Apa itu FXO dan FXS?

FXO dan FXS merupakan dua elemen penting dalam layanan call center. Bagi perusahaan yang menerapkan layanan call center, tentu sudah tidak asing dengan kedua elemen ini. Apa itu FXO dan FXS serta bagaimana perannya dalam layanan call center?

FXS dan FXO adalah nama port (soket atau colokan koneksi) yang saluran telepon analog dan telepon IP gunakan.

FXS atau Foreign Exchange Subscriber adalah port yang mengirimkan saluran analog ke pelanggan. Soket ini yang nantinya memberikan nada panggil, arus baterai, dan tegangan dering. FXS merupakan interface atau antarmuka ke sistem telepon yang dapat dihubungkan dengan perangkat FXO.

FXO atau Foreign Exchange Office adalah port yang menerima saluran analog, yang merupakan jembatan penghubung antara server ke PBX dengan nomor telpon PSTN. Koneksi yang terjalin akan berubah, yaitu dari analog menjadi digital. FXO berupa steker pada telepon dan mesin faks atau steker pada sistem telepon analog. Karena port FXO terpasang ke perangkat, seperti faks atau telepon, maka perangkat tersebut sering disebut sebagai “perangkat FXO.” Port ini membuat koneksi ke saluran analog (FXS).

FXO dan FXS selalu berpasangan. Jika tidak ada sistem telepon yang digunakan, telepon (FXO) terhubung langsung ke port FXS. Port disediakan oleh perusahaan telepon.

FXO, FXS, dan PBX

Jika Anda memiliki PBX, maka Anda menghubungkan saluran yang perusahaan telepon sediakan ke PBX dan kemudian telepon ke PBX. PBX atau Private Branch Exchange adalah sistem di tempat Anda yang menghubungkan ekstensi masing-masing meja ke saluran telepon eksternal dan jaringan mobile. Oleh karena itu, PBX harus memiliki dan port FXS. Di sini, port FXO berfungsi untuk menghubungkan ke port FXS yang perusahaan telepon dan port FXS untuk menghubungkan perangkat telepon atau faks. Banyak sistem telepon tradisional menyediakan kedua port. Sementara itu, banyak sistem telepon IP memerlukan gateway tambahan untuk menyediakan port FXS atau FXO.

Panggilan telepon yang diterima melalui saluran analog akan bekerja seperti ini: Angkat telepon perangkat FXO. Lalu port FXS di sisi yang sesuai mengenali bahwa panggilan harus dibuat dan membutuhkan nomor yang dikodekan sebagai sinyal DTMF.

Sedangkan panggilan masuk akan bekerja seperti ini: Port FXS menyediakan listrik yang diperlukan. Telepon mulai berdering. Dengan mengangkat telepon, panggilan pun dibuat.

FXO, FXS, dan VoIP

Anda akan menemukan istilah FXS dan FXO ketika memutuskan untuk membeli peralatan yang memungkinkan Anda menghubungkan telepon analog ke sistem telepon VoIP atau PBX tradisional ke penyedia layanan VoIP atau satu sama lain melalui Internet. VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang memungkinkan Anda melakukan komunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet.

Jika Anda ingin menghubungkan mesin faks analog ke sistem telepon, Anda memerlukan setidaknya satu port FXS. Dan jika Anda ingin menggunakan saluran telepon analog dengan sistem telepon Anda, Anda memerlukan satu port FXO per saluran.

Gateway FXO dan FXS

Untuk menghubungkan saluran telepon analog ke sistem telepon IP, Anda memerlukan gateway FXO. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan port FXS ke port FXO gateway, yang kemudian menerjemahkan saluran telepon analog ke panggilan VoIP. 

Gateway FXS digunakan untuk menghubungkan satu atau lebih jalur PBX tradisional ke sistem atau penyedia telepon VoIP. Atau, Anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan telepon analog dan menggunakan kembali telepon analog Anda dengan sistem telepon VoIP. Anda memerlukan gateway FXS ketika Anda ingin menghubungkan port FXO (yang biasanya terhubung ke perusahaan telepon) ke Internet atau sistem VoIP.

Adaptor FXS

Anda menggunakan adaptor FXS untuk menghubungkan telepon analog atau mesin faks ke sistem telepon VoIP atau ke Penyedia VoIP. Anda memerlukan ini karena Anda perlu menghubungkan port FXO dari telepon / mesin faks ke adaptor.

Barantum secara otomatis mengonfigurasi gateway FXS / FXO untuk memungkinkan Anda terus menggunakan saluran PSTN dan/atau telepon analog yang ada dengan mudah.

Bagaimana cara kerja FXO dan FXS?

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih detail teknis bagaimana port FXS / FXO beroperasi, berikut adalah urutan yang tepat:

Saat Anda ingin melakukan panggilan:

  • Anda mengangkat telepon (perangkat FXO). Port FXS mendeteksi bahwa Anda telah melakukan off-hook. Kejadian ini merupakan saat dimana line telepon mengijinkan proses dialling dan proses transmisi, namun melarang proses incoming call untuk dijawab. Keadaan off-hook terjadi pada saat handset telpon diangkat dari dudukannya (stationary phone) atau pada saat Anda menekan press talk pada sebuah telpon portabel.
  • Anda menekan nomor telepon, yang diteruskan sebagai digit Dual-Tone Multi-Frequency (DTMF) ke port FXS.

Saat panggilan masuk:

  • Port FXS menerima panggilan, dan kemudian mengirimkan tegangan dering ke perangkat FXO yang terpasang. 
  • Telepon berdering.
  • Segera setelah Anda mengangkat telepon, Anda dapat menjawab panggilan.

Saat mengakhiri panggilan, biasanya port FXS bergantung pada salah satu perangkat FXO yang terhubung untuk mengakhiri panggilan.

Perlu diketahui bahwa jaman sekarang FXO dan FXS ini bisa tidak digunakan, karena dapat langsung terhubung mengunakan VoIP/Enumber. Nomor bisa langsung terhubung ke server call center menggunakan koneksi jaringan tanpa melalui FXO maupun FXS.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".