Dunia bisnis mengharuskan Anda untuk bergerak serba cepat. Anda juga harus mengandalkan berbagai teknologi digital modern untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik. Oleh sebab itu, banyak aplikasi yang bermunculan untuk mendukung bisnis Anda. Nah, tahukan Anda apa saja aplikasi bisnis terbaik yang perlu Anda miliki? Yuk, simak penjelasannya.

Pengertian Aplikasi Bisnis

Aplikasi bisnis adalah alat yang dibuat untuk membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan, usaha dan bisnis. Software yang termasuk aplikasi bisnis di antaranya software invoice, software akuntansi, pembukuan usaha dan lain-lain.

Terdapat berbagai macam aplikasi bisnis, apa sajakah itu? Yuk, simak di artikel berikut ini.

Rekomendasi Aplikasi Bisnis Terbaik

1. Barantum CRM

Barantum CRM merupakan aplikasi penunjang bisnis yang dapat membantu pekerjaan bisnis Anda lebih efektif dan efisien. Berbagai fitur dalam aplikasi ini dapat memudahkan karyawan Anda melakukan pekerjaannya sehingga memaksimalkan pencapaian key performance indicator mereka.

Dengan menggunakan Barantum CRM, sebagai salah satu aplikasi CRM terbaik, Anda dapat memantau aktivitas karyawan secara realtime. Selain itu, adanya Barantum CRM omnichannel dapat membantu pelayanan bisnis Anda optimal dan menciptakan customer liftime value. Sehingga agen call center Anda mampu menjadi agen call center terbaik.

CRM terbaik

2. Microsoft Planner

Microsoft Planner merupakan aplikasi pendukung bisnis online yang dapat Anda install di smartphone. Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam memantau kemajuan tugas dan mengatur penanggung jawabnya.

Dengan menggunakan microsoft planner kamu jadi lebih mudah dalam bekerja hingga memantau setiap kemajuan tugas, merencanakan tugas secara visual.

Ditambah tersedia berbagai macam fitur yang pastinya membantu kamu dalam melakukan penjadwalan sehingga lebih efektif dan mudah. Jika kamu memakai aplikasi bisnis ini, sudah terintegrasi dengan produk serta layanan microsoft dan tersedia forum chat untuk diskusi.

3. Workplace

Workplace merupakan salah satu aplikasi yang dikeluarkan oleh facebook sebagai saluran komunikasi yang diperuntukkan untuk ruang kerja tim. Mungkin kamu bisa menggunakan software ini sebagai sarana komunikasi antara kamu dengan tim nih apalagi fitur yang disediakan juga banyak.

4. Google Spreadsheet

Alat gratis milik Google ini memungkinkan kamu untuk mencatat segala hal yang berkaitan dengan keuangan dalam tampilan yang minimalis dan tentunya familiar. Semua hal yang kamu lakukan di dalamnya akan secara otomatis tersimpan ke dalam akun Google kamu, jadi bisa diakses di mana pun. Alternatif yang bisa kamu gunakan yang pastinya sudah sangat akrab dengan kamu adalah Microsoft Excel.

5. WhatsApp Business

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama WhatsApp, bukan? Nah, aplikasi WhatsApp biasa yang umum semua orang gunakan merupakan aplikasi chat biasa. Namun, jika Anda memiiliki toko online ataupun perusahaan, sebaiknya gunakan WhatsApp Business yang berisikan segudang fitur khusus untuk memajukan usaha Anda.

Di aplikasi WhatsApp Business, Anda bisa membuat profil bisnis supaya Anda bisa melakukan komunikasi yang lancar dengan para konsumen. Siapapun yang terbiasa menggunakan WhatsApp biasa akan mudah mengoperasikan aplikasi ini, karena keduanya masih memiliki antarmuka pengguna yang serupa.

6. Google Meet

Jika Anda seorang pelaku usaha yang memiliki banyak karyawan, tentu membutuhkan aplikasi video meeting supaya produktivitas tetap berjalan walau terkendala jarak. Nah, inilah yang kemudahan yang ditawarkan oleh Google Meet – sebuah aplikasi video call besutan Google yang mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Anda hanya perlu memiliki akun Google dan aplikasi Google Meet sudah siap digunakan. Mengundang banyak orang juga hanya semudah membagikan link, dan siapapun yang mengklik link tersebut dapat langsung join selama mereka terhubung dengan akun Google atau GMail.

7. Workplace

Workplace memiliki tampilan mirip jejaring sosial utama Facebook. Melalui aplikasi ini, tim dapat dengan mudah melakukan kolaborasi antar divisi dengan membuat sebuah grup. Dengan begitu Anda tidak perlu berpindah aplikasi satu ke yang lainnya untuk berdiskusi.

8. Trello

Trello merupakan aplikasi yang dapat membantu tim Anda untuk bergerak maju. Dengan aplikasi Trello, Anda dapat berkolaborasi, mengelola proyek, dan mencapai puncak produktivitas baru.

9. Hootsuite

Rekomendasi aplikasi bisnis online berikutnya adalah Hootsuite. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk menyelesaikan pertanyaan pelanggan dengan cepat, serta memberikan pengalaman pelanggan yang lancar melalui kolaborasi yang lebih baik antar tim.

Software CRM Barantum, Pilihan Tepat Untuk Bisnis Anda

Untuk membantu memilih software CRM yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sistem CRM yang sangat populer baik bagi kalangan pengusaha korporasi ataupun UKM. Software CRM buatan Barantum.com akan sangat membantu kamu melakukan semuanya dengan mudah.

– Barantum Chat Omnichannel

chat barantum omnichannel

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komnukasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

– Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti: memantau dan mengelola aktivitas penjualan, visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung, pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

– Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

– Integrasi dengan WhatsApp dan Customer Service

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai Omnichannel Chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp. Fitur ini membuat software CRM ini disebut juga sebagai Omnichannel Customer Service Solutions. Bahkan Anda juga dapat menggunakan Chatbot untuk membantu melayani pelanggan dengan mudah.

– GPS tracking

heatmap barantum CRM

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

– Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena software dapat diakses dimanapun mereka berada. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

– Otomatisasi dokumen

Memiliki sistem yang menganut pengambilan, pelacakan, penyimpanan, serta pengelolaan yang dilakukan secara otomatis. Otomatisasi ini sangat bermanfaat karena sebuah bisnis tentu tidak lepas dari adanya dokumen-dokumen penting yang harus disimpan secara lengkap dan rapi, agar meminimalisir kesalahan yang terjadi.

Laporan aktivitas harian tim lebih akurat dan realtime

laporan aktivitas harian

  1. Akses semua data visualisasi transaksi dan aktivitas tim dengan cepat dan mudah dalam satu halaman.
  2. Tampilan report yang sudah menyesuaikan dengan action yang dibuat.
  3. Pantau performance tiap team lapangan secara akurat.

– Pantau heatmap persebaran pelanggan

heatmao CRM

  1. Lihat lokasi persebaran pelanggan Anda di seluruh indonesia dari satu halaman maps.
  2. Lihat posisi terakhir team lapangan dalam satu halaman maps

– Survey kebutuhan pelanggan secara realtime

survey kebutuhan pelanggan

  1. Lihat lokasi persebaran pelanggan Anda di seluruh indonesia dari satu halaman maps.
  2. Lihat posisi terakhir team lapangan dalam satu halaman map

– Sesuaikan tiap form dengan kebutuhan bisnis Anda

penyesuaian from pelanggan

Desain form pada aplikasi barantum sesuai industri dan kebutuhan tim di lapangan.

integrasi omnichannel

Rekomendasi Artikel

  1. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  2. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  3. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  4. Penilaian Akurat KPI Call Center dengan CRM Omnichannel
  5. Cara Maksimalkan Customer Experience Dengan Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".