2 “SALES TOOLS” YANG DI BUTUHKAN PROFESIONAL SALES AGAR SELALU SUKSES

Tips sales gunakan teknologi

2  “SALES TOOLS”  YANG DI BUTUHKAN PROFESIONAL SALES AGAR SELALU SUKSES CLOSING

 

Dalam kondisi ekonomi yang belum  normal seperti saat ini. Setidaknya  bagi perusahaan apapun jenis produk dan bidang bisnisnya. Salah satu divisi yang selalu menjadi perhatian adalah divisi sales dan marketing. Karena divisi inilah yang akan menjadi salah satu ujung tombak bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Nah bagi seorang profesional sales, sebenarnya hanya di butuhkan dua hal agar dirinya bisa selalu sukses dalam menjalankan aktivitasnya setiap hari. Pertama sudah pasti kemampuan  yang ada dalam dirinya ( marketing/sales skill), dan kedua tools yang berhubungan dengan pekerjaannya.  Dan saat ini salah satu sales tools  yang sangat bermanfaat adalah apa yang di sebut  Whatsapp CRM

Sebelum kita masuk ke Whatsapp CRM, kita akan coba menjelaskan   kenapa kedua hal itu menjadi penting  bagi seorang sales. (1) Profesi sales bisa di katakan setengahnya harus berdasarkan seni. Karena taste sales dalam menghadapi klien pasti berbeda-beda. Sehingga perlu adanya peningkatan personal touch bagi seorang sales profesional (2) Seorang sales  harus mampu melihat situasi, baik internal ataupun external. Karena dirinya sangat berhubungan sekali dengan kedua kondisi  tersebut. Jika kondisi internal, maka dirinya mesti tahu dan paham seperti apa kondisi perusahaan arah dan kebijakan perusahaan. Dan yang pasti seorang sales  harus bisa menjadi “icon produk dari perusahaan “  yang bersangkutan.  Sedangkan untuk situasi external  yang mesti di ketahui adalah kondisi makro dan mikro ekonomi itu sendiri.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka bisa di katakan sebuah sales tools yang  baik harus mampu mengakomodir kedua hal tadi. Sehingga tidak salah jika saat ini Whatsapp CRM bisa menjadi solusi.  Karena keberadaannya bisa mengakomodir kepentingan internal dan external  yang di butuhkan oleh seorang sales profesional.

 

3 KRITERIA SALES TOOLS YANG BISA MENDUKUNG KERJA PROFESIONAL SALES

 

Baca juga artikel berikut : 2 CIRI MUDAH, BAHWA AKUN WHATSAPP BUSINESS ANDA SUDAH TERVERIFIKASI

Masuknya Indonesia di Era Industri 4.0, memang mau tidak  mau, seorang sales profesional mesti paham apa yang di sebut dengan  technologi. Karena media  ini cukup membantu seorang sales dalam menjalankan tugasnya yang semakin kompleks.  Sehingga apapun kondisinya seorang sales profesional mesti paham tren technologi seperti apa yang saat ini sedang di butuhkan oleh sales.

Ada 3 hal ( kriteria ) yang bisa di jadikan acuan  bagi seorang sales  untuk bisa menentukan dengan mudah sales tools tersebut :  (1) Sales tools harus mampu mengakomodir apa yang sering di sebut Sales Technologi.  Dimana dalam konteks ini ada beberapa kriteria yang mesti di penuhi oleh sebuah sales technologi yaitu : (a) Harus bisa membantu sales dalam pembuatan laporan (b) Membantu dalam  pembuatan analisa pasar/ market  (c) Yang penting media tersebut bisa menjadi alat untuk memaintenance database customer/ calon customer, sehingga mempermudah pada saat sales melakukan followup.

(2) Sales tools tersebut harus mampu menjadi media yang efektif untuk pembuatan marketing/sales strategi. Dan bukan hanya itu, sales tools itu juga harus bisa menjadi alat  yang memudahkan sales dalam melakukan komunikasi dengan klien, customer dan calon customer. Baik komunikasi secara langsung ataupun tidak langsung. (3)  Sales tools tersebut  harus mampu mengintegrasikan semua hal yang telah di jelaskan diatas. Sehingga seorang sales tidak di repotkan dengan  banyaknya sales tools, tetapi justru di permudah kerjanya dengan sales tools tersebut.

Melihat kondisi itulah, sehingga tidak heran jika pada akhirnya saat ini Whatsapp CRM seolah menjadi solusi terbaik bagi para profesional sales.  Karena  keberadaan Whatsapp CRM yang bisa juga di sebut dengan istilah lain sebagai Whatsapp Business API mampu mengakomodir  ketiga hal yang telah di jelaskan diatas.

Sebagai penjelasannya : CRM ( Customer Relationship Management).  Sebuah produk yang di  publish oleh Barantum CRM, selain memiliki fitur  untuk mempermudah dalam pembuatan laporan, melakukan analisa pasar hingga membantu sales dalam mengelola database customer.  Saat ini CRM juga sudah terintegrasi dengan beragam media sosial seperti Line, IG, Youtube, Yahoo Messenger, Telegram dan sudah pastinya Whatsapp.  Sehingga dengan hanya menggunakan Barantum CRM sudah bisa melakukan banyak hal sekaligus.

 

WHATSAPP CRM, IMPLEMENTASI DARI KOLABORASI BISNIS BARANTUM DENGAN MANAJEMEN WHATSAPP

 

Berdasarkan kondisi itulah,  sehingga pada akhirnya Barantum  sebagai perusahaan yang fokus dalam pengembangan produk CRM melakukan  kolaborasi bisnis dengan Manajemen Whatsapp.  Jika pada akhirnya terbentuk Whatsapp Official Partner Indonesia, itu adalah wujud dari komitmen Barantum dalam membantu pelaku bisnis dalam menyediakan sales tools yang tidak saja mudah di gunakan tetapi juga multi fungsi.

Saat ini dengan jumlah klien Barantum yang berjumlah lebih dari 20-an jenis industri dan beragam tingkatan perusahaan. Dari mulai kelas UMKM hingga Enterprise, maka Whatsapp CRM menjadi solusi  para pelaku bisnis dalam menentukan sales tools  yang berguna untuk  kelancaran kerja para team salesnya.  Terlebih saat ini Barantum CRM telah mengeluarkan apa yang di namakan Fitur Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing.  Sebuah fitur yang memang di butuhkan oleh perusahaan untuk memudahkan pengelolaan perusahaan secara mudah.

Bukan sekadar sales tools, tetapi Whatsapp CRM juga bisa menjadi media komunikasi  yang efektif semua team / divisi yang ada dalam sebuah perusahaan. Kenapa, karena dengan adanya  pengembangan  fitur-fitur yang ada di dalamnya. Saat ini pengguna Barantum CRM bukan saja dari divisi sales dan marketing. Tetapi semua divisi dalam satu perusahaan bisa menggunakan Barantum CRM untuk meningkatkan performance perusahaan.

Setidaknya ada 3 hal yang membuat Whatsapp CRM atau Omnichannel CRM di pilih oleh perusahaan. Pertama karena aplikasi ini user friendly sehingga siapapun dan dimanapun diseluruh Indonesia bisa menggunakan aplikasi CRM  Barantum. Kedua aplikasi ini bisa di gunakan untuk mengukur KPI karyawan yang ada dalam perusahaan . Sehingga Divisi HRD lebih mudah dalam membuat penilaian yang fair kepada semua karyawan . Ketiga aplikasi ini bisa dengan mudah di integrasikan semua apapun  jenis aplikasi atau sistem yang ada, sehingga tidak menyulitkan bagi perusahaan yang sudah memiliki sistem  jika ingin diintegrasikan dengan Whatsapp CRM atau Omnichannel CRM.

 

 

 

In this article

Join the Conversation

2 × 2 =