Bagaimana cara dapatkan pelanggan potensial?

Tim penjualan atau sales sudah pasti akan mencari pelanggan potensial (prospek) baru dan berinteraksi dengan prospek yang sudah ada. Melakukan hal ini tentu menggunakan banyak strategi dan berbeda untuk setiap prospek, tergantung dari informasi yang tim ketahui mengenai mereka. Strategi ini dapat mencakup kampanye produk via email (email marketing), event (misalnya webinar), dan penjangkauan melalui telepon.

Penjangkauan melalui telpon dengan cara cold calling adalah cara lama para sales dalam menjangkau pelanggan potensial. Namun, tim sales masih menggunakan cara ini, meski cara ini sungguh menantang karena seringkali adanya penolakan. Intinya, setiap strategi yang digunakan oleh tim sales memiliki tujuan yang sama, yaitu menarik hati pelanggan potensial untuk melakukan pembelian.

Yuk, simak metode efektif berikut untuk dapatkan hati pelanggan potensial.

Lakukan warm calling

Warm calling adalah aktivitas menghubungi leads atau prospek yang sudah menunjukkan ketertarikan pada produk atau layanan Anda. Hal ini yang membedakannya dengan cold calling, dimana tim sales mengontak pelanggan potensial yang sebelumnya tidak pernah berinteraksi dengan mereka. Dalam cold calling, Anda belum bisa memastikan apakah prospek yang Anda hubungi sudah tertarik dengan bisnis Anda. Sedangkan dalam warm calling, prospek sudah pasti memiliki ketertarikan dengan bisnis Anda.

Warm calling meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan sambutan yang lebih hangat.  Membiasakan calon pelanggan dengan nama Anda atau afiliasi perusahaan Anda sebelum melakukan panggilan pertama atau mengirim email pertama Anda akan mewujudkan hal tersebut.

Ada beberapa cara dalam melakukan strategi ini:

  • Bisnis Anda dan prospek berkenalan pada satu plaform
  • Mengomentari konten yang mereka bagikan di media sosial
  •  Menyukai pembaruan status atau pengumuman perubahan pekerjaan mereka di LinkedIn.

Menjadi sumber informasi bagi bisnis Anda

Dengan menetapkan diri Anda sebagai sumber informasi atau pakar materi di bisnis Anda, Anda dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan sebelum mendapatkan prospek baru.

Anda bisa melakukannya dengan menulis blog terkait bisnis Anda di situs web perusahaan, menulis artikel tamu untuk publikasi perusahaan, dan berbicara di pameran dagang dan konferensi.

Jadilah sumber terpercaya

Untuk menjadi sukses sebagai tenaga penjualan, Anda harus melakukan lebih dari sekadar menjual. Anda harus menjadi orang yang tepat untuk pelanggan Anda dan mendukung mereka setelah Anda menyelesaikan penjualan atau memperoleh closing. Dengan mengubah posisi Anda dari penjual produk dan layanan menjadi pemberi solusi, Anda dapat meningkatkan peluang mendapatkan referensi dari pelanggan yang puas. Manfaatkan referensi ini ketika tiba saatnya bagi Anda untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada prospek baru. Ketika Anda menjadi sumber bagi pelanggan Anda, pada saat sebelum dan sesudah penjualan, mereka akan mengingat bantuan Anda dan akan bersedia membantu Anda sebagai balasannya.

Buatlah skrip

Untuk staf sales baru, membuat skrip atau naskah dasar saat mencari calon pelanggan dapat membantu mereka mengurangi jeda yang tidak nyaman, menggunakan bahasa yang tepat, dan menanggapi kendala umum. Staf sales yang sudah berpengalaman sering tidak menggunakan skrip agar terdengar lebih alami selama percakapan dengan pelanggan. Menggunakan skrip atau tidak, pastikan untuk secara aktif mendengarkan prospek Anda dan menyesuaikan percakapan Anda berdasarkan kebutuhan mereka.

Hindari ‘menjual’

Tujuan Anda memang untuk menjual produk. Namun jika Anda ingin sukses, Anda perlu fokus membangun hubungan saat mencari calon pelanggan. Langsung menjual terlalu cepat akan memberikan tekanan yang tidak semestinya pada prospek.

Membangun fondasi kepercayaan dapat membantu Anda dan calon pelanggan menjadi lebih nyaman satu sama lain, jadi begitu teknik penjualan muncul, teknik itu akan lebih efektif.

Tindak lanjuti prospek

Pertahankan prospek dan tindak lanjuti pada setiap langkah keputusannya. Email atau panggilan membantu Anda membangun hubungan dengan kontak Anda. Hal ini memberi Anda kesempatan untuk lebih memantapkan diri Anda sebagai sumber tepercaya bagi prospek, daripada sekadar menindaklanjuti.

Gunakan video

Jadikan penjangkauan Anda lebih menarik bagi prospek dengan menyertakan video. Gunakan untuk memperkenalkan diri, memberikan konten tambahan, atau untuk merekap panggilan koneksi, penemuan, atau kualifikasi Anda.

Tangkap perhatian prospek dengan menambahkan “video” di baris subjek, dan sertakan gambar mini yang tertaut ke video.

Blok waktu untuk cari calon pelanggan

Sisihkan waktu khusus untuk mencari calon pelanggan di kalender Anda setiap hari. Mencari calon pelanggan tidak mudah — lebih dari 40% tenaga penjualan mengatakan ini adalah bagian paling menantang dari proses penjualan.

Dengan menghalangi waktu untuk mencari calon pelanggan, Anda akan lebih baik dalam jangka panjang karena Anda secara aktif mengisi saluran Anda, yang sering kali menghasilkan lebih banyak percakapan dan tingkat kemenangan yang lebih baik.

Luangkan waktu di media sosial

Terapkan strategi penjualan sosial dan temui prospek di mana pun mereka berada. Sepertinya cukup banyak orang yang telah meneliti produk Anda aktif di media sosial (mis., Twitter, LinkedIn, Facebook, dll.). Jawab pertanyaan mereka dan bagikan konten yang relevan dengan penelitian mereka.

Dan aktivitas penjualan sosial Anda dapat berdampak positif pada penjualan Anda. Faktanya, perusahaan yang menggunakan praktik penjualan sosial secara teratur 40% lebih mungkin untuk mencapai tujuan pendapatan mereka daripada mereka yang tidak memiliki proses penjualan sosial.

Selenggarakan webinar

Webinar adalah tempat yang sempurna untuk mencari prospek, karena Anda tahu bahwa peserta memiliki minat yang ditunjukkan pada topik tersebut. Bermitra dengan organisasi lain di industri Anda untuk menyelenggarakan webinar tentang topik yang saling menguntungkan.

Setelah webinar, jajak pendapat audiens Anda untuk melihat siapa yang siap mempelajari lebih lanjut tentang produk/layanan Anda. Pertimbangkan formulir polling yang meminta mereka untuk menjawab “Ya” atau “Tidak” untuk pernyataan seperti “Saya siap untuk demo”, atau “Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang [Nama perusahaan Anda.]”

Tindak lanjuti dengan mereka yang menanggapi secara positif jajak pendapat atau survei pasca-webinar Anda dalam waktu 24 jam, dan jadwalkan waktu bagi mereka untuk mempelajari lebih lanjut. Dan jangan menyerah pada mereka yang mengatakan bahwa mereka belum siap untuk membeli.

Tempatkan mereka ke dalam kampanye pengasuhan, dan tetap berhubungan selama beberapa bulan ke depan untuk melihat apakah posisi pembelian mereka berubah.

Dapatkan koneksi dari berbagai acara

Pertama, temukan acara yang tepat untuk dihadiri. Identifikasi mengapa orang menghadiri konferensi tertentu, jika agenda memiliki topik yang relevan dengan pelanggan ideal Anda, ukuran komunitas, dan tujuan keseluruhan acara.

Jika Anda menjual software manajemen proyek kepada desainer tingkat pemula dan menengah, Anda mungkin ingin menghindari konferensi yang ditujukan kepada para pemimpin desain atau direktur kreatif yang tidak tertarik dengan jenis software yang digunakan oleh desainer mereka.

Setelah Anda mengidentifikasi acara yang akan memberi Anda ROI terbesar, petakan sesi mana yang akan Anda hadiri, happy hour atau acara networking mana yang akan Anda kerjakan, dan apakah perusahaan Anda akan memiliki stan atau pembicara di sana atau tidak.

Jawab pertanyaan di forum tanya jawab

Cari cara untuk mendidik audiens Anda tentang tren dan praktik terbaik di industri Anda dan akhirnya mendidik mereka tentang produk Anda.

Forum online, seperti Grup LinkedIn dan Quora, memungkinkan orang yang berpikiran sama untuk mengirim pertanyaan ke anggota grup atau audiens dan mendapatkan jawaban dari para ahli di bidangnya. Bergabunglah dengan platform ini, dan mulailah dengan mendengarkan.

Biasakan bagaimana orang mengajukan pertanyaan, tinjau apa yang boleh dan tidak boleh, dan ikuti beberapa percakapan sebelum menjawab pertanyaan sendiri. Setelah Anda membangun pengaruh di komunitas, identifikasi pertanyaan yang dapat Anda jawab tanpa bias.

Misalnya, jika Anda menjual mesin untuk operasi pertanian besar, Anda dapat menjawab pertanyaan yang diajukan seseorang tentang dampak teknologi pada pertanian.

Terlibat dalam obrolan Twitter

Obrolan Twitter adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan baik dengan prospek, dan merupakan taktik penjualan sosial yang efektif. Obrolan Twitter adalah saat sekelompok orang bertemu di Twitter untuk membahas topik, tren, atau bidang minat tertentu menggunakan tagar yang disepakati.

Misalnya, jika Anda menjual aplikasi CRM, Anda dapat bergabung dengan #SoftwareCRM mingguan, di mana para audiens dari perusahaan teknologi saling berbagi pemikiran dan audiens yang merupakan pengguna memberikan seputar topik terkait. Pertanyaan dibagikan oleh pembawa obrolan dan peserta berpadu dengan jawaban mereka menggunakan tagar obrolan.

Jangan hanya berpegang pada buku pedoman prospek penjualan lama yang sama karena itulah yang selalu Anda lakukan. Latih berbagai teknik hingga Anda menemukan perpaduan yang tepat antara teknik penjualan modern yang secara efektif mendukung upaya pencarian calon pelanggan dan sasaran penjualan Anda.

Untuk menyempurnakan usaha Anda, gunakanlah CRM Barantum. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa CRM sangat efektif dalam menjaring prospek atau calon pelanggan potensial untuk bisnis Anda. Mulai dari penjaringan prospek, proses kualifikasi prospek, hingga menjadikan prospek melakukan transaksi, CRM siap membantu Anda.

Gunakan CRM Barantum untuk dapatkan pelanggan loyal serta tingkatkan profit bisnis Anda!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".