Panduan Lengkap WhatsApp Business API (Sept 2022)

Facebook meluncurkan WhatsApp API untuk membantu bisnis menengah dan besar meningkatkan kemampuan pesan WhatsApp mereka dan terhubung dengan pelanggan mereka di seluruh dunia.

Dengan bantuan API, bisnis dapat menghubungkan sistem mereka sendiri untuk mengirim pesan transaksional otomatis melalui WhatsApp. Pemasar mendapatkan kontrol lebih besar atas perpesanan dan dapat mengurangi ketergantungan mereka pada pengembang untuk mengelola integrasi sambil melacak kinerja kampanye WhatsApp mereka dengan mulus.

Setiap bisnis atau perusahaan yang ingin mendapatkan layanan atau fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp API ini harus bermitra dan bekerja sama dengan penyedia solusi bisnis pihak ketiga atau yang biasa disebut BSP WhatsApp Resmi seperti Barantum.
Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia di Indonesia

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API merupakan Application Programming Interface yaitu salah satu fitur WhatsApp untuk membantu dan mempermudah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur WhatsApp Business API ini lebih ditunjukkan untuk kepentingan bisnis dan bukan personal atau perorangan.

WhatsApp Business API ini berbeda dengan WhatsApp Business. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda akan membuka fitur lanjutan yang sebelumnya tidak bisa Anda akses dan dapatkan di versi WhatsApp Business biasa.

API atau Application Programming Interface WhatsApp inilah yang dimanfaatkan untuk dikembangkan menjadi aplikasi, sistem atau fitur lain yang terhubung dengan WhatsApp untuk memenuhi kebutuhan komunikasi bisnis dan pelanggan.

Apa Perbedaan WhatsApp Business API Dengan Layanan WhatsApp Yang Lain?

Jika Anda mempunyai bisnis kecil, Anda mungkin sudah menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk menanggapi pertanyaan ini. Tetapi ketika Anda ingin scale up perusahaan Anda atau membawa bisnis Anda lebih besar lagi, Anda akan menemukan bahwa WhatsApp Business sangat terbatas dan tidak mencukupi dan kemudian mencari fitur yang lebih canggih lagi.

Berikut ini perbedaan antara WhatsApp Business API dan layanan WhatsApp lainnya:Perbedaan Fitur WA Personal, WA Business, dan WhatsApp API

Kenapa Bisnis Harus Menggunakan WhatsApp Business API?

Alasan Kenapa Bisnis Harus Menggunakan WhatsApp API
Ada banyak keuntungan dari menggunakan WhatsApp Business API bagi bisnis Anda dan juga pelanggan Anda diantaranya :

  • Kebanyakan orang membuka aplikasi messenger mereka beberapa kali sehari. WhatsApp adalah cara termudah dan paling nyaman bagi pelanggan Anda untuk menghubungi Anda karena itu sudah menjadi bagian dari kebiasaan sehari-hari mereka .
  • Pesan seluler mempunyai tingkat pembukaan 98 persen (bandingkan dengan email, yang hanya 20 persen). Hindari kotak masuk yang ramai dan buat koneksi langsung jangka panjang dengan pelanggan Anda.
  • Pesan memungkinkan Anda untuk bereaksi lebih cepat terhadap permintaan pelanggan dan menyelesaikan pertanyaan sebelum mereka menunda pembelian. Ini akan meningkatkan tingkat konversi Anda dan meningkatkan kepuasan pelanggan Anda.
  • Layanan pelanggan tidak pernah lebih nyaman, efisien – dan menyenangkan! Bagikan pesan teks, emoji, gambar, dan file apa pun dengan pelanggan Anda.

Apa Saja Keuntungan Dari Menggunakan WhatsApp Business API?

Berikut ini manfaat dari menggunakan fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda:

1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Dengan menggunakan WhatsApp Business API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan dengan adanya Centang Hijau (Verified Badge) pada akun bisnis Anda. Dengan adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda untuk membuka pesan. Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda.

2. Layanan pelanggan yang cepat dan responsif

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, anda dapat menggunakan fitur lanjutan yang tidak bisa Anda dapatkan pada akun WhatsApp Business biasa, seperti auto responder, chatbot, multi-user / multi-agent, alokasi chat per agent dan banyak lagi. Dengan fitur tersebut akan membantu Anda untuk menjangkau, menjawab, dan melayani pelanggan lebih banyak lagi dengan cepat dan efektif.

Jika pelanggan menunggu dalam waktu lama, memungkinkan mereka bertanya pada perusahaan lain yang merespons lebih cepat. Alhasil, menghilangnya peluang untuk mendapatkan clossing dari pelanggan tersebut.

3. Sebagai saluran komunikasi yang mudah dan praktis

WhatsApp memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan di saluran yang mereka gunakan. Kebanyakan orang memeriksa pesan mereka beberapa kali sehari yang menjadikan WhatsApp cara termudah dan paling nyaman bagi mereka untuk berhubungan dengan bisnis. Pelanggan Anda juga tidak perlu memeriksa email mereka terus-menerus untuk mendapatkan pembaruan tentang pesanan/permintaan mereka. Di sisi lain, Anda dan pelanggan Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dari aplikasi ini.

4. Mudah diintegrasikan dengan sistem lain

WhatsApp Business API juga sangat mudah untuk diintegrasikan dengan sistem lain. Jika Anda mempunyai website atau sistem sendiri seperti CRM atau sistem lainnya dan ingin diintegrasikan menggunakan WhatsApp, itu sangat mudah. Contoh integrasi yang bisa dilakukan: terhubung dengan platform chat messenger lain seperti Line, Telegram, Facebook dan Instagram, Livechat di Website, notifikasi pembelian dan pembayaran melelui website dan banyak lagi.

5. Dapat mengirimkan pesan blast secara massal

Keuntungan lainnya yaitu bisnis Anda dapat mengirimkan pesan blast (WhatsApp Blast) secara massal kepada pelanggan tanpa perlu menyimpan nomor atau kontak. Dengan begitu Anda dapat menjangkau banyak pelanggan secara sekaligus dan cepat. Anda bisa menggunakan fitur WhatsApp Blast ini untuk keperluan mengirimkan notifikasi, informasi pembayaran, informasi tagihan maupun informasi berupa produk diskon dan sebagainya.

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia di Indonesia

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Business API?

Mendapatkan akses ke WhatsApp Business API adalah proses yang sederhana namun cukup rumit pada saat yang bersamaan. Perlu diingat bahwa API pada dasarnya adalah seperangkat fungsi dan prosedur yang mengirimkan informasi antara aplikasi yang berbeda.

Jadi, kecuali Anda dan tim Anda terlatih (dan bersedia) membaca baris kode pemograman tanpa akhir, Anda memerlukan dasbor atau panel untuk mengatur informasi secara visual untuk memahami dan mengelola data dan kode yang bolak-balik.

Anda memiliki dua opsi:

  1. Mengembangkan dan membuat software atau sistem internal secara mandiri atau;
  2. Berlangganan melalui penyedia pihak ketiga yang menjadi partner resmi WhatsApp untuk WhatsApp Business API.

Jika Anda memiliki tim pengembang internal, Anda dapat mendaftar sendiri untuk mengakses dokumentasi WhatsApp Business API dan kemudian menugaskan tim Anda untuk membuat platform untuk menafsirkan API.

Namun, ada “tetapi” yang perlu di perhatikan untuk proses ini.

Mengingat jumlah elemen yang terlibat (mensegmentasikan pelanggan, menangani query, mengelola pesanan, mengotomatiskan balasan, melacak metrik, dan lain-lain), ini semua bisa sangat memakan waktu dan belum lagi menguras sumber daya secara signifikan. Solusi cepat dan mudahnya adalah bermitra dengan Penyedia Solusi Bisnis WhatsApp (BSP WhatsApp) terbaik dan terpercaya seperti Barantum.

Menggunakan Fitur WhatsApp Business API Dari BSP WhatsApp

Cara termudah untuk mengakses dan mendapatkan fitur-fitur dari WhatsApp Business API adalah dengan bekerja sama dengan BSP WhatsApp. Saat ini banyak sekali BSP WhatsApp yang bisa Anda temui, tapi pastikan Anda untuk memilih vendor yang terbaik diantara mereka.

WhatsApp Business Solution Provider atau BSP WhatsApp merupakan institusi atau perusahaan penyedia solusi pihak ketiga yang berpengalaman di Platform WhatsApp Business untuk menyediakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API.

Salah satu yang bisa menjadi pilihan terbaik adalah dengan menggunakan Barantum. Barantum telah telah terpilih menjadi Mitra Resmi WhatsApp yang terpercaya dan direkomendasikan oleh Facebook sebagai pemilik WhatsApp. Daftar BSP resmi WhatsApp terpercaya bisa Anda lihat disini -> List BSP WhatsApp Resmi by Facebook.
bsp resmi

Dengan bekerja sama dan menggunakan layanan yang disediakan oleh BSP WhatsApp yang Anda pilih, Anda dapat menghilangkan masalah teknis dan menghemat banyak waktu yang terbuang bila Anda memutuskan untuk membuatnya sendiri. Selain itu, karena Anda akan bekerja sama dengan mitra resmi yang ditunjuk langsung oleh WhatsApp, Anda dapat yakin bahwa layanan ini sepenuhnya sesuai dan kompatibel.

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

Kenapa Memilih WhatsApp Partner Yang Tepat Itu Penting?

Memilih partner BSP tidak bisa sembarangan. Anda perlu memilih partner BSP yang tepat untuk mendapatkan solusi bisnis Anda. Berikut alasan mengapa memilih partner BSP WhatsApp yang tepat itu penting:

1. Partner BSP Merupakan Partner Bisnis Jangka Panjang

Bekerja sama dengan BSP tentu berarti Anda akan melakukan hubungan kerja dalam jangka panjang. Memilih partner BSP yang tepat itu penting karena Anda akan bekerja sama dengan mereka selama bisnis Anda masih berjalan dan untuk tetap menggunakan fitur yang disediakan.

Memilih partner BSP WhatsApp yang tepat itu penting dengan mempertimbangkan dari segi pelayanannya yang baik, cepat tanggap dalam mengatasi masalah dan tetap terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik untuk Anda yang juga sebagai partner bisnisnya.

2. Nomor Bisnis Yang Didaftarkan Terikat Dengan WhatsApp API

Memilih partner BSP WhatsApp yang tepat itu penting karena nomor yang Anda daftarkan untuk layanan WhatsApp Business API ini tidak akan bisa Anda ubah dan digunakan kembali untuk WhatsApp Personal maupun WhatsApp Business.

3. Proses Untuk Berpindah Antar BSP WhatsApp Itu Sulit

Memilih partner BSP yang tepat menjadi penting karena selain untuk jangka panjang juga karena berpindah ke BSP lain itu sangat sulit. Bukannya tidak bisa, tapi proses untuk berpindah BSP itu sangat memakan waktu dan tenaga, juga pastinya akan dikenakan biaya tambahan untuk proses migrasi karena memang prosesnya yang sulit.

4. Fitur WhatsApp API Terikat Dengan BSP Yang Dipilih

Alasan terakhir kenapa memilih partner BSP WhatsApp yang tepat itu penting karena fitur WhatsApp Business API yang bisnis Anda gunakan itu terikat dengan partner BSP WhatsApp yang Anda pilih. Agar Anda bisa terus menggunakan layanan dan fitur WhatsApp Business API Anda harus tetap bekerja sama dan menjalin hubungan bisnis dengan BSP tersebut, itulah kenapa memilih partner BSP itu untuk jangka panjang.

Apa Saja Fitur Dari WhatsApp Business API?

Berikut ini fitur WhatsApp Business API yang bisa Anda dapatkan:

  1. Profil Bisnis
    Dengan fitur profil bisnis, Anda dapat mencantumkan semua identitas informasi bisnis Anda, mulai dari nama toko / bisnis, deskripsi, alamat, kategori bisnis, jam kerja dan sebagainya. Fitur ini merupakan fitur basic yang bisa bisa Anda temui pada versi WhatsApp Business biasa.
  2. Pesan Otomatis
    Dengan fitur ini para pemilik bisnis tidak perlu standby setiap saat untuk membalas pesan dari konsumen secara manual. Cukup dengan mengaktifkan fitur ini, Anda sudah bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada konsumen dalam waktu yang sudah Anda tentukan dan atur sebelumnya.
    Terdapat tiga fitur pesan otomatis pada aplikasi ini, yaitu:

    • Away Message: Anda bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun sedang sibuk.
    • Greeting Message: Anda bisa menggunakan untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
    • Quick Replies: Anda bisa membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama.
  3. Katalog
    Dengan fitur katalog, memungkinkan Anda untuk menambahkan katalog dari produk-prroduk Anda dan menampilkannya di profile WhatsApp Business Anda. Sehingga calon pelanggan bisa melihat produk apa saja yang Anda tawarkan untuk mereka melalui katalog tersebut.
  4. Centang Hijau (Verified Account)
    Centang hijau atau green tick adalah identitas untuk akun WhatsApp yang telah terverifikasi. Dengan akun yang terverifikasi dan mendapatkan centang hijau di sebelah nama profil bisnis Anda, hal ini akan sangat berdampak dan meningkatnya kepercayaan pelangaan terhadap bisnis Anda dan meningkatnya kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.
  5. ChatBot (Robot Chat)
    Berbeda dengan pesan otomatis, ChatBot atau Robot Chat ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan pelanggan ke dalam tujuan tertentu melalui step atau langkah-langkah yang sudah Anda atur sebelumnya. Misal untuk proses transaksi penjualan, transaksi pembayaran, konfirmasi penjualan, klaim garansi, pengajuan return produk dan sebagainya.
    ChatBot ini bisa diterapkan pada kegiatan yang membutuhkan pelanggan untuk mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu, seperti mengirimkan faktur pembelian, detail alamat, bukti pembayaran dan sebagainya.
  6. Multi-User
    Dengan fitur multi-user ini memungkinkan Anda untuk mengakses akun WhatsApp Business Anda dari berbagai device, seperti handphone, tablet atau komputer. Memungkinkan akun untuk diakses lebih dari satu orang, di tempat berbeda dan di device yang berbebda.
  7. Alokasi Agent
    Fitur Alokasi Agent memungkinkan Anda untuk mengatur pembagian pesan yang datang secara merata kepada seluruh agent atau admin Anda. Contoh: Jika Ada memiliki 3 agent dan ada 150 pesan masuk yang datang setiap harinya pada nomor WhatsApp Business Anda, maka akan ada sebanyak 50 pesan masuk yang diterima per masing-masing agent Anda.
  8. Jam Kerja (Office Hours)
    Dengan fitur Office Hours, akan memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal jam kerja bisnis Anda, memunculkan status Online saat jam kerja dan Offline saat jam kerja telah berakhir. Dan tetap membalas pesan pelanggan diluar jam kerja dengan memberikan respon informasi pesan bahwa Anda tidak mengabaikan mereka dan akan segera menjawab mereka begitu masuk jam kerja nanti.
  9. Broadcast (WhatsApp Blast)
    Dengan fitur broadcast atau WhatsApp Blast memungkinkan Anda untuk mengirim pesan secara massal sekaligus ke banyak pelanggan secara bersamaan dengan template pesan yang sudah Anda atur sebelumnya.
  10. Terintegrasi Aplikasi Lain
    Dengan WhatsApp Business API, Anda juga bisa menghubungkan berbagai aplikasi atau saluran komunikasi lain seperti Facebook Messenger, Instagram, Line, Telegram ke dalam WhatsApp Business Anda. Sehingga Anda bisa membalas dan menjawab pelanggan dari berbagai saluran dalam waktu singkat di dalam 1 (satu) dashboard.
  11. Laporan Statistik
    Pada fitur Laporan Statistik, Anda bisa melihat laporan kegiatan dan statistik secara detail sehingga Anda bisa memantau dan memonitoring pencapaian tim Anda secara real time.

Apa WhatsApp Business API Gratis?

WhatsApp Business API ini bisa Anda akses secara gratis melalui Dokumentasi WhatsApp API yang disediakan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Anda membutuhkan keahlian khusus seperti pemahaman bahasa pemograman, koding, algoritma dan sebagainya untuk membuat fitur WhatsApp Business API yang Anda inginkan.

Tapi, jika Anda menggunakan jasa dan layanan yang disediakan oleh BSP WhatsApp. Anda bisa langsung menggunakan semua fitur WhatsApp Business API diatas tanpa harus repot-repot membuat dan merancang fitur yang Anda inginkan belum lagi karena memakan waktu dan tenaga yang cukup melelahkan.

Jika Anda memilih jalan termudah, yaitu dengan menggunakan jasa atau layanan yang disediakan oleh BSP WhatsApp, tentu Anda akan dikenakan biaya langganan untuk menggunakan fitur dan layanan tersebut.

Jika Anda memilih menggunakan fitur WhatsApp Business API dari BSP Resmi WhatsApp Barantum, Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp250K,- per bulannya. Tentu ini adalah harga yang sangat kecil dibandingkan Anda harus merekrut dan membayar staff developer Anda per bulan, yang rata-rata gajinya ada di angkat 10 Juta per bulan.

Dengan Rp250K,- per bulan Anda sudah bisa menggunakan semua fitur WhatsApp Business API, dan mendapatkan layanan terbaik yang cepat dan responsif terhadap masalah Anda.

Ketentuan Biaya Pada WhatsApp Business API

Biaya penggunaan WhatsApp Business API ini ditentukan oleh pihak Facebook dan bervariasi tergantung dimana percakapan dimulai, misalnya percakapan yang diinisiasi oleh pelanggan atau percakapan yang diinisiasi oleh bisnis.

Dalam penggunaannya, Anda akan dikenakan biaya per bulan dan Facebook akan mengirimkan invoice ke email Anda di minggu pertama di setiap bulannya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diketahui adalah ada beberapa ketentuan yang dikenakan biaya oleh pihak WhatsApp dalam biaya perpesanannya berdasarkan tipe inisiasinya yang dibagi menjadi 2 (dua), yaitu Customer Initiated, dan Business Initated:

1. Customer Initiated

Customer Initiated adalah percakapan yang dimulai oleh pelanggan dengan mengirimkan pesan terlebih dahulu kepada perusahaan bisnis. Sesi customer initiated akan mulai dihitung dari mulai bisnis membalas pesan pelanggan.

Pada customer initiated ini bisnis akan dikenakan tarif Rp271,- per satu pesan dalam 24 jam sesi chat dan nomor Indonesia.

Berikut ini contoh ilustrasi mengenai customer initiated:
customer initiated
Penjelasan:

  • Seorang pelanggan bernama Mario mengirimkan pesan pertama kali terkait tentang menanyakan ketersediaan barang pada 15 Desember 2021 pukul 08.15. Bisnis tidak dikenakan biaya sebelum merespon pesan pelanggan.
  • Pada saat bisnis membalas pesan pelanggan, sesi customer initiated dimulai dan bisnis dikenakan biaya. Bisnis dapat membalas pesan pelanggan tanpa harus menggunakan template. Namun, jika selama 24 jam bisnis tidak merespon pesan pelanggan tersebut maka bisnis tidak dikenakan biaya.
  • Perhitungan biaya per sesi yaitu 1 x 24 jam. Hal ini untuk memberikan mendorong staf Anda untuk memberikan layanan dukungan pelanggan semaksimal mungkin. Hal itu dengan memberikan pelanggan kemampuan untuk bertukar pesan sebanyak yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dalam sesi 24 jam.
  • Selama kurang dari 24 jam sejak balasan pertama dari bisnis, bisnis dapat mengirimkan pesan kepada pelanggan tanpa dikenakan biaya.
  • Waktu sesi customer initiated berakhir pada pukul 08.18 tanggal 16 Desember 2021. Jika bisnis terus bertukar pesan dengan pelanggan melebihi 24 jam, maka bisnis akan dikenakan tarif percakapan baru. Bisnis diminta untuk mengirim template pesan untuk memulai percakapan baru.

2. Business Initiated

Business Initiated adalah percakapan yang dimulai oleh bisnis dengan mengirimkan pesan dahulu kepada pelanggan. Bisnis memulai mengirimkan template pesan kepada pelanggan yang sudah di approve oleh Facebook.

Pada business initiated dikenakan tarif Rp465,- per satu pesan chat dalam 24 jam sesi chat dan nomor Indonesia.

Berikut ini contoh ilustrasi mengenai business initiated:
business initiated
Penjelasan:

  • Bisnis mengirimkan pesan pertama kepada pelanggan dengan menggunakan template pesan yang sudah dibuat sebelum. Pada saat ini, business initiated akan dimulai dan bisnis akan dikenakan biaya business initiated.
  • Pengiriman pesan masih dalam 24 jam sejak pesan pertama business initiated, sehingga pada pengiriman pesan ini tidak dikenakan biaya. Jika lewat batas waktu 24 jam maka otomatis akan masuk ke biaya sesi initiate yang baru.
  • Contohnya, jika bisnis mengirimkan template pesan pada 15 Desember 2021 pukul 8.20 pagi. Lalu, mengirimkan kembali pesan pada pukul 9.20 pagi di hari yang sama, maka tidak dikenakan biaya baru. Dan, sesi business initiated akan berakhir pada 16 Desember 2021 pukul 8.20.

Kebijakan Menggunakan WhatsApp Business API

Tidak mengherankan di sini menggunakan aplikasi ini akan mengharuskan Anda untuk mematuhi kebijakan dan pedoman mereka. Ini adalah salah satu cara untuk melindungi konsumen dan mencegah transaksi gelap terjadi melalui platform WhatsApp. Beberapa diantaranya seperti, melarang penjualan obat-obatan dan senjata, perjudian, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut dan untuk berjaga-jaga, kami sangat menyarankan Anda untuk membaca Kebijakan Perdagangan dan Kebijakan Bisnis WhatsApp secara menyeluruh.

Apa Saja Syarat Untuk Menggunakan WhatsApp Business API?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan fitur WhatsApp Business API. Berikut syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar ke BSP WhatsApp dan menggunakan WhatsApp Business API:

1. Bisnis yang dimiliki sudah berbentuk CV / PT atau Yayasan

Persyaratan minimum untuk mendapatkan WhatsApp Business API adalah bisnis yang Anda miliki sudah berbentuk CV / PT. atau yayasan. Hal ini karena pihak WhatsApp menginginkan bahwa fitur atau layanan yang mereka sediakan adalah memang digunakan untuk kepentingan bisnis dan bukan perorangan atau pribadi. Adapun bisnis yang dilarang dan tidak bisa mendapatkan centang hijau sesuai ketentuan WhatsApp adalah sebagai berikut :

  • Drugs
  • Tobacco Items
  • Gambling Businesses
  • Alcohol Brands
  • Weapons and Ammunition Businesses
  • Live Animals
  • Adult Product/Services
  • Medical & Healthcare Products
  • Dating Services
  • Cryptocurrencies

2. Memiliki ID Facebook Business Manager

Sebelum pihak WhatsApp melakukan proses verifikasi pada bisnis Anda. Anda harus memiliki akun atau ID di Facebook Business Manager terlebih dahulu. Pada Facebook Business Manager Anda bisa masuk menggunakan akun Facebook pribadi Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuatnya ulang. Selanjutnya, Anda bisa mengisikan informasi yang diminta.

3. Memiliki website resmi untuk bisnis / perusahaan

Syarat untuk menggunakan WhatsApp Business API yang terakhir adalah Anda harus memiliki website resmi perusahaan. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis Anda cukup profesional untuk memiliki website resmi sendiri untuk perusahaan yang Anda miliki dan untuk proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak WhatsApp.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API Resmi?

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia
Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Integrasi WhatsApp CRM Barantum

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp Business API Sudah Siap Digunakan

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Kini fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Dapatkan WhatsApp Business API Resmi Sekarang!

Barantum BSP WhatsApp dan Mitra Resmi WhatsApp Terbaik di Indonesia

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Daftar sekarang!

Rekomendasi Artikel

  1. Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API
  2. Template WhatsApp API: 12 Contoh Template & Penerapannya
  3. WhatsApp CRM: Pengertian dan Cara Mendapatkannya
  4. 9 Alasan Bisnis Anda Perlu Gunakan WhatsApp API di Masa Pandemi
  5. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!



5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang