Inilah Aplikasi Penunjang untuk Sales Lapangan

Aplikasi sales lapangan dapat menunjang aktivitas mereka sehingga performa mereka pun meningkat. Butuh persiapan matang untuk memulai agar menghasilkan penjualan yang tinggi.

Oleh karena itu, diperlukan tim sales lapangan yang memiliki performa lebih untuk menjalankan semua strategi untuk dapat mengoptimalkan penjualan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa sales lapangan. Baik dari dalam diri sales sendiri maupun dari faktor eksternal. Faktor eksternal di sini maksudnya Anda bisa menggunakan alat penunjang seperti aplikasi CRM. CRM memiliki fitur untuk mempermudah aktivitas sales lapangan.

Tentunya, performa bisnis yang semakin meningkat membantu bisnis mendapatkan hasil penjualan yang berlipat. Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan performa sales lapangan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Hal yang Meningkatkan Performa Sales Lapangan

1. Mengurangi stres

Stres menjadi salah satu hal yang menghambat performa dalam diri seseorang. Di saat stres, sales lapangan cenderung tidak fokus terhadap aktivitasnya. Hal itu berdampak pada kinerjanya yang menurun. Bahkan bisa jadi hal yang tidak diinginkan.

Dengan mengurangi stres, tim sales lapangan Anda bisa lebih fokus saat bekerja. Anda perlu mengenali tanda-tanda kelelahan sejak dini. Kelelahan menjadi faktor awal mula stres melanda.

Oleh sebab itu, dalam mengurangi tingkat stres sales lapangan diperlukan aplikasi untuk mempermudah aktivitas mereka. Aplikasi CRM mobile, seperti Barantum, dapat menjadi solusi tepat mengatasi kendala tersebut.

2. Berikan kesempatan berkembang

Orang-orang lebih cenderung bertahan di pekerjaan ketika mereka tahu bahwa mereka akan menerima kesempatan untuk lebih berkembang. Termasuk pada sales lapangan Anda.

Anda bisa menjadwalkan sales lapangan mengikuti program pelatihan. Selain itu, Anda juga bisa mengizinkan mereka mempelajari keterampilan yang sesuai dengan posisi mereka dan membantu mereka merasa terhubung dengan perusahaan Anda.

Di sisi lain, berikan mereka lebih banyak tanggung jawab saat mereka berkinerja baik. Namun tidak yang berlebihan. Dengan pekerjaan yang beragam dapat memungkinkan mereka mengatur jadwal atau mengelola tugas sendiri. Dalam pengelolaan tugas, aplikasi CRM dapat membantu mengelola pekerjaan Anda. Termasuk mengelola laporan sales lapangan menjadi mudah dengan CRM.

Namun, yang perlu diingat, Anda tidak dapat membangun tim sales yang memiliki performa tinggi dengan waktu yang singkat. Mereka membutuhkan waktu sama halnya saat menawarkan produk kepada pelanggan yang mungkin tidak langsung mengambil keputusan.

Biarkan mereka menghadapi tahap-tahap perkembangan mereka putuskan jika memang Anda tidak melihat perkembangan dalam jangka waktu tertentu.

3. Mengembangkan tim yang bertalenta

Tiap sales leader pasti menginginkan timnya berkembang. Tim sales lapangan yang dimiliki merupakan investasi untuk bisnis. Semakin sales lapangan memiliki talenta, penjualan pun semakin meningkat.

Bawa tim sales lapangan Anda untuk bisa berkembang dan pilihlah mereka yang memiliki talenta untuk meningkatkan penjualan.

CTA Barantum

4. Melatih secara Berkala dan memberikan feedback

Dengan bertukar pikiran, Anda bersama tim akan bisa memecahkan masalah yang lebih kompleks sehingga dapat bekerja lebih efektif. Anda pun dapat memberikan feedback kepada sales lapangan agar mereka lebih percaya diri.

Selain itu, berdiskusi dengan sales lapangan terkait hal yang dialami mereka pun dapat meningkatkan komunikasi dan hubungan di dalam tim. Dengan begitu, kepercayaan satu sama lain bisa meningkat.

5. Mengevaluasi dan belajar dari kompetitor

Melihat rival tidak hanya dalam segi produk tapi juga dengan beberapa poin marketing. Untuk itu, Anda juga harus dapat menyelesaikan bagaimana mereka bekerja. Ajarkan tim Anda untuk memahami bagaimana kompetitor bekerja dalam sales dan pesan-pesan apa yang mereka sampaikan kepada pelanggan agar memilih produk mereka.

Mempelajari seluk beluk marketing yang dilakukan kompetitor. Produk boleh sama, namun eksekusinya mungkin berbeda. Ajak tim sales Anda untuk update dengan perkembangan industri terkini serta platform marketing yang ramai digunakan.

Tetapi, perlu diingat bahwa Anda tak perlu 100% meniru kompetitor. Amati, pahami, dan jadikan inspirasi bagi kinerja tim sales di masa mendatang.

6. Mendengarkan dan memecahkan masalah di lapangan

Seringkali, manajer sales tidak mau tahu masalah yang dihadapi oleh tim saat melakukan penjualan. Fokusnya hanya kepada keuntungan semata. Padahal, ada kalanya Anda harus bertukar pikiran dan mendengarkan keluh kesah mereka selama ini.

Dengan mendengarkan, secara tidak langsung Anda akan menumbuhkan rasa percaya di antara atasan dan bawahan. Mereka tak segan untuk memberi masukan, saran maupun bertanya langsung kepada Anda cara untuk meningkatkan penjualan.

7. Memberikan tantangan

Setiap perusahaan memiliki berbagai target konsumen yang berbeda. Ada yang dari kelas menengah hingga kelas atas. Jangan ragu untuk memberi tantangan kepada tim Anda untuk mendapatkan pelanggan yang potensial. Hal ini membuat mereka terus belajar menghadapi tantangan baru.

Tak perlu takut untuk memperkenalkan calon pelanggan yang potensial. Anda akan melihat seberapa berani tim sales untuk mengambil keputusan.

9. Mengembangkan skill

Sebagai seorang owner atau pemimpin tim sales, hal ini wajib menjadi perhatian utama Anda. Belasan, puluhan, atau bahkan ratusan orang sales merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan Anda. Meski begitu, tenaga dan skill mereka bukanlah aset yang bisa Anda gunakan terus-menerus.

Ada kalanya mereka kehabisan akal untuk mencapai target. Yang harus Anda lakukan yaitu merangkul serta memberi apa yang mereka butuhkan untuk meningkatkan penjualan. Seperti course digital marketing gratis demi mempertajam kemampuan sales di lapangan.

10. Menghargai perjuangan sales lapangan

Dalam dunia sales, Anda tentu mengenal istilah sales performance management. Istilah ini diartikan sebagai cara untuk mengelola, menganalisis, memberi kompensasi dan meningkatkan produktivitas tim sales. Sayangnya, di fase ini terkadang Anda terlalu fokus terhadap strategi penjualan tanpa mengingat proses di baliknya.

Pekerjaan sales bukanlah mudah. Oleh sebab itu, hargai setiap waktu dan tenaga yang dikerahkan oleh tim sales Anda. Tak perlu tergesa-gesa, asalkan penjualan stabil dan bisa meningkat sedikit demi sedikit. Bangun suasana kerja yang positif agar sales merasa nyaman bekerja di perusahaan.

11. Otomatisasi tugas dengan aplikasi pekerja lapangan

Berpindah dari sistem berbasis kertas ke sistem otomatis, misalnya, dapat merampingkan lingkungan untuk pekerja layanan lapangan dan staf kantor Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi pekerja lapangan untuk memangkas tuga-tugas yang rumit ini.

Dengan aplikasi pekerja lapangan, Anda dapat menghubungkan operasi lapangan Anda dengan pengiriman dan tim back office Anda untuk memastikan komunikasi dua arah yang lancar. Selain itu, aplikasi yang tergolong dalam field service management ini juga dapat meningkatkan nomor keamanan dengan mengurangi gangguan saat dalam perjalanan.

Baca juga: Otomatisasi Laporan Harian Penjualan Menggunakan Barantum CRM

Berfokus pada alat otomatisasi yang meningkatkan alur kerja dan menangani proses dokumentasi yang rumit dapat mengurangi frustrasi dan menghemat waktu sepanjang hari yang menghasilkan jam kerja yang lebih produktif atau jam kerja yang lebih sedikit.

Dapatkan Aplikasi CRM Terbaik untuk Sales Lapangan Anda Dari Barantum

Performa sales lapangan yang meningkat dapat berdampak positif bagi bisnis. Tentu dalam meningkatkan performas sales diperlukan waktu secara bertahap. Dalam menunjang performa sales, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM, seperti Barantum CRM, untuk mengoptimalkan kinerja sales lapangan Anda.

CTA Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".