WhatsApp Business Solution Provider (BSPs)

WhatsApp business solution provider (BSPs) adalah institusi atau perusahaan penyedia solusi pihak ketiga dengan yang dapat membantu Anda untuk mendaftarkan dan memverifikasi bisnis Anda kepada pihak WhatsApp.

Dengan adanya WhatsApp business solution provider (BSPs) ini, Anda dapat terbantu dalam pembuatan WhatsApp Business API. Sehingga, bagi Anda pelaku bisnis, bisa bekerja sama dengan WhatsApp Business Solution Provider (BSPs) untuk memudahkan Anda dalam melewati berbagai langkah pembuatan WhatsApp Business API.

Apa itu Business Solution Provider (BSPs)

Whatsapp business solution provider (BSPs) merupakan salah satu layanan WhatsApp berupa solusi Whatsapp Business yang disediakan untuk Anda untuk membantu akun bisnis mendapatkan WhatsApp Business API.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, jika berminat untuk terhubung dengan pelanggan Anda di WhatsApp dengan menggunakan platform WhatsApp Business, dianjurkan Anda untuk bekerja dengan Penyedia Solusi Bisnis WhatsApp (Business Solution Providers – BSPs).

Apa Keuntungan Mendaftarkan Bisnis Dengan WhatsApp Solution Provider?

Beberapa keuntungan yang mungkin bisa Anda dapatkan dari solusi whatsapp bisnis ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kualitas komunikasi yang tinggi

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah soal kualitas komunikasi yang tinggi. Hal itu karena WhatsApp bisnis akan memberikan Anda layanan penjualan yang canggih dan mudah dioperasikan.

2. Fitur yang sangat canggih

Keuntungan selanjutnya, Anda bisa mendapatkan fitur yang sangat canggih. Hal ini  dapat menyesuaikan kebutuhan informasi yang ingin Anda sampaikan untuk para pelanggan Anda nantinya. Anda juga bisa memperkaya saluran komunikasi (channels) dengan mudah dengan cara melakukan penambahan–penambahan fitur, seperti misalnya menambahkan fitur chatbot.

3. Saluran yang aman

Terakhir, keuntungan yang bisa Anda dapatkah adalah mengenai saluran yang aman, dimana whatsapp bisnis akan melakukan hosting data di pusat data milik pribadi. Kemudian nantinya akan didukung API yang kemudian akan diamankan dengan menggunakan enkripsi secara menyeluruh.

Fitur Unggulan WhatsApp Business API

Jika akun bisnis Anda menggunakan WhatsApp Business API, Anda pun menggunakan berbagai fitur lainnya untuk mengoptimalkan pelayanan dan penjualan bisnis Anda. Apa saja fitur yang bisa Anda dapatkan? Yuk, simak berbagai fiturnya di bawah ini.

1. Profil bisnis

Dengan fitur profil bisnis, Anda dapat mencantumkan semua identitas informasi bisnis Anda, mulai dari nama toko / bisnis, deskripsi, alamat, kategori bisnis, jam kerja dan sebagainya. Fitur ini juga bisa Anda dapatkan di versi WhatsApp Business biasa.

2. Pesan otomatis

Dengan pesan otomatis ini para pemilik bisnis tidak perlu standby setiap saat untuk membalas pesan dari konsumen secara manual. Cukup dengan mengaktifkan fitur ini, Anda sudah bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada konsumen dalam waktu yang sudah Anda tentukan dan atur sebelumnya.
Terdapat tiga fitur pesan otomatis pada aplikasi ini, yaitu:

  • Away Message: Anda bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun sedang sibuk.
  • Greeting Message: Anda bisa menggunakan untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
  • Quick Replies: Anda bisa membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama.

3. Centang hijau

Centang hijau atau green tick adalah identitas untuk akun WhatsApp yang telah terverifikasi. Dengan akun yang terverifikasi dan mendapatkan centang hijau di sebelah nama profil bisnis Anda, hal ini akan sangat berdampak dan meningkatnya kepercayaan pelangaan terhadap bisnis Anda dan meningkatnya kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

4. Chatbot

Berbeda dengan pesan otomatis, Chatbot ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan pelanggan ke dalam tujuan tertentu melalui step atau langkah-langkah yang sudah Anda atur sebelumnya. Misal untuk proses transaksi penjualan, transaksi pembayaran, konfirmasi penjualan, klaim garansi, pengajuan return produk dan sebagainya.

Chatbot ini bisa diterapkan pada kegiatan yang membutuhkan pelanggan untuk mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu, seperti mengirimkan faktur pembelian, detail alamat, bukti pembayaran dan sebagainya.

5. Multi-User

Dengan fitur multi-user ini memungkinkan Anda untuk mengakses akun WhatsApp Business Anda dari berbagai device, seperti handphone, tablet atau komputer. Memungkinkan akun untuk diakses lebih dari satu orang, di tempat berbeda dan di device yang berbebda.

6. Alokasi Agent

Fitur Alokasi Agent memungkinkan Anda untuk mengatur pembagian pesan yang datang secara merata kepada seluruh agent atau admin Anda. Contoh: Jika Ada memiliki 3 agent dan ada 150 pesan masuk, maka akan ada sebanyak 50 pesan masuk yang diterima per masing-masing agent Anda.

7. Jam Kerja (Office Hours)

Dengan fitur Office Hours, akan memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal jam kerja bisnis Anda, memunculkan status Online saat jam kerja dan Offline saat jam kerja telah berakhir.

8. Broadcast (WhatsApp Blast)

Dengan fitur broadcast atau WhatsApp Blast memungkinkan Anda untuk mengirim pesan secara massal sekaligus ke banyak pelanggan secara bersamaan dengan template pesan yang sudah Anda atur sebelumnya.

Barantum, BSPs Terpercaya di Indonesia

Salah satu Business Solution Provider (BSPs) terpercaya di Indonesia adalah Barantum. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan Barantum sebagai partner resmi Whatsapp Official di Indonesia untuk membantu Anda mendaftarkan akun WhatsApp bisnis Anda menjadi WhatsApp Business API.

Menggunakan WhatsApp API Barantum memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda.

  • Kami mendukung Anda. Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date – sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama kami. Semua data akan dienkripsi end-to-end dan disimpan dengan aman.
  • Dibangun untuk layanan profesional. Perutean cerdas, chatbots, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform – Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk Obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih disertakan.

Apa Syarat Untuk Mendaftarkan Bisnis Dengan BSPs?

Sebelum mengaktifkan WhatsApp API dengan BSPs Anda perlu melakukan 2 hal. Pertama, melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager yang sudah dibuat sebelumnya. Hal tersebut untuk menjaga keamanan data Anda dan sebagai tahap untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Kedua, Anda harus memiliki WhatsApp Business. Nomor WhatsApp Business inilah yang akan diakses oleh konsumen terkait berbagai hal seputar informasi produk hingga sistem pembayaran bisnis Anda.

Dalam melakukan verifikasi akun Facebook Business manager, ada beberapa syarat yang perlu miliki, yaitu:

  • Dokumen legal perusahaan, berupa SIUP, TDP, NIB, dan NPWP.
  • Tagihan perusahaan, misalnya tagihan air, listrik, dan rekening koran.
  • Website

Jika Anda sudah melengkapi syarat tersebut, Anda bisa menjali kerja sama dengan Business Solution Provider untuk membantu Anda membuat akun WhatsApp Business API.

Cara Daftar WhatsApp Business API Dengan BSPs?

Jika sudah melengkapi syarat di atas, Anda dapat menghubungi mitra resmi WhatsApp, yang telah terdaftar sebagai Business Solution Provider. Dengan begitu, Business Solution Provider akan membantu membuat akun WhatsApp bisnis Anda menjadi WhatsApp Business API.

Setelah Anda melakukan verifikasi, maka langkah selanjutnya, yaitu:

1. Lengkapi profil akun WhatsApp Business

Buka kembali Facebook Business Manager Anda lalu pilih business setting. Pada bagian accounts, klik pilihan WhatsApp accounts. Anda akan diminta melengkapi profil yang akan ditampilkan dalam WhatsApp Business. Beberapa data yang akan diminta seperti nomor telepon, zona waktu, email, dan website.

2. Menyambungkan akun WhatsApp Business dengan nomor telepon

WhatsApp Business Solution Provider (WhatsApp BSP) akan menghubungkan nomor telepon WhatsApp Business Anda dengan akun WhatsApp API. Melalui WhatsApp BSP, Anda hanya akan diminta mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan terkait bisnis Anda. Selebihnya, WhatsApp BSP yang akan menyelesaikan proses registrasi WhatsApp API sekaligus membuat dashboard yang bisa langsung Anda gunakan.

3. Verifikasi bisnis pada WhatsApp

Caranya, yaitu dengan menyalakan pengaturan “Approve messaging on behalf of your business”. Selanjutnya, Anda perlu melakukan validasi bisnis pada WhatsApp dengan mengisi beberapa informasi tambahan.

4. Pengaturan dan tahap akhir dashboard Anda

Lakukan pengaturan dashboard yang dibutuhkan bersama WhatsApp BSPs, misalnya informasi tentang pesan otomatis yang akan diberikan, mengintegrasikan beberapa aplikasi lain selain WhatsApp, misal Line atau Instagram, serta informasi lain.

Pada proses mengaktifkan WhatsApp API dengan BSPs, umumnya, pihak BSPs akan mengirimkan formulir pendaftaran. Setelah anda melakukan pendaftaran melalui formulir yang diberikan pihak BSPs akan memproses pendaftaran account WhatsApp bisnis tersebut. Saat dalam proses tersebut, pihak BSPs akan mengirimkan request integrasi ke Facebook bisnis Anda untuk memverifikasi identitas perusahaan Anda.

WhatsApp Business Solution Provider

Rekomendasi Artikel

  1. Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API
  2. Template WhatsApp API : 12 Contoh Template & Penerapannya
  3. CRM WhatsApp : Apa itu CRM WhatsApp, Apa Saja Fitur & Kelebihannya?
  4. 9 Alasan Bisnis Anda Perlu Gunakan WhatsApp API di Masa Pandemi
  5. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments