Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API

WhatsApp API

WhatsApp API Adalah

WhatsApp bukan saja aplikasi messenger paling populer untuk berbicara dengan teman dan keluarga. Bisnis semakin beralih ke WhatsApp untuk terhubung dengan pelanggan mereka. Hingga pada 2018 WhatsApp menghadirkan WhatsApp Business API yang memungkinkan bisnis menengah dan besar untuk terhubung dengan pelanggan mereka di seluruh dunia. Dalam artikel ini Anda akan mempelajari apa itu WhatsApp API , fitur yang ditawarkannya, dan bagaimana Anda dapat memakai WhatsApp API bisnis dengan menggunakan Barantum.


WhatsApp API adalah sebuah penghubung antar aplikasi dalam bentuk program yang menghadirkan tampilan atau interface selayaknya tampilan WhatsApp termasuk juga fitur – fiturnya. API (Application Programming Interface) ini memungkinkan bisnis menerima dan menjawab pesan WhatsApp tanpa batas dari pelanggan mereka. Berbeda dengan Aplikasi WhatsApp Business, WhatsApp API bukanlah aplikasi yang berdiri sendiri. Anda harus mengintegrasikan API WhatsApp ke sistem pelayanan pelanggan atau sistem manajemen pelanggan bisnis Anda, seperti CRM Barantum atau Barantum Service atau Barantum Omnichannel.

apa itu whatsapp api

WhatsApp Business API atau WhatsApp API adalah salah satu dari dua solusi WhatsApp Business yang diluncurkan oleh WhatsApp pada tahun 2018. Pada tingkat konsumen, WhatsApp dikenal oleh sebagian besar sebagai alat pesan instan populer untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman. Tetapi untuk suatu alasan tertentu beberapa orang juga menyadari bahwa WhatsApp melampaui penggunaan pribadi dan sudah mulai menggunakannya untuk menghubungi bisnis untuk pertanyaan terkait layanan pelanggan.

Jika Anda mempunyai bisnis kecil, Anda mungkin sudah menggunakan aplikasi WhatsApp Business sendiri untuk menanggapi pertanyaan ini. Tidak dapat disangkal bahwa aplikasi gratis ini menawarkan banyak fitur praktis untuk usaha kecil dan para entrepreneur. Tetapi ketika Anda ingin scale up perusahaan Anda atau membawa bisnis Anda lebih besar lagi, Anda akan menemukan bahwa WhatsApp Business sangat terbatas dan tidak mencukupi dan kemudian mencari fitur yang lebih canggih.

Jika bisnis Anda sedang dalam proses berkembang dan membutuhkan alat untuk menangani layanan pelanggan untuk bisnis Anda dalam skala besar, baca terus.

Anda juga bisa membaca artikel terkait WhatsApp API : Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API  

Kelebihan WhatsApp API

 

Ada banyak keuntungan dari menggunakan WhatsApp Business bagi bisnis Anda dan juga pelanggan Anda. Beberapa diantarannya adalah sebagai berikut :

  • Kebanyakan orang membuka aplikasi messenger mereka beberapa kali sehari. WhatsApp adalah cara termudah dan paling nyaman bagi pelanggan Anda untuk menghubungi Anda karena itu sudah menjadi bagian dari kebiasaan sehari-hari mereka .
  • Pesan seluler mempunyai tingkat pembukaan 98 persen (bandingkan dengan email, yang hanya 20 persen). Hindari kotak masuk yang ramai dan buat koneksi langsung jangka panjang dengan pelanggan Anda.
  • Pesan memungkinkan Anda untuk bereaksi lebih cepat terhadap permintaan pelanggan dan menyelesaikan pertanyaan sebelum mereka menunda pembelian. Ini akan meningkatkan tingkat konversi Anda dan meningkatkan kepuasan pelanggan Anda.
  • Layanan pelanggan tidak pernah lebih nyaman, efisien – dan menyenangkan! Bagikan pesan teks, emoji, gambar, dan file apa pun dengan pelanggan Anda.

kelebihan whatsapp api

WhatsApp API dirancang secara spesifik untuk organisasi besar dan bisnis yang sedang berkembang dan perusahaan yang lebih besar, WhatsApp API memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Beberapa manfaatnya antara lain:

  • Memiliki dasbor terpusat dan kotak masuk tim bersama untuk obrolan mudah dan manajemen pelanggan
  • Mengizinkan beberapa pengguna masuk ke dasbor sekaligus
  • Mengizinkan integrasi perangkat lunak pihak ketiga
  • Mengirim tanggapan terprogram ke pertanyaan pelanggan
  • Memberikan verifikasi akun bisnis resmi melalui tanda centang hijau
  • Pelacakan kinerja dan metrik utama
  • Dan fitur tingkat lanjut lainnya dari integrasi dengan CRM

Dengan begitu banyak fitur dan kelebihan yang ditawarkan, tidak mengherankan jika semakin banyak perusahaan di seluruh dunia beralih ke WhatsApp Business API untuk mengelola komunikasi mereka dengan pelanggan mereka.

Integrasi API WhatsApp Business

 

Seperti disebutkan, salah satu keunggulan WhatsApp Business API adalah ia menawarkan banyak integrasi dengan sistem lain seperti CRM, sistem contact center, platform tiketing manajemen atau sistem layanan pelanggan, dll.

Integrasi yang paling dicari adalah dengan perangkat lunak CRM populer seperti Barantum yang telah resmi menjadi partner WhatsApp untuk WhatsApp Business API di Indonesia. Barantum juga sudah mendukung teknologi Omnichannel pada sistem CRM dan Sistem Layanan Pelanggan Barantum sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman yang mulus dan cepat ketika Anda ingin menggunakan WhatsApp Business API melalui Barantum.

integrasi whatsapp api dengan barantum crm

Jika Anda sudah menggunakan WhatsApp untuk berinteraksi dengan klien Anda dan berpikir untuk mengintegrasikannya dengan sistem yang ada yang digunakan bisnis Anda, langkah pertama adalah mendapatkan persetujuan WhatsApp untuk mengakses dan menggunakan API bisnisnya. Di bagian berikutnya, kami akan mengeksplorasi bagaimana Anda dapat melakukannya.

Baca juga : CRM WhatsApp : Apa itu CRM WhatsApp, Apa Saja Fitur & Kelebihannya?

Mengakses API WhatsApp Business

Mendapatkan akses ke WhatsApp Business API adalah proses yang sederhana namun cukup rumit pada saat yang bersamaan. Perlu diingat bahwa API pada dasarnya adalah seperangkat fungsi dan prosedur yang mengirimkan informasi antara aplikasi yang berbeda. Dalam istilah awam, itu berarti bahwa diperlukan sebuah platform antar muka agar Anda dapat dengan mudah mengurutkan, menafsirkan, dan memahami informasi yang dikirim dan diterima, yang bisa sangat teknis.

Jadi, kecuali Anda dan tim Anda terlatih (dan bersedia) membaca baris kode pemograman tanpa akhir, Anda memerlukan dasbor atau panel untuk mengatur informasi secara visual guna memahami dan mengelola data dan kode yang bolak-balik.

Anda memiliki dua opsi: mengembangkan platform internal atau berlangganan melalui penyedia eksternal yang menjadi partner resmi WhatsApp untuk WhatsApp Business API.

Jika Anda memiliki tim pengembang internal, Anda dapat mendaftar sendiri untuk mengakses situs web WhatsApp dan kemudian menugaskan tim Anda untuk membuat platform untuk menafsirkan API.

Namun, ada “tetapi” yang perlu di perhatikan untuk proses ini.

Mengingat jumlah elemen yang terlibat (menyegmentasikan pelanggan, menangani kueri, mengelola pesanan, mengotomatiskan balasan, melacak metrik, dll.), ini semua bisa sangat memakan waktu dan belum lagi menguras sumber daya secara signifikan. Solusi cepat dan mudah adalah bermitra dengan Penyedia Solusi Bisnis WhatsApp (BSP) seperti Barantum.

Tidak hanya ini solusi langsung, tetapi Anda juga dapat menghilangkan masalah teknis dan waktu yang terbuang bila Anda memutuskan untuk membuat sendiri. Selain itu, karena Anda akan bekerja dengan mitra resmi yang ditunjuk langsung oleh WhatsApp, Anda dapat yakin bahwa layanan ini sepenuhnya sesuai dan kompatibel.

Fitur Pesan Utama WhatsApp Business API

 

Setelah Anda memenuhi seluruh persyaratan untuk menggunakan API WhatsApp Business, Anda akan dapat mulai berkomunikasi dengan pelanggan Anda.

perbedaan whatsapp api & whatsapp business

Namun, ada satu aspek penting dari fitur perpesanannya yang harus menjadi perhatian.

Interaksi melalui API WhatsApp Business hanya melalui layanan keikutsertaan. Artinya, sebagai bisnis, Anda hanya dapat berkomunikasi dengan pelanggan yang:

  • Telah menyetujui untuk menerima pesan dan notifikasi WhatsApp dari Anda
  • Mengirim pesan WhatsApp langsung terlebih dahulu kepada bisnis Anda

Untuk yang terakhir, ada jendela 24 jam (dari pesan terakhir pelanggan) di mana bisnis dapat merespons tanpa biaya. Setiap pesan yang dikirim setelah periode ini berakhir akan dikenakan biaya yang harus ditanggung oleh bisnis dan bervariasi sesuai dengan negara pelanggan.

Membayar untuk membalas setelah 24 jam berlalu adalah cara WhatsApp untuk mendorong respons cepat dari bisnis. Hal ini, akan meningkatkan kepuasan konsumen dalam berkomunikasi dengan bisnis melalui WhatsApp, yang pada akhirnya akan menciptakan preferensi untuk aplikasi perpesanan melalui WhatsApp daripada saluran komunikasi lainnya.

Artikel terkait lainnya : Template WhatsApp API : 12 Contoh Template & Penerapannya

Kebijakan dalam menggunakan WhatsApp API

Seperti kata pepatah: Rumah saya, aturan saya.

Tidak mengherankan di sini menggunakan WhatsApp API akan mengharuskan Anda untuk mematuhi kebijakan dan pedoman mereka. Ini adalah salah satu cara untuk melindungi konsumen dan mencegah transaksi gelap terjadi melalui platform WhatsApp. Beberapa diantaranya seperti, melarang penjualan obat-obatan dan senjata, perjudian, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut dan untuk berjaga-jaga, kami sangat menyarankan untuk membaca Kebijakan Perdagangan dan Kebijakan Bisnis WhatsApp secara menyeluruh.

Perhatikan! bahwa setiap kegagalan untuk mematuhi atau melanggar kebijakan mereka dapat mengakibatkan akses Anda ke API WhatsApp Business dicabut.

Cara termudah untuk memulai WhatsApp Business API – Menggunakan Barantum

Menggunakan WhatsApp API Barantum memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda.

  • Kami mendukung Anda. Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date – sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama kami. Saat Anda menghubungkan API WhatsApp dengan Barantum, semua data akan dienkripsi end-to-end dan disimpan dengan aman di server kami di Jakarta.
  • Dibangun untuk layanan profesional. Perutean cerdas, chatbots, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform – Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk Obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih disertakan.

Official WhatsApp API Business Solution Provider

Manfaat WhatsApp Business API sudah jelas. Sebagai salah satu saluran komunikasi terbesar yang tersedia di pasar, bagi bisnis yang belum memanfaatkan apa yang ditawarkannya akan kesulitan dalam bersaing di era digital sekarang ini.

Jika bisnis Anda sudah dalam tahap akan berkembang atau jika Perusahaan Anda adalah skala enterprise dan ingin memulai dengan WhatsApp Business API, Barantum dengan senang hati akan membantu dan berkembang bersama Anda. Untuk melihat bagaimana tim kami di Barantum dapat membantu silahkan kunjungi website Barantum dan daftar segera untuk uji coba gratis hari ini juga Anda juga akan terkejut promo apa yang mungkin saja bisa di berikan oleh kami disaat hari dimana Anda mendaftarkan uji coba gratis Anda.

Informasi lainnya mengenai WhatsApp API dan WhatsApp CRM di Google

In this article

Join the Conversation

3 × 4 =