Begini Cara Meraih Kepuasan Pelanggan

Meningkatkan kepuasan pelanggan memerlukan konsistensi bisnis. Mendapatkan kepuasan pelanggan memerlukan proses. Salah satu cara yang dapat dilakukan, yaitu meningkatkan kualitas layanan dan produk bisnis.

Akan tetapi, hal yang perlu Anda ingat adalah semua bisnis melakukan hal yang sama. Dan, bagaimana cara Anda bersaing untuk mendapatkan kepuasan pelanggan itulah yang perlu dipikirkan. Ada satu tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat kepuasan pelanggan Anda semakin meningkat, yaitu menggunakan CRM. Salah satu layanan sistem CRM terbaik bisa Anda dapatkan dari Barantum.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan? Dan apa yang membuat CRM mampu membuat kepuasan pelanggan semakin meningkat? Yuk, temukan jawabannya pada artikel ini.

Apa Itu Kepuasan Pelanggan?

Kepuasan pelanggan adalah ukuran yang menentukan seberapa baik produk atau layanan perusahaan memenuhi harapan pelanggan. Semakin baik penilaian pelanggan terhadap perusahaan Anda, semakin meningkat pula kepuasan pelanggan.

Dari ukuran kepuasan pelanggan tersebut, Anda dapat memprediksi pertumbuhan bisnis dan pendapatan ke depannya. Semakin baik kepuasan pelanggan bisnis, semakin banyak pula penjualan yang bisa Anda dapatkan.

Mengapa Bisnis Perlu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?

Bisnis perlu meningkatkan kepuasan pelanggan karena hal tersebut dapat membantu mencegah churn dan mengidentifikasi pengalaman pelanggan terhadap bisnis Anda.

Kepuasan pelanggan yang meningkat menjadi langkah penting dalam proses membangun loyalitas pelanggan dan menghasilkan citra bisnis yang positif. Jika bisnis Anda meraih hal tersebut, dapat dipastikan penjualan bisnis Anda akan meningkat.

Apa Manfaat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?

Berikut manfaat meningkatkan kepuasan pelanggan bagis bisnis:

1. Meningkatkan Branding Bisnis

Manfaat pertama meningkatkan kepuasan pelanggan, yaitu membangun branding bisnis yang positif. Jika pelanggan senang terhadap bisnis Anda, baik layanan ataupun produk/jasa, maka akan meningkatkan citra bisnis.

2. Menciptakan Pembelian Berulang

Manfaat meningkatkan kepuasan pelanggan yang kedua, yaitu mampu menciptakan pembelian berulang. Bayangkan jika Anda sebagai pelanggan. Manakah yang cenderung Anda pilih, membeli produk di perusahaan yang kulitas dan layanannya bagus atau membeli produk di perusahaan yang kulitas sedikit lebih bagus namun layanannya buruk?

3. Meningkatkan Penjualan

Manfaat meningkatkan kepuasan bisnis yang terakhir, yaitu dapat meningkatkan penjualan. Ada hubungan langsung antara kepuasan pelanggan dan peningkatan pendapatan. Pelanggan yang puas terhadap bisnis Anda, akan sulit berpaling ke kompetitor lain. Mereka akan terus melakukan pembelian dan merekomendasikan produk dan layanan kepada teman dan keluarga.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?

Adapun cara meningkatkan kepuasan pelanggan, yaitu:

1. Menjaga Kualitas Produk

Cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang pertama, yaitu menjaga kualitas produk. Apabila Anda menawarkan produk berkualitas baik maka konsumen pun secara otomatis akan mempertahankan produk dan tetap menggunakan jasa Anda. Dengan begitu, Anda bisa memiliki pelanggan loyalitas lebih banyak.

2. Memberikan Apresiasi

Berikutnya, cara meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan apresiasi. Pelanggan akan merasa senang jika bisnis menghargai mereka. Misalnya, dengan mengucapkan terima kasih telah menjadi pelanggan setia bisnis. Anda juga bisa memberi tahu pelanggan bahwa mereka penting bagi Anda.

3. Tumbuhkan Jiwa Kompetitif

Cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang lainnya dengan menumbuhkan jiwa kompetitif. Di dalam jiwa yang kompetitif akan terbentuk usaha untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Anda akan pantang menyerah untuk menunjukkan bahwa bisnis Andalah yang terbaik. Cara membuktikan Andalah yang terbaik itu memerlukan proses. Dalam proses tersebut, Anda bisa menggunakan strategi dengan menggunakan sistem modern untuk menunjang operasional bisnis. Misalnya, dengan penggunaan CRM yang dapat 100% merekap tiap data pelanggan.

4. Menerima Pendapat Pelanggan

Selanjutnya, cara meningkatkan kepuasan pelanggan, yaitu mampu menerima saran dan kritik pelanggan. Mendapatkan masukan, baik saran, kritik hingga keluhan dari pelanggan merupakan hal yang wajar terjadi dalam dunia bisnis. Dalam menyikapi hal tersebut, usahakan tetap berpikiran terbuka dan menerima masukkan mereka.

5. Meminta Feedback Secara Berkala

Cara lainnya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, yaitu meminta feedback (umpan balik). Dengan mengumpulkan feedback dari pelanggan, Anda dapat mengevaluasi bagian yang perlu diperbaikki atau ditingkatkan. Ketika pelanggan menyadari bahwa ulasan mereka diwujudkan, tentu mereka akan merasa dihargai dan merasa bahwa Anda peduli dengan kenyamanan mereka. Ini akan membuat pelanggan menjadi loyal.

6. Menawarkan Promo

Cara meningkatkan kepuasan pelanggan berikutnya, yaitu dengan menawarkan promo. Buatlah promo khusus bagi pelanggan setia Anda sehingga mereka merasa diperhatikan.

7. Respons Cepat

Cara lain dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, yaitu dengan pelayanan yang cepat. Semakin cepat pelanggan mendapat respons, semakin baik perusahaan Anda di mata mereka. Misalnya, pelanggan yang membutuhkan peralatan rumah. Jika respons Anda terlalu lama, mereka dapat memesannya di tempat lain. Untuk mempercepat respons pesan, Anda bisa menggunakan Chatbot yang mampu membalas pesan secara otomatis.

8. Berikan Pelayanan Terbaik

Terakhir, cara meningkatkan kepuasan pelanggan ialah memberikan pelayanan yang terbaik. Agen bisnis perlu cepat tanggap untuk memberikan solusi kepada pelanggan. Jika membutuhkan waktu, tepati janji untuk melakukan follow up kepada mereka.

Untuk mempermudah Anda melakukan follow up, Anda bisa menggunakan sistem CRM yang mampu menyimpan data secara terpusat. CRM mampu 100% mengefisiensi kinerja agen dalam mendata ticket dan mempermudah follow up pelanggan.

Menggunakan sistem CRM, seperti Barantum, Anda dapat mengakses berbagai fitur unggulan untuk mengoptimaklan layanan pelanggan Anda. Misalnya, fitur Activity yang dapat melihat tiap aktivitas agen. Fitur Ticket yang dapat mendata tiap kendala pelanggan yang perlu ditangani. Ditambah dengan omnichannel yang mampu mengintegrasi seluruh saluran komunikasi dalam satu platfrom.

Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan CRM!

Barantum Software dan Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Pelanggan yang puas dengan service dan produk bisnis Anda merupakan salah satu ukuran keberhasilan sebuah bisnis. Dengan menaruh perhatian khusus kepada layanan pelanggan, akan membuat mereka merasa nyaman dan dipastikan tidak beralih ke kompetitor. Untuk itulah, Bisnis sangatlah penting untuk membangun komunikasi melalui customer relationship.

Sistem tersebut sudah melingkupi semua kebutuhan untuk kebutuhan bisnis. Mulai dari bisnis berskala kecil hingga bisnis berskala besar. Dan, didukung teknologi Omnichannel yang dapat menjangkau pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Rekomendasi Artikel

  1. Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Faktor dan Indikatornya
  2. Cara dan Strategi Mempertahankan Pelanggan Dalam Bisnis
  3. Top 10 Software Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia
  4. Pelanggan Lama vs Pelanggan Baru, Mana Lebih Penting?
  5. Apa itu CRM (Customer Relationship Management)? Ketahui Semuanya di Sini!

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang