Aplikasi CRM yang Tepat Untuk Bisnis Kamu

crm indonesia barantum

Tips : Memilih Aplikasi CRM yang Tepat Bagi Bisnis Kamu

Buat kamu yang lagi mau memulai mengelola bisnis atau usaha sendiri, sebuah Aplikasi CRM jangan sampai terlewat dari perencanaan. Sistem ini akan dapat sangat membantu operasional pemasaran produk dan menigkatkan penjualan pada setiap bidang bisnis yang kamu geluti.

Masalahnya kebanyakan orang bingung ketika menggunakan aplikasi crm dalam bisnisnya, mereka tidak didukung dengan strategi yang tepat dan tidak adanya dukungan dari pihak penyedia atau pengembang aplikasi tersebut. Pada artikel ini kita akan memberikan tips untuk memilih Aplikasi CRM seperti apakah yang tepat untuk bisnis kamu? Sebaiknya kita tidak terburu – buru untuk memilih sebuah aplikasi atau software apabila kita belum mengerti apa saja yang menjadi kebutuhan kita serta bagaimana kita bisa memenuhinya. Oleh sebab itu, kamu bisa membaca langkah berikut semoga dapat membantu untuk memilih Aplikasi CRM yang paling tepat untuk kamu integrasikan bagi bisnis kamu.

 

Apa Tujuan Kamu Memakai Aplikasi CRM?

 

Sebagai pelaku bisnis, sebaiknya kamu breakdown apa saja yang menjadi tujuan memakai Aplikasi CRM. Apabila kamu mengerti semua tujuannya dengan spesifik hal ini akan lebih memudahkan kamu untuk memilih Aplikasi. Beberapa tujuan tersebut meliputi customer base, peluang, aktivitas leads, manajemen hubungan pelanggan, operasional bisnis, meningkatkan produktivitas, memacu profit bisnis dan lain sebagainya.

 

Cara Implementasi Aplikasi Tersebut ?

 

Aplikasi CRM yang berkualitas dan bagus seharusnya dapat langsung diimplementasikan. Atau setidaknya, tidak memerlukan waktu yang panjang untuk menyesuaikan diri dengan fitur – fiturnya dan operasional penggunaan aplikasi tersebut. Sebaiknya pilih konsultan CRM yang berpengalaman atau Aplikasi CRM dari perusahaan Lokal di Indonesia yang menyediakan pelatihan khusus bagi tim di perusahaan untuk operasional aplikasi ini dan mempunyai tim support yang selalu standby seperti Barantum.com, jadi apabila kamu membutuhkan bantuan sewaktu – waktu mereka bisa langsung dapat membantu kamu tanpa harus menunggu lama akibatnya pekerjaan terbengkalai.

Sosialisasi Penggunaan Aplikasi

 

Penggunaan Aplikasi CRM ini sebaiknya disosialisasikan terlebih dahulu pada tim perusahaan kamu. Biar bagaimanapun juga, dengan hadirnya sebuah sistem, aplikasi atau software yang ditujukan bagi operasional bisnis dapat memicu adanya perdebatan atau beda pendapat dengan tim yang lainnya, terlebih lagi bagi tim sales. Biasanya, ada kekhawatiran kalau porsi tanggung jawab mereka dalam pekerjaan akan tergantikan atau di ambil alih oleh sistem. Tugas kamu sebagai pemimpin perusahaan untuk mensosialisasikan Aplikasi CRM dan sebaiknya melibatkan juga kesertaan dari tim atau bagian organisasi yang posisinya merasa terancam atau yang merasa kurang setuju.

 

Tingkat Mobilitas

 

Salah satu fungsi Aplikasi CRM yaitu menunjang tingkat mobilitas. Jadi, aplikasi ini harus bisa dioperasikan melalui berbagai jenis perangkat terlebih bagi yang tugasnya bekerja di lapangan (luar kantor) karena harus berinteraksi untuk menemui pelanggan baru. Singkatnya aplikasi CRM ini sebaiknya web based dan tersedia mobile app baik pada smartphone android dan juga ios, seperti perusahaan pengembang CRM Barantum yang aplikasi CRM nya berbasis web dan mempunyai aplikasi mobile crm yang terintegrasi serta menggunakan sistem cloud, sehingga dapat di operasikan dari mana saja dan kapan saja.

 

Personalisasi atau Aplikasi yang Customizeable

 

Apakah aplikasi tersebut dapat dibuat secara fleksibel sesuai dengan kemauan kita supaya lebih mudah digunakan? Biasanya perusahaan pengembang aplikasi crm yang berpengalaman membuat sistem aplikasinya bisa di personalisasi atau di customize. Terlebih lagi tipe bisnis sekarang ini makin beragam dan berbeda – beda, sehingga cara penggunaannya pun tidak bisa diseragamkan. Kamu bisa mengkonsultasikan tentang fitur Aplikasi CRM ini serta memastikan dulu apakah memang akan cocok dengan kebutuhan kamu.

Kompatibilitas

 

Hal ini juga penting sebab terkait kenyamanan. Jangan sampai ketika kamu menggunakan aplikasi malah ada fitur yang tidak dapat digunakan, atau malah bertabrakan sehingga berpengaruh bagi kinerja dari aplikasi bisnis lain yang digunakan. Untungnya, sekarang sudah terdapat banyak sekali pembaharuan serta update dari versi sistem yang sudah tersambung pada API dengan kualitas terjamin. Namun kamu masih harus tetap mengecek kompatibilitas dari aplikasi ini untuk tipe bisnis anda.

Ada Versi Demo

 

Agar kamu mempunyai bayangan yang jelas tentang Aplikasi CRM ini, maka lebih baik kamu sebelumnya mencari perusahaan penyedia atau pengembang aplikasi CRM yang menyediakan versi demo. Akses ke versi demo dapat membantu kamu mengetahu lebih dalam tentang aplikasi tersebut, melihat fitur – fitur yang tersedia dan sekaligus beradaptasi dengan setiap fitur yang tersedia apakah memenuhi kriteria kebutuhan perusahaan kamu atau tidak, dan apabila tidak bisakah aplikasi tersebut di personalisasikan atau di customise sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu.

 

Fungsi Laporan

 

Aplikasi CRM harus mempunyai fungsi / fitur laporan yang berisi tentang data informasi yang lengkap tentang bisnis kamu dan juga relasinya ke semua pelanggan terdaftar. Dan semua informasi dalam data itu harus terus diperbarui secara otomatis karena fitur ini akan berperan besar dalam menunjukan nilai profit yang sudah tercapai, potensi kerugian, serta memastikan apakah semua target bisa dicapai dalam periode yang telah ditetapkan.

Untuk membantu memilih aplikasi CRM yang tepat buat bisnis atau usaha kamu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sistem CRM yang sangat populer baik bagi kalangan pengusaha korporasi skala besar ataupun juga pebisnis retail atau UKM. Aplikasi crm indonesia buatan Barantum.com  akan sangat membantu kamu melakukan semuanya dengan mudah, mengirim pesan secara masal atau personal, mencatat setiap percakapan dengan pelanggan kamu, mempercepat konversi prospek menjadi pelanggan, dan masih banyak lagi khususnya mencakup semua point – point di atas yang sudah kami jelaskan.

In this article

Join the Conversation

12 − eight =