Ketahui WA Anda Disadap Atau Tidak

Mengetahui WhatsApp (WA) disadap perlu Anda ketahui secepat mungkin. Karena penyadapan pada akun WA dapat menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Selain Anda kehilangan privasi, data pribadi dan informasi penting Anda pun dapat dicuri atau bocor ke orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun, ada ciri-ciri yang bisa Anda curigai sebagai peringatan akun WA Anda telah disadap. Apa saja ciri-ciri tersebut dan cara mengetahui WA disadap? Simak seluruh informasi lengkap mengenai WA disadap pada artikel ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan WA Disadap?

WhatsApp atau WA yang disadap artinya setiap aktivitas akun WA Anda telah dipantau oleh orang lain (penyadap). Sehingga penyadap dapat mengetahui tiap isi percakapan, panggilan, dan status di WA Anda.

Hal ini membuat Anda dapat kehilangan privasi dan memungkinkan kebocoran data pribadi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui tanda-tanda WA Anda disadap. Sehingga bisa menangani lebih cepat sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

Mengapa WA Bisa Disadap?

Ada berbagai macam hal yang menyebabkan WA bisa disadap. Pertama, WA bisa disadap karena Anda kurang menambah keamanan akses WA Anda. Kedua, ada orang yang ingin mengetahui tiap aktivitas percakapan Anda untuk kepentingan pribadi. Selanjutnya, WA bisa disadap karena ingin menggunakan akun Anda sebagai media untuk melakukan kejahatan, contohnya penipuan.

Apa Bahaya WA Disadap?

Adapun bahaya WA disadap antara lain:

  1. Hilangnya privasi karena tiap aktivitas dan data pengguna bocor.
  2. Berpotensi disalahgunakan untuk kejahatan.
  3. Data pribadi atau informasi penting lainnya dapat tersebar.
  4. Bisa ikut terjerat hukuman akibat tertuduh melakukan kejahatan, misalnya penipuan di WA.
  5. Rugi secara finansial akibat kebocoran data, informasi penting, dan ikut terseret hukum.

Apa Ciri-Ciri dan Cara Mengetahui WA Disadap?

Mengetahui ciri-ciri WA disadap merupakan antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan data Anda. Dengan mengetahui WA disadap, Anda dapat langsung mengambil tindakan agar penyadapan tidak berlangsung lama.

Berikut cara mengetahui WA disadap atau tidak:

1. Terlihat Online Saat Sedang Tidak Aktif

Cara mengetahui WA disadap yang pertama, yaitu status terlihat online padahal Anda sedang tidak membuka WhatsApp di perangkat mana pun. Hal ini dapat terjadi jika seseorang mengakses akun WhatsApp Anda secara tidak sah dan menggunakannya untuk mengirim atau menerima pesan. Untuk mengecek apakah akun WhatsApp Anda sedang disadap, cobalah untuk mematikan aplikasi WhatsApp dan mematikan koneksi internet atau jaringan seluler Anda.

Jika akun WhatsApp Anda masih terlihat online setelah Anda mematikan koneksi internet dan aplikasi WhatsApp, ini mungkin menunjukkan bahwa akun Anda sedang disadap. Jika Anda mencurigai bahwa akun WhatsApp Anda sedang disadap, sebaiknya segera mengambil tindakan seperti mengganti sandi dan mengaktifkan pengaturan keamanan yang lebih ketat untuk melindungi akun Anda dari peretas.

2. Akun WhatsApp Keluar Dengan Sendirinya

Cara mengetahui WA disadap yang kedua adalah akun WhatsApp Anda keluar dengan sendirinya. Hal ini dapat terjadi jika seseorang mengakses akun WhatsApp Anda secara tidak sah dan memutuskan koneksi dengan akun tersebut. Umumnya akan muncul notifikasi bahwa akun Anda telah didaftarkan ke perangkat telepon lain. Jika Anda tidak merasa memindahkan WhatsApp ke perangkat lain, jangan tekan “Oke”. Sebaiknya lakukan verifikasi agar akun WhatsApp Anda tidak berpindah ke perangkat telepon lainnya.

Untuk memastikan apakah akun WhatsApp Anda sedang disadap, cobalah untuk login kembali ke akun tersebut dan periksa apakah Anda masih dapat mengakses aplikasi dengan normal. Jika Anda masih dapat login ke akun WhatsApp Anda dan menggunakannya dengan normal, ini mungkin hanya terjadi karena masalah teknis yang tidak terkait dengan penyadapan.

3. Ada kiriman OTP

Cara mengetahui WA disadap selanjutnya ialah terdapat kiriman kode OTP. OTP (One Time Password) yaitu kode verifikasi yang hanya bisa digunakan sekali saja. Biasanya, OTP digunakan untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik akun yang bersangkutan. Dalam kasus WhatsApp, OTP mungkin dikirim ke nomor ponsel Anda saat Anda mencoba mengaktifkan akun WhatsApp baru atau mengubah pengaturan keamanan akun Anda.

Jika Anda menerima OTP saat Anda tidak sedang mencoba mengaktifkan akun WhatsApp baru atau mengubah pengaturan keamanan akun Anda, ini mungkin menunjukkan bahwa akun Anda sedang disadap. Sebaiknya Anda tidak menyerahkan kode tersebut kepada siapa pun.

4. Tiba-Tiba Pesan Telah Terbaca

Cara mengetahui WA disadap yang lainnya, yaitu pesan yang tiba-tiba sudah terbaca padahal Anda belum membacanya. Sehingga dapat terjadi jika seseorang mengakses akun WhatsApp Anda secara tidak sah dan membuka pesan-pesan yang dikirim ke akun tersebut.

Untuk memastikan apakah akun WhatsApp Anda sedang disadap, cobalah untuk memeriksa riwayat chat Anda dan perhatikan apakah ada pesan yang tidak dibaca tetapi tercatat sebagai terbaca. Jika Anda menemukan pesan yang tidak dibaca tetapi tercatat sebagai terbaca, ini mungkin menunjukkan bahwa akun Anda sedang disadap.

5. Adanya Perubahan Pada Pengaturan Akun

Cara mengetahui WA disadap yang terakhir, yaitu adanya perubahan pengaturan akun. Hal ini dapat terjadi jika seseorang mengakses akun WhatsApp Anda secara tidak sah dan mengubah pengaturan akun tersebut.

Untuk memastikan apakah akun WhatsApp Anda sedang disadap, cobalah untuk memeriksa pengaturan akun Anda dan perhatikan apakah ada perubahan yang tidak sesuai dengan kebiasaan Anda. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa pengaturan notifikasi Anda telah diubah atau bahwa pengaturan keamanan Anda telah dihapus.

Bagaimana Cara Mengatasi WA Yang Disadap?

Pastikan nomor yang Anda daftarkan di akun WhatsApp masih aktif.

1. Install Kembali WhatsApp

Cara pertama mengatasi WA disadap, yaitu dengan meng-install kembali WhatsApp. Saat Anda menghapus dan meng-install kembali WhatsApp di ponsel Anda, maka akan muncul notifikasi pesan berisi OTP (one time password) yang berisi enam digit untuk dapat mengakses akun WhatsApp Anda kembali.

2. Menonaktifkan Akun WhatsApp

Cara kedua mengatasi WA disadap, yaitu menonaktifkan akun WhatsApp. Jika Anda telah yakin bahwa akun Anda disadap, Anda bisa mengirimkan email ke support@whatsapp.com agar menonaktifkan akun Anda. Setelah mengirim email, Anda akan mendapatkan balasan dan baru dapat menggunakan akun WhatsApp Anda kembali setelah 30 hari masa nonaktif.

Bagaimana Cara Mengantisipasi WA Disadap?

1. Aktifkan Keamanan Verifikasi Dua Langkah

Cara mengantisipasi WA disadap, yaitu dengan mengaktifkan verifikasi dua faktor (two step verification). Untuk mengaktifkannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • ¬†Klik opsi titik 3 di pojok kanan atas
  • Klik Pengaturan (Setting) > klik Akun (Account)

akun

  • Klik Verifikasi Dua Langkah (Two Step Verification)

verifikasi 2 langkah

  • Klik Nyalakan (Enable)

enable verifikasi 2 langkah

  • Masukkan enam kode rahasia
  • Masukkan email untuk pemulihan kata kunci jika lupa.

2. Aktifkan Pemindaian Sidik Jari

Cara mengantisipasi WA disadap lainnya, yaitu dengan mengaktifkan pemindaian sidik jari. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Klik opsi titik 3 di pojok kanan atas
  • Klik Privasi (Privacy)

privasi

  • Klik Kunci Sidik Jari

kunci sidik jari

  • Geser tombol abu-abu menjadi hijau

sidik jari wa

3. Pastikan Selalu Me-Logout WhatsApp Web

Cara lainnya mengantisipasi WA disadap adalah dengan memastikan Anda telah keluar dari aplikasi sistem di sel seluruh perangkat yang menggunakan WhatsApp Web.

4. Gunakan WhatsApp Resmi

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan, yaitu memastikan bahwa Anda menggunakan aplikasi resmi dari WhatsApp, bukan aplikasi ilegal. Terlebih pada akun bisnis Anda. Akan sangat fatal jika data bisnis sampai bocor akibat Anda menggunakan aplikasi ilegal.

Memahami kebutuhan penggunanya yang menggunakan WhatsApp untuk keperluan bisnis, WhatsApp menyediakan aplikasi khusus untuk membantu bisnis Anda. Aplikasi tersebut, yaitu WhatsApp Business. Anda pun bisa meng-upgrade WhatsApp Business menjadi WhatsApp Business API untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap.

Namun, WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk keperluan bisnis bukan untuk akun pribadi/personal. Cara mendapatkannya pun Anda perlu bekerja sama dengan Mitra Resmi WhatsApp, seperti Barantum. Sehingga keamanan data bisnis Anda dapat terjamin.

Amankan Akun Anda Degan Gunakan WhatsApp Resmi Sekarang!

Akun WA Bisnis Centang Hijau (Verified Account)

Mitra Resmi WhatsApp adalah institusi atau perusahaan penyedia solusi pihak ketiga dengan keahlian di Platform WhatsApp Business. Fungsinya, BSP ini akan membantu Anda untuk mendaftarkan dan memverifikasi bisnis Anda kepada pihak WhatsApp dan mendapatkan centang hijau WhatsApp.

Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan Barantum sebagai Mitra Resmi Whatsapp Official di Indonesia untuk membantu Anda mendaftarkan dan mendapatkan centang hijau /verified badge di akun WhatsApp Business Anda dan fitur WhatsApp Business API lainnya.

4 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments