Centang Hijau WhatsApp (Verified Badge)

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi komunikasi yang populer dan marak digunakan di seluruh di dunia. Hal ini karena penggunaan WhatsApp sangat mudah dan simple untuk digunakan oleh segala usia. Maraknya penggunaan WhatsApp ini membuat peluang bagi penisnis untuk memasarkan produknya. Melihat hal itu, untuk mencegah penipuan bisnis, terdapat centang hijau WhatsApp yang bisa diajukan pebisnis untuk akunnya.

Mengapa perlu centang hijau WhatsApp? Centang hijau WhatsApp atau WhatsApp Verified Badge memiliki manfaat tersendiri bagi pemiliknya. Akun dengan centang hijau dapat menambah kepercayaan customer bisnis.

Mengingat penjualan secara online sangat rentan dengan berbagai penipuan. Tidak terkecuali dengan banyaknya kasus penipuan saat bertransaksi di WhatsApp.  Dengan adanya centang hijau WhatsApp di akun bisnis Anda, customer tidak perlu ragu lagi dengan penjual ataupun perusahaan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengalami hal seperti customer tidak percaya dengan pesan blast yang bisnis Anda kirimkan ataupun nomor Anda di blokir oleh customer. Centang hijau WhatsApp juga dapat meningkatkan reputasi dari brand atau merk bisnis. Maka tidak heran, hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan jumlah penjualan.

Pengertian Centang Hijau WhatsApp

verified badge whatsapp

Badge verified atau tanda centang hijau pada akun bisnis Whatsapp menandakan akun resmi yang sudah terverifikasi. Setelah mendapatkan centang hijau, WhatsApp telah memverifikasi bahwa nomor telepon dari kontak ini sudah menjadi milik dari akun bisnis yang bersangkutan.

Syarat Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp

1. Pastikan akun yang Anda miliki adalah akun bisnis

Syarat utama untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp adalah akun yang Anda miliki adalah akun bisnis. Hingga saaat ini WhatsApp belum menyediakan centang hijau untuk akun pribadi. Oleh sebab itu, jika Anda masih menggunakan akun pribadi, otomatis tidak bisa mendapatkan centang hijau.

Cara beralih ke akun bisnis sangat mudah. Anda hanya perlu mencadangkan data agar data tidak hilang. Lalu, Anda unduh WhatsApp Business dan verifikasi nomor ponsel Anda. Setelah itu, Anda memasukkan nama bisnis dan mengatur profil bisnis.

Namun, ada hal yang perlu Anda ingat. WhatsApp tidak akan memverifikasi akun bisnis jika Anda membuat akun bisnis seputar tembakau, bisnis perjudian, dan merek alkohol, bisnis senjata, live hewan, porno & prostitusi, layanan kencan, dan cryptocurrency.

2. Autentik

Artinya, akun bisnis yang terdaftar merupakan akun asli dan dapat dipercaya.

3. Akun WhatsApp dan Facebook Business harus terverifikasi

Verifikasi akun menjadi syarat mutlak dari WhatsApp untuk bisa mendapatkan centang hijau. Dengan melakukan verifikasi inilah menjadi upaya WhatsApp untuk yakin itu Anda. Bukan peniru yang mencoba menyalin akun Anda.

Cara untuk verifikasi dapat dilakukan dengan menambahkan informasi lain yang valid. Salah satunya, dengan mempunyai website yang berguna ketika ada proses pengecekan bahwa itu benar Anda dan bukan orang lain. Perlu diperhatikan, nomor telepon yang terdapat pada website harus sama dengan nomor yang didaftarkan untuk akun WhatsApp.

Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa akun Facebook Business Anda juga telah terverifikasi.

4. Populer atau dikenal dan benar adanya

Cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp Business, yaitu dengan memastikan bisnis Anda memang benar adanya dan bukan untuk penggunaan pribadi. Oleh sebab itu, tidak heran jika proses verifikasinya cukup panjang.

Akun bisnis Anda pun perlu memiliki engangement dan harus aktif agar WhatsApp menilai akun bisnis Anda sebagai akun yang terpercaya.

5. Rutin melakukan blast WhatsApp

Dengan melakukan balast WhatsApp, akun bisnis Anda menjadi terlihat aktif. Anda bisa melakukan blast WhatsApp secara rutin per minggu. Dengan WhatsApp Business, diperkirakan Anda bisa melakukan blast sekitar 1.000 per minggunya. Dengan begitu, bisnis Anda lebih dikenal oleh masyarakat.

6. Memperbanyak artikel di online (blog, liputan, press release, dll)

Sebaiknya Anda menggunakan website yang telah dibuat semaksimal mungkin. Hal itu bisa dengan memposting artikel di website Anda. Dengan begitu, bisnis Anda lebih dikenal luas oleh masyarakat.

Di samping mem-publish artikel di website, Anda juga bisa membuat artikel di blog, liputan media ataupun membuat press release. Anda bisa bekerja sama dengan media untuk menupload artikel tentang bisnis Anda.

7. Menaikkan traffic, SEO, dan SERP website

Kenaikkan traffic menandakan bahwa bisnis Anda sering dicari oleh masyarakat. Namun, Anda juga perlu melakukan evaluasi dan peningkatan SEO dan SERP website. Hal ini agar website bisnis Anda dapat muncul di pencarian utama sehingga bisnis Anda pun makin terkenal.

Nah, setelah mengetahui syarat mendapatkan centang hijau. Lalu, bagaimana cara mendapatkan centang hijau tersebut? Cara mendapatkan centang hijau cukuplah mudah jika Anda telah memenuhi persyaratannya.

Kini ada mitra bisnis resmi WhatsApp, seperti Barantum, yang dapat membantu akun Anda mendapatkan centang hijau di WhatsApp. Tidak hanya itu, Anda bisa dengan mudah mengintegrasikan akun WhatsApp atau saluran media komunikasi lainnya ke dalam CRM Omnichannels. Sehingga pelayanan pelanggan bisnis Anda lebih optimal.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa persyaratan tersebut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan centang hijau. WhatsApp secara resmi memiliki semua hak dalam memberikan centang hijau tersebut untuk akun WhatsApp Business.

Jika aplikasi ditolak, WhatsApp tidak memiliki opsi untuk mengajukan banding untuk setiap pengajuan centang hijau. Kita dapat melakukan pengajuan ulang sesuai jeda yang diatur oleh WhatsApp, yaitu 30 hari setelah pengajuan ditolak.

register whatsapp api barantum

Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Facebook sebagai pemilik WhatsApp telah bermitra dengan Penyedia Solusi Bisnis (BSP) secara global untuk membantu bisnis melalui WhatsApp Business API. Barantum merupakan Mitra resmi WhatsApp yang di tunjuk sebagai BSP untuk WhatsApp Business API. Jika Anda tertarik, Anda dapat langsung mendaftar untuk Verifikasi Bisnis WhatsApp menggunakan tautan ini pengajuan WhatsApp Business API.

Waktu persetujuan untuk melakukan verifikasi ini biasanya antara satu sampai tiga minggu. Namun, proses persetujan dapat lebih lama tergantung approval dari Facebook. Langkah – langkah untuk proses verifikasi Akun WhatsApp Bisnis Resmi Anda adalah sebagai berikut:

1. Daftarkan bisnis Anda melalui BSP resmi yang ditunjuk oleh WhatsApp, seperti Barantum.

2. Buat akun Business Manager.

3. Berikan ID Facebook Bisnis Manajer (BMID) Anda kepada Barantum selaku BSP Resmi WhatsApp.

4. Menyutujui pengiriman pesan oleh BSP atas nama bisnis Anda kepada pelanggan.

5. Selanjutnya, kamu perlu melakukan proses verifikasi kelengkapan profil dan kebijakan perusahaan. Pastikan, nama bisnis sesuai dengan Facebook Businees Manager dan WhatsApp Business API.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Buat akun Facebook Business Manager

Untuk memverifikasi akun bisnis WhatsApp atas nama Anda, Anda harus mengurus beberapa hal terlebih dahulu. Secara khusus, hal ini termasuk membuat akun Facebook Business Manager.

Sebagai alat Facebook yang membantu Anda dalam mengatur dan mengelola bisnis Anda, Business Manager mengharuskan Anda untuk memiliki profil Facebook sehingga Anda dapat menggunakan nama pengguna dan kata sandi Facebook Anda untuk mendaftar.

Anda dapat mengunjungi situs web Facebook Business lalu membuat akun. Di sini Anda akan memasukkan nama, nama bisnis, alamat email, dan detail bisnis lainnya. Anda hanya dapat memiliki hingga dua akun Business Manager secara bersamaan.

2. Berikan ID business manager kepada Barantum selaku BSP resmi WhatsApp

Dengan membuat dan memverifikasi akun bisnis Anda, kami akan memerlukan Business Manager ID Anda. Informasi ini tersedia di Pengaturan Bisnis → Info Bisnis, di bawah Nama Akun Manajer Bisnis. Setelah menemukannya, kirim email yang berisi Business Manager ID Anda kepada tim kami.

3. Menyetujui pengiriman pesan dari platform Barantum

Setelah memiliki Business Manager ID, kami akan membutuhkan persetujuan Anda untuk mengirim pesan kepada pelanggan Anda atas nama Anda. Proses ini akan mengirim permintaan “pesan atas nama” melalui email dan Business Manager. Anda dapat menyetujuinya melalui Pengaturan Bisnis → Permintaan, lalu terima.

4. Verifikasi bisnis, kebijakan, dan nama tampilan Anda

Setelah Anda menyetujui permintaan BSP, Anda perlu memverifikasi nama dan kebijakan bisnis Anda di Business Manager sehingga WhatsApp dapat melihatnya. Anda dapat melakukan ini di Pengaturan Bisnis → Pusat Keamanan, di bawah Verifikasi lalu mulai verifikasi. Opsi ini akan berwarna abu-abu sampai Anda menyetujui “pesan atas nama” yang dikirimkan tim kami kepada Anda.

Nama tampilan Anda harus sesuai dengan kebijakan Perdagangan dan Bisnis WhatsApp dan pedoman yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Juga perlu perhatikan bahwa, setelah Anda mendaftarkan nama kontak bisnis Anda di WhatsApp sebagai akun bisnis resmi, Anda tidak mungkin untuk mengubahnya tanpa kehilangan status terverifikasi.

Setelah Anda memasukkan detail bisnis, memilih jenis bisnis, dan memasukkan nomor telepon Anda, Anda akan menerima kode verifikasi (melalui panggilan telepon, pesan teks, atau email). Setelahnya, Anda dapat men-submit pesan tersebut untuk menyelesaikan proses ini.

Itulah tadi beberapa tahapan untuk memverifikasi akun bisnis WhatsApp Anda hingga Anda mendapatkan tanda centang hijau atau verified bagde WhatsApp untuk Akun bisnis Anda.

Verifikasi Akun Bisnis

Cara verifikasi WhatsApp Bisnis sebenarnya sangat mudah. Namun, membutuhkan beberapa tahap yang perlu Anda lakukan. Jika Anda ingin memisahkan antara pesan pribadi dan pesan bisnis, memilih WhatsApp Business sendiri merupakan solusi efektif. Terutama bagi Anda yang hanya memiliki satu perangkat ponsel saja.

Arti verifikasi adalah pemeriksaan tentang kebenaran laporan. Verifikasi sendiri ditujukan untuk pemeriksaan tentang kebenaran suatu laporan. Jadi, saat Anda ingin masuk ke akun media sosial, verifikasi  muncul untuk memastikan semua informasi yang dimasukkan adalah benar dan berkaitan dengan akunmu tersebut.

Manfaat Centang Hijau WhatsApp

Dengan mengaplikasikan centang hijau WhatsApp, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat. Manfaat tidak hanya meningkatkan kepercayaan customer, namun juga mampu membangun kredebilitas akun bisnis Anda di mata customer. Berikut beberapa manfaat centang hijau WhatsApp:

  • Membangun tingkat kredibilitas bisnis dengan modal yang tidak terlalu tinggi.
  • Mengurangi sifat keraguan terhadap para customer. Hal ini karena akun bisnis sudah terverifikasi centang hijau menjadi salah satu tanda penting untuk perusahaan resmi dan terpercaya.
  • Pengaplikasiannya semakin mudah jika dibuhungan dengan CRM, seperti Barantum. Dengan begitu, keseluruhan pesan customer dari berbagai saluran komunikasi dapat terlihat dalam satu platfrom.
  • Meningkatkan penjualan dan branding secara mudah dan gratis. Perusahaan secara otomatis muncul ke dalam kolom komentar yang ada di dalam pesan customer.

Barantum, Official WhatsApp Bisnis Partner

register whatsapp api barantum

Untuk mendaftar centang hijau WhatsApp, Anda bisa bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp. Di Indonesia, salah satu mitra resmi WhatsApp yang terpercaya, yaitu Barantum. Staf profesional Barantum akan membantu akun bisnis Anda mendapatkan centang hijau WhatsApp dengan mudah.

Jadi tunggu apalagi, jika kamu tertarik untuk membuat bisnis lebih mudah dan mendapatkan trust atau kepercayaan yang baik dari pelanggan segera hubungi tim Barantum untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai bisnismu di sini.

Rekomendasi Artikel

  1. Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API
  2. Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API
  3. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  4. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
  5. Beragam Fitur CRM yang Terintegrasi dengan WhatsApp Business API
1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang