Penilaian Kerja Sales Lapangan Menjadi Lebih Adil dengan CRM

Penilaian sales lapangan yang adil dan tepat dapat Anda lakukan dengan CRM karena sistem ini mampu mendata seluruh aktivitas mereka secara terperinci. Meski tidak berada di kantor, sales leader mampu melihat keseluruhan aktivitas sales lapangan.

Dengan menggunakan sistem CRM, terlebih CRM mobile seperti Barantum seluruh kegiatan aktivitas dan laporan kerja sales lapangan dapat terinput dengan baik ke dalam sistem.

Tiap perusahaan pasti memiliki key performance indicator tersendiri. Key performance indicator menjadi indikator dalam mengukur performa karyawan tak terkecuali team sales atau pekerja lapangan.

Pemberian key performance indicator kepada sales lapangan ini berpengaruh pada jiwa kompetitif tiap sales. Jadi, secara tidak langsung hal ini mendorong performa sales lebih baik. Jiwa kompetitif dalam hal postif dapat meningkatkan penjualan. Minimal, target yang ditetapkan dapat tercapai.

Dengan begitu, key performance indicator harus didukung dengan tools, seperti yang terdapat dalam fitur CRM. Hal ini baik untuk memantau proses kerja sales lapangan.

Dalam CRM, dapat memuat monitoring lokasi, pembagian tugas, penyelesaian tugas, hingga pencapaian sales lapangan. Dengan begitu, penilaian sales lapangan akan lebih adil dan tepat. Jadi, tidak ada sales lapangan yang merasa tidak adil saat penilaian.

Baca juga: Cara Memaksimalkan KPI dan Produktivitas Dengan CRM

Tahapan Cara Membuat KPI Sales

CTA Barantum

– Tetapkan target perusahaan

Bisnis yang memiliki target jelas, membuat sales lapangan dapat menentukan perencanaan yang perlu dilakukan. Dengan begitu, sales lapangan berusaha untuk mencapai target bisnis.

Misalnya, target bisnis Anda, yaitu meningkatkan pendapatan penjualan tahun ini sebesar 30%. Melihat target tersebut, pembagian key performance indicator tiap sales lapangan pun dapat mudah ditentukan untuk bisnis berhasil mencapai target.

– Tentukan tugas dan tanggung jawab

Menentukan tugas dan tanggung jawab perlu dilakukan. Hal ini agar tidak terjadi tugas yang tumpang tindih atau tidak sesuai dengan jobdesk karyawan. Misalnya pada sales lapangan memiliki tugas dan tanggung jawab melakukan penjualan langsung kepada pelanggan.

Mereka pun tidak melakukan tugas dan tanggung jawab mengurus administrasi pegawai. Hal itu karena tugas tersebut memiliki jobdesk tersendiri.

– Buatlah standar penilaian

Standar penilaian bisa dalam bentuk key result areas dan indikator. Dalam hal ini, Anda perlu mengenali faktor sukses setiap indikator. Dengan faktor sukses ini, Anda jadi lebih mudah memberi penilaian kinerja.

CTA Barantum

Bagaimana Cara Memberikan Penilaian Kerja Sales Lapangan?

1. Mencapai target

Salah satu penilaian terhadap kinerja tim sales adalah tercapainya target penjualan. Penilaian ini bisa terhadap individu masing-masing maupun tim. Ada sales yang mencapai target, ada yang melebihi jumlah target, ada juga yang tidak mencapai target.

Indikator yang menunjukkan pencapaian target penjulan tiap individu. Target sales sendiri bisa ditentukan dengan besaran nilai atau jumlah klien, dimana terlihat dari berapa persen target yang sudah tercapai dan belum tercapai.

2. Jumlah closing yang berhasil

Hitung jumlah closing yang berhasil didapatkan oleh tim sales lapangan. Jumlah closing dibedakan berdasarkan nilai atau jumlah. Sebab, ada karyawan yang mampu menghasilkan closing sedikit tetapi bernilai besar, ada juga karyawan yang mampu menghasilkan closing yang nilainya kecil tetapi jumlahnya banyak.

Anda juga bisa menggunakan indikator win rate untuk mengetahui perbanidngan berapa jumlah project yang deal dan lost dari jumlah keseluruhan target yang sudah Anda berikan.

3. Aktivitas sales

Setiap karyawan sales dalam pekerjaannya harus melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, melakukan surat menyurat dengan calon klien melalui e-mail, melakukan pertemuan prospek, laporan visit sales, atau aktivitas lain. Semua ini dinilai berdasarkan efektivitasnya terutama ke arah penjualan.

Pada indikator ini, Anda bisa melakukan pengukuran dari berapa banyak jumlah leads yang sudah di follow up. Anda bisa membaginya pada kategori leads melalui email, telepon, task, hingga event.

4. Penyelesaian tugas

Sales lapangan perlu menyelesaikan tugasnya berdasarkan ketepatan dan kecepatan. Ada sales yang mampu mengerjakan dengan tepat waktu, tetapi ada juga yang terlambat, meskipun dengan bobot pekerjaan yang sama.

Perusahaan bisa mendukung karyawan-karyawan sales yang kerap menyelesaikan tugas terlambat, dengan cara memberikan pelatihan atau cara lain yang dapat mendorongnya ke arah perbaikan.

Anda sebagai supervisor sales bisa memantau seberapa cepat tiap individu dalam menyelesaikan task, apakah sesuai dengan target atau mengalami kemunduran. Kecepatan dan ketepatan dalam pengerjaan tas ini menjadi aspek penting untuk menilai performance sales Anda

Mengapa Perlu Penilaian CRM untuk Penilaian Sales Lapangan?

Memilih CRM yang tepat turut menentukan keefektifan penilaian sales lapangan. Kami menyarankan Anda menggunakan Barantum CRM yang memiliki fitur pelacakan key performance indicator dan manajemen tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh.

Sehingga Anda dapat menciptakan key performance indicator tertentu yang ingin Anda pantau sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Barantum CRM memiki beberapa fitur yang akan mendukung pengoptimalan key performance indicator, seperti:

  • Customization: Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan.
  • 360 View and Analisa Laporan Cerdas : Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas penjualan, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Live GPS and Aplikasi CRM Mobile Gratis : Memiliki fitur Live GPS secara real-time. 

Anda bisa berdiskusi langsung dengan tim profesional Barantum di sini untuk mengetahui solusi kendala bisnis Anda dengan CRM.

CTA Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".