Penyebab Sales Lapangan Dapat Bantu Tingkatkan Loyalitas Pelanggan dengan CRM

Sales lapangan tingkatkan loyalitas pelanggan dengan CRM bukanlah hal yang mustahil. CRM memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan informasi dari seluruh titik kontak. Mulai dari web, call center, media sosial, hingga melalui sales lapangan.

Sales lapangan menggunakan metode pemasaran yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Dengan begitu, sales lapangan bisa melihat secara langsung karakter pelanggan. Pelanggan memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, cara komunikasinya pun berbeda.

Inilah yang menjadi poin plus dari sales lapangan. Mereka yang dapat berkomunikasi sesuai dengan karakter pelanggan berdampak pada pelayanan pelanggan yang maksimal. Pelanggan yang merasa nyaman akan memicu loyalitas pelanggan tersebut. Alhasil, penjualan bisnis Anda pun semakin meningkat.

Hal tersebut bisa Anda dapatkan dari aplikasi CRM, seperti Barantum, yang tersedia aplikasi CRM mobile agar mudah diakses kapan saja dan dimana saja oleh tim sales lapangan.

Mengapa Perlu Menggunakan Aplikasi CRM?

Aplikasi CRM atau perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan menyediakan sistem analisis prospek yang terorganisasi kepada tim Anda. Sehingga membantu Anda merampingkan penjualan Anda.

Fitur aplikasi CRM mobile juga akan melengkapi upaya penjualan Anda dengan memberi staf penjualan Anda aplikasi pada smartphonenya yang akan membantu mereka dengan cepat menyortir pertemuan dengan pelanggan yang potensial — memberi Anda informasi yang diperlukan untuk melakukan kesepakatan penjualan dalam waktu sesingkat mungkin.

CTA Barantum

Cara Sales Lapangan Tingkatkan Loyalitas Pelanggan dengan CRM

1. Pemberian informasi cepat dan mudah

Alih-alih berlari kembali ke kantor setiap kali mereka perlu mengakses info penting dan data pelanggan, CRM mobile memberi tim sales Anda akses tanpa gangguan ke semua yang mereka butuhkan langsung di lapangan.

Tidak ada lagi penundaan interaksi dengan pelanggan. Tidak ada yang mau berbisnis dengan tim sales yang tidak berkompeten. Bayangkan membuat pitch dan jawaban Anda atas pertanyaan pelanggan adalah saya akan menghubungi Anda lagi nanti. Ini tidak hanya akan menunjukkan betapa tidak kompetennya Anda, tetapi juga melukiskan gambaran buruk dari seluruh perusahaan. Lengkapi tim penjualan Anda dengan semua perlengkapan penting dari sekarang.

2. Waktu kerja efektif

Dengan tersedianya aplikasi CRM mobile IOS/Android, seperti Barantum, Anda tak perlu bingung untuk meluangkan waktu. Aktivitas bisnis yang sales lapangan kerjakan dan di manapun mereka berada, tetap terpantau dalam genggaman tangan Anda.

Segala proses pemantauan aktivitas bisnis dalam aplikasi CRM dilakukan dengan mudah, cepat, dan praktis. Dengan begitu, waktu kerja sales lapangan pun lebih efektif. Sehingga mereka lebih dapat melakukan penjualan lebih banyak.

Di sisi lain, pemuatan laporan yang masih menggunakan cara manual, membuat proses penyimpanan dokumen membutuhkan waktu lama. Berkas dokumen dari sales lapangan pun akan menumpuk. Hal itu karena sales membuat dokumen laporan di kertas tiap selesai prospek calon pelanggan.

Jika dalam satu perusahaan memiliki banyak tim sales, tentu membuat sales dan tim marketing kesulitan untuk mencari data dengan cepat. Laporan data yang sulit dicari akan memperlambat proses kerja.

Terlebih jika berhubungan dengan bisnis produk yang perlu pengiriman cepat ke pelanggan. Adanya aplikasi sales system tracking, dokumen dari tiap sales akan terdata dalam satu platform. Laju produksi dan distribusi produk perusahaan pun akan berjalan dengan baik.

Baca juga: Aplikasi CRM untuk Mengelola Prospek Berkualitas Tinggi

3. Mempercapat siklus penjualan

Manfaat CRM Mobile lainnya dari CRM mobile yang sangat terkenal adalah ia dilengkapi dengan berbagai alat penjualan. Selain mengelola panggilan dan data pelanggan, CRM dilengkapi dengan alat perencanaan yang membuat Anda selangkah lebih maju setiap saat.

Oleh karena itu, Anda tidak hanya memiliki semua yang Anda butuhkan untuk unggul di lapangan, tetapi Anda juga memiliki kalender, pengingat, dan alat perencanaan yang aktif untuk membantu Anda maju.

4. Tiap aktivitas tercatat dengan baik

CRM mampu memberikan laporan dan mencatat tiap aktivitas sales lapangan. Tiap aktivitas yang dilakukan sales lapangan pun dapat dilihat secara real time. Dengan begitu, sales leader dapat meninjau progress sales lapangan dan kecepatan mereka bekerja.

Dengan adanya data real time, sales leader bisa melihat proses tersebut sudah sejauh apa. Di sisi lain, sales lapangan lebih mudah menginformasikan hasil pertemuan dengan pelanggan.

Jadi, seluruh aktivitas penjualan dan proses penanganannya tersaji dengan baik dalam CRM.

5. Memberikan pelayan pelanggan dengan optimal

Kecepatan proses memberikan informasi menjadi nilai plus penggunaan CRM. Dengan begitu, sales lapangan tidak banyak menyita waktu pelanggan. Terlebih, jika pelanggan tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Pencatatan secara manual akan memakan waktu yang lama. Namun, beda halnya jika sales lapangan menggunakan aplikasi CRM. Dengan penggunaan CRM, sales lapangan dapat dengan mudah mengisi data yang diperlukan langsung ke dalam sistem. Tidak hanya itu, sales lapangan pun dapat menginput tiap pertemuan yang perlu dilakukan ke dalam sistem.

Pelayanan yang cepat dan mudah ini membuat pelanggan merasa Anda menghargai waktu mereka.

6. Mempertahankan pelanggan

Dalam menjaga loyalitas pelanggan, Anda harus terus konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik, sehingga hubungan perusahaan dan pelanggan akan tetap terjaga dengan baik, mereka juga bisa menjadi percaya dengan perusahaan berkat layanan yang baik.

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Memilih CRM yang Tepat

Dengan ratusan aplikasi CRM di pasaran, keputusan yang terbaik untuk bisnis Anda bisa sangat membingungkan. Ada empat jenis CRM yang berbeda, dengan masing-masing berfokus pada aktivitas yang berbeda. Untuk memastikan Anda mendapatkan yang terbaik dari CRM Anda, sebaiknya Anda tetap menggunakan aplikasi CRM profesional seperti Barantum CRM.

 

CTA Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".