WHATSAPP BUSINESS API, MODEL KOMUNIKASI BISNIS DI ERA NEW NORMAL

PENGERTIAN WHATSAPP BUSINESS API

Whatsapp merupakan Aplikasi percakapan atau komunikasi melalui jalur internet. Hampir semua orang yang memakai smartphone Android besutan Google sudah terinstall Aplikasi Whatsapp didalamnya. Untuk mendukung para pebisnis dan UMKM Whatsapp pun meluncurkan fitur Whatsapp Businesss sehingga para pengguna dapat dengan mudah menjangkau Bisnis dan pelaku Bisnis pun dapat dengan mudah berkomunikasi langsung dengan pelanggannya. Dukungan Whatsapp bagi pelaku Bisnis pun tidak berhenti sampai disana, setelahnya Whatsapp meluncurkan Whatsapp Business API, yang ditujukan oleh Bisnis kelas menengah keatas. Apa itu Whatsapp Business API? Whatsapp Business API adalah sistem yang dapat membuat interaksi antara customer dan perusahaan dapat berjalan dengan lebih efisien. Kata API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface yang berisi serangkaian kode yang nantinya akan terkoneksi dengan software perusahaan. Software tersebut nantinya akan kembali dihubungkan pada akun WhatsApp.

WHATSAPP BUSINESS API, MENGOPTIMALKAN POTENSI BISNIS DARI SISI CUSTOMER

Tujuan dari pada Whatsapp Business ataupun Whatsapp Business API ini adalah efisiensi dalam komunikasi bisnis. Konteks komunikasi bisnis itulah yang membuat salah satu aplikasi bisnis seperti Whatsaap Business saat ini begitu penting. Konsepnya yang bisa di integrasikan dengan beberapa aplikasi bisnis membuat Whatsapp Business cukup familiar di mata para pelaku bisnis.

Kedepannya Whatsapp Business API akan menjadi media paling efektif dalam mengoptimalkan potensi bisnis dari sisi customer. Mari kita lihat terlebih dahulu beberapa data berikut sebagai dasarnya : Total Populasi (jumlah penduduk): 272,1 juta, Pengguna Mobile Unik: 338,2 juta, Pengguna Internet: 175,4 juta, Pengguna Media Sosial Aktif: 160 juta, Pengguna Youtube di Indonesia sebanyak 88% dari jumlah populasi, Pengguna Whatsapp di Indonesia sebanyak 84% dari jumlah populasi, Pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 82% dari jumlah populasi, Pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 79% dari jumlah populasi.

Kita semua tahu, bahwa Customer / Pelanggan adalah aset Perusahaan yang paling penting. Dari data diatas, bisa dibilang bahwa lebih dari 90% customer ataupun calon pelanggan dari para Pelaku Bisnis menggunakan Aplikasi Whatsapp untuk berkomunikasi. Sehingga dapat kita simpulkan, apabila Bisnis menggunakan Whatsapp Business API sebagai saluran komunikasi Bisnis dengan Pelanggan / Customernya, maka Pelanggan akan sangat dimudahkan untuk menjangkau Bisnis Anda dan ini akan menciptakan pengalaman pelanggan yang baik bagi Perusahaan.

FITUR WHATSAPP  BUSINESS API

fitur whatsapp business api

Sebagai sebuah aplikasi bisnis,  Whatsapp  memang layaknya sebuah tools yang akan bisa mempermudah komunikasi bisnis penggunanya. Itulah sebabnya, dalam perjalanannya, manajemen Whatsapp telah melakukan pengembangan produk dengan menyesuaikan  kebutuhan  penggunanya. Itulah sebabnya, saat ini dengan  keberadaan Whatsapp Business yang semakin tinggi maka Whatsapp telah melengkapi beberapa fitur dalam Whatsapp Busines API yang bisa dijadikan  alat untuk menjalankan bisnis penggunanya.

  1. Fitur Profil Bisnis : berisi Informasi perusahaan : email, alamat, website
  2. Respon Pesan : Fitur ini berguna untuk user dalam memberikan jawaban  otomatis secara cepat kepada lawan bicara
  3. Kontak & Obrolan ( Label ) ; Anda dapat mengatur sesuai kebutuhan, sehingga tampilannya bisa terlihat lebih rapi dan memudahkan penggunanya
  4. Statistik : Dengan adanya fitur ini maka user ( pengguna ) bisa mensortir atau memfilter obrolan atau percakapan baik secara personal, pesan dalam group hingga pengaturan pesan yang belum terbaca.
  5. Fitur Lainnya : pembuatan KATALOG

Masih banyak lagi fitur lainnya dalam Whatsapp Business API, termasuk juga integrasi Chat Bot, Centang Hijau yang artinya akun Whatsapp Bisnis tersebut adalah resmi akun Perusahaan dan telah terdaftar di Whatsapp sebagai pengguna akun bisnis. Integrasi dengan CRM yang akan memudahkan mencatat semua histori percakapan bisnis dengan pelanggan, pelacakan GPS, dan lain sebagainya. Anda harus benar – benar mencobanya dan Anda akan melihat bagaimana fitur – fitur ini akan sangat bermanfaat sekali bagi perkembangan Bisnis Anda.

MANFAAT BAGI PERKEMBANGAN BISNIS

Dengan semua hal yang telah di jelaskan diatas, kita  bisa melihat bahwa penggunaan WA Business memang bisa memberikan  beberapa keuntungan, beberapa diantaranya yaitu :

  1. Efektivitas dan efisiensi kerja dalam mengelola customer menjadi lebih mudah. Karena di dukung dengan adanya beberapa fitur pendukung.
  2. User ( pengguna ) di permudah dalam kaitan melakukan komunikasi dengan customer. Sehingga optimalisasi customer bisa di kelola dengan cukup baik, dan bisa saja target Customer Oriented Based dilakukan dengan WA Business.
  3. Program Promosi dan Kegiatan Marketing bisa dengan mudah di lakukan dengan WA Business. Sehingga penghematan cost operasional untuk kedua program tadi bisa di lakukan dengan baik.
  4. Program Sales / kegiatan penjualan bisa di jalankan dengan baik, karena beberapa fitur yang ada sudah mendukung kearah program tersebut. Sehingga peningkatan pelayanan kepada customer bisa di  tingkatkan menjadi lebih cepat, lebih mudah, serta lebih tepat sasaran karena semua database customer juga bisa tersimpan secara rapi dalam WA Business

Semua hal  tadi merupakan fungsi dan keunggulan dari Whatsapp Business API yang telah berkembang cukup baik.  Dimana untuk menyempurnakan penggunaannya, memang di butuhkan satu lagi aplikasi yang bernama CRM ( Customer Relationship Management). Kenapa mesti CRM, dan bagaimana CRM bisa di integrasikan dengan Whatsapp Business API sehingga menghasilkan satu integrasi bisnis yang bisa menguntungkan bagi penggunanya :

KEUNGGULAN WHATSAPP BUSINESS API – INTEGRASI CRM

crm whatsapp business api

CRM adalah aplikasi untuk mengoptimalkan potensi  yang di miliki Perusahaan. Sedangkan Whatsapp saat ini menjadi media komunikasi paling favorit setelah Facebook. Sehingga integrasi CRM dengan Whatsapp akan meningkatkan potensi untuk mendapatkan omzet lebih tinggi bagi perusahaan.

Integrasi ini sekaligus akan mendukung strategi Customer Based Oriented (CBO) dalam Bisnis Anda yang akan memberikan pengalaman pelanggan terbaik dan meningkatkan loyalitas pelanggan kepada Perusahaan.

Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dari Integrasi CRM dengan Whatsapp Business API adalah :

  1. Dapat meningkatkan performance dari Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  1. Dapat meningkatkan Produktivitas Bisnis. Integrasi Whatsapp dengan aplikasi CRM, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan
  1. Dapat meningkatkan dan mengubah kualitas customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer )
  1. Dapat menjangkau pelanggan lebih luas lagi, dengan adanya Whatsapp Business API, Pelanggan akan lebih mudah terhubung dengan Perusahaan dan respon Perusahaan pun menjadi lebih cepat
  2. Perusahaan akan jadi lebih mudah membangun sistem contact center ataupun layanan dukungan pelanggan dengan sistem yang powerful CRM, Call Center, Omnichannnel, Email dan Whatsapp semua dalam 1 platform.

STRATEGI CUSTOMER BASED ORIENTED UNTUK KEMAJUAN BISNIS

Dalam mewujudkan Customer Based Oriented dengan dukungan Whatsapp Business Api dibutuhkan beberapa kondisi yang mesti di perhatikan oleh perusahaan, yaitu :

  1. Menerapkan strategi Unified Communication (disinilah peran dari omnichannel termasuk Whatsapp)
  2. Menyediakan model pembayaran dengan sistem Digital  Payment untuk mempermudah proses transaksi
  3. Perusahaan harus bisa memaksimalkan pelayanan ( service purna jual ) kepada customer.

Dengan menjalankan  minimal 3 hal tersebut, maka perusahaan akan lebih mudah menjangkau pelanggan dan menciptakan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Diskusikan kebutuhan atau pertanyaan Anda bersama Pakar CRM kami pada kolom dibawah ini, atau hubungi langsung Whatsapp Business kami di 02139722000 dan kami akan dengan senang hati berdiskusi dengan Anda untuk meningkatkan bisnis Anda. Anda juga bisa membaca lebih lengkap fitur – fitur CRM Barantum disini

 

In this article

Join the Conversation

2 × 3 =