Absensi Pakai Selfi dengan CRM

Absensi pakai selfie dengan CRM siapa takut? Bagi sales lapangan yang kerjanya di luar kantor memerlukan aplikasi untuk absensi harian. Bagi Anda yang kerja darimana saja jangan lupa absensi ya.

Aplikasi CRM kini memang memudakan untuk memonitoring sales lapangan. Terlebih aplikasi CRM, seperti Barantum, yang menggunakan sistem cloud. Sebenarnya, apa sih manfaat dari monitoring sales lapangan dengan CRM ini? Yuk simak pembahasannya di sini dan ketahui fakta CRM membantu meningkatkan efektivitas penjualan Anda.

Aplikasi Monitoring Pekerjaan untuk Tim Sales Lapangan

Aplikasi Monitoring Pekerjaan sales  untuk tim sales lapangan hadir dalam banyak variasi. Ada solusi untuk melacak komunikasi karyawan, aplikasi untuk pelacakan waktu, dan ada juga platform yang menggabungkan semua peran itu.

Solusi apa yang harus Anda pilih tergantung pada bidang aktivitas dan pekerjaan karyawan yang ingin Anda perhatikan. Dalam artikel kali ini kita akan lebih berfokus kepada Aplikasi untuk monitoring sales.

Seiring perkembangan zaman, teknologi mempermudah tiap aktivitas. Tiap perusahaan berusaha meningkatkan penjualan mereka. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan sales monitoring di perusahaan yang Anda jalani. Sales monitoring merupakan kegiatan menyimpan keselutuhan aspek dan proses penjualan. Hal tersebut membantu Anda untuk memantau aktivitas tim sales dalam berkomunikasi dengan customer.

Selain itu, analisis dari sales monitoring membantu perusahaan Anda meningkatkan penjualan. Sales manajer di perusahaan Anda dapat melihat KPI tiap anggota timnya dan melakukan evaluasi dengan cepat. Jika sales monitoring digunakan dengan baik, maka hasil penjualan perusahaan akan lebih optimal. Ditambah, dengan adanya sales monitoring membantu meningkatkan potensi calon pelanggan menjadi pelanggan di perusahaan Anda.

Anda tidak perlu lagi memantau aktivitas tim sales di berbagai channel. Seluruh riwayat percakapan dan aktivitas terekam dalam satu platfrom. Dalam sales monitoring ini memungkinkan perusahaan Anda meningkatkan layanan dan penjualan.

Fitur penting dalam Aplikasi pemantauan atau monitoring kinerja karyawan salah satunya adalah bagaimana aplikasi tersebut dapat memberi tahu Anda tentang kejadian yang berbeda. Namun, untuk informasi yang lebih terperinci, Anda akan membutuhkan opsi pemberitahuan yang luas.

Aplikasi Monitoring Sales Berbasis Cloud

Kita hidup pada masa, di mana bersikap fleksibel adalah salah satu cara untuk mencapai kesuksesan di tempat kerja. Langkah cepat dunia dan kemajuan teknologi memungkinkan untuk bekerja dari mana saja saat ini. Tidak heran semakin banyak orang memutuskan untuk bekerja saat bepergian, dari rumah atau lokasi yang jauh di belahan dunia yang lain. Perwakilan penjualan atau tenaga kerja Sales juga termasuk diantaranya. Tenaga kerja Sales butuh mobility yang tinggi serta fleksibel dan dapat beradaptasi dalam situasi kapan saja.

Memonitor tenaga sales yang bekerja dari jarak jauh atau melacak pekerjaan mereka adalah bukan hal yang mudah. Jauh lebih mudah untuk mengendalikan proyek dan mengelola tim Anda ketika semua orang ada di dalamnya. Saat bekerja dengan pekerja jarak jauh, baik individu atau seluruh tim, masalah tertentu muncul. Dan mereka termasuk komunikasi, perbedaan zona waktu atau memastikan orang memprioritaskan tugas yang paling penting.

Karena itu, dan banyak alasan lain, beberapa perusahaan memutuskan untuk menggunakan Aplikasi monitoring sales yang mempunyai fitur pelacakan GPS seperti Aplikasi CRM Barantum. Aplikasi CRM Indonesia yang pertama mempunyai fitur pelacakan sales dengan GPS dan berbasis cloud. Sehingga dapat Mengetahui di mana tim Anda berada pada saat tertentu dan memberi Anda gambaran yang jelas tentang apa yang terjadi dengan semua tim sales Anda yang berada di lapangan.CTA Barantum

Manfaat CRM untuk Sales Lapangan yang Bisa Anda Dapatkan

1. Mempermudah membuat laporan

Dengan sales tracking system, sales dapat membuat laporan secara real time, mudah, dan cepat, hanya dengan mengisi deskripsi yang sudah tercantum di dalam fitur tersebut sehingga waktu yang diperlukan lebih efisien dan tim marketing bisa mudah langsung melihat data yang dilaporkan dengan cepat.

2. Memaksimalkan Pelayanan Terhadap Pelanggan

Adanya sales tracking system yang menginput data pelanggan secara real time, berpengaruh pada cepatnya pelayanan lanjutan untuk menghubungi pelanggan tersebut. Pasalnya, jika terlalu lama menghubungi pelanggan maka kemungkinan pelanggan membatalkan order lebih besar karena pelanggan merasa jenuh.

Tentu saja kesan yang baik pada pelanggan membuat pelanggan berkemungkinan besar merekomendasikan kepada kenalannya dan akan melakukan pemesanan ulang.

3. Dokumen tersimpan dengan rapi dalam 1 platform

Laporan yang masih menggunakan cara manual, membuat proses penyimpanan dokumen membutuhkan waktu lama dan berkas dokumen akan menumpuk. Hal itu karena sales membuat dokumen laporan di kertas tiap selesai prospek calon pelanggan. Jika dalam satu perusahaan memiliki banyak tim sales, tentu membuat sales dan tim marketing kesulitan untuk mencari data dengan cepat.

Laporan data yang sulit dicari akan memperlambat proses kerja. Terlebih jika berhubungan dengan bisnis produk yang perlu pengiriman cepat ke pelanggan. Adanya aplikasi sales system tracking, dokumen dari tiap sales akan terdata dalam satu platform. Laju produksi dan distribusi produk perusahaan pun akan berjalan dengan baik.

4. Memantau performa bisnis lebih akurat dan cepat

Sales system tracking dapat menunjukkan performa bisnis Anda secara real time. Aplikasi sales tracking system mendata seluruh penurunan dan peningkatan penjualan. Jadi, sales manajer dapat mengevaluasi strategi penjualan berikutnya.

Selain manfaat di atas, sales system tracking secara tidak langsung bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran biaya perusahaan.

5. Mengetahui kinerja dan lokasi sales

Menghubungi tiap sales dan menanyakan sedang berada di wilayah mana pastinya memakan waktu yang lama, terlebih jika dalam perusahaan memiliki banyak sales yang terjun langsung ke lapangan.

Baca Juga: Intip Alasan Mengapa Tim Sales Membutuhkan CRM Mobile

Kini, sales leader tidak perlu menanyakan satu per satu anggota timnya terkait data terbaru dan lokasi terkini tim sales. Dengan menggunakan sales tracking system, sales dapat langsung meng-update lokasi terkini yang langsung terinput ke sistem sehingga sales leader dapat mengetahui data dan lokasi real time tiap anggota timnya sehingga pekerjaan lebih efisien.

Cara Kerja Aplikasi CRM

Tim sales lapangan dan marketing akan sulit mencari data pelanggan di tumpukan berkas yang dicatat secara manual. Contohnya, mencari data penjualan perusahaan, ataupun data pelanggan di periode tertentu. Oleh karena itu, aplikasi sales tracking system hadir sebagai solusi untuk mempermudah cara kerja pendataan laporan perusahaan.

Di dalam aplikasi CRM sales leader lebih mengetahui bagaimana kondisi nyata saat sales berada di lapangan. Kendala yang terjadi di lapangan pun dapat langsung diketahui dan dicari jalan keluarnya.

Cara kerja aplikasi sales tracking system ini sangat sederhana dengan fitur yang mudah dipahami dan sederhana. Jadi, sales tidak mengalami kesulitan untuk menginput data pelanggan dari berbagai lokasi. Data yang terinput dapat dilihat secara real time dan interaktif sehingga perusahaan dapat menganalisis pola pelanggan dan kebutuhan pelanggan. Secara garis besar, berikut cara kerja sales tracking system:

1. Mengidentifikasi target audience perusahaan berdasarkan data yang telah terinput secara real time.

2. Mengidentifikasi target audience dari berbagai sumber, baik online seperti media sosial, chat, telepon, email maupun secara offline.

3. Rincian tahapan prospek lebih detail. Misalnya, jumlah pengunjung di berbagai platform ataupun berapa lama waktu yang dibutuhkan calon pelanggan menjadi pelanggan.

4. Mengidentifikasi ketertarikan pelanggan terhadap cara penawaran produk perusahaan, baik melalui website, media sosial, email, janji temu, ataupun telepon.

Baca juga: Cara Memanfaatkan CRM untuk Tingkatkan Penjualan

Dapatkan Kemudahan Aplikasi Sales Tracking System Sekarang

CRM tracking system

Apliakasi sales tracking system merupakan sistem yang efektif untuk mempermudah pekerjaan. Laporan kerja dari sales dan dapat dipantau langsung oleh sales manajer sehingga bisa memantau perkembangan bisnis perusahaan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".