WhatsApp Business Solution Provider (BSP)

Saat ini, dengan banyaknya pebisnis yang mulai sadar betapa pentingnya untuk menggunakan fitur dan layanan WhatsApp Business API seperti untuk mendapatkan Centang Hijau atau Verified Badge pada akun bisnis mereka, fitur balas pesan otomatis seperti Chatbot atau fitur kirim pesan secara massal seperti WhatsApp Blast.

Hal ini juga diikuti semakin banyaknya penyedia solusi pihak ketiga yang bermunculan dan tumbuh di Indonesia. Tapi, perlu disadari bahwa memilih partner BSP WhatsApp yang tepat itu penting dan tidak bisa sembarangan. Anda harus memilih partner yang tepat demi keberlangsungan bisnis Anda juga.

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Apa itu WhatsApp Business Solution Provider (BSP)?

WhatsApp Business Solution Provider atau BSP WhatsApp merupakan institusi atau perusahaan penyedia solusi pihak ketiga yang berpengalaman di Platform WhatsApp Business untuk menyediakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, jika berminat untuk terhubung dengan pelanggan Anda di WhatsApp dengan menggunakan platform WhatsApp Business, dianjurkan Anda untuk bekerja dengan Penyedia Solusi Bisnis WhatsApp (BSP WhatsApp)

Apa Keuntungan Mendaftarkan Bisnis Dengan BSP WhatsApp?

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari solusi WhatsApp Business ini di antaranya sebagai berikut:

1. Kualitas Komunikasi Yang Tinggi

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah soal kualitas komunikasi yang tinggi. Hal itu karena BSP WhatsApp akan menyediakan Anda layanan dan fitur WhatsApp Business API yang canggih untuk Anda gunakan dan mudah dioperasikan.

2. Fitur Yang Sangat Canggih

Keuntungan selanjutnya, Anda bisa mendapatkan fitur yang sangat canggih. Hal ini  dapat menyesuaikan kebutuhan informasi yang ingin Anda sampaikan untuk para pelanggan Anda nantinya. Anda juga bisa memperkaya saluran komunikasi (channels) dengan mudah dengan cara melakukan penambahan–penambahan fitur, seperti misalnya menambahkan fitur chatbot.

3. Saluran Yang Aman

Terakhir, keuntungan yang bisa Anda dapatkah adalah mengenai saluran yang aman, dimana WhatsApp bisnis akan melakukan hosting data di pusat data milik pribadi. Kemudian nantinya akan didukung API yang kemudian akan diamankan dengan menggunakan enkripsi secara menyeluruh.

Mengapa Memilih Partner BSP WhatsApp Yang Tepat Itu Penting?

Memilih partner BSP tidak bisa sembarangan. Anda perlu memilih partner BSP yang tepat untuk mendapatkan solusi bisnis Anda. Berikut alasan mengapa memilih partner BSP WhatsApp yang tepat itu penting:

1. Partner BSP Merupakan Partner Bisnis Jangka Panjang

Bekerja sama dengan BSP tentu berarti Anda akan melakukan hubungan kerja dalam jangka panjang. Memilih partner BSP yang tepat itu penting karena Anda akan bekerja sama dengan mereka selama bisnis Anda masih berjalan dan untuk tetap menggunakan fitur yang disediakan.

Memilih partner BSP WhatsApp yang tepat itu penting dengan mempertimbangkan dari segi pelayanannya yang baik, cepat tanggap dalam mengatasi masalah dan tetap terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik untuk Anda yang juga sebagai partner bisnisnya.

2. Nomor Bisnis Yang Didaftarkan Terikat Dengan WhatsApp API

Memilih partner BSP WhatsApp yang tepat itu penting karena nomor yang Anda daftarkan untuk layanan WhatsApp API ini tidak akan bisa Anda ubah dan digunakan kembali untuk WhatsApp Personal maupun WhatsApp Business.

3. Proses Untuk Berpindah Antar BSP WhatsApp Itu Sulit

Memilih partner BSP yang tepat menjadi penting karena selain untuk jangka panjang juga karena berpindah ke BSP lain itu sangat sulit. Bukannya tidak bisa, tapi proses untuk berpindah BSP itu sangat memakan waktu dan tenaga, juga pastinya akan dikenakan biaya tambahan untuk proses migrasi karena memang prosesnya yang sulit.

4. Fitur WhatsApp API Terikat Dengan BSP Yang Dipilih

Alasan terakhir kenapa memilih partner BSP WhatsApp yang tepat itu penting karena fitur WhatsApp API yang bisnis Anda gunakan itu terikat dengan partner BSP WhatsApp yang Anda pilih. Agar Anda bisa terus menggunakan layanan dan fitur WhatsApp API Anda harus tetap bekerja sama dan menjalin hubungan bisnis dengan BSP tersebut, itulah kenapa memilih partner BSP itu untuk jangka panjang.
Barantum WhatsApp CRM Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

Apa Saja Fitur Unggulan Dari WhatsApp Business API?

Berikut ini fitur WhatsApp Business API yang bisa Anda dapatkan:

  1. Profil Bisnis
    Dengan fitur profil bisnis, Anda dapat mencantumkan semua identitas informasi bisnis Anda, mulai dari nama toko / bisnis, deskripsi, alamat, kategori bisnis, jam kerja dan sebagainya. Fitur ini merupakan fitur basic yang bisa bisa Anda temui pada versi WhatsApp Business biasa.
  2. Pesan Otomatis
    Dengan fitur ini para pemilik bisnis tidak perlu standby setiap saat untuk membalas pesan dari konsumen secara manual. Cukup dengan mengaktifkan fitur ini, Anda sudah bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada konsumen dalam waktu yang sudah Anda tentukan dan atur sebelumnya.
    Terdapat tiga fitur pesan otomatis pada aplikasi ini, yaitu:

    • Away Message: Anda bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun sedang sibuk.
    • Greeting Message: Anda bisa menggunakan untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
    • Quick Replies: Anda bisa membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama.
  3. Katalog
    Dengan fitur katalog, memungkinkan Anda untuk menambahkan katalog dari produk-prroduk Anda dan menampilkannya di profile WhatsApp Business Anda. Sehingga calon pelanggan bisa melihat produk apa saja yang Anda tawarkan untuk mereka melalui katalog tersebut.
  4. Centang Hijau (Verified Account)
    Centang hijau atau green tick adalah identitas untuk akun WhatsApp yang telah terverifikasi. Dengan akun yang terverifikasi dan mendapatkan centang hijau di sebelah nama profil bisnis Anda, hal ini akan sangat berdampak dan meningkatnya kepercayaan pelangaan terhadap bisnis Anda dan meningkatnya kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.
  5. ChatBot (Robot Chat)
    Berbeda dengan pesan otomatis, ChatBot atau Robot Chat ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan pelanggan ke dalam tujuan tertentu melalui step atau langkah-langkah yang sudah Anda atur sebelumnya. Misal untuk proses transaksi penjualan, transaksi pembayaran, konfirmasi penjualan, klaim garansi, pengajuan return produk dan sebagainya.
    ChatBot ini bisa diterapkan pada kegiatan yang membutuhkan pelanggan untuk mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu, seperti mengirimkan faktur pembelian, detail alamat, bukti pembayaran dan sebagainya.
  6. Multi-User
    Dengan fitur multi-user ini memungkinkan Anda untuk mengakses akun WhatsApp Business Anda dari berbagai device, seperti handphone, tablet atau komputer. Memungkinkan akun untuk diakses lebih dari satu orang, di tempat berbeda dan di device yang berbebda.
  7. Alokasi Agent
    Fitur Alokasi Agent memungkinkan Anda untuk mengatur pembagian pesan yang datang secara merata kepada seluruh agent atau admin Anda. Contoh: Jika Ada memiliki 3 agent dan ada 150 pesan masuk yang datang setiap harinya pada nomor WhatsApp Business Anda, maka akan ada sebanyak 50 pesan masuk yang diterima per masing-masing agent Anda.
  8. Jam Kerja (Office Hours)
    Dengan fitur Office Hours, akan memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal jam kerja bisnis Anda, memunculkan status Online saat jam kerja dan Offline saat jam kerja telah berakhir. Dan tetap membalas pesan pelanggan diluar jam kerja dengan memberikan respon informasi pesan bahwa Anda tidak mengabaikan mereka dan akan segera menjawab mereka begitu masuk jam kerja nanti.
  9. Broadcast (WhatsApp Blast)
    Dengan fitur broadcast atau WhatsApp Blast memungkinkan Anda untuk mengirim pesan secara massal sekaligus ke banyak pelanggan secara bersamaan dengan template pesan yang sudah Anda atur sebelumnya.
  10. Terintegrasi Aplikasi Lain
    Dengan WhatsApp Business API, Anda juga bisa menghubungkan berbagai aplikasi atau saluran komunikasi lain seperti Facebook Messenger, Instagram, Line, Telegram ke dalam WhatsApp Business Anda. Sehingga Anda bisa membalas dan menjawab pelanggan dari berbagai saluran dalam waktu singkat di dalam 1 (satu) dashboard.
  11. Laporan Statistik
    Pada fitur Laporan Statistik, Anda bisa melihat laporan kegiatan dan statistik secara detail sehingga Anda bisa memantau dan memonitoring pencapaian tim Anda secara real time.

Barantum, BSP WhatsApp Terbaik di Indonesia

Salah satu WhatsApp Business Solution Provider (BSP) terpercaya dan terbaik di Indonesia adalah Barantum. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan Barantum sebagai partner resmi Whatsapp Official di Indonesia untuk membantu Anda mendaftarkan akun WhatsApp bisnis Anda menjadi WhatsApp Business API.

Barantum telah telah terpilih menjadi Mitra Resmi WhatsApp yang terpercaya dan direkomendasikan oleh Facebook sebagai pemilik WhatsApp. Daftar BSP resmi WhatsApp terpercaya bisa Anda lihat disini -> List BSP WhatsApp Resmi by Facebook.
bsp resmi
Menggunakan WhatsApp API Barantum memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda.

  • Kami mendukung Anda. Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date – sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama kami. Semua data akan dienkripsi end-to-end dan disimpan dengan aman.
  • Dibangun untuk layanan profesional. Perutean cerdas, chatbot, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform – Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk Obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih disertakan.

Apa Saja Syarat Untuk Mendaftarkan Bisnis ke BSP WhatsApp?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mendaftarkan bisnis Anda ke BSP WhatsApp. Berikut syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar ke BSP WhatsApp dan menggunakan WhatsApp Business API:

1. Bisnis yang dimiliki sudah berbentuk CV / PT atau Yayasan

Persyaratan minimum untuk mendapatkan WhatsApp Business API adalah bisnis yang Anda miliki sudah berbentuk CV / PT. atau yayasan. Hal ini karena pihak WhatsApp menginginkan bahwa fitur atau layanan yang mereka sediakan adalah memang digunakan untuk kepentingan bisnis dan bukan perorangan atau pribadi. Adapun bisnis yang dilarang dan tidak bisa mendapatkan centang hijau sesuai ketentuan WhatsApp adalah sebagai berikut :

  • Drugs
  • Tobacco Items
  • Gambling Businesses
  • Alcohol Brands
  • Weapons and Ammunition Businesses
  • Live Animals
  • Adult Product/Services
  • Medical & Healthcare Products
  • Dating Services
  • Cryptocurrencies

2. Memiliki ID Facebook Business Manager

Sebelum pihak WhatsApp melakukan proses verifikasi pada bisnis Anda. Anda harus memiliki akun atau ID di Facebook Business Manager terlebih dahulu. Pada Facebook Business Manager Anda bisa masuk menggunakan akun Facebook pribadi Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuatnya ulang. Selanjutnya, Anda bisa mengisikan informasi yang diminta.

3. Memiliki website resmi untuk bisnis / perusahaan

Syarat untuk menggunakan WhatsApp Business API yang terakhir adalah Anda harus memiliki website resmi perusahaan. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis Anda cukup profesional untuk memiliki website resmi sendiri untuk perusahaan yang Anda miliki dan untuk proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak WhatsApp.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API Resmi Dengan BSP WhatsApp?

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya
Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp API adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Integrasi WhatsApp CRM Barantum

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp Business API Sudah Siap Digunakan

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

Kini fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

BSP Barantum Telah Dipercaya Oleh Ribuan Klien

Barantum Telah Dipercaya dan Membantu Banyak Perusahaan Mendapatkan Centang Hijau WA Mereka

Sebagai Mitra Resmi WhatsApp, Barantum telah banyak membantu berbagai perusahaan untuk mendapatkan verified badge atau Centang Hijau WhatsApp. Oleh sebab itulah, Barantum menjadi pilihan tepat penyedia jasa verified WhatsApp bagi banyak bisnis, di berbagai sektor industri. Jika bisnis Anda bekerja sama dengan Barantum, Anda bisa mendapatkan gratis implementasi dan konsultasi online dengan tim Barantum selama pemakaian serta fast respons dalam membalas pesan.

Dapatkan Fitur WhatsApp Business API Untuk Bisnis Anda Sekarang!

Barantum BSP WhatsApp dan Mitra Resmi WhatsApp Terbaik di Indonesia

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Daftar sekarang!

Rekomendasi Artikel

  1. Tutorial Cara WhatsApp Blast ke Banyak Nomor Sekaligus
  2. Cara Kirim Chat WhatsApp Tanpa Simpan Nomor
  3. Cara Daftar dan Membuat Akun WhatsApp (WA) Business
  4. Cara Menonaktifkan Centang Biru di WhatsApp
  5. Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp, Dijamin Berhasil!

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!



5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang