Kenali Manfaat dan Keunggulan WhatsApp Business API

Facebook meluncurkan WhatsApp API untuk membantu bisnis menengah dan besar meningkatkan kemampuan komunikasi bisnis melalui pesan WhatsApp mereka dan terhubung dengan pelanggan mereka di seluruh dunia.

Dengan bantuan API, bisnis dapat menghubungkan sistem mereka sendiri untuk mengirim pesan transaksional otomatis melalui WhatsApp. Pemasar mendapatkan kontrol lebih besar atas perpesanan dan dapat mengurangi ketergantungan mereka pada pengembang untuk mengelola integrasi sambil melacak kinerja kampanye WhatsApp mereka dengan mulus.

Setiap bisnis atau perusahaan yang ingin mendapatkan layanan atau fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp API ini harus bermitra dan bekerja sama dengan BSP WhatsApp, yaitu penyedia solusi bisnis pihak ketiga yang berpengalaman di Platform WhatsApp Business untuk menyediakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API.

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API merupakan Application Programming Interface yaitu salah satu fitur WhatsApp untuk membantu dan mempermudah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur WhatsApp Business API ini lebih ditunjukkan untuk kepentingan bisnis dan bukan personal atau perorangan.

WhatsApp Business API ini berbeda dengan WhatsApp Business. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda akan membuka fitur lanjutan yang sebelumnya tidak bisa Anda akses dan dapatkan di versi WhatsApp Business biasa.

API atau Application Programming Interface WhatsApp inilah yang dimanfaatkan untuk dikembangkan menjadi aplikasi, sistem atau fitur lain yang terhubung dengan WhatsApp untuk memenuhi kebutuhan komunikasi bisnis dan pelanggan.

Apa Keunggulan dari WhatsApp Business API?

Jika Anda mempunyai bisnis kecil, Anda mungkin sudah menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk menanggapi pertanyaan ini. Tetapi ketika Anda ingin scale up perusahaan Anda atau membawa bisnis Anda lebih besar lagi, Anda akan menemukan bahwa WhatsApp Business sangat terbatas dan tidak mencukupi dan kemudian mencari fitur yang lebih canggih lagi.

Berikut ini perbedaan antara WhatsApp Business API dan layanan WhatsApp lainnya:
Perbedaan Fitur WA Personal, WA Business, dan WhatsApp API

Kenapa Bisnis Harus Menggunakan WhatsApp Business API?

Alasan Kenapa Bisnis Harus Menggunakan WhatsApp API
Ada banyak keuntungan dari menggunakan WhatsApp Business API bagi bisnis Anda dan juga pelanggan Anda diantaranya :

  • Kebanyakan orang membuka aplikasi messenger mereka beberapa kali sehari. WhatsApp adalah cara termudah dan paling nyaman bagi pelanggan Anda untuk menghubungi Anda karena itu sudah menjadi bagian dari kebiasaan sehari-hari mereka .
  • Pesan seluler mempunyai tingkat pembukaan 98 persen (bandingkan dengan email, yang hanya 20 persen). Hindari kotak masuk yang ramai dan buat koneksi langsung jangka panjang dengan pelanggan Anda.
  • Pesan memungkinkan Anda untuk bereaksi lebih cepat terhadap permintaan pelanggan dan menyelesaikan pertanyaan sebelum mereka menunda pembelian. Ini akan meningkatkan tingkat konversi Anda dan meningkatkan kepuasan pelanggan Anda.
  • Layanan pelanggan tidak pernah lebih nyaman, efisien – dan menyenangkan! Bagikan pesan teks, emoji, gambar, dan file apa pun dengan pelanggan Anda.

Apa Saja Manfaat Dari Menggunakan WhatsApp Business API?

Berikut ini manfaat dari menggunakan fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda:

1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Dengan menggunakan WhatsApp Business API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan dengan adanya Centang Hijau (Verified Badge) pada akun bisnis Anda. Dengan adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda untuk membuka pesan. Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda.

2. Layanan pelanggan yang cepat dan responsif

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, anda dapat menggunakan fitur lanjutan yang tidak bisa Anda dapatkan pada akun WhatsApp Business biasa, seperti auto responder, chatbot, multi-user / multi-agent, alokasi chat per agent dan banyak lagi. Dengan fitur tersebut akan membantu Anda untuk menjangkau, menjawab, dan melayani pelanggan lebih banyak lagi dengan cepat dan efektif.

Jika pelanggan menunggu dalam waktu lama, memungkinkan mereka bertanya pada perusahaan lain yang merespons lebih cepat. Alhasil, menghilangnya peluang untuk mendapatkan clossing dari pelanggan tersebut.

3. Sebagai saluran komunikasi yang mudah dan praktis

WhatsApp memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan di saluran yang mereka gunakan. Kebanyakan orang memeriksa pesan mereka beberapa kali sehari yang menjadikan WhatsApp cara termudah dan paling nyaman bagi mereka untuk berhubungan dengan bisnis. Pelanggan Anda juga tidak perlu memeriksa email mereka terus-menerus untuk mendapatkan pembaruan tentang pesanan/permintaan mereka. Di sisi lain, Anda dan pelanggan Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dari aplikasi ini.

4. Mudah diintegrasikan dengan sistem lain

WhatsApp Business API juga sangat mudah untuk diintegrasikan dengan sistem lain. Jika Anda mempunyai website atau sistem sendiri seperti CRM atau sistem lainnya dan ingin diintegrasikan menggunakan WhatsApp, itu sangat mudah. Contoh integrasi yang bisa dilakukan: terhubung dengan platform chat messenger lain seperti Line, Telegram, Facebook dan Instagram, Livechat di Website, notifikasi pembelian dan pembayaran melelui website dan banyak lagi.

5. Dapat mengirimkan pesan blast secara massal

Keuntungan lainnya yaitu bisnis Anda dapat mengirimkan pesan blast (WhatsApp Blast) secara massal kepada pelanggan tanpa perlu menyimpan nomor atau kontak. Dengan begitu Anda dapat menjangkau banyak pelanggan secara sekaligus dan cepat. Anda bisa menggunakan fitur WhatsApp Blast ini untuk keperluan mengirimkan notifikasi, informasi pembayaran, informasi tagihan maupun informasi berupa produk diskon dan sebagainya.

blast wa

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API Resmi?

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia
Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Integrasi WhatsApp CRM Barantum

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp Business API Sudah Siap Digunakan

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Kini fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Bagaimana Tips Memilih WhatsApp Partner Yang Tepat?

Berikut ini beberapa tips dalam memilih WhatsApp Partner yang tepat:

1. Fitur yang tersedia sesuai kebutuhan Anda

Hal yang pertama perlu Anda ketahui, yaitu memikirkan fitur apa saja yang Anda butuhkan untuk bisnis. Dan, Anda perlu mengecek kembali apakah WhatsApp partner yang Anda pilih mampu memberikan solusi kebutuhan Anda terkait fitur yang sesuai keinginan?

Dalam berbisnis, tentu fitur yang penting dimiliki adalah penyimpanan data serta laporan dan analitik. Dengan begitu, Anda dapat melihat sejauh apa bisnis Anda berkembang dan produktivitas staf Anda. Sehingga memberikan penilaian KPI yang dilakukan pun bisa secara adil.

2.  Kemampuan integrasi

Sebelum Anda memutuskan untuk menentukan WhatsApp Partner, Anda perlu mengetahui bagaimana mereka dapat mengintegrasikan WhatsApp Anda. Dan, apakah Anda membutuhkan aplikasi lainnya yang perlu diintegrasikan? Jika jawabannya ya, maka Anda perlu pertimbangkan apa sistem yang mereka pakai.

Kini, untuk mengintegrasikan berbagai media sosial, termasuk WhatsApp, dapat dilakukan dengan mudah, yaitu memakai sistem CRM Omnichannel. Dengan sistem ini, agen Anda dapat membalas pesan pelanggan dari berbagai saluran komunikasi hanya dalam satu halaman saja.

3. Tersedia layanan fitur chatbot

Fitur chatbot memiliki kelebihan dapat membalas pesan pelanggan 24/7 sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan experience pelanggan. Dengan fitur ini, akan membalas secara otomatis pesan pelanggan sesuai kata kunci yang sudah diatur sebelumnya.

Dan, jika Anda mempertimbangkan penggunaan chatbot, carilah partner yang dapat meyediakan layanan tersebut, seperti Barantum. Fitur chatbot ini dapat disediakan sendiri oleh provider WhatsApp API, bekerja sama dengan pihak lain, maupun melalui integrasi pre-built.

4. Biaya yang transparan

WhatsApp API Pricing

Tips selanjutnya, Anda perlu memperhatikan harga yang ditawarkan oleh provider secara keseluruhan. Sehingga tidak ada biaya tambahan di kedepannya untuk mendapatkan WhatsApp Business API ini.

Akan lebih baik Anda memilih provider yang memberikan penawaran harga yang telah mencakup keseluruhan hal yang dibutuhkan, seperti biaya pemasangan, biaya perawatan, dan layanan lainnya. Sehingga pengeluaran Anda tidak membengkak.

5. Kecepatan onboarding WhatsApp

Beberapa dari Anda mungkin membutuhkan fitur WhatsApp Business API ini dengan cepat. Pada dasarnya mengajukan WhatsApp Business API ini tidaklah memakan waktu lama. Namun, pihak WhatsApp membutuhkan waktu sebelum memberikan approve kepada bisnis Anda.

Melihat kebutuhan tersebut, Barantum menawarkan onboarding dengan cepat kapan pun dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan melalui konsultasi dan panduan secara bertahap oleh tim profesional Barantum.

6. Layanan after sales

Sebaiknya Anda mencari tahu bagaimana pelayanan provider setelah Anda memutuskan untuk membeli kepada mereka. Pilihlah provider yang tetap memberikan maksimal setelah pembelian selesai dilakukan.

Layanan after sales ini penting untuk diketahui karena jika Anda mengalami kesulitan dalam mengakses WhatsApp Business API, tim provider Anda dapat segera memberikan solusi.

Kemudahan dalam menelepon layanan dan kesiapan tim provider dalam menanggapi solusi pun patut diperhitungkan.

Rekomendasi WhatsApp Business API Partner Terbaik di Indonesia

Berikut rekomendasi WhatsApp partner terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda:

1. Barantum

WhatsApp Business API by Barantum

Rekomendasi WhatsApp API partner yang pertama adalah Barantum Sebagai Mitra Resmi WhatsApp Official. Barantum menyediakan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia dan menjamin keamanan data bisnis Anda. Tidak hanya itu, bisnis Anda pun dapat diintegrasikan dengan sistem CRM sehingga bisnis Anda lebih efektif dan efisien.

Barantum memiliki beragam fitur unggulan WhatsApp Business API untuk meningkatkan bisnis Anda. Beragam fitur yang bisa Anda dapatkan dari WhatsApp Business API, yaitu:

2. 360dialog

WhatsApp Business API by 360dialog

360dialog menjadi salah satu rekomendasi untuk perusahaan dapat mengakses WhatsApp Business API yang andal dan hemat biaya dengan harga flat-fee yang kompetitif, terukur, dan transparan untuk klien. Selain itu, 360dialog menyediakan otomatisasi pemasaran terfokus WhatsApp untuk memungkinkan mengirim pesan ke klien secara massal.

3. CBOT

WhatsApp Business API by CBOT

CBOT adalah perusahaan AI terkemuka yang menawarkan platform otomatisasi layanan pelanggan ujung ke ujung berdasarkan teknologi miliknya sendiri. Produk CBOT, CBOT Platform, adalah solusi “end-to-end” berbasis AI lengkap yang memungkinkan perusahaan mengembangkan dan meningkatkan skala penggunaan chatbots cerdas dan asisten suara dengan cepat dan hemat biaya yang mudah terhubung ke WhatsApp, Facebook Messenger dan saluran dan platform lain.

4. AiSensy

WhatsApp Business API by AiSensy

AiSensy adalah BSP resmi WhatsApp yang membantu bisnis dalam hal mengirimkan pesan ke banyak pelanggan, mengotomatiskan pemberitahuan, dan permudah layanan pelanggan. Selain itu, AiSensy membantu penyedia layanan, agensi media, pengecer, dan teknologi dengan solusi berbasis WhatsApp Business API dengan WhatsApp Cloud API.

5. Clickatell

WhatsApp Business API by Clickatell

WhatsApp Business API dari Clickatell memungkinkan Anda untuk memberikan interaksi percakapan di platform perpesanan terbesar di dunia. Tarif pesan yang kompetitif dan fokus terhadap pelanggan memungkinkan Anda untuk memaksimalkan nilai dan meningkatkan hubungan pelanggan. Clicktell percaya bahwa berkomunikasi dengan bisnis harus semudah mengobrol dengan keluarga dan teman menggunakan perangkat seluler dan aplikasi yang sudah mereka gunakan setiap hari.

Dapatkan WhatsApp Business API Resmi Sekarang!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Daftar sekarang!

Rekomendasi Artikel

  1. Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API
  2. Template WhatsApp API: 12 Contoh Template & Penerapannya
  3. WhatsApp CRM: Pengertian dan Cara Mendapatkannya
  4. 9 Alasan Bisnis Anda Perlu Gunakan WhatsApp API di Masa Pandemi
  5. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!



5 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments