Kenapa Penting Memiliki CRM di Perusahaan?

Perkembangan teknologi yang pesat, saingan bisnis yang semakin banyak, mengharuskan pebisnis menerapkan strategi yang tepat. Tiap pebisnis tentu ingin menghasilkan keuntungan yang besar. Lalu, bagaimana cara menghasilkan keuntungan perusahaan yang optimal? CRM (Customer Relationship Management) mampu menjawab semua persoalan bisnis Anda.

Semakin besar perusahaan, semakin banyak data informasi pelanggan. Laporan hasil data tersebut dapat berupa informasi pelanggan, informasi proyek perusahaan, progress kerja, dll.

CRM tidak hanya berperan dalam menginput laporan. Namun, juga memegang peranan penting untuk mengembangkan perusahaan Anda semakin tertata dan efektif. 

Banyak perusahaan yang menggunakan CRM untuk meningkatkan penjualan mereka. Terdapat perbedaan yang signifikan antara perusahaan yang menggunakan CRM dan tidak. Tanpa adanya CRM, perusahaan lebih sulit untuk berkembang. 

Makna sulit berkembang tersebut akibat tanpa adanya CRM, proses penginputan data menjadi tidak teratur. Seluruh informasi pun tidak terdapat dalam satu sumber.

Baca juga: Apa Itu CRM: Pengertian CRM, Manfaat, serta Penggunaannya

Simak beberapa alasan pentingnya memiliki CRM di perusahaan di bawah ini.

1. Lebih Luas Menjangkau Pelanggan Baru Perusahaan

Banyaknya perusahaan yang menawarkan produk/jasa yang sama menimbulkan persaingan ketat mendapat pelanggan. Memiliki CRM di perusahaan mampu menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan demikian, loyalitas pelanggan pun didapatkan oleh perusahaan.

CRM memberikan kemudahan pada perusahaan untuk menggaet pelanggan baru. Memiliki CRM membantu Anda menjangkau pelanggan baru dengan membantu konversi pelanggan potensial. Aplikasi ini membantu Anda menganalisis menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Penawaran sesuai dengan kebutuhan meningkatkan potensi deals di bisnis Anda. Pelanggan yang puas terhadap pelayanan perusahaan membuat mereka mengorder ulang pesanannya.

aplikasi CRM2. Tingkatkan Produktivitas dan Keuntungan Perusahaan

Staf perusahaan Anda tidak perlu mencari data di tumpukan laporan. Aplikasi CRM mengumpulkan semua data dengan rapi. Proses pencarian data pun cepat. Pekerjaan juga menjadi lebih efisien.

Pekerjaan lebih efektif menggunakan CRM. Staf dapat memiliki waktu luang untuk mengerjakan pekerjaan lain; follow up pelanggan, menyusun strategi, dan evaluasi hasil kerja.

Produktivitas tinggi dengan penggunaan CRM berpengaruh pada keuntungan perusahaan. Keuntungan tidak hanya persoalan penjualan. Namun juga memaksimalkan kinerja staf dan mengurangi biaya.

CTA barantum3. Bisnis Perusahaan Lebih Terfokus

Apa Anda benar-benar mengatahui kebutuhan pelanggan? Ataupun kesukaan pelanggan? CMR membantu Anda menganalisis bisnis perusahaan. CRM menganalisis bisnis perusahaan Anda. Jadi, perusahaan lebih fokus mengenai kebutuhan tiap pelanggan.

CRM mengidentifikasi kebutuhan tiap pelanggan. Selain itu, mempermudah staf Anda mencari informasi yang dibutuhkan dan strategi yang diperlukan. Menjalani bisnis yang terfokus pada minat pelanggan bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Sales yang menawarkan sesuai kebutuhan pelanggan meningkatkan penjualan perusahaan. Pelanggan pun menemukan sosuli kebutuhannya dari perusahaan Anda.

4. Mobilitas Sales di Lapangan Lebih Optimal

Sistem CMR menjawab kebutuhan bisnis Anda secara menyeluruh. Selain tersedia dalam bentuk website, CMR hadir dalam bentuk aplikasi mobile. Aplikasi mobile CRM memudahkan staf Anda mendata tiap laporan di lapangan.

Manajer mudah memantau aktivitas tim dengan fitur chek-in dan chek-out di CMR mobile. Misalnya, terdapat pada fitur Barantum CRM mobile.

Aplikasi CRM memudahkan staf lapangan menginput laporan dengan cepat. Data yang dilaporkan tersimpan dalam 1 platform secara real time. Mudahnya menginput laporan data membuat waktu kerja tim sales Anda lebih efisien. Tim sales bisa lebih banyak melakukan penawaran kepada pelanggan lainnya. Lebih banyak penawaran berdampak pada peningkatan penjualan. 

Penjualan yang meningkat, perusahaan Anda mengalami keuntungan berlipat-lipat.

crm mobile penting untuk perusahaan

Baca juga: Ketahui 7 Manfaat Tersembunyi Dari CRM Mobile

5. Pelayanan Lebih Memuaskan

Staf mudah menghubungi pelanggan berkat data tersimpan dengan rapi di CRM. Melihat laporan data di CRM, memudahkan staf menawarkan produk sesuai kebutuhan pelanggan.

Dengan demikian, laporan data yang terinput langsung di lapangan dapat langsung dihubungi departemen lain. Kecepatan menghubungi pelanggan membuat mereka merasa dihargai dan diprioritaskan.

Pelanggan yang puas memicu tingginya loyalitas pelanggan pada perusahaan. Alhasil, pelanggan yang merasa puas memungkinkan mereka memberikan referensi pada rekannya. Pelanggan pun akan melakukan pembelian ulang jika mereka merasa puas terhadap pelayanan perusahaan Anda. Tidak dimungkiri perusahaan Anda akan baik di mata pelanggan.

6. Keamanan Informasi Perusahaan Tinggi

Laporan data pelanggan bersifat rahasia. Data tersebut tidak boleh bocor ke pihak lain. Kebocoran data membuat berkurangnya kepercayaan pelanggan.

Memiliki sistem CRM meningkatkan keamanan informasi perusahaan Anda. Informasi perusahaan aman tersimpan secara terpusat di CRM. Hal itu lebih baik dibandingkan menyimpan informasi data di banyak tempat yang risiko bocor informasi tinggi.

Sistem CRM, contohnya Barantum, bisa didesain sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, Anda mudah mengontrol data perusahaan.

7. Mudah Evaluasi Strategi Bisnis Perusahaan

Manajer perusahaan bisa mengambil keputusan yang cepat dengan melihat data real time. CRM menampilkan analisis dan pelaporan detail sebagai acuan pengambilan keputusan.

Manajer ataupun direksi dapat melihat laporan CRM secara real time. Mereka pun bisa mengambil langkah strategis sesuai dengan situasi.

Evaluasi kinerja dapat langsung diketahui dengan CRM. Hal tersebut akibat di dalamnya memberikan fitur komentar di tiap aktivitas yang diselesaikan staf. Diskusi pun bisa lebih cepat dan mudah.

Miliki CRM di Perusahaan Anda Sekarang

CTA pentingnya CRM bagi perusahaan

CRM menjadi sistem penting tiap perusahaan. Beragam keuntungan bisa Anda rasakan dengan menggunakan sistem CRM.

CRM menjadi solusi tepat menjawab persoalan perusahaan Anda. Dengan bantuan Barantum CRM Anda mudah mendata, jalin komunikasi, dan melakukan penawaran bisnis.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments