Pernahkah Anda merasa frustrasi karena akun Instagram Anda tidak mendapatkan pengakuan yang layak meskipun sudah berusaha keras menghasilkan konten berkualitas? Anda bukan satu-satunya yang merasa seperti itu. Banyak pengguna Instagram yang berjuang untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari audiens Anda. Salah satunya, yaitu dengan meningkatkan kredibilitas dan menarik, Anda bisa mendapatkan centang biru Instagram.

Centang biru di Instagram tidak hanya sekadar tanda verifikasi, tetapi juga simbol pengakuan dan kepercayaan. Akun yang diverifikasi dengan centang biru dianggap lebih resmi dan terpercaya, baik oleh pengikut lama maupun calon pengikut baru. Namun, mendapatkan centang biru ini tidak semudah yang dibayangkan. Ada syarat dan proses yang harus dilalui untuk memastikan bahwa akun Anda layak mendapatkan tanda pengakuan tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan centang biru Instagram? Dan, apa saja syarat yang harus dipenuhi? Dalam artikel ini akan membahas secara mendetail tentang syarat dan cara mendapatkan centang biru di IG, serta fitur-fitur eksklusif yang bisa Anda nikmati setelah akun Anda terverifikasi.

Jadi, simak artikelnya sampai selesai ya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Pengertian Centang Biru Instagram

Centang biru Instagram adalah tanda verifikasi yang diberikan oleh Instagram kepada akun-akun yang dianggap memenuhi kriteria tertentu, menunjukkan bahwa akun tersebut adalah akun resmi dari tokoh publik, artis, brand, atau yang lainnya. Tanda verifikasi ini muncul sebagai ikon centang biru kecil di sebelah nama pengguna akun tersebut, baik di profil maupun hasil pencarian.

Centang biru ini bertujuan untuk membantu pengguna Instagram membedakan antara akun asli dan akun palsu atau fanpage yang tidak resmi. Dengan adanya centang biru, pengikut dapat merasa lebih aman dan yakin bahwa mereka mengikuti akun yang benar-benar dikelola oleh individu atau organisasi yang asli dan terpercaya.

Syarat Centang Biru Instagram

Untuk mendapatkan centang biru di Instagram, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Keaslian: Akun Anda harus mewakili orang, merek, atau entitas yang nyata. Instagram tidak akan memverifikasi akun parodi atau akun penggemar.
  2. Unik: Akun Anda harus menjadi satu-satunya representasi dari orang atau bisnis yang Anda wakili. Instagram hanya memverifikasi satu akun per orang atau bisnis, kecuali untuk akun yang memiliki bahasa berbeda.
  3. Lengkap: Akun Anda harus publik dan memiliki bio, foto profil, serta minimal satu postingan. Selain itu, informasi di akun Anda harus akurat dan mencerminkan identitas Anda.
  4. Terkenal: Akun Anda harus mewakili individu, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari orang. Instagram mengecek apakah akun Anda sudah dikenal di luar platform.

Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram

Ada dua cara untuk mendapatkan centang biru di IG, yaitu melalui cara tidak berbayar dan berbayar.

Cara Tidak Berbayar

1. Masuk ke Profil Anda: Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Anda.

2. Akses Pengaturan: Klik ikon tiga garis di pojok kanan atas dan pilih “Pengaturan” dan klik “Fitur dan Kontrol Bisnis”.

Centang Biru IG Gratis_2

3. Di menu Pengaturan, pilih “Minta Verifikasi”.

Centang Biru IG Gratis_3

3. Isi formulir dengan informasi yang diminta, seperti nama pengguna, nama lengkap, kategori akun, dan lampirkan dokumen identifikasi.

Centang Biru IG Gratis_4

4. Klik Kirim Permintaan setelah formulir terisi lengkap. Instagram akan meninjau permintaan Anda dan memberi tahu hasilnya melalui notifikasi.

Cara Berbayar

Instagram juga menyediakan layanan berbayar melalui program Meta Verified yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan centang biru dengan berlangganan.

1. Pertama, masuk ke akun Instagram Anda dan buka pengaturan. Cari opsi “Verifikasi Meta” dan ikuti langkah-langkah untuk berlangganan.

Centang Biru IG Berbayar_1

2. Selanjutnya, pilih akun yang akan ditambahkan centang biru Instagram.

Centang Biru IG Berbayar_3

3. Terakhir, ikuti proses pembayaran yang disediakan. Setelah pembayaran dikonfirmasi, akun Anda akan diverifikasi dan mendapatkan centang biru.

Centang Biru IG Berbayar_4

Fitur-Fitur di Akun Centang Biru Instagram

Akun yang telah terverifikasi dengan centang biru di Instagram memiliki beberapa keuntungan dan fitur eksklusif, antara lain:

  1. Kepercayaan Lebih: Centang biru memberikan tanda bahwa akun Anda resmi dan terpercaya, meningkatkan kepercayaan dari pengikut dan calon pengikut.
  2. Prioritas Pencarian: Akun terverifikasi cenderung muncul lebih tinggi di hasil pencarian, memudahkan pengguna menemukan akun Anda.
  3. Akses Fitur Eksklusif: Beberapa fitur baru di Instagram biasanya pertama kali diluncurkan untuk akun terverifikasi, memberi Anda akses lebih awal untuk mencoba fitur tersebut.
  4. Perlindungan Akun: Akun terverifikasi memiliki perlindungan lebih terhadap upaya peniruan atau pembajakan akun, memberikan keamanan tambahan.
  5. Kemudahan Kerja Sama: Akun dengan centang biru lebih mudah dipercaya oleh merek lain dan calon mitra bisnis untuk kerja sama atau sponsorship.

Dengan memahami syarat dan proses mendapatkan centang biru di IG, serta fitur-fitur yang bisa dinikmati, Anda kini memiliki panduan yang jelas untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan akun IG Anda.

Berbeda dengan centang biru IG yang bisa didapatkan dengan bayar langsung, untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp, proses verifikasi sedikit berbeda. WhatsApp memberikan centang hijau untuk akun bisnis resmi melalui Business Solution Provider (BSP) resmi. Barantum adalah BSP atau mitra resmi WhatsApp yang dapat membantu bisnis Anda mendapatkan verifikasi centang hijau di WhatsApp.

Mendapatkan centang biru di Instagram memang bisa menjadi langkah besar untuk meningkatkan kredibilitas dan pengakuan akun Anda di mata publik. Dengan mengikuti syarat dan proses yang telah dijelaskan, Anda bisa mendapatkan tanda verifikasi ini, baik melalui cara tidak berbayar dengan pengajuan langsung ke Instagram maupun cara berbayar melalui layanan Meta Verified.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui perbedaan proses verifikasi di platform lain seperti WhatsApp yang membutuhkan bantuan dari Business Solution Provider resmi seperti Barantum untuk mendapatkan centang hijau.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".