Aplikasi CRM Terbaik Untuk Start Up di Indonesia

Analysis Business Accounting Indonesia

CRM Indonesia 

Pada era digital transformation saat ini, hampir semua lini bisnis berlomba lomba mengintegrasikan bisnisnya dengan teknologi, peran teknologi dewasa ini sangatlah besar terhadap perkembangan dan kemajuan bisnis di Indonesia. Perkembangan dunia bisnis CRM Indonesia berjalan searah dengan kemajuan teknologi, Aplikasi CRM di Indonesia semakin canggih dan semakin banyak fiturnya serta semakin easy to use atau gampang di gunakan. Namun hanya ada beberapa yang benar benar berkualitas contohnya seperti Barantum.com

Dalam artikel ini, kami akan memberikan pandangan seperti apa kah Aplikasi CRM terbaik untuk startup. Kami akan mengevaluasi kebutuhan startup dan bagaimana pola penggunaannya terhadap fitur – fitur CRM yang populer.

Barantum CRM & IPPBX Indoensia

Secara alami, setiap startup yang sedang berkembang akan fokus pada beberapa hal penting:

  1. Biaya: Bisnis Startup harus hemat terhadap anggaran yang mereka miliki.
  2. Sederhana : Bisnis Startup belumdapat menghabiskan banyak waktu dalam proses atau pelatihan.
  3. Wawasan : Startup perlu mempertahankan, menumbuhkan, dan menganalisis pelanggan mereka
  4. Stabilitas : Keputusan CRM perlu menjadi panduan yang memberikan konsistensi selama masa pertumbuhan dan perampingan.

Keempat faktor ini saling berhubungan dan menjadi struktur DNA dari setiap bisnis startup.

Kami akan membantu Anda untuk memilih Aplikasi CRM yang tepat bagi bisnis Anda dengan memberikan saran mana yang bisa di lakukan dan mana yang jangan dalam memilih CRM Anda.

 

Hindari ini saat memilih CRM

 

Jangan terlalu sibuk dengan domain aplikasi seluler. Banyak CRM yang membanggakan kemampuan mereka karena sudah menyediakan aplikasi iOS dan Android, tetapi kualitas aplikasi ini tidak sesuai dengan ekspektasi yang pelanggan  inginkan. Ingat untuk menjaga hal-hal yang sederhana, serta bekerja bersama – sama secara terpadu dengan tim Anda, dan jika dalam prosesnya aplikasi seluler dapat dibuat, berarti bagus! Menghabiskan banyak waktu untuk membuat CRM Anda sempurna di setiap perangkat adalah membuang waktu.

Jangan khawatir tentang alur kerja kolaborasi. Membangun startup sama seperti membangun mesin kompleks lainnya. Anda akan berubah, Anda akan melakukan iterasi, dan Anda harus dapat membuang semuanya.

Jangan khawatir tentang integrasi. Sama halnya seperti kolaborasi, integrasi dapat menjadi pengalih perhatian. Ya, sangat bagus jika CMS Anda terhubung dengan Google Documents, tetapi jika tidak, apakah itu berarti Anda tidak dapat menggunakan Google Documents? Anda akan memiliki layanan dari manapun tidak peduli integrasi apa yang tersedia. Jangan membatasi diri sendiri berdasarkan integrasi saja, dan jangan tertarik oleh daftar besar integrasi yang mengganggu. Itu berarti, dokumen, SMS, dan fitur Pemasaran Sosial yang memikat kata kunci, tidak ada artinya dalam keputusan CRM Anda. Anda dapat melakukan semua ini terlepas dari keputusan CRM Anda.

Peringatan: Integrasi tidak bisa disamakan dengan otomatisasi. Otomatisasi yang baik dapat menjadi sumber kehidupan startup, di mana integrasi adalah manfaat tambahan untuk dimiliki.

Jangan terlalu khawatir tentang pelacak aktivitas. Kami yakin Anda sepikiran bahwa dalam industri startup membutuhkan kepercayaan pada staf. Aplikasi CRM membantu Anda untuk melacak bagaimana setiap orang menghabiskan waktu mereka. Ikutlah dalam pekerjaan dan rayakan berbagai metode eksekusi yang dapat menyelesaikan berbagai hal. Jangan khawatir tentang gamification. Beberapa Aplikasi CRM mencoba memotivasi tim Anda, dan itu fitur yang bagus, tetapi itu tidak boleh membebani secara signifikan pada keputusan Anda. Gendang perang metafora setiap startup berasal dari jantung startup, dan bukan dari perangkat lunak.

crm indonesia barantum

 

Perhatikan Hal ini dalam implementasi CRM

 

Apakah Aplikasi CRM Anda termasuk penilaian prospek, pelacakan, dan perkiraan penjualan ? Ini adalah hati dan jiwa dari apa yang harus dilakukan Aplikasi CRM Anda. Pada intinya, CRM Anda harus menjadi bintang rock dengan ini. Jika CRM tidak dapat melakukan hal ini dengan baik, maka fitur lain apa yang dimilikinya pun menjadi tidak bermanfaat lagi.

Lakukan analisa dan pencarian yang baik. Saat startup menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi, Anda harus dapat menemukan informasi penting untuk pelanggan Anda, dan kemudian, Anda harus dapat menganalisis data tersebut untuk mencari tahu dan menyusun rencana dan strategi Anda. Cobalah untuk mengevaluasi bagaimana informasi yang sudah ditemukan, dan apa yang akan terjadi ketika CRM sudah berumur satu tahun.

Sertakan laporan dan dasbor yang sangat baik. Buat ringkasan serta identifikasi status pelanggan dengan mudah. Saat Anda memulai, Anda harus merayakan setiap kemenangan dan menyambungkan setiap masalah. Tindakan segera dimungkinkan melalui laporan dan dasbor CRM yang tepat.

Carilah cara untuk mengubah struktur tanpa kode. Adaptabilitas adalah salah satu kekuatan dari sebuah startup, tetapi tanpa CRM akan terasa lebih berat untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan mudah. Dalam beberapa cara, ini berarti tidak membatasi perspektif Anda terhadap apa yang disediakan CRM Anda, tetapi jika Anda menemukan diri Anda menggunakan fitur-fitur CRM, Anda harus mengevaluasi seberapa mudah mereka dapat beradaptasi. Sebaiknya, Anda harus dapat menurunkan skala, serta membuat modifikasi besar tanpa perubahan kode apa pun.

Terapkan kebutuhan utama Anda secara spesifik di atas yang lain. Jika pemasaran Social Media adalah landasan rencana bisnis Anda, maka itu bukan pilihan, hal itu sangat mendasar. Mungkin Anda memiliki sekumpulan coders yang dapat Anda gunakan, dan integrasi API gratis, sehingga Anda senang melihat daftar panjang API terdokumentasi dengan baik. Apa pun situasi pribadi Anda, pastikan untuk menerapkan perbedaan itu untuk setiap CRM yang Anda evaluasi. Apa yang mungkin tidak layak untuk pesaing Anda, bisa menjadi batu loncatan bagi Anda.

 

Kesimpulan :

 

Startup membutuhkan waktu, perhatian, dan perjuangan dan energi yang cukup besar. Dengan tujuan Anda bagi perusahaan Anda, pakailah artikel ini untuk membantu Anda dengan yakin untuk mengevaluasi Aplikasi CRM yang sesuai untuk bisnis Anda. Anda harus tertarik pada apa pun yang mengoptimalkan strategi pemasaran Anda dan yang dapat mendukung upaya penjualan tanpamenimbulkan gangguan. Ingatlah bahwa CRM dibuat untuk semua jenis bisnis dari berbagai sektor dan semua ukuran perusahaan, tetapi Aplikasi CRM terbaik untuk Industri startup, hanya ada beberapa yang tepat dan benar – benar dapat memenuhi kebutuhan Anda.

0 Shares
In this article

Join the Conversation

one × 5 =