10 STRATEGI CERDAS SALES DALAM MENAWARKAN PRODUK AGAR HASIL CLOSINGNYA TINGGI

crm indonesia barantum

10 STRATEGI CERDAS  SALES DALAM  MENAWARKAN PRODUK  AGAR  HASIL CLOSINGNYA  TINGGI

 

Sales memang tidak selamanya profesi, karena mesti ada sentuhan “art of business “ yang akan membuat seorang sales profesional mampu dengan mudah melakukan closing.  Karena tanpa adanya “art of business” seorang sales seolah masih kurang untuk bisa selalu closing dalam setiap harinya.

 

Mungkin kita bertanya, bagaimana dengan sales yang masih baru atau masih belum banyak pengalaman. Jangan ragu, saat ini pekerjaan sales banyak di bantu dengan beragam media dan kondisi yang ada. Saat ini mendapatkan data tidak sesulit pada masa dahulu, sementara melakukan komunikasi bisnis saat ini adalah Aplikasi Whatsapp Business yang begitu mudah di gunakan dan mempermudah kerja seorang sales professional.

Namun  tetap ada beberapa hal yang mesti menjadi perhatian, bahwa “art of business “ seorang sales mesti terus diasah. Karena tiap sales akan berbeda cara pendekatannya kepada calon customer.  Namun seni dalam menjual itu sendiri sejatinya memang bukan  tidak bisa di pelajari. Hanya di butuhkan 4 hal untuk bisa menjadi sales yang handal : (1) Plan = Merencanakan   (2) Do = Melakukan  (3) Check = Melakukan analisa (4) Action = Aksi/ tindakan kembali.

Ketika 4 point tadi di jalankan, sudah pasti  tingkat keberhasilan sebagai seorang sales akan cepat berkembang. Nah bicara soal do atau melakukan, biasanya satu hal yang selalu menjadi perhatian sales adalah bagaimana cara penawaran yang baik. Karena penawaran bisa jadi start awal bagi seorang sales dalam melakukan kegiatan langsung yang berhubungan dengan calon customer.

Berbicara soal 4 hal, maka saat ini dengan telah terintegrasinya Whatsapp Business API dengan CRM  (Customer Relationship Management) makin memudahkan seorang sales dalam melakukan ke-4 hal tersebut.  Karena CRM bisa membantu sales dalam mengelola semua database  yang berhubungan dengan customer dan calon customer. Sedang Whatsapp Business API akan memudahkan sales dalam melakukan komunikasi bisnis dengan dukungan data yang ada di CRM  tadi.  Inilah untungnya menjadi sales pada saat sekarang.

Ada 10 strategi cerdas yang sebenarnya mudah di lakukan oleh seorang sales jika dirinya ingin dianggap sales profesional. Ke-10 strategi itu bukan suatu hal yang sulit, jika mungkin di katakan justru mudah karena semua sales dari mulai yunior hingga senior bisa melakukannya.

 

10  STRATEGI ” MENARIK MINAT ” CALON CUSTOMER AGAR TERTARIK DENGAN PENAWARAN KITA

 

 Dari sekian banyak cara atau strategi yang bisa di jalankan, kita bisa persempit menjadi 10 cara untuk bisa menggaet/ memikat  hati calon customer. Ketika 10 hal ini bisa di jalankan, maka sudah bisa di pastikan anda selalu bisa melakukan closing setiap kali menakukan penawaran produk.

  1. Percaya Diri

Inilah unsur yang paling utama dalam memasarkan sebuah produk. Bagaimana mungkin customer tertarik untuk membeli produk kita jika kita sebagai penjual justru kurang  PD dengan diri kita sendiri. Jadi mulai sekarang cobalah untuk meningkatkan rasa PD anda.

  1. Ceritakan Keunggulan Produk Anda

Keunggulan produk  yang kita pasarkan, ketika disampaikan dengan ucapan atau komunikasi yang cukup baik. Maka hal itu bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi anda sebagai sales. Karena sejatinya point itulah yang sejak awal di tunggu oleh calon customer.

  1. Jangan Pernah Merendahkan Produk Competitor

Sekali anda melakukan tindakan ini, maka semakin sulit anda bisa mengharapkan respon positif dari calon customer. Untuk itu di butuhkan sales yang bijak dan jujur dalam berkomunikasi  bisnis dengan calon customer.

  1. Selalu Memberi Kesan yang Baik kepada Calon Customer.

Apapun kondisinya nanti, sejak awal pastikan komunikasi anda selelau bersikap baik dan memberi kesan yang bijak kepada calon customer. Niscaya, dengan komunikasi seperti itu, calon customer merasa  nyaman komunikasi dengan kita.

  1. Berikan Pelayanan yang Prima/ Pelayanan yang Optimal kepada Customer.

Ungkapan bahwa customer adalah raja, sebaiknya selalu menjadi acuan dalam kita melakukan aktivitas sales dimanapun berada. Karena dengan kondisi seperti itu, ibarat kata calon customer sudah bisa merasa tersanjung dengan perilaku kita.

  1. Coba untuk selalu memberikan gagasan atau sudut pandang yang baru.

Pengetahuan anda sudah pasti lebih banyak dibanding calon customer terkait produk. Jadi jangan pernah sungkan untuk memberikan alternatif solusi dari permasalahan  yang biasa di hadapi calon customer. Jika mungkin solusi tersebut di kaitkan dengan produk yang sedang anda pasarkan.

  1. Menjadi pendengar yang baik bagi customer adalah salah satu strategi jitu.

Seseorang pada dasarnya suka di perhatikan, suka dengan pujian oleh karena itu pada saat komunikasi dengan calon customer selalulah berusaha jadi pendengar yang baik bagi calon customer. Dengan kondisi seperti itu sudah pasti customer akan merasa nyaman.

  1. Pahami kebutuhan Customer sebagai wujud Apresiasi kita terhadap Calon Customer.

Memberikan kondisi seperti ini kepada customer, maka sudah pasti akan menjadi plus point tidak saja kepada  pihak yang bersangkutan. Tetapi juga bagi pihak lain yang memang sedang menjadi target pasar kita.

  1. Menawarkan Satu Bentuk Promosi/Promo kepada Calon Customer.

Dengan menawarkan kondisi promo, jika sales yang bersangkutan bisa menjelaskannya maka calon customer akan  lebih mengapresiasi kita sebagai sales. Tetapi sebaliknya, jika salah dalam memberikan informasi promo maka persepsinya akan berbeda, bisa jadi karena customer merasa ini adalah produk yang  jarang di minati.

  1. Selalu Menyediakan Sample /  Free Trial.

Kondisi ini akan lebih membuat calon customer menjadi lebih interest. Kenapa, karena calon customer akan lebih percaya bahwa ini adalah produk premium atau produk unggulan.  Sebaliknya jika kita tidak memberikan sample, yang ada dalam benak calon customer adalah apakah tidak mungkin produk yang akan di beli/ sewamya adalah produk gagal/ kurang berkualitas.

 

KOMITMEN BARANTUM SEBAGAI WHATSAPP OFFICIAL PARTNER INDONESIA

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Dengan telah di tetapkannya  Barantum sebagai Whatsapp Official Partner Indonesia. Ini menjadi perhatian tersendiri bagi Barantum dan klien yang menjadi keluarga besar Barantum. Karena dengan demikian, maka  Barantum harus lebih meningkatkan kualitas service dan pelayanannya kepada klien.

Itulah yang saat ini menjadi concern tersendiri bagi Barantum dan team. Dengan adanya  fitur  unggulan Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing, maka Barantum akan semakin memberikan service paripurna kepada klien-kliennya.

Ada beberapa hal yang memang menjadi prioritas tidak saja kepada klien tetapi juga pelaku bisnis yang saat ini belum menjadi keluarga besar Barantum.  Bahwa kedua fitur tersebut yaitu Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing itu adalah sebuah  integrasi sistem dan database yang akan membuat customer atau pengguna CRM semakin di permudah.  Jika kita semua tahu fitur Whatsapp API lebih banyak berkutat mengenai materi pesan masuk dan keluar.

Maka dengan adanya fitur Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing pengguna akan bisa lebih memaksimalkan database yang sudah tersimpan dalam CRM Barantum  untuk  lebih di optimalkan menjadi sebuah marketing strategi yang lebih kompleks dan terintegrasi.

Ada  tiga hal yang selalu menjadi perhatian kita menyangkut kolaborasi Barantum dengan manajemen Whatsapp. Bahwa dengan adanya integrasi Barantum CRM dengan Whatsapp Business API.   Customer atau perusahaan akan bisa mengubah customernya sebagai sebuah aset penting bagi perusahaan dari regular customer menjadi loyal customer.

  1. Whatsapp Business API : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  2. Whatsapp Business  API  : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  3. Whatsapp Business API   : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).

 

 

 

 

In this article

Join the Conversation

5 − 1 =