6 KEUNGGULAN WHATSAPP BUSINESS, SEBAGAI MEDIA JUALAN YANG EFEKTIF

apa itu whatsapp api

KEUNGGULAN WHATSAPP BUSINESS UNTUK BERJUALAN

Whatsapp Business untuk Berjualan merupakan salah satu cara yang bisa meningkatkan omzet sekaligus pengalaman pelanggan Anda. Saat ini bisa di katakan WhatsApp menjadi salah satu media sosial  yang banyak di minati oleh pelaku bisnis. Terlebih dengan banyaknya keunggulan yang diberikan oleh aplikasi WA Business. Sehingga wajar, jika  pelaku bisnis banyak yang mengoptimalkan penggunaan WA Business untuk menjalankan aktivitas bisnisnya, salah satunya untuk aktivitas  “ jualan produknya “.


Sebenarnya menariknya WhatsApp sebagai instrumen bisnis sudah mulai dirasakan ketika Indonesia masuk dalam Era Industri 4.0. Dimana pelaku bisnis sudah memaksimalkan penggunaan IT ( Information Technologi) sebagai salah satu instrumen  pendukung  untuk menyukseskan bisnis yang mereka jalankan.

Wajar memang jika pada akhirnya  tidak saja di Indonesia, di dunia sekalipun penggunaan aplikasi WhatsApp khususnya WhatsApp Business menjadi tren penggunaan yang paling banyak di pakai. Berikut kami tampilkan hasil dari beberapa survey yang menjelaskan kondisi terkini dari WhatsApp di dunia :

  1. WhatsApp saat ini memiliki pengguna aktif sekitar 2 milliar. Artinya kondisi ini menjelaskan komposisinya Facebook Messenger  hanya ½ dari WhatsApp ( sumber : Statista).
  2. Jika di lihat rata-rata dari pengguna WhatsApp aktif, mereka melakukan pemeriksaan atau membuka WA lebih dari 23x dalam 1 hari ( Sumber : Text Request)
  3. Di dunia saat ini kondisi WhatsApp merupakan aplikasi yang teratas di dunia dengan 128 negara. Berbeda dengan pesaing utamanya Facebook yang hanya mampu menempati teratas di dunia dengan jumlah  72 negara ( Sumber : Hoot Suite)
  4. Saat ini dunia berdasarkan survey, sudah ada sekitar 3 juta perusahaan yang menggunakan WhatsApp untuk melakukan komunikasi bisnis dengan para pelanggan dan customer mereka ( Sumber : 99Firms)

KELEBIHAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA JUALAN PRODUK  YANG MENARIK

 

Dengan semua keunggulan yang  dimiliki oleh WhatsApp tidak heran jika pada akhirnya saat ini WhatsApp sering di gunakan sebagai media jualan yang efektif.  Setidaknya ada 6 hal yang membuat WhatsApp Business menarik sebagai media jualan produk bagi para pelaku bisnis.

  1. WhatsApp atau WhatsApp Business, saat ini banyak di gunakan oleh pelaku bisnis. Terbukti dari hasil survey di dunia saja. Saat ini ada sekitar 23 juta perusahaan yang sudah menggunakan WA untuk komunikasi bisnis.
  2. Menariknya WhatsApp tidak saja bisa di gunakan di Handphone, tetapi juga di PC. Sehingga memudahkan operasional bisnis jika menggunakan WhatsApp. Sehingga karena fleksibilitas itulah yang membuat WA semakin popular di dunia bisnis.
  3. WhatsApp adalah salah satu aplikasi komunikasi bisnis yang aman dari peretasan. Ini membuat komunikasi bisnis menjadi lebih aman dan nyaman.
  4. WhatsApp pun saat ini  hadir dalam dua pilihan yaitu WA Regular dan WA Business. Dengan adanya dua pilihan tersebut membuat  pengguna bisa menyesuaikan kondisinya  dengan aplikasi WA tersebut.
  5. WhatsApp adalah media komunikasi bisnis yang simple namun multi fungsi. Karena memori yang ada dalam aplikasi ini bisa menampung sekitar 256 member ( anggota group). Sehingga dengan keunggulan fitur itulah yang membuat WA semakin di minati.
  6. Hal lain yang penting dan menarik dari WhatsAPP adalah, saat ini ada fitur WhatsAPP story. Fitur ini bisa di gunakan oleh pelaku bisnis untuk membuat konten yang menarik dan sekaligus menyisipkan didalamnya materi promosi yang di inginkan. Keunggulan lainnya adalah WA Story bisa menyisipkan link tanpa adanya syarat. Sehingga aplikasi WA ini bisa  di manfaatkan dan mengarahkan peserta yang ada di kontak WhatsApp anda untuk menuju website atau akun bisnis yang anda dan  perusahaan anda miliki.

Baca juga artikel berikut : 5 Manfaat Whatsapp Business API yang perlu kamu tahu!

CRM BARANTUM JADI OFFICIAL PARTNER WHATSAPP UNTUK MEMBANTU BISNIS MENINGKATKAN OMZETNYA

Keuntungan Menggunakan CRM

Jika anda sekalian sudah tahu keunggulan dan manfaat dari WhatsApp  baik regular atau bisnis. Maka cara selanjutnya  yang mesti menjadi perhatian para pelaku bisnis adalah bagaimana mengoptimalkan WhatsApp untuk mengoptimalkan database customer yang ada dalam kontak WhatsApp tersebut.  Salah satu yang bisa di lakukan adalah dengan mensinergikan WhatsApp dengan CRM ( Customer Relationship Management).  Karena aplikasi CRM bisa menjadi media paling efektif untuk mengelola database customer atau peserta yang ada dalam kontak WhatsApp tersebut. Dengan adanya integrasi ini, maka menggunakan Whatsapp Business untuk berjualan akan sangat membantu dan meningkatkan omzet sekaligus pengalaman pelanggan Anda.

Dengan adanya integrasi tersebut, maka perusahaan bisa melakukan  Strategi Customer Based Oriented dengan menggunakan WA Business  yang sudah terintegrasi dengan CRM (  Customer Relationship Management). Hasil akhirnya sudah pasti customer  meningkat kualitasnya menjadi Loyal Customer.

Itulah  kenapa, CRM Barantum sebagai sebuah entitas bisnis yang peduli dengan perkembangan dan pengembangan bisnis pelaku industri di Indonesia. Merasa perlu untuk  mencoba  melakukan kolaborasi dengan Manajemen Whatsapp untuk memberikan satu instrumen terbaik yang bisa di gunakan oleh pelaku bisnis . Jika pada akhirnya CRM Barantum menjadi salah satu Official  Partner Whatsapp itu adalah bentuk komitmen Manajemen CRM Barantum untuk sektor bisnis di Indonesia.

Lantas dengan adanya kolaborasi tersebut, apa sejatinya yang  bisa di dapat oleh pelaku bisnis.  Setidaknya  ada tiga hal penting  yang bisa menjadi pertimbangan para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan penggunaan  WA Business dengan  terintegrasi CRM Barantum.

1. WA Business : Dapat Meningkatkan Performance dari Manajemen  Sales & Marketing( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )

2. WA Business : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis(karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)

3. WA Business : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).

 

Baca juga : WHATSAPP BUSINESS API, MODEL KOMUNIKASI BISNIS DI ERA NEW NORMAL

 

In this article

Join the Conversation

12 + fourteen =