensi bisnis: Izin yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah yang mengizinkan Anda untuk melakukan bisnis dalam wilayah hukum geografis.

Sertifikat pendaftaran pajak atau PPN: Dokumen resmi yang mengizinkan Anda untuk membeli barang melalui bisnis Anda tanpa membayar pajak penjualan lokal.

  • Dokumen untuk memverifikasi alamat dan nomor telepon bisnis

dokumen verifikasi alamat dan telepon

Unggah salah satu dokumen ini untuk memverifikasi alamat dan nomor telepon organisasi Anda.

– Tagihan utilitas: Dokumen yang menyatakan bahwa layanan diberikan kepada Anda untuk menjalankan bisnis atau organisasi Anda (gas, air, listrik, dll.).

– Laporan bank: Catatan cetak atau elektronik dari saldo di rekening bank dan transaksi di dalamnya.

– Lisensi bisnis: Izin yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah yang mengizinkan Anda untuk melakukan bisnis dalam wilayah hukum geografis.

  • Setelah mengunggah dokumen, Anda akan dikirimkan kode OTP sesuai dengan pilihan media verifikasi yang dipilih. Misalnya, Anda memilih untuk melakukan verifikasi melalui email, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email. Alamat email ini harus sama dengan domain website perusahaan untuk dikirimkan kode OTP. Contoh, domain website Anda adalah barantum.com, maka email Anda harus @barantum.com. Lalu klik Kirim Email.

cara verifikasi facebook business manager

  • Masukan kode OTP dengan benar > lalu klik tombol Selanjutnya.

cara verifikasi facebook business manager

  • Pengajuan verifikasi akun Facebook Business Manager berhasil.

cara verifikasi facebook business manager

  • Jika pengajuan berhasil, tombol Mulai Verifikasi akan menghilang dan berubah keterangan menjadi Sedang ditinjau. Tunggulah sekitar 2 hari kerja untuk mendapatkan jawaban atas verifikasi data Anda.

cara verifikasi facebook business manager

Bagaimana Cara Mengatasi Kendala Verifikasi Akun Facebook Business Manager?

Verifikasi akun Facebook Business Manager merupakan proses yang penting untuk mengonfirmasi bahwa akun tersebut merupakan akun resmi dari bisnis yang terdaftar. Namun, terkadang verifikasi akun Facebook Business Manager bisa mengalami masalah.

Berikut adalah beberapa cara mengatasinya:

  1. Periksa kembali informasi yang Anda masukkan saat proses verifikasi. Pastikan bahwa semua informasi yang Anda masukkan sesuai dengan dokumen resmi perusahaan dan tidak terdapat kesalahan.
  2. Periksa kembali dokumen yang Anda unggah saat proses verifikasi.
  3. Anda bisa menghubungi tim dukungan Facebook melalui halaman resmi Facebook Business Manager atau melalui halaman Facebook Developer. Pastikan untuk memberikan informasi yang lengkap dan rinci mengenai masalah yang terjadi agar tim dukungan bisa membantu Anda dengan lebih efektif.

Barantum, BSP WhatsApp Terbaik di Indonesia

bsp resmi

Salah satu WhatsApp Business Solution Provider (BSP) terpercaya dan terbaik di Indonesia adalah Barantum. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan Barantum sebagai partner resmi Whatsapp Official di Indonesia untuk membantu Anda mendaftarkan akun WhatsApp bisnis Anda menjadi WhatsApp Business API.

Barantum telah telah terpilih menjadi Mitra Resmi WhatsApp yang terpercaya dan direkomendasikan oleh Facebook sebagai pemilik WhatsApp. Daftar BSP resmi WhatsApp terpercaya bisa Anda lihat disini -> List BSP WhatsApp Resmi by Facebook.

Dapatkan Sekarang!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".